PLARIUSMODIFIKASI101

Fakta Unik dan Menakutkan Menara London

Sunday, June 16, 2019
Inggris adalah nama dari negara kerajaan yang pusat pemerintahannya bertempat di London. Jadi bukan hal yang mengherankan jika kemudian London memiliki banyak bangunan bertema kerajaan. Satu dari sekian banyak bangunan tersebut adalah Menara London yang terletak di tepi Sungai Thames. Sebagai bangunan yang sudah berdiri selama berabad-abad dan banyak dikunjungi wisatawan, Menara London pun memiliki kisah uniknya sendiri. Berikut ini adalah 8 hal menarik mengenai Menara London yang perlu anda ketahui:

1. Menara London Bukan Hanya Terdiri dari Menara

Fakta Unik dan Menakutkan Mengenai Menara London

Berbeda dengan namanya. Apa yang disebut sebagai Menara London aslinya bukan hanya terdiri dari bangunan menara. Melainkan suatu kompleks bangunan yang strukturnya lebih menyerupai kastil atau kompleks perbentengan. Di bagian tengah, terdapat bangunan bertingkat dengan menara-menara tinggi di sejumlah sudutnya. Lalu di luarnya, terdapat barisan tembok yang amat tebal dan bagian atasnya bisa dipakai berlalu lalang.

Menara London sendiri pada awalnya memang dibangun untuk keperluan perbentengan. Tepatnya pada tahun 1066 oleh William Sang Penakluk, tokoh yang memimpin invasi bangsa Norman ke tanah Inggris. Sejak itu, bangunan yang bersangkutan terus mengalami pembaruan dan modifikasi hingga akhirnya menjadi seperti yang kita lihat sekarang.

2. Tokoh-Tokoh Termahsyur Inggris Pernah Ditahan di Sini

Tokoh-Tokoh Termahsyur Inggris Pernah Ditahan di Sini

Sejumlah tokoh penting diketahui pernah ditahan di Menara London. Salah satu yang paling terkenal adalah Putri Elizabeth yang kelak bertahta sebagai ratu di masa keemasan Inggris. Ia sempat dijebloskan ke tempat ini oleh saudarinya yang bergelar Ratu Mary I karena ia curiga Elizabeth berniat mengkudetanya. Beruntung bagi Elizabeth, tuduhan tersebut tidak terbukti dan ia dibebaskan 2 bulan kemudian.

Tokoh lainnya tidak bernasib seberuntung Elizabeth. Ibu Elizabeth yang bernama Anne Boleyn dihukum mati di Menara London pada tahun 1536 atas tuduhan berselingkuh dengan pria lain. Sementara di tahun 1605, Guy Fawkes dipenjara dan disiksa di Menara London karena mencoba meledakkan gedung parlemen Inggris. Fawkes sendiri akhirnya dihukum mati di seberang gedung parlemen. Potret wajah Fawkes nantinya menjadi sumber inspirasi untuk karakter V For Vendetta serta topeng gerakan Anonymous.

3. Menara London Pernah Menjadi Tempat Hukuman Mati

Menara London Pernah Menjadi Tempat Hukuman Mati

Sepanjang sejarahnya, sudah ada 22 orang yang dihukum mati di Menara London. Yang menarik adalah dengan melihat usia bangunan yang bersangkutan, ternyata hukuman mati terakhir yang mengambil tempat di bangunan ini terjadi belum begitu lama. Sahabat anehdidunia.com korban hukuman mati terakhir di Menara London adalah Josef Jakobs, seorang mata-mata asal Jerman yang dihukum mati pada tahun 1941 dengan cara ditembak.

Sebelum senjata api ditemukan, eksekusi mati dilakukan dengan metode pemenggalan. Tidak jarang eksekusi mati dilakukan di depan orang banyak untuk memberikan efek gentar supaya rakyat London tidak berani membangkang kepada raja. Mula-mula, tawanan akan dibawa ke Menara London untuk ditahan dan diadili. Jika ia memang terbukti bersalah, ia akan dijatuhi hukuman pancung 48 jam kemudian.

Orang terakhir yang dihukum pancung di Menara London adalah Simon Fraser, tokoh pemberontak asal Skotlandia. Ia dihukum mati di tempat tersebut pada tahun 1747. Namun bukan hanya itu hal menarik dari peristiwanya. Saat Fraser hendak dipenggal, orang-orang berkerumun di sekitar panggung eksekusi untuk menyaksikan proses pemenggalannya.

Saat itulah hal yang tidak diduga-duga terjadi. Karena jumlah orang yang berkumpul untuk menonton terlalu banyak, panggung serta tangga tempat mereka berdiri tidak kuat menahan beban. Akibatnya, tangga tersebut runtuh dan sebanyak 9 orang tewas akibat terjatuh atau tertimpa reruntuhan. Maksudnya ingin menyaksikan momen kematian seseorang, justru mereka sendiri yang bernasib naas.

4. Ada Pemenggalan yang Harus Diulang Hingga Belasan Kali

Ada Pemenggalan yang Harus Diulang Hingga Belasan Kali

Tidak semua eksekusi mati dilakukan di depan orang banyak. Khusus untuk mereka yang berasal dari golongan bangsawan, eksekusi matinya bakal dilakukan di tempat tertutup. Margaret Pole adalah contohnya. Bangsawati asal Salisbury tersebut dihukum penggal di tempat yang tidak bisa dilihat oleh publik.

Namun kisah terkait eksekusi mati Margaret belum berhenti di sana. Saat hari eksekusi akhirnya tiba, terjadi hal yang tidak terduga sehingga pemenggalan harus diulang berkali-kali. Baru sesudah upaya pemenggalan ke-11, Margaret berhasil dibunuh hingga kepalanya terpisah dari badannya. 

5. Menara London Memiliki Tembok yang Amat Tebal

Menara London Memiliki Tembok yang Amat Tebal

Karena bangunan ini memiliki peran sebagai benteng sekaligus tempat memenjarakan tokoh-tokoh penting, Menara London pun dibangun supaya sulit ditembus dari luar maupun dalam. Menara London dilaporkan memiliki ketebalan tembok mencapai 4,5 meter. Supaya anda lebih mudah membayangkannya, bayangkanlah ada 3 orang dewasa yang sedang berbaring sambil membentuk barisan. Kira-kira sepanjang itulah ketebalan tembok Menara London. 

Bangunan yang kokoh tidak akan ada gunanya jika tidak ada orang yang menjaganya. Demikian pula halnya dengan Menara London. Setiap hari menjelang pukul 10 malam, para penjaga akan melakukan patroli untuk memastikan semua gerbang sudah berada dalam kondisi terkunci. Sesudah itu, mereka akan melakukan upacara militer untuk memastikan kalau kunci masing-masing pintu berada di tempat yang aman. 

6. Menara London Pernah Menjadi Sasaran Pemberontakan

Menara London Pernah Menjadi Sasaran Pemberontakan

Tahun 1381, pernah terjadi pemberontakan di London. Pemberontakan itu sendiri dipicu oleh keputusan Raja Richard II untuk menarik pajak baru kepada rakyatnya. Merasa ditindas atas keputusan sepihak tersebut, sebanyak 20 ribu rakyat Inggris yang dipimpin oleh Walter Tyler lantas berkumpul ke London dan langsung menuju Menara London.

Awalnya para pemberontak tersebut bermaksud datang untuk berbicara kepada Raja. Namun saat pintu gerbang dibuka, sebanyak ratusan di antara mereka malah menyerbu masuk dan berlari menuju Menara Putih. Di sana, mereka langsung membunuh Simon Sudbury dan memenggal kepalanya. Sesudah itu, mereka langsung menuju ruang kediaman Raja untuk membunuhnya. Namun sebelum niat tersebut kesampaian, Tyler keburu dibunuh oleh prajurit bawahan raja sehingga berakhirlah pemberontakan.

7. Menara London Dihuni oleh Gagak yang Konon Menentukan Nasib Kerajaan

Menara London Dihuni oleh Gagak yang Konon Menentukan Nasib Kerajaan

Salah satu legenda paling terkenal terkait Menara London adalah mengenai keberadaan burung-burung gagak yang bersarang di dalamnya. Keberadaan burung gagak tersebut dianggap begitu penting karena memiliki kaitan langsung dengan masa depan kerajaan. Menurut legenda, jika burung-burung gagak yang awalnya menghuni Menara London sampai terbang melarikan diri, maka Kerajaan Inggris akan runtuh.

Pihak kerajaan sendiri ternyata menganggap serius legenda tersebut. Di dalam Menara, terdapat sangkar-sangkar yang berisi setidaknya 6 ekor gagak. Sebagian di antara mereka sayapnya bahkan sengaja dijepit agar tidak bisa terbang terlalu jauh seandainya berhasil melarikan diri. Pihak kerajaan juga memperkerjakan orang khusus untuk merawat gagak-gagak ini, di mana profesinya dikenal dengan sebutan Ravenmaster.

Karena gagak normalnya tidak dipandang sebagai burung yang indah, Raja Charles II pun awalnya sempat berniat memindahkan gagak-gagak tersebut. Namun setelah ia mendengar legenda mengenai gagak dan Menara London, ia membatalkan niatnya tersebut. Kalau menurut anda sendiri, apakah Kerajaan Inggris memang bakal benar-benar runtuh jika Menara London sampai kehilangan gagaknya?

8. Ada Penampakan Hantu di Menara London

Ada Penampakan Hantu di Menara London

Karena Menara London  merupakan bangunan tua yang pernah menjadi tempat eksekusi mati, sudah bisa ditebak kalau bangunan ini pun memiliki nuansa angkernya sendiri. Menurut kesaksian orang-orang yang pernah berkunjung ke Menara London, hantu-hantu wanita berwarna putih dan hitam kerap menampakkan diri di Menara London. 

Mereka juga mengaku seolah-olah melihat sesuatu tengah berdiam di pojokan. Namun saat mereka mengalihkan pandangannya ke arah tersebut untuk melihatnya dengan lebih jelas, sesuatu tersebut menghilang begitu saja. Selain penampakan visual, sejumlah pengunjung Menara London juga mengaku kalau kadang-kadang mereka mencium bau aneh menyerupai parfum dan sesuatu tak terlihat mencoba menyentuh bahu mereka.

Sumber :
https://www.factinate.com/places/facts-tower-of-london/


close