PLARIUSMODIFIKASI101

Rumah Summerwind, Kisah Rumah Angker yang Hancur Akibat Petir

Saturday, March 23, 2019
Kisah bangunan angker dapat ditemukan di mana-mana, tak terkecuali di Amerika Serikat (AS). Rumah Summerwind adalah contoh dari bangunan angker yang pernah berdiri di Negeri Paman Sam. Rumah ini sekarang memang sudah tidak bisa lagi ditemukan karena hancur terbakar usai tersambar petir. Namun saat masih berdiri, rumah ini dianggap sebagai bangunan paling angker di negara bagian Wisconsin.

Rumah Summerwind pertama kali dibangun pada tahun 1916 di tepi Danau West Bay. Rumah tersebut kemudian dibeli Sekretaris Dagang AS Robert Lamont. Oleh Lamont, rumah tersebut digunakan oleh ia dan keluarganya saat ingin berlibur dan mencari ketenangan. Namun selama lima belas tahun berikutnya, keluarga Lamont justru malah menjumpai kejadian-kejadian aneh

Rumah Summerwind

Kepada para kenalannya, keluarga Lamont bercerita kalau di Rumah Summerwind, mereka sempat merasakan hal-hal seperti perabot yang bergerak sendiri, suara aneh yang datang dari ruang kosong, hingga bayangan yang berkelabat dari satu ruangan ke ruangan lain. Meskipun begitu, rentetan kejadian aneh tadi tidak sampai membuat keluarga Lamont kapok mengunjungi rumah milik mereka sendiri. Setidaknya hingga kejadian ini muncul.

Menurut pengakuan Lamont, ia dan istrinya sedang makan bersama di dapur. Mendadak, pintu ruang bawah tanah membuka sendiri. Lamon dan istrinya jelas terkejut. Namun rasa terkejut itu masih belum seberapa dibandingkan dengan apa yang muncul kemudian. Dari pintu ruang bawah tanah tadi, keduanya melihat sosok menyerupai manusia menyembul dari bawah.

Lamont awalnya mengira kalau sosok tersebut bukanlah hantu, melainkan manusia yang menyusup ke dalam kediaman mereka. Maka, ia langsung bergegas mengambil senapan dan menembak sosok misterius tadi. Namun peluru yang dilepaskan oleh Lamont justru bergerak menembus sosok misterius tadi alih-alih melukainya. Sejak peristiwa itulah, keluarga Lamont tidak pernah lagi kembali ke Rumah Summerwind. Sementara lubang bekas hantaman peluru yang ada di lantai menjadi saksi bisu pemandangan misterius yang nampak di hadapan Lamont.

Selama beberapa tahun berikutnya, Rumah Summerwind menjadi bangunan yang tak berpenghuni. Pada dekade 1940-an, rumah tersebut akhirnya berpindah tangan ke keluarga Keefer. Tidak seperti keluarga Lamont yang memakai Rumah Summerwind untuk dipakai sendiri, keluarga Keefer memanfaatkan rumah tersebut untuk disewakan kepada orang lain yang membutuhkan tempat berlibur. Keluarga Keefer sendiri diketahui jarang menggunakan rumah tersebut.

Rumah Summerwind mansion

Memasuki dekade 1970-an, Rumah Summerwind kembali berganti pemilik. Kali ini yang menjadi pemilik baru adalah pasangan Arnold dan Ginger Hinshaw bersama keenam orang anaknya. Mereka berencana menjadikan Rumah Summerwind sebagai tempat tinggal mereka yang baru. Sejak itulah, cerita horor mengenai Rumah Summerwind kembali dimulai.

Saat baru menginjakkan kakinya di Rumah Summerwind, rumah tersebut berada dalam kondisi kurang terurus. Keluarga Hinshaw awalnya mencari tukang bangunan untuk membantu memperbaiki rumah, namun mereka semua menolak karena mereka takut akan reputasi Rumah Summerwind sebagai rumah yang angker dan berhantu. Sahabat anehdidunia.com gagal menemukan tukang bangunan yang bersedia membantu mereka, keluarga Hinshaw pun memutuskan untuk mereparasi rumah tersebut sendiri.

Saat sedang mengecat kamar tidur, Arnold tanpa sengaja menemukan lubang kecil yang letaknya agak tersembunyi dan bentuknya menyerupai terowongan untuk merangkak. Arnold awalnya mencoba mengecek lubang tersebut sendiri. Namun karena badannya tidak muat, ia pun meminta bantuan anak perempuan termudanya, Mary, untuk mengecek apa yang ada di balik lubang.

Di balik lubang tersebut, ternyata terdapat semacam ruangan berisi tumpukan tulang dan tengkorak dengan rambut yang masih menempel. Namun penemuan tersebut tidak sampai membuat keluarga Hinshaw membatalkan niatnya untuk menempati Rumah Summerwind. Mereka memilih untuk mengembalikan tengkorak tadi dan menutup lubangnya. Beberapa tahun kemudian, saat lubang yang sama dibuka kembali, timbunan tulang dan tengkorak tadi menghilang tanpa jejak.

Penemuan tengkorak tadi seolah-olah menjadi pemicu munculnya rangkaian fenomena aneh di Rumah Summerwind. Ginger dan anak-anaknya mulai mendapatkan kesan kalau seolah-olah ada makhluk tak kasat mata yang sedang mengawasi setiap gerak-gerik mereka. Perabotan kerap berpindah tempat secara misterius. Lalu pada suatu siang, sosok hantu wanita muncul di hadapan Ginger saat dirinya tengah berada di ruang makan.

Daleman Rumah Summerwind

Fenomena misterius juga turut menimpa Arnold. Ia mulai menderita insomnia dan seolah-olah dipaksa bermain organ pada malam hari. Menurut pengakuannya, hanya dengan memainkan organ, makhluk halus yang mendiami rumah tersebut akan berhenti mengganggunya. 

Namun masalah tersebut ternyata baru awalnya. Entah ada hubungannya atau tidak dengan fenomena supernatural di Rumah Summerwind, rentetan nasib buruk mulai menimpa keluarga Hinshaw. Arnold kehilangan pekerjaannya dan kerap terlibat cekcok dengan istrinya. Saat dirinya merasa kian tertekan, Ginger bahkan sempat berpikir untuk mengakhiri hidupnya sendiri.

Hanya dalam kurun waktu enam bulan sejak pertama kali mendiami Rumah Summerwind, impian keluarga Hinshaw untuk memulai hidup baru yang bahagia di rumah tersebut hancur berantakan. Ginger dan anak-anaknya pergi meninggalkan rumah tersebut untuk tinggal bersama orang tuanya. Arnold sendiri kemudian turut meninggalkan rumah tersebut, sehingga Rumah Summerwind untuk kesekian kalinya kembali menjadi bangunan tak berpenghuni.

Namun rangkaian cerita seram tersebut ternyata tetap tidak membuat Rumah Summerwind sepi peminat. Ayah Ginger yang bernama Raymond Bober memutuskan untuk membeli rumah bekas putrinya dan merenovasinya. Ia berencana menjadikan rumah angker tersebut sebagai rumah makan merangkap penginapan. 

Peristiwa misterius lagi-lagi muncul di Rumah Summerwind. Saat renovasi tengah dilakukan, saudara Ginger mengaku melihat penampakan di lantai atas. Sahabat anehdidunia.com saat dirinya yang panik melarikan diri ke lantai dasar, ia melihat penampakan yang menampilkan peristiwa saat Lamont menembak sosok hantu di lantai dapur, lengkap dengan suara tembakan dan bau mesiu. Seolah-olah peristiwa yang terjadi puluhan tahun silam tersebut benar-benar terjadi lagi di hadapannya. Merasa takut bukan main, saudara Ginger bergegas meninggalkan Rumah Summerwind dan tidak pernah lagi kembali ke sana.

Bukan hanya saudara Ginger yang menjadi korban peristiwa aneh. Para pekerja dan tukang bangunan yang terlibat dalam renovasi juga turut merasakan fenomena serupa. Alat-alat pertukangan dan lembaran berisi rencana konstruksi kerap menghilang secara misterius. Mereka juga mengaku kalau sudut pandang ruangan yang mereka lihat terkesan berubah-ubah dan tidak pernah sama dengan sudut pandang yang sudah dibuat dalam skema. Sejumlah pekerja yang dirundung ketakutan sampai memutuskan untuk mengundurkan diri dan menolak untuk kembali bekerja di sana.

Alih-alih merasa takut, Bober justru merasa penasaran dan mencoba berkomunikasi dengan sang makhluk halus dengan memakai papan huruf ouija. Ia juga menjalani sesi hipnoterapi dan mulai sering berbicara dalam suara yang tidak bisa dipahami oleh manusia. Bober kemudian menyimpulkan kalau orang yang membangun rumah ini aslinya bernama Jonathan Carver. 

Rencana Bober untuk merenovasi Rumah Summerwind pada akhirnya dihentikan di tengah jalan. Rumah Summerwind pun kembali menjadi bangunan yang terbengkalai sebelum kemudian dibeli pada tahun 1986. Namun hanya berselang dua tahun kemudian, rumah tersebut berubah menjadi puing-puing setelah petir menyambar dan membakar hampir seluruh bagian rumah. Yang tersisa tinggal cerobong asap yang masih berdiri hingga sekarang.

Rumah Summerwind sekarang memang sudah tidak lagi berdiri. Namun makhluk halus yang dulunya mendiami rumah tersebut diperkirakan masih tetap bergentayangan di lokasi bekas rumah hingga sekarang. Paranormal dan warga biasa yang hendak mencari pengalaman gaib berduyun-duyun mengunjungi lokasi bekas rumah ini untuk merasakan langsung seperti apa suasana di lokasi yang dulunya dikenal sebagai rumah angker.

Sumber :
http://www.theoccultmuseum.com/the-haunting-of-summerwind-mansion/