PLARIUSMODIFIKASI101

Hewan Imajinasi Yang Ternyata Benar-Benar Ada Di Dunia

Monday, May 06, 2019
Dalam cerita dongeng atau film fantasi kita sering disuguhi berbagai macam makhluk-makluk fantastis dengan bentuk yang diluar nalar manusia. Mulai dari hewan raksasa, monster dari dasar laut hingga hewan campuran seperti kuda berkepala manusia. Kebanyakan makhluk-makhluk ini tentu tidak nyata dan hanya hasil dari imajinasi manusia. Namun meski begitu di Bumi yang begitu luas ini ternyata masih banyak spesies hewan yang memiliki penampilan dan karateristik yang unik, diluar nalar manusia.

Sahabat anehdidunia.com pernahkah kalian mendengar tentang laba-laba yang terlihat seperti kelinci, Tupai yang memiliki bulu berwarna pelangi atau ikan yang meleleh saat diangkat dari air? Percaya atau tidak hewan-hewan unik ini memang ada di dunia ini dan tak hanya hidup dalam dunia fantasi atau buku dongeng. Nah informasi tentang hewan-hewan unik inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagikan kisahnya dalam Hewan Imajinasi Yang Ternyata Benar-Benar Ada Di Dunia, versi anehdidunia.com

Laba-laba Dengan Tubuh Seperti Kepala kelinci

Laba-laba Dengan Tubuh Seperti Kepala kelinci

Pada tahun 2017 yang lalu seorang ilmuan bernama Andreas Kay menemukan sebuah spesies unik dalam perjalanya menjelajahi hutan Amazon bagian Ekuador. Spesies ini adalah Laba-laba dengan bagian tubuh yang menyerupai kepala Kelinci. Foto darai makhluk yang terlihat tak biasa ini mencuri perhatian banyak orang karena keunikanya. Tapi apakah ini benar spesies baru? ternyata tidak karena spesies laba-laba berkaki panjang ini rupanya sudah di temukan sejak tahun 1959 yang lalu. Hanya saja spesies yang lebih dikenal dengan sebutan "daddy longlegs" ini kurang terekspos. Para peneliti juga tak memiliki banyak data akan spesies ini akibat kurangnya penelitian yang ada.

Hanya ada sebuah penelitian tentang makhluk yang memiliki nama ilmiah bunny harvestman ini dan itupun hanya mengenai bentuk tubuhnya yang unik. Para peneliti menyakini jika bentuk tubuh unik dari laba-laba ini adalah untuk menghindari predator. Dengan dua tenga palsu dan juga bintik berwarna kuning yang ada ditubuhnya, laba-laba ini diyakini dapat menghindari incaran predator. Hal ini sedikit terbukti dengan berhasilnya spesies laba-laba ini bertahan hingga sekarang. Apalagi jika mengingat spesies ini sudah berusia jutaan tahun dan bahkan diperkirakan lebih tua dari dinosaurus. mirip kelinci atau anjing sih atau kelelawar?

Tupai Pelangi

Tupai Pelangi

Pada awal tahun 2019, seorang fotografer amatir berhasil mengabadikan foto dari seekor tupai yang memiliki warna unik dan menguplonya ke akun instagram miliknya. Foto ini langsung menjadi viral karena keunikan warna bulu tupai ini yang menyerupai pelangi. Meski begitu banyak orang yang menyangsikan keaslian foto ini dan menganggapnya sebagai hasil rekayasa si fotografer untuk mencari sensasi.

Tapi belakangan diketahui jika foto ini benar-benar asli dan tanpa rekayasa. Tupai yang memiliki warna bulu seperti pelangi ini rupanya benar-benar ada dan memiliki spesies bernama Malabar Giant Squirrels atau Tupai Raksasa Malabar. Sahabat anehdidunia.com spesies tupai yang memiliki habitat di Semenanjung India ini memang dikenal memiliki warna bulu terang dan beragam seperti orange, ungu hingga indigo.

Namun meski begitu tupai yang memiliki warna hingga lebih dari 5 corak, seperti yang berhasil di abadikan oleh fotografer amatir tadi cukup langka, karena biasanya tupai raksasa malabar hanya memiliki 3 corak warna saja.  Warna bulu mereka yang beragam ini sendiri merupakan bagian dari sistem pertahanan diri tupai raksasa malabar untuk berkamuflase di hutan.

Satu lagi keistimewaan tupai ini adalah ukuran tubuhnya yang sangat besar. Sesuai dengan namanya, tupai memiliki ukuran panjang tubuh yang bisa mencapai 1 meter dan juga cukup berotot. Meski begitu tupai raksasa malabar tetap lincah dan bahkan bisa melompat dari pohon yang meliliki ketinggian hingga enam meter dengan santai.

Paus Putih



Siapa yang tak tahu cerita Moby Dick, kisah dongeng karya Herman Melville yang pertama kali dirilis pada 1851 ini begitu populer dan bahkan pernah beberapa kali dibuat menjadi film. Moby Dick sendiri menceritakan tentang seekor paus putih yang menaruh dendam pada para pelaut dan selalu menyerang kapal mereka saat melewati wilayah lautnya. Banyak orang mungkin berfikir kalau paus putih, hanyalah hewan yang ada di buku dongeng saja, padahal sebenarnya tidak, karena spesies paus putih ternyata memang ada dan bisa ditemukan di lepas pantai Meksiko. Sejak beberapa tahun lalu spesies paus putih kerap terlihat di lepas pantai Meksiko.

Spesies langka ini pertama kali terlihat pada tahun 2003 yang lalu namun sayangnya tak ada yang sempat memfoto kemunculan paus putih langka ini. Pada tahun 2008 sekelompok peneliti kembali melihat penampakan paus putih ini dan kemudian memberikan julukan Galon de Leche atau Galon Susu karna warnanya yang seputih air susu. Delapan tahun kemudian tepatnya pada tahun 2016 seekor paus putih kembali terlihat hanya saja kali ini warnanya tak sepenuhnya putih ada sebagaian bagian tubuhnya yang berwarna hitam, hal ini membuat para peneliti yakin jika spesies paus putih tak hanya ada satu ekor saja.

Dan yang terbaru pada awal tahun 2019 ini, seekor paus putih kembali terlihat di lepas pantai Baja California, Meksiko. Saat itu seekor paus putih terlihat mendekati kapal wisatawan dan beberapa kali terlihat di permukaan. Untungnya kali ini seorang turis bernama Manuel Gonzales berhasil merekam kemunculan hewan langka ini dan membagikanya ke media sosial. Berkat video ini akhirnya banyak orang bisa melihat penampakan Moby Dick di Dunia nyata.

Ikan Yang Meleleh

Ikan Meleleh

Ikan yang bisa meleleh sepertinya sesuatu yang mustahil dan hanya bisa ditemukan pada cerita dongeng saja. Namun anggapan ini sepertinya tak benar karena pada tahun 2018 yang lalu sekelompok ilmuwan yang melaukan ekspedisi penyelaman di Peru berhasil menemukan spesies ikan yang bisa meleleh. Dalam ekspedisi yang dilakukan di Parit Atacama ini mereka berhasil merekan tiga spesies baru yang salah satunya adalah seekor "Snailfish" (ikan transparan yang biasa hidup di dasar laut). Ketiga temuan spesies baru ini berhasil terekan di kedalaman 7,5 kilometer dengan tekanan arus laut yang sangan kuat.

Tapi meskipun hidup di kedalaman laut yang bisa menghancurkan manusia Ikan ini terlihat baik-baik saja dah bahkan merupakan predator utama di sana. Karena penasaran dengan temuan baru ini para ilmuan kemudian memutuskan untuk menangkan beberapa ekor sebagai sampel untuk di teliti lebih lanjut. Namun sesuatu yang tak terduga terjadi ketika ikan ini tiba di permukaan air, iakan yang tadinya berbentuk utuh tiba-tiba meleleh seperti es. Satu-satunya bagian yang masih utuh dari ikan berwarna putih ini hanyalah tulang kepala dan giginya saja.

kejadian tak terduga ini rupanya terjadi justru karena rendahnya tekanan di permukaan air, hal ini sendiri merupakan hasil dari proses evolusi yang membuat ikan yang hidup laut dalam tak memiliki struktur tubuh yang tetap dan berlendir. Sahabat anehdidunia.com dengan tubuh yang tak memiliki tulang dan struktur inilah mereka bisa bertahan dengan tekanan laut yang sangat kuat. Namun sebaliknya jika mereka diangkat kepermukaan air makan tubuh mereka yang sebenarnya memang tak memiliki struktur tak dapat mempertahankan bentuknya akibat tak ada tekanan yang kuat. Karena itulah ikan ini seolah meleleh seperti es.

Pyrosome Raksasa



Seorang penyelam berhasil merekam sebuah makhluk luar biasa ketika ia menyelam di laut White Island, Selandia Baru pada tahun 2018 yang lalu. Makhluk dengan panjang 8 meter dan tubuh transparan ini tiba-tiba saja muncul dihadapan si penyelam, untungnya penyelam ini dan seorang temanya tetap tenang dan berhasil merekam makhluk yang sekilas mirip dengan cacing raksasa ini.

Tapi apa sebenarnya makhluk yang dilihat oleh penyelam ini? Rupanya makhluk ini dikenal sebagai salah satu jenis tunicate, sebuah organisme kompleks dengan syaraf tulang belakang yang biasa mengkonsumsi plankton. Hewan raksasa ini juga dikenal sebagai makhluk abadi karena kemampuan mereka untuk mengkloning diri.

Sedangkan koloni tunggal dari tunicate seperti yang dijumpai oleh penyelam di Selandia Baru itu dikenal sebagai Pyrosome. Pyrosome sendiri tergolong sebagi spesies yang unik karena tubuhnya dapat mengeluarkan cahaya. selain itu hewan yang juga dikenal dengan sebutan "Unicorn Laut" ini juga dapat tumbuh hingga mencapai ukuran hingga 18 meter, yang lebih istimewa lagi karena tubuhnya yang transparan kita jadi bisa melihat organisme-organisme didalam tubuhnya bergerak. Pemandangan ini akan semakin menakjubkan saat malam karena dalam tubuh Pyrosome, kita seolah dapat melihat kota kecil di negri dongeng yang bercahaya.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa hewan fantasi yang ternyata benar ada di dunia, semoga informasi ringan ini dapat menghibur dan jangan lupa like and sharenya ya :)

Referensi:
http://listverse.com/2019/04/24/top-10-surreal-animals-that-really-exist/
https://www.mongabay.co.id/2015/04/07/pyrosome-unicorn-bawah-laut-yang-mempesona/


close