PLARIUSMODIFIKASI101

Rekor Dunia Paling Unik Yang Cuma Ada Di India

Tuesday, December 18, 2018
Berbagai rekor dunia telah berhasil diciptakan, mulai rekor dunia yang terlihat normal, sampai rekor dunia yang lebih nyeleneh. Rekor tersebut dibuat dari berbagai negara, bahkan ada juga yang berasal dari Indonesia. Namun, jika dilihat lebih teliti lagi, ternyata banyak rekor dunia yang terbilang unik bahkan aneh yang berasal dari negara India. Tak heran, jika negara India bersaing dengan Tiongkok sebagai negara dengan peraihan rekor dunia terbanyak. Berikut ini adalah rekor dunia terunik yang cuma ada di India.

Turban terbesar di dunia

Turban terbesar di dunia

Turban adalah suatu aksesoris yang dipakai di kepala, seperti sorban. Turban ini di India biasanya dipakai oleh kaum Sikh. Jika biasanya turban itu besarnya tak melebihi kepala pemakainya, maka turban yang satu ini justru lebih besar dari kepala sang pemakainya.

Adalah Avtar Singh Mauni, pria yang diklaim sebagai pria pemakai turban terbesar di dunia. Ukuran dari turban itu tak main-main, dengan berat sekitar 46 kg dan panjangnya sekitar 654 meter. Meski demikian, Avtar mengaku merasa bangga mengenakan turbannya itu, meskipun untuk memakainya harus membutuhkan waktu 6 jam.

Avtar diketahui telah memakai turban raksasanya itu selama 16 tahun. Avtar mengatakan hidupnya tak lengkap jika tak menggunakan Turban itu, seperti ada sesuatu yang hilang. Dia merasa tak percaya diri keliling Kota Patiala, Negara Bagian Punjab, jika turban itu tidak ada di kepalanya.

Turban yang dipakai oleh Avtar jelas mengundang perhatian. Mereka mengaku takjub melihat turban raksasa Avtar. Warga juga meyakini Aftar diberkahi energi luar biasa hingga bisa menopang turban hampir mendekati berat badannya tanpa pernah terlihat kesulitan. Sementara itu, pada umumnya warga Sikh memakai turban sepanjang 5 hingga 7 meter dan melilitnya di atas kepala.

Kumis terpanjang di dunia

Kumis terpanjang di dunia

Setelah turban terbesar di dunia, rekor dunia berikutnya yang berasal dari India adalah kumis terpanjang di dunia. Rekor tersebut dipegang oleh seorang pria bernama Ram Singh Chauhan. Pria asal Rajasthan, India, tersebut berhasil mencatatkan namanya di Guinness World Records sebagai pemilik kumis terpanjang di dunia, dengan panjangnya mencapai 4,3 meter.

Ram Singh mengaku rahasia agar kumisnya bisa sepanjang itu adalah memulainya sejak awal dengan memanfaatkan masa pertumbuhan. "Dengan bertambahnya usia maka hormon akan melemah sehingga pertumbuhannya ikut melambat," tuturnya.

Ram Singh mengatakan bahwa dirinya sudah tak mencukur kumisnya sejak tahun 1970 setelah terinspirasi dari pria penggemar kumis di Rajasthan. Awalnya keputusan Ram Singh untuk tak mencukur kumisnya ini diprotes oleh sang istri, Asha, karena kumis tersebut sulit untuk dicuci dan dirawat. Selain itu, ketika keluar rumah, Ram Singh dan istrinya kerap jadi perhatian warga lainnya yang kagum dengan kumis panjang yang dimiliki Ram Singh.

Seperti apa perawatan kumis yang dilakukan Ram Singh agar kumisnya bisa tetap bersih? "Aku memijatnya dan meminyakinya secara rutin. Mencucinya setiap 10 hari sekali yang membutuhkan waktu sangat lama," ucap Ram Singh. "Butuh waktu 1-2 jam sehari untuk membersihkan dan menyisir kumis ini. Istriku yang membantu."

Sehari-harinya, Ram Singh kerap menggulung kumisnya dan mengalungkannya di leher agar tak menyeret di tanah ketika berjalan. Dia mengaku bangga dengan kumis yang dimilikinya itu, karena bisa mengantarkannya ke puncak popularitas.

Mengetik cepat pakai hidung



Mengetik dengan cara normal, yaitu dengan menggunakan jari, bagi orang yang tak terbiasa mengetik adalah suatu hal yang sulit dan membutuhkan waktu yang lama hanya untuk mengetik beberapa kata atau kalimat. Namun, seorang pria India mampu menembus batas, karena dia mengetik tak menggunakan jari, melainkan pakai hidung.

Pria tersebut bernama Mohammed Khurshid Hussain dari Hyderabad, India. Dia berhasil memecahkan rekor dunia, setelah dia mengetik kalimat hanya 48,62 detik dengan menggunakan hidungnya. Kalimat yang ia ketik berbunyi “Guinness World Records have challenged me to type this sentence using my nose in the fastest time,” yang artinya “Guinness World Records telah menantang saya untuk mengetik kalimat ini menggunakan hidung dalam waktu tercepat”.

Agar lebih menantang, saat usaha pemecahan rekor ini, Hussain juga menutup matanya. Jadi, dia mengetik dengan hidung sambil menutup mata. “Jika anda ingin memecahkan rekor, setiap milidetik itu akan dihitung,” ungkap Hussain. “Kali ini aku mengetik dengan mata tertutup, hal ini merupakan salah satu tantangan yang paling sulit untuk menemukan huruf kuncinya.”

Hussain mengaku berlatih selama 6 jam setiap hari selama 3 tahun demi bisa mendapatkan rekor dunia ini. Terbukti, usaha kerasnya berlatih itu akhirnya tak mengkhianatinya dan membuahkan hasil. Dia pun menjadi dikenal dunia.

Aksinya tersebut juga berhasil memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh pria asal Dubai bernama Neeta. Neeta mengetik menggunakan hidungnya dalam waktu 1 menit 33 detik pada tahun 2008. Sementara itu, Hussain mengaku bahwa rekor ini merupakan yang kedua dalam hidupnya. Rekor pertamanya adalah saat ia berhasil mengetik huruf alfabet A-Z dengan jarinya dalam waktu 3,43 detik. Rekor itu dia dapatkan pada bulan Februari 2012. Ada yang mau mencoba untuk memecahkan rekor Hussain ini?

Memeluk orang terbanyak dalam sejam

Memeluk orang terbanyak dalam sejam

Rekor yang satu ini memang terbilang cukup aneh, namun rekor ini benar-benar ada dan tercatat dalam Guinness World Records. Pemegang rekor ini adalah seorang pria asal India bernama Jayasimha Ravirala.

Menurut situs resmi Guinness World Records, rekor yang berhasil dicatat oleh Jayasimha Ravirala adalah dia bisa memeluk sebanyak 2.436 orang dalam waktu sejam. Rekor ini didapatkannya di Aditya Institute of Technology and Management, Tekkali, India, pada tanggal 29 September 2012.

Rupanya, selain rekor memeluk orang terbanyak dalam waktu sejam, Jayasimha Ravirala, juga mengantongi beberapa sertifikat Guinness World Records lainnya. Terhitung, Jayasimha sudah memiliki 14 sertifikat Guinness World Records. Rekor yang pernah dia torehkan antara lain adalah memberikan kuliah terpanjang secara marathon selama 2 hari, mengingat nama dan tanggal lahir dari 20 orang selama 2 menit, mengingat 264 bilangan biner dalam waktu semenit, sampai mencium orang terbanyak dalam waktu 30 detik. Sepertinya pria yang satu ini memang terobsesi untuk mengoleksi sertifikat Guinness World Records.

Makan cacing terbanyak selama 30 detik 

Makan cacing terbanyak selama 30 detik

Mungkin inilah rekor dunia paling gila yang pernah dilakukan oleh orang India. Jika biasanya rekor dunia yang berhubungan dengan makan itu adalah makan makanan yang enak dalam jumlah besar, namun rekor yang satu ini justru memakan cacing terbanyak dalam waktu 30 detik.

Rekor memakan cacing terbanyak dalam waktu 30 detik dipegang oleh seorang pria India bernama C. Manoharan. Dia berhasil memakan cacing sebanyak 200 ekor dalam waktu 30 detik pada tanggal 15 November 2013. Cacing yang dimakannya itu memiliki panjang sekitar 10 cm.

Rekor yang berhasil dibuat oleh C. Manoharan bukan hanya itu saja, karena dia memiliki rekor lain yang lebih gila lagi, yaitu dia bisa memasukkan seekor ular hidup melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut. Tentu saja, yang melihatnya bakal merasa jijik dengan aksi C. Manoharan tersebut. Mungkin karena aksi inilah, C. Manoharan mendapatkan julukan sebagai Snake Manu.

Jadi, mana rekor dunia yang cuma ada di India yang menurut kalian paling aneh? Bisa jadi nanti akan ada rekor dunia terunik dan teraneh yang cuma ada di Indonesia. Kita nantikan saja.

referensi:
https://www.merdeka.com/dunia/lelaki-india-ini-pakai-turban-terbesar-sejagat.html
https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00036275.html
https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00047407.html
http://www.guinnessworldrecords.com/world-records/most-hugs-given-in-one-hour-by-an-individual/
http://jayasimha.in/about/guinness-records/
https://www.thedailymeal.com/eat/11-record-breaking-food-feats-eating-challenges-slideshow/slide-11
http://wedarinfo.blogspot.com/2015/10/10-rekor-dunia-yang-paling-aneh-dan-unik.html
https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/andi-aris/10-rekor-dunia-terunik-dan-teraneh-yang-hanya-ada-di-india-1/full