PLARIUSMODIFIKASI101

Peristiwa Penangkapan Terkonyol Yang Dilakukan Aparat

Monday, February 18, 2019
Polisi memiliki kewajiban untuk menangkap siapa saja yang melanggar aturan hukum, tanpa kecuali. Meski demikian, yang diurus polisi bukan hanya kasus berat seperti perampokan atau pembunuhan saja. Hal-hal sederhana seperti pertengkaran antar tetangga hingga kado Natal pun mau tak mau harus menjadi tanggung jawab mereka. Bahkan, tak jarang mereka melakukan penangkapan yang terbilang cukup konyol. Sekonyol apa kasus penangkapan polisi itu? Berikut ini beberapa kasusnya.

Kasus Dumb and Dumber

Kasus Dumb and Dumber

Mungkin bagi para pecinta film, Dumb and Dumber adalah sebuah judul film komedi buatan  Hollywood. Namun, kali ini julukan Dumb and Dumber ini cocok diberikan pada dua orang remaja asal Australia yang melakukan perampokan bank di Amerika Serikat. Pasangan Dumb and Dumber ini diketahui bernama Anthony Prince dan Luke Carroll. Mereka adalah remaja yang bekerja di sebuah toko olahraga di wilayah Vail. Kabarnya, mereka merampok menggunakan pistol mainan. Dan mereka juga sempat melakukan kekerasan pada salah satu pegawai wanita yang bekerja di bank tersebut, dengan cara memukulnya sampai terjatuh.

Konyolnya ketika melakukan aksi perampokan bank, meskipun keduannya memakai topeng penutup wajah, tetapi lupa bahwa mereka masih memakai seragam toko tempatnya bekerja. Pada akhirnya mereka bergembira bisa memiliki uang sebanyak USD 132 ribu atau sekitar Rp 1,9 miliar. Bodohnya lagi, mereka pun banyak meninggalkan jejak yang mencurigakan seperti memberikan uang tips kapada supir taksi sebesar USD 20 ribu, berfoto dengan hamburan uang dan membeli jam Rolex secara tunai di toko jam dekat lokasi bank yang dirampoknya. Karena kekonyolannya tersebutlah mereka berhasil ditangkap di bandara ketika mencoba terbang ke Meksiko.

Menurut pengakuan salah satu pelaku, Anthony, sebenarnya mereka tak bermaksud untuk merampok sungguhan, dan awalnya hanya candaan saja, namun kemudian candaan itu berubah menjadi serius tanpa mereka ketahui. Memang perkataan dari Anthony itu cukup aneh dan sulit dimengerti. Anthony dan juga Luke akhirnya dibebaskan pada tahun 2009 lalu, setelah sebelumnya mendekam di Allenwood Federal Correctional Institution di White Deer, Pennsylvania, Amerika Serikat, dan dipulangkan ke negara asalnya, Australia.

Kambing jadi tersangka pencurian

Kambing jadi tersangka pencurian

Jika biasanya yang ditangkap dalam kasus pencurian adalah manusia, maka di Nigeria, yang ditangkap justru adalah seekor kambing. Saat itu, polisi Nigeria tengah mengejar kawanan perampok mobil. Beberapa dari mereka lari, namun ada seorang perampok menyelinap di suatu tempat. Setelah polisi menggerebek tempat tersebut, yang terjadi malah di luar dugaan. Bukannya salah satu dari kawanan perampok yang ada di tempat tersebut, yang ada malah seekor kambing. Tak ayal kepolisian Nigeria langsung menangkap kambing yang diduga sebagai jelamaan perampok itu.

"Beberapa dari mereka lari, dan seorang telah berubah menjadi kambing," ujar humas Kepolisian Negara Bagian Kwara, Tunde Muhammad. Bagi kita, mungkin hal itu terbilang aneh dan konyol, namun di beberapa bagian wilayah Nigeria, kepercayaan akan ilmu sihir masih sangat kuat, sehingga wajar saja jika mereka berpikiran bahwa kambing itu adalah jelmaan dari perampok yang sedang mereka kejar. Juru bicara kepolisian setempat mengatakan bahwa kambing tersangka ini akan terus ditahan hingga kasus ini selesai. Dan hingga kini masih belum jelas apakah benar kambing itu benar merupakan jelmaan, atau hanya merupakan kambing biasa.

Kasus nenek dan bola rugby

Kasus nenek dan bola rugby

Seorang nenek bernama Edna Jester (88) ditangkap polisi karena tidak mau mengembalikan bola rugby milik anak tetangga yang jatuh ke halaman rumahnya. Penangkapan itu dilakukan pada bulan Oktober 2008 lalu. Menurut penjelasan Kepolisian Blue Ash, nenek asal Ohio, Amerika Serikat, ini merasa frustasi karena anak-anak kecil tersebut sering mengganggu dirinya saat sedang makan atau saat membaca Alkitab.

Hingga puncaknya, Edna Jester yang merasa jengkel berkata kepada anak-anak tetangganya, apabila bola mereka jatuh lagi maka dia tidak akan mengembalikannya. Benar saja, bola rugby itu kemudian jatuh lagi ke halaman rumahnya untuk yang kesekian kalinya, dan nenek Edna Jester itu tak mengingkari ancamannya. Edna Jester pun menolak mengembalikan bolanya, dan memutuskan untuk menyimpannya.

Meskipun anak-anak sudah memohon dengan memelas agar bola dikembalikan, namun nenek Edna Jester tetap menolak. Hingga akhirnya Paul Tanis, salah satu orangtua dari anak-anak itu, mengadukan hal tersebut ke polisi. Nenek Edna pun dituduh melakukan pencurian oleh polisi, dan sempat ditahan.

Berteriak tanpa busana

Berteriak tanpa busana

Seorang pria bernama Dieter Braun asal Jerman ditangkap polisi karena berteriak tanpa busana sambil memanjat pohon. Mungkin banyak yang menyangka, bahwa pria itu tak waras, tapi kenyataannya, dia adalah pria yang sangat sehat dan waras.

Pria Jerman itu bertingkah gila seperti ini hanya gara-gara mengikuti nasihat seorang konselor perkawinan. Dieter menemui konselor tersebut untuk mengadukan masalah rumah tangganya yang membuat dirinya stres. Sang konselor pun menyuruh pria berusia 43 tahun itu untuk berlari ke sekitar pohon-pohon sambil teriak-teriak, dalam keadaan telanjang. Menurutnya, teknik melepaskan stres seperti itu terbukti sangat ampuh, dan hal itu pun dituruti oleh Dieter. Sayangnya, hal itu justru membuat Dieter harus berurusan dengan polisi.

Kepada polisi, Dieter mengatakan, melampiaskan kemarahannya ke pepohonan telah membuat dirinya berhenti membentak-bentak istrinya. "Jika saja saya tidak pergi ke hutan dan menjerit ke pohon-pohon, perkawinan saya mungkin sudah berakhir," tukas Dieter menjelaskan perbuatannya. Diimbuhkan Dieter lagi, berlari dengan tubuh telanjang bulat justru membuat dirinya merasa lebih rileks. "Bagi saya ini sejenis terapi relaksasi. Merasakan semilir angin di kulit saya yang telanjang benar-benar menenangkan saya," tuturnya.

Menurut kepolisian setempat, mereka yang kebetulan berada di hutan itu sangat terganggu akan aksi gila Dieter. Mereka pun mengadukan dia ke polisi yang langsung datang mengamankannya. Dieter lalu dikenai tuduhan telah menimbulkan gangguan publik. Bisa jadi, setelah itu Dieter tak melakukan lagi aksi gilanya, atau bahkan bisa saja menuntut sang konselor karena telah membuatnya ditangkap polisi.

Kentut di depan polisi

Kentut di depan polisi

Kasus kriminal tidak harus sesuatu yang keji, kejam atau yang menyebabkan kematian. Namun perilaku dan perbuatan yang dianggap mengganggu keyamanan publik bisa dikenai dakwaan. Kasus ini dialami oleh seorang pria bernama Jose Cruz pada bulan September 2008. Pria berusia 34 tahun asal Virginia Barat, Amerika Serikat ini ditangkap pada saat polisi lalu lintas memberhentikan kendaraannya karena dia tidak menyalakan lampu mobil. Namun anehnya, Jose Cruz mengangkat kedua kakinya dan menaikkan 20 derajat pantatnya sambil mengipasi udara yang ada di pantatnya ke arah petugas. Rupanya saat itu dia kentut dan sengaja mengarahkannya ke petugas polisi.

Peristiwa ini dianggap penghinaan oleh petugas. Selain didakwa melakukan penyerangan gas beracun kepada petugas, Jose Cruz juga positif mabuk alkohol saat diperiksa di kantor polisi. Akhirnya dia pun dihukum penjara selama beberapa hari. Kasus serupa juga dialami oleh pria bernama Malcolm Gill, dari Longfield Street di Dalton, Australia. Pria berusia 46 tahun ini dilaporkan karena telah buang angin di wajah petugas di kantor polisi Huddersfield. Diketahui, pria ini ternyata kentut di wajah seorang polisi sebanyak dua kali hingga akhirnya membuat dia dipenjara karena melakukan perbuatan tidak menyenangkan di muka umum.

Saat kejadian, pada bulan Januari, Malcolm sedang dipanggil pihak Kepolisian atas dugaan kasus pencurian. Dalam pemeriksaan, Malcolm tiba-tiba memutar badannya dan buang angin sebanyak dua kali kepada petugas yang memeriksanya. Hal inilah yang membuatnya kemudian dipenjara.

Dari semua kasus penangkapan di atas, mana yang menurut kalian paling konyol?

referensi 
https://www.kaskus.co.id/thread/55a565a256e6af70328b456d/10-perampok-bank-yang-paling-memalukan-di-dunia/
http://www.grid.id/read/04153560/dijadikan-tersangka-pencurian-mobil-kambing-ini-pasrah-loh-kok-bisa-ya-?page=all
https://kabar6.com/5-kasus-kejahatan-paling-aneh-yang-pernah-terjadi/
https://news.detik.com/berita/401227/hilangkan-stres-pria-bugil-teriak-teriak-ke-pohon
https://www.ucnews.id/news/Pria-Ini-Dihukum-Karena-Kurang-Ajar-Terhadap-Petugas-Apa-Perbuatannya/311922613861973.html
http://news.metrotvnews.com/read/2014/09/27/297602/pria-ini-di-penjara-gara-gara-kentut
https://www.smh.com.au/world/we-didnt-really-want-to-rob-a-bank-says-dumb-and-dumber-bandit-20100410-rzft.html
https://plus.kapanlagi.com/8-kasus-penangkapan-paling-konyol-431297.html