PLARIUSMODIFIKASI101

Dengarkan Rekaman Misteri Suara Aneh Dari Dalam Laut Hingga Luar Angkasa

Tuesday, October 02, 2018
Di dunia ini, banyak fenomena aneh yang terjadi dan hal tersebut terkadang di luar akal sehat kita sebagai manusia. Alhasil, fenomena itu jadi tak bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan yang sudah ada saat ini. Salah satu contoh fenomena yang aneh adalah terdengarnya suara-suara misterius, yang jika ditelusuri ternyata berasal dari tempat-tempat yang tak biasa. Berikut ini adalah suara-suara misterius yang sulit dijelaskan akal sehat.

Suara Misterius Luar Angkasa dan Dalam Laut

Suara ‘Julia’



Suara ini terdengar pada tanggal 1 Maret 1999. Suara misterius ini terdeteksi alat yang bernama Autonomous Hydrophone dan terdengar selama 15 detik di seluruh Samudra Pasifik. Meski hanya 15 detik, suara tersebut bisa bikin merinding pendengarnya. Suara misterius ini dinamakan Julia, karena suara yang terdengar itu seperti menyebutkan nama Julia.

Suara yang menyerupai orang tersedak air minum ini memang sangat misterius. Hingga kini, tidak diketahui lokasi asal dan juga sesuatu yang mengeluarkan suara tersebut. Yang pasti, suara tersebut berasal dari dalam lautan yang luas. Agar tak muncul pernyataan yang aneh-aneh, maka National Oceanic and Atmospheric Administration atau yang disingkat NOAA secara resmi menganggap suara tersebut adalah suara gunung es yang bergerak di dalam air, sehingga menimbulkan suara.

Suara Astronot yang Hilang



Setelah suara dari dalam lautan luas, kini kta beralih ke suara yang berasal daru luar angkasa, yang tak kalah bikin merinding. Suara yang diduga berasal dari astronot yang hilang di luar angkasa ini terdengar oleh Judica-Codiglia bersaudara yang kemudian berinisiatif merekamnya. Dalam rekaman yang mereka buat, terdengar seperti suara seorang wanita yang menangis. Suara tersebut direkam pada tahun 1961. Judica-Codiglia bersaudara sendiri adalah dua orang mantan operator radio amatir, yang membuat rekaman untuk membuktikan bahwa terjadi konspirasi di program luar angkasa Uni Soviet, yang menyebabkan para astronotnya meninggal dunia.

Suara ini kemudian jadi perbincangan di seluruh dunia, terutama Uni Soviet (sekarang Rusia). Pasalnya, astronot wanita pertama yang dikirim Uni Soviet adalah Valentina Tereshkova, dan itu terjadi pada tahun 1963, dua tahun setelah rekaman ini terdengar. Dengan demikian, suara tersebut bukanlah berasal dari Valentina Tereshkova, tapi astronot lainnya, yang tak diketahui identitasnya. Yang pasti, suara yang didengar oleh Judica-Codiglia bersaudara itu berbahasa Rusia, dan suara tersebut menceritakan betapa frustasinya astronot tersebut terjebak di luar angkasa. Siapa sebenarnya pemilik suara misterius tersebut? Apakah manusia? Atau makhluk lain selain manusia? Tak ada yang tahu.

Suara misterius UVB-76



UVB-76, atau dikenal dengan nama lain The Buzzer, adalah suara misterius yang terdengar di radio dengan frekuensi 4625 kHz atau 4,625 mHz. Suara misterius yang terdengar di gelombang radio tersebut adalah berupa dengungan pendek, mirip seperti suara klakson truk atau kapal laut. Yang membuat suara ini misterius ini adalah suara ini terdengar monoton dan terus diperdengarkan sebanyak 25 kali per menit, selama 24 jam. Suara pertama dari radio misterius ini dilaporkan muncul pada tahun 1982 silam. Asal-usulnya telah terlacak oleh Rusia, namun tujuan dari suara ini masih belum diketahui.

Stasiun radio yang memancarkan suara ini juga misterius. Nama resminya tidak diketahui, meskipun beberapa transmisi suara telah mengungkapkan nama-nama yang mungkin adalah berupa ‘kode siar’ (callsigns) atau bentuk lain dari identifikasi. Akhirnya, pada bulan September 2010, stasiun ini mengidentifikasi dirinya sebagai UVB-76, meskipun mereka juga menggunakan nama lain seperti MDZhB (fonetik untuk ejaan Mikhail Dmitri Zhenya Boris).

Sempat terjadi, meski langka, terkadang suara berdengung yang dihasilkan pemancar tersebut terganggu dan tertindih, dan pesan suara tersiarkan secara tak sengaja. Pesan-pesan ini biasanya diberikan dalam bahasa Rusia secara langsung (live voice). Salah satu pesan suara itu tertangkap pada tanggal 24 Desember 1997, pukul 21:00 waktu setempat, yang berbunyi:

“.. Ya UVB-76, Ya UVB-76 180 08 74 27 99 BROMAL 14. Boris, Roman, Olga, Mikhail, Anna, Larisa 7 4 2 7 9 9 1 4.”

Pesan suara berikutnya terjadi pada tanggal 23 Agustus 2010, pukul 13:35 waktu setempat, yang berbunyi:

“UVB-76, UVB-76. 93 882 NAIMINA 74 14 35 74”

Tujuan dari adanya stasiun misterius ini belum dikonfirmasi oleh pejabat pemerintah ataupun pihak organisasi penyiaran. Namun, mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Lithuania, Rimantas Pleikys, telah menulis bahwa tujuan dari pesan suara itu berkaitan dengan pesan waspada. Klaim lainnya adalah bahwa siaran terus-menerus itu didengarkan oleh komisariat militer Rusia. Tetap saja, keberadaan radio ini tak bisa dijelaskan oleh akal sehat.

Suara The Bloop



Suara yang satu ini terdengar dari lautan. Suara misterius ini bahkan diklaim sebagai suara paling keras yang terdengar dari dalam lautan. Pada tahun 1997 silam, NOAA, grup peneliti dari Amerika Serikat menemukan suara aneh yang terdengar dari Samudra Pasifik Selatan. Suara tersebut begitu kuat hingga terekam oleh mikrofon yang berjarak 3000 mil dari bagian pencatatan.

Dr. Fox, yang merupakan salah satu dokter dari NOAA, mengungkapkan jika ia tidak percaya kalau suara tersebut dihasilkan oleh benda buatan manusia, seperti kapal selam atau bom atom. Suara tersebut juga tak berasal dari gempa bumi atau letusan gunung berapi. Fox meyakini, bahwa suara misterius itu berasal dari makhluk hidup, yang tak kita ketahui keberadaannya.

Misteri tersebut makin membuat penasaran, sebab hingga saat ini belum pernah lagi terdengar suara serupa. Kemungkinan makhluk tersebut belum diidentifikasi pun mulai diyakini, mengingat manusia belum bisa mengeksplor lautan lebih dalam. Masih begitu luas lautan yang belum terjamah oleh manusia.

Sebelumnya, sempat diyakini bahwa suara tersebut berasal dari Blue Whales atau paus biru. Tapi diketahui ternyata paus biru tidak bisa menghasilkan suara sebesar yang terdengar dalam rekaman. Para peneliti beranggapan bahwa suara tersebut dihasilkan oleh hewan laut yang ukurannya jauh lebih besar dari paus biru.

Akhirnya, hingga saat ini, asal-usul dari The Bloop ini masih belum diketahui dan mungkin akan tetap jadi misteri selama manusia belum bisa menjamah seluruh samudra yang ada di dunia ini.

Sinyal Wow dari Luar Angkasa



Sinyal Wow adalah sinyal misterius yang tertangkap di Radio Big Ear, Universitas Ohio State, Amerika Serikat. Sinyal tersebut tertangkap pada tanggal 15 Agustus 1977, dan terdengar oleh Dr. Jerry Ehman, seorang astronomer bekerja sebagai sukarelawan untuk Search for Extra-Terrestrial Intelligence atau SETI. Sinyal tersebut diyakininya berasal dari luar angkasa. Dia pun mencatat sinyal tersebut di secarik kertas, dan menuliskan kata Wow di samping catatannya tersebut. Sejak itu, sinyal ini diberi nama Sinyal Wow.

Tak ada yang tahu pasti dari mana asal sinyal tersebut, atau untuk apa sinyal tersebut dikirimkan. Banyak yang menduga bahwa sinyal tersebut berasal dari alien yang ada di luar angkasa untuk berkomunikasi, atau semacamnya. Sinyal yang tertangkap itu memang tergolong sinyal yang tak biasa dan aneh. Bahkan para peneliti pun dibuat kebingungan dengan sinyal ini.

Pada tahun 2016, ada satu teori yang menyebutkan asal-usul sinyal tersebut. Menurut Profesor Antonio Paris, pengajar di St Petersburg College di Florida, Amerika Serikat, sinyal aneh tersebut bersumber dari komet atau asteroid yang melintasi Bumi puluhan tahun lalu. Namun sayangnya, hal itu masih sebatas teori karena belum bisa dilakukan uji coba kembali untuk meneliti benar tidaknya teori tersebut. Pada akhirnya, sinyal aneh tersebut masih belum bisa dijelaskan oleh akal sehat hingga kini.

Itulah suara-suara misterius yang sulit dijelaskan akal sehat. Bagaimana menurut kalian?

Sumber:
http://www.tahupedia.com/content/show/1027/10-Suara-Misterius-Yang-Tidak-Bisa-Dijelaskan-Oleh-Manusia
https://en.wikipedia.org/wiki/Judica-Cordiglia_brothers
https://indocropcircles.wordpress.com/2015/06/11/misteri-uvb-76-sinyal-radio-the-buzzer-yang-misterius/
https://www.boombastis.com/bloop-suara-misterius/90627
http://www.merinding.com/2017/12/sinyal-wow-sinyal-misterius-dari-luar-angkasa.html