Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenyataan Unik Rusia Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2018

Selain fakta unik yang ada dalam penyelenggaraan Piala Dunia 2018, Rusia yang menjadi tuan rumah juga memiliki sisi unik yang sayang untuk dilewatkan. Negara yang memiliki penduduk terbanyak ke-9 di dunia ini, terkenal sebagai negara yang sangat besar, luas daratan Rusia bahkan mencapai angka yang fantastis yaitu 17,1 juta kilometer persegi. Hal ini artinya luas negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin ini sudah mencapai 1/7 luas daratan yang ada di bumi.

Selain fakta unik di atas masih ada beberapa fakta-fakta menarik lain dari Rusia yang sayang untuk dilewatkan, fakta unik inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagikan informasinya dalam Fakta Unik Rusia Sang Tuan Rumah Piala Dunia 2018, versi anehdidunia.com

Warga Rusia Senang Memelihara Beruang


Jika kebanyakan orang biasanya akan memilih Anjing atau Kucing sebagai hewab peliharaan mereka. Maka lain halnya dengan warga Rusia, mereka biasanya justru lebih suka untuk memelihara Beruang. Salah satu jenis hewan buas ini, bagi warga Rusia merupakan hewan yang dianggap jinak. Sahabat anehdidunia.com bagi yang aktif di media sosial pasti pernah melihat orang-orang yang berselfie dengan beruang. Nah itu bukanlah foto hasil editan karena di Rusia beberapa waktu yang lalu memang sedang ngetren untuk berselfie dengan beruang.

Tindakan memelihara beruang sendiri, sebenarnya ilegal dan dilarang oleh pemerintah karena hewan ini dilindungi dan secara umum dianggap buas. Namun karena sudah terlanjur menganggap beruang sebagai hewan jinak, tetap masih ada saja orang Rusia yang memelihara beruang dan bahkan membebaskan beruang peliharaanya untuk berkeliaran di sekitar halaman rumah.

Rusia Memiliki Banyak Kebudayaan dan Etnis


Sebagai sebuah negara dengan daratan yang sangat luas, Rusia sejatinya merupakan gabungan dari beberapa bangsa. Karena itu bangsa Rusia memiliki suku dan kelompok entis. Sahabat anehdidunia.com saat ini setidaknya terdapat lebih dari 185 etnis dan tak kurang dari 11 kebudayaan yang berbeda.

Beberapa etnis ini diantaranya Bangsa Cossack yang merupakan campuran Turki dan Rusia. Suku Evenk yang menetap di Yakutia dan terkenal sebagai penggembala Rusa. Suku Kumandin yang terkenal sebagai bangsa angsa dan memiliki agama mereka sendiri yang disebut kama shaman. Selain itu masih ada lagi Suku Mari, Suku Osetiya dan bahkan warga Rusia yang berdarah Korea.

Rusia Punya Banyak Bangunan Terbesar Di Dunia


Meski jarang terekspos, namun Rusia merupakan salah satu negara yang memiliki pembangunan termaju di dunia saat ini. Di negara yang memiliki banyak milyuner ini, terdapat banyak bangunan-bangunan raksasa dan merupakan yang terbesar di dunia. Seperti misalnya perpustakaan nasional Rusia yang merupakan perpustakaan terbesar kedua di dunia dan hanya kalah dengan perpustakaan yang ada di Amerika.

Di Rusia juta terdapat kedai makanan cepat saji McDonald's super besar yang memegang rekor sebagai kedai makanan cepat saji di dunia. Selain bangunan besar, Rusia juga memegang rekor lain dengan lintasan kereta bawah tanahnya yang memegang rekor sebagai yang terpanjang di dunia. Jalur Kereta bawah tanah lintas Siberia ini menghubungkan Moscow dengan Vladivostok.

Banyak Anak Jenius Di Rusia


Tak bisa dipungkiri salah satu hal yang membuat Rusia menjadi negara yang maju dalam bidang ilmu pengetahuan adalah karena banyaknya sumberdaya manusia yang berotak cerdas di negara ini. Dari data yang ada tingkat kecerdasan bawaan orang Rusia bahkan mencapai 99%. Itu berati hampir semua orang di Rusia memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Kesadaran masyarakat dan pemerintah Rusia tentang pentingnya pendidikan juga bisa kita lihat dengan banyaknya jumlah Universitas yang ada. Hingga saat ini di Rusia tercatat ada sekita 600 Universitas yang siap untuk menampung orang yang ingin menimba Ilmu.

Rusia Punya Sistem Kalender Yang Unik


Bagi orang luar yang baru pertama kali datang ke Rusia pasti akan terkejut saat mengetahui bahwa setiap hari khusus seperti tahun baru atau Natal akan dirayakan sebanyak 2 kali. Sahabat anehdidunia.com di Rusia selain pada tanggal satu Januaari momen pergantian tahun juga akan dirayakan pada tanggal 14 Januari. Sama halnya dengan Natal selain pada 25 Desember, di Rusia Natal juga akan dirayakan pada tanggal 7 Januari.

Kebiasaan unik ini muncul karena adanya sistem penaggalan unik di Rusia. Selain menggunakan sistem kalender masehi, Rusia juga menggunakan sistem penanggalan Julian atau Kalender Julius yang sudah diterapkan sejak zaman nenek moyang Rusia. Karena hal inilah setiap hari besar di Rusia biasanya dirayakan sebanyak 2 kali.

Referensi:
https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/adeliadwitas/tuan-rumah-piala-dunia-2018-ini-5-fakta-unik-dari-rusia-c1c2/full
https://id.rbth.com/discover_russia/2017/01/23/tidak-semua-orang-di-rusia-adalah-orang-rusia_687018