PLARIUSMODIFIKASI101

Legenda Pohon Mitos Bersifat Magis Yang Ada Di Dunia

Saturday, February 23, 2019
Sepanjang sejarah, terdapat banyak kisah-kisah mitologis dan unik tentang segala sesuatu yang berada di muka Bumi. Selain buah-buahan, pohon-pohonan juga memiliki kisah mitosnya sendiri. Mulai dari kepercayaan penduduk sekitar yang mengklaim bahwa pohon dapat mengabulkan harapan mereka, sampai mengaitkan pohon dengan konsep pelajaran tentang kehidupan di dunia ini. Mungkinkita menganggap kisah mitos dibalik sebuah pohon dapat menjadi hal yang paling logis terkait hal bersifat magis di baliknya, walaupun hanyalah merupakan sebuah mitos belaka.

Pohon Kalpa

Kalpavriksha pohon kalpa

Mungkin pohon Kalpa terdengar asing bagi kalian, pohon ini dikenal sebagai Kalpavriksha, pohon harapan. Tetapi mitologi tentang pohon ini sebenarnya jauh lebih kompleks dari sebutannya itu. Pohon Kalpa menjadi salah satu pohon mitologi di India, dan juga mengandung konsep spiritual bagi masyarakat India. Sahabat anehdidunia.com mereka percaya pohon ini dapat menggenapi semua harapan yang bagi siapa saja yang berdoa kepada pohon ini, lebih tepatnya pohon Kalpa merupakan media perantara manusia dan dewa, sehingga masyarakat percaya dengan berdoa kepada pohon, secara tidak langsung menyampaikan harapan dan keinginan mereka kepada dewa. Tak jarang juga masyarakat yang mengunjungi tempat ini memberi sesembahan kepada pohon ini.

Bahkan Alexander the Great pergi yang sempat melakukan perjalanan ke India sempat mencari pohon-pohon ini dengan harapan agar semua keinginannya terpenuhi. Seperti kepercayaan banyak orang di India, Alexander the Great tertarik pada gagasan untuk mendapatkan semua kesenangan duniawi yang bisa ia dapatkan tanpa usaha apapun. Sebenarnya ada sekali pohon di India yang dianggap sakral, tergantung pada klaim masyarakat sekitar tentang keinginan mereka yang dikabulkan ketika berdoa kepada pohon-pohon itu, salah satunya adalah pohon Kalpa ini yang dianggap paling sakral. Dengan klaim-klaim dari masyarakat sekitar, pohon Kalpa sering mendapat kunjungan dari para orang-orang luar daerah dan juga sesajen yang ditinggalkan untuk pohon ini dengan harapan agar doanya sampai pada dewa.

The Sky-High Tree

The Sky-High Tree

Kisah rakyat selanjutnya muncul dari Hungaria ini berawal dari seorang anak penggemala domba yang menyelinap ke kebun raja untuk sekedar melihat-lihat suasana kebun raja. Ketika tiba di dalam kebun, ia melihat pohon yang lebih tinggi daripada pohon lainnya, ia akhirnya memutuskan untuk memanjat pohon tersebut. Anak itu pun dengan semangat memanjat pohon itu dan ketika memanjat lebih jauh sampai ke puncak pohon, ia menemukan hal-hal fantastis yang pernah dilihat seumur hidupnya. Ia dapat melihat langit dari ketinggian, melihat gereja dan istana yang terlihat seperti minatur, dan pemandangan indah lainnya. Orang-orang Hungaria bukan satu-satunya yang memiliki pohon Sky-High dalam mitologi mereka.

Dalam kisah mitos Siberia, legenda pohon yang mencapai surga ini cukup populer. Dalam cerita mitos ini, pohon ini memiliki tugas yang lebih penting dari sekedar sebagai pemandangan yang indah saja, yaitu menahan langit di atasnya. Sahabat anehdidunia.com menurut mitos-mitos kuno, langit membutuhkan naungan untuk menahannya, beberapa orang percaya bahwa ketika pohon ini mencapai puncak langit, phon ini akan memiliki bentuk melengkung. Setelah itu, pohon akan menjadi semacam portal ke dunia lain, dan pohon Sky-High ini juga dianggap memiliki pintu jalan masuk keluar menuju dunia lain. Tak jarang banyak penduduk sekitar yang mensakralkan pohon satu ini.

Pohon Teratai

Pohon Teratai

Bunga teratai mungkin lebih terdengar nyata, karena memang ada bentuknya dan setiap dari kita pasti tidak asing lagi dengan bunga teratai, bagaimana dengan pohon teratai ? pohon teratai telah muncul di berbagai mitologi sejak dulu. Mengingat bermacam-macam cerita budaya yang ada, kisah pohon teratai juga bervariasi. Orang Yunani mungkin mempunyai versi cerita yng paling aneh. Dalam mitos Yunani, ada dewi muda bernama Lotus. Dewi Lotus memutuskan untuk berubah menjadi pohon untuk melindungi dirinya dari ancaman seksual yang akan dilakukan dari dewa lain, bernama Priapus. Mulai saat itulah pohon yang dianggap sebagai cerminan sosok dewi Lotus melambangkan perlindungan dari ancaman manusia yang jahat kepada sesamanya.

Pohon teratai juga memiliki buah, buah yang dihasilkan muncul dalam legenda Homer ketika Odysseus dan anak buahnya berada di atas bukit yang bernama Lotus Eaters. Ketika orang-orang ini memakan buah dari pohon teratai, rasanya sangat enak sehingga membuat mereka merasa terhipnotis dan tidak melupakan segala hal duniawi dalam kehidupan mereka. Sahabat anehdidunia.com mitos ini mengarah pada penciptan istilah Lotus Eater yang menggambarkan orang-orang yang menjalankan kehidupan ini penuh dengan kesenangan duniawi dan dianggap memiliki kehidupan yang hampa. Nama lotus atau teratai dalam bahasa Indonesia ini memiliki makna yang bermacam-macam dalam keyakinan agama, ada yang menyatakan teratai menggambarkan hubungan dengan Tuhan, dimana pohon teratai dipegang di tangan kanan Tuhan di Surga. Selain itu, beberapa mitos juga mengatakan pohon teratai adalah simbol kehadiran Tuhan yang berdiri di atas pohon ini untuk mengatasi hal-hal duniawi di Bumi.

Jubokko

pohon Jubokko

Jika mendengar cerita rakyat Jepang tentang pohon ini, mungkin kalian akan berpikir dua kali sebelum pergi ke tempat pohon Jubokko ini. Pohon ini dianggap sangat menipu dan berbahaya, jika dilihat dari kejauhan tampak seperti pohon yang tidak berdosa. Namun, menurut cerita yang beredar, dahan-dahan dari pohon ini tampak aneh seakan memegang sesuatu. Sahabat anehdidunia.com jika kalian memperhatikan pangkal pohon Jubokko dan melihat sisa-sia kerangka manusia yang menumpuk, secepatlah lari dari tempat itu sebelum kalian menjadi korban dari pohon ini. Konon, pohon ini suka membunuh manusia yang berada di sekitarnya.

Pohon Jubokko dulunya adalah pohon yang normal seperti pohon lainnya, sampai suatu hari, tanah yang pohon ini tinggali direndam dalam genangan darah yang berasal dari perang para dewa. Ketika darah itu menyentuh bagian akar pohon, pohon ini menjadi pohon yang jahat, sehingga pohon ini membutuhkan darah sebagai satu-satunya makanan mereka. Pohon ini akan menyambar orang di sekitarnya dengan dahannya yang panjang, kemudian menarik korbannya mendekat, lalu mencengkeram tubuh korban dengan sangat kuat sehingga darah dari manusia mulai keluar yang menjadi kenikmatan bagi pohon ini. Ketika darah korban mulai habis, pohon ini akan melepaskan cengkeramannya dan meninggalkan bangkai korban untuk makanan burung pemangsa.

Pohon Beringin

Pohon Beringin

Menurut beberapa legenda, pohon beringin adalah pohon yang pernah menjadi tempat persinggahan Buddha dan sang Buddha sempat duduk di bawah pohon ini. Ada banyak keyakinan yang menceritakan bahwa pohon ini mempunyai sifat magis dalam dirinya. Salah satu ceritanya yaitu tentang seorang ayah dan anaknya yang mengambil buah dari pohon ini menemukan biji yang besar dalam buahnya. Sahabat anehdidunia.com anak itu kemudian diberitahu untuk menghancurkan biji itu dan memberitahu ayahnya tentang apa yang ada di dalam biji itu. Si anak dengan polosnya memberitahu bahwa dirinya tidak menemukan apa-apa dalam biji tersebut dan tiba-tiba saja pohon beringin muncul dan tumbuh membesar dari biji itu.

Pelajaran yang diambil dari cerita tersebut adalah bagaimana begitu banyak kehidupan dan sesuatu yang besar dapat datang dari sesuatu yang begitu kecil. Namun, pohon beringin benar-benar memiliki kekuatan mistis yang lebih besar dari ukuran pohon ini. Kepercayaan orang-orang ada yang mengatakan bahwa akar pohon beringin tidak pernah berhenti tumbuh, akar-akar itu akan turun ke dasar Bumi dan akan menjadi pohon yang benar-benar abadi, dalam artian pohon ini akan tetap ada karena akar-akarnya yang kuat dan panjang. Walaupun pohon ini ditebang, akar-akarnya dapat memberikan kehidupan lagi bagi sisa-sisa pohon yang ditebang itu.

Referensi
http://yokai.com/jubokko/
http://bhort.bh.cornell.edu/conservatory/cpage3.html
https://ubudcommunity.com/the-sacred-banyan-tree/
https://en.wikipedia.org/wiki/Kalpavriksha