PLARIUSMODIFIKASI101

Video Game Yang Diklaim Paling Terkutuk Penyebab Kesialan

Sunday, October 28, 2018
Kutukan biasanya datang dari benda-benda kuno, bersejarah, atau benda yang dianggap suci. Kutukan yang ada dalam benda-benda itu umumnya bisa membuat siapa pun yang memiliki atau memegangnya bisa mendapatkan kesialan, atau bahkan mengalami kematian yang tak wajar. Namun, tak semua kutukan datang dari benda-benda kuno, karena pada masa modern ini, ada juga benda yang dinilai terkutuk, salah satunya adalah video game. Berikut ini adalah beberapa video game yang diklaim paling terkutuk.

Madden NFL

Madden NFL

Game terkutuk pertama datang dari game bergenre olahraga, yaitu Madden NFL. Madden NFL adalah sebuah game buatan Electronic Arts (EA) tentang rugby, atau american football. Game ini sendiri sudah rilis banyak, karena sudah eksis sejak tahun 1990-an, dan dirilis untuk berbagai konsol, mulai dari Sega Mega Drive, PlayStation, PlayStation 2, PlayStation 3, sampai dengan PlayStation 4 bahkan PC.

Sebelum Madden NFL rilisan tahun 1998, semua cover atau bungkus dari gamenya memperlihatkan John Madden, mantan pelatih american football. Namun setelah tahun 1998, covernya selalu menampilkan atlet top dari american football di setiap rilisannya, dan tiap tahunnya biasanya menampilkan atlet yang berbeda-beda. Siapa sangka, atlet yang terpilih menjadi cover tiap rilisannya itu selalu ditimpa kesialan. Inilah yang kemudian dinamakan dengan kutukan Madden.

Biasanya, atlet yang terpilih menjadi cover game Madden NFL akan mengalami cidera serius. Hal ini memang mungkin hanya kebetulan belaka, namun bukan menjadi kebetulan jika ternyata 14 dari 16 atlet yang terpilih menjadi cover game Madden NFL semuanya mengalami kejadian serupa, mengalami cidera. Tak ada yang tahu penyebabnya kenapa mereka semua bisa mengalami kutukan itu. Pihak pembuat gamenya sendiri jelas menyangkal bahwa game buatannya membawa kutukan.

Taboo: The Sixth Sense

Taboo: The Sixth Sense

Game yang terkutuk berikutnya berjudul Taboo: The Sixth Sense, yang dirilis untuk konsol Nintendo Entertainment System (NES). Game yang rilis pada akhir tahun 1980-an ini memang cukup fenomenal, apalagi sejak diketahui bahwa game ini dicap terkutuk. Game ini sebenarnya bukan sebuah game, karena di dalam game ini yang kalian lihat hanyalah simulasi ramalan nasib dengan kartu Tarot.

Yang membuat game ini dikatakan terkutuk adalah ketika game tersebut mulai memprediksi kematian mengenaskan dari para pemain. Game tersebut pun segera ditarik dari pasar. Tak hanya sampai situ, keanehan lainnya berdatangan dari banyak cerita pemain. Salah satunya artikel dari situs Reddit yang menceritakan seorang ayah yang membelikan game tersebut kepada anaknya. Setelah itu, anak tersebut menjadi pemarah dan sering mengurung diri, kemudian ia menghilang.

Hampir serupa dengan kasus di atas, pada artikel Fandom Wikia, seorang pemain menuliskan pengalamannya ketika ia saat kecil memiliki seorang kenalan yang begitu tertarik dengan game tersebut. Sekitar 10 tahun kemudian, ia kembali menemukan kenalannya tersebut, namun bukan bertemu secara langsung, melainkan dia melihat kenalannya pada berita penangkapan dalam suatu penggerebekan ritual sekte satanis yang mengorbankan para hewan. Bahkan dijelaskan bahwa game tersebut merekrut anggotanya berdasarkan game Taboo: The Sixth Sense.

Berzerk

Berzerk

Berikutnya ada Berzerk yang dirilis untuk mesin arcade (atau ding-dong untuk istilah yang terkenal di Indonesia). Game ini dirilis oleh Stern Electronics pada tahun 1980. Namun, siapa kira bahwa di balik kepopulerannya pada saat itu, game ini memiliki sisi gelap di mana game ini dinilai terkutuk. Kutukan dari game Berzerk ini adalah siapa pun yang memainkannya, maka dia pasti akan mati. Salah satu contoh kasusnya adalah kasus Peter Bukowski (ada juga yang menuliskan namanya dengan Peter Burkowski) yang terjadi pada tahun 1982. 

Saat itu, Peter memainkan game Berzerk di salah satu pusat game atau game center bernama Friar Tuck’s Game Room yang terletak di Calumet City, Illinois, Amerika Serikat. Peter memainkan game itu sebanyak 3 kali, dan semuanya berhasil mencetak skor paling tinggi (high score). Begitu akan menulis inisialnya karena telah mencetak high score pada game ketiga, Peter berjalan menjauhi mesin game tersebut, lalu mendadak jatuh tak sadarkan diri.

Petugas game center itu bergegas melakukan napas buatan pada Peter setelah menyadari Peter sama sekali tak bergerak. Peter pun dibawa ke Rumah Sakit Indiana, dan sesampainya di sana, Peter dinyatakan telah meninggal dunia. Peter dinyatakan meninggal dunia karena serangan jantung. Kemungkinan sedari awal jantung Peter sudah lemah, dan hal itu ditambah dengan perasaan gembira setelah bisa mencetak skor tertinggi dalam game Berzerk, sehingga hal tersebut memacu jantungnya secara berlebihan.

Sebelum kasus Peter, ada juga Jeff Dailey, yang dikatakan meninggal dunia setelah mencetak skor sebanyak 16.660 dalam game tersebut. Jeff diduga meninggal karena skor yang dicetaknya mengandung angka 666, yang merupakan angka kematian atau disebut juga lambang setan. Namun, hal ini bisa jadi hanya kabar bohong belaka, karena tak ada yang bisa membuktikannya. Tetap saja, hingga kini Berzerk dianggap sebagai game terkutuk.

Lair

Lair Game

Dalam event game E3 pada tahun 2007, terdapat sebuah trailer game berjudul Lair, yang pada saat itu direncanakan akan rilis di PlayStation 3, yang merupakan konsol paling populer saat itu. Game ini mengajak para pemainnya bertarung dalam suasana perang kuno dengan menggunakan seekor Naga. Trailer itu terlihat cukup menjanjikan, dan cukup menarik perhatian gamer pada saat itu.

Sayangnya, game ini mungkin hanya akan muncul sekali sepanjang masa dan tak pernah memiliki sekuel atau semacamnya karena dinilai gagal, bahkan ada pula yang menyatakan bahwa kegagalan itu akibat kutukan yang menyertainya. Dari sebelum dirilis, game ini seperti sudah memberikan tanda kepada para pembuatnya, karena serangkaian kejadian aneh terjadi, seolah game tersebut tak ingin dirilis.

Kejadian aneh pertama adalah ketika data sedang di transfer ke disk master, listrik tiba-tiba saja padam. Hal aneh lainnya terjadi pada beberapa anggota dari tim kreatif mengalami masalah kesehatan atau kerabat mereka meninggal selama masa produksi game. Akhirnya, berbulan-bulan setelah rilis, perusahaan yang mengembangkan game tersebut bangkrut karena gamenya gagal di pasaran dan membuat rugi perusahaan yang sudah susah payah membuatnya selama 3 tahun.

Virtual Boy

Virtual Boy

Yang terakhir ini bukan sebuah game, namun alat untuk memainkan suatu game. Alat bernama Virtual Boy ini adalah buatan Nintendo, yang merupakan raksasa bidang game pada masa itu. Namun, alat yang dianggap revolusioner pada masanya itu ternyata datang dengan kutukan, dan tragisnya, kutukan itumerenggut nyawa dari salah satu petinggi perusahaan game asal Jepang tersebut.

Gunpei Yokoi, sang pencipta Game Boy dan Game & Watch, bertanggung jawab atas konsol terbaru buatannya yang disebut sebagai 'kegagalan terbesar Nintendo'. Virtual Boy, konsol VR pertama di dunia buatan Gunpei saat itu benar-benar tidak mendapat sambutan yang baik di pasar dan gagal. Karena kegagalan konsol buatannya tersebut, Gunpei memutuskan mengundurkan diri dari Nintendo pada tahun 1996 dan setahun kemudian ia meninggal dunia.

Banyak teori yang menyebutkan bahwa Gunpei meninggal dunia secara tak wajar. Ada yang mengatakan bahwa dia dibunuh oleh presiden Nintendo saat itu, Hiroshi Yamauchi, karena telah membuat nama Nintendo tercoreng karena kegagalannya. Ada juga yang menyebutkan bahwa Gunpei dibunuh oleh anggota yakuza Jepang. Namun semua pernyataan itu tak memiliki bukti yang jelas.

Itulah beberapa video game yang dinilai terkutuk. Apakah kalian pernah memainkan salah satunya? Atau bahkan memainkan semuanya?

referensi 
https://en.wikipedia.org/wiki/Madden_NFL
http://retrovolve.com/how-many-people-has-the-berzerk-arcade-game-killed/
https://culturacolectiva.com/technology/cursed-video-games-insane-players/
https://kotaku.com/5789740/why-gamings-most-tragic-conspiracy-is-bullshit