PLARIUSMODIFIKASI101

Intip Hantu Wanita Gentayangan Untuk Balas Dendam Dari Asia

Sunday, October 20, 2019
Dalam banyak budaya, hantu dipandang sebagai arwah penasaran yang berkeliaran di dunia karena masih memiliki urusan yang belum terselesaikan di dunia. Misalnya karena ia dulu meninggal akibat dibunuh dan pembunuhnya masih bebas berkeliaran. Di Asia, konsep hantu macam itu juga banyak ditemukan. Berikut ini adalah 5 hantu wanita dari Asia yang dipercaya bergentayangan karena ingin membalas dendam.

Sundel Bolong (Indonesia)

Sundel bolong Indonesia

Jika diminta menyebutkan nama hantu wanita asal Indonesia, maka sundel bolong adalah salah satu yang paling terkenal. Hantu ini digambarkan memiliki penampilan yang tidak berbeda dengan wanita normal. Namun jika dilihat dari belakang, hantu ini nampak memiliki lubang di punggungnya.

Hal itulah yang menyebabkan hantu ini memiliki kata “bolong” pada namanya, sementara nama “sundel” berasal dari kata sundal, sebutan lain untuk pelacur atau penjaja seks. Nama yang terakhir diberikan karena menurut cerita, sundel bolong memikat korbannya dengan cara berpura-pura menjadi penjaja seks.

Ada beberapa versi cerita mengenai asal-usul sundel bolong, namun semua cerita tersebut memiliki kesamaan. Wanita yang menjadi cikal bakal sundel bolong diceritakan meninggal dalam keadaan hamil. Ada kisah yang menyatakan kalau dia meninggal akibat dibunuh atau bunuh diri. Ada pula yang mengisahkan kalau penyebab meninggalnya adalah akibat melahirkan.

Saat sudah meninggal itulah, bayi yang ada dalam kandungannya diceritakan keluar dari tubuh ibunya lewat punggung. Itulah sebabnya ketika wanita tersebut bangkit kembali sebagai hantu, punggungnya nampak memiliki luka besar yang menganga. 

Korban sundel bolong umumnya adalah pria. Begitu dia sudah berhasil memikat korbannya, sundel bolong akan langsung memotong kemaluannya sebelum kemudian membunuhnya. Namun sundel bolong kadang-kadang juga diceritakan menyerang anak-anak karena ia mengira anak tersebut sebagai bayinya yang hilang.

Churel (India)

Churel India

India dikenal sebagai negara dengan komposisi suku dan budaya yang amat beragam. Oleh karena itulah, India pun juga memiliki kisahnya sendiri soal hantu wanita. Salah satu hantu wanita yang cukup terkenal di India utara adalah churel. Churel digambarkan bisa mengeluarkan teriakan yang memekakkan telinga. Selain dengan nama churel, hantu ini juga dikenal dengan nama chudail atau chudel.

Menurut cerita, churel adalah arwah gentayangan dari seorang wanita hamil yang meninggal dalam festival Diwali, festival keagamaan yang amat terkenal di India dan dirayakan dengan cara menyalakan kembang api dalam jumlah besar. Dalam cerita lain, churel dikatakan meninggal saat sedang melahirkan anaknya.

Churel diceritakan memiliki sifat seperti vampir yang berarti dia akan menghisap darah korbannya. Ia menyimpan dendam kepada siapapun yang masih hidup karena semasa masih hidup, ia gagal memiliki keturunan dengan selamat.

Churel konon kerap menampakkan diri di kawasan pelosok dan hutan. Ia memiliki kaki yang menghadap ke arah belakang. Sahabat anehdidunia.com begitu berpapasan dengan korbannya, churel akan menghipnotis korban tersebut dengan tatapannya dan kemudian membawanya ke tempat yang sepi. Saat korban sudah dibawa ke tempat yang dimaksud, churel akan menghisap habis darah korbannya. 

Churel utamanya mengincar orang-orang yang masih memiliki hubungan darah dengannya karena ia merasa geram tidak diperlakukan secara layak saat masih hamil. Untuk menjinakkan churel, mayat manusianya harus dikuburkan kembali secara layak supaya arwahnya tidak lagi menyimpan dendam. 

Onryo (Jepang)

Hantu Onryo Jepang

Rakyat Jepang dikenal masih menjunjung tinggi budaya dan hal-hal mistis kendati hidup di tengah kemajuan teknologi. Mereka percaya kalau seseorang yang meninggal dengan cara yang menakutkan atau tidak wajar bakal kembali ke dunia dalam wujud hantu yang bergentayangan. 

Onryo adalah contoh dari hantu macam itu. Hantu ini normalnya digambarkan sebagai hantu perempuan walaupun kadang-kadang ada juga kisah mengenai onryo pria. Sahabat anehdidunia.com korban dari onryo umumnya adalah orang-orang yang masih memiliki hubungan dengannya saat masih hidup sebagai manusia.

Saat beraksi, onryo tidak akan membunuh korbannya begitu saja, namun ia akan menghantui dan menyiksa korbannya secara perlahan hingga korbannya merasa tertekan dan akhirnya bunuh diri. Sesudah itu, onryo akan menunggu beberapa bulan untuk melihat bagaimana orang-orang dekat dari sang korban bereaksi. Baru sesudah itu onryo memutuskan korban berikutnya untuk dibunuh.

Walaupun onryo lahir dari dendam yang dipendam oleh sosok manusianya saat masih hidup, tidak jarang onryo bertindak membabi buta saat membunuh. Dengan kata lain, onryo juga tidak segan-segan membunuh orang yang tidak memiliki hubungan dengannya saat masih hidup. Bahkan tidak jarang orang yang bertanggung jawab atas kematiannya tetap selamat dari amukan onryo.

Phi Tai Hong (Thailand)

Hantu Phi Tai Hong Thailand

Di dunia hiburan, Thailand dikenal kerap memproduksi film-film horor yang kualitasnya sudah diakui hingga di luar negeri. Kisah dalam film horor Thailand sendiri sedikit banyak terinspirasi dari mitos horor yang banyak diyakini oleh penduduk setempat. Phi tai hong adalah contoh dari hantu Thailand yang cukup terkenal.

Menurut cerita yang diyakini oleh masyarakat Thailand, phi tai hong berasal dari arwah wanita muda yang tewas secara mengenaskan dan mayatnya tidak dikuburkan secara layak. Tempat-tempat seperti lokasi serangan teroris dan bencana alam diyakini sebagai lokasi yang kerap menjadi awal mula munculnya phi tai hong.

Wanita yang meninggal saat hamil diyakini bakal memunculkan phi tai hong dalam wujud terkuatnya karena hantu yang bersangkutan bangkit dari dua jasad sekaligus. Sahabat anehdidunia.com Phi tai hong biasanya hanya akan menampakkan diri tidak jauh dari lokasi kematiannya.

Begitu ada orang malang yang melintas di dekatnya, phi tai hong akan langsung membunuh orang tersebut. Harapannya arwah phi tai hong tadi akhirnya bisa meninggalkan dunia dengan tenang karena tempatnya kini digantikan oleh arwah dari orang yang dibunuhnya. 

Walaupun ditakuti, phi tai hong juga dipandang sebagai metode terbaik untuk mencari keadilan oleh penduduk Thailand di masa lampau. Ketika ada seorang anak yang tewas dibunuh, pembunuhnya bakal dikurung di samping mayat korban supaya phi tai hong bangkit dan kemudian memberikan balasan setimpal kepada sang pembunuh. 

Krasue / Kuyang (Asia Tenggara)

Kuyang Krasue ahp manananggal

Krasue adalah sebutan untuk hantu wanita yang penampilannya bakal membuat siapapun merasa mual. Pasalnya jika hantu wanita umumnya digambarkan sebagai sosok yang mengenakan pakaian, maka krasue digambarkan sebagai hantu kepala terbang dengan organ tubuh yang menggantung di bawahnya.

Krasue adalah nama yang digunakan oleh orang Thailand untuk menjuluki hantu ini. Kalau di Kamboja, hantu ini dikenal dengan nama ahp. Sahabat anehdidunia.com di Indonesia, hantu ini dikenal dengan nama kuyang serta palasik. Di Malaysia, hantu ini dikenal sebagai penanggalan. Sementara kalau di Filipina, warga setempat mengenalnya dengan nama manananggal.

Seperti halnya hantu pada umumnya, krasue memiliki asal-usul yang simpang siur. Kalau menurut kepercayaan masyarakat Thailand sendiri, krasue diceritakan berasal dari awah seorang wanita yang semasa hidup pernah melakukan dosa berat. Dosa tersebut lantas membuat dirinya tidak bisa beristirahat dengan tenang saat sudah meninggal dan bangkit kembali sebagai krasue.

Krasue digambarkan memiliki perilaku yang serupa dengan vampir. Ia hanya menampakkan diri pada malam hari untuk menghisap darah manusia, hewan ternak, dan janin yang dikandung wanita hamil. Pada siang hari, krasue menyamar sebagai manusia dengan cara memakai gaun panjang supaya organ tubuhnya tidak terlihat. 

Walaupun berbahaya, krasue diceritakan masih bisa dibunuh dengan cara dibakar. Krasue juga diceritakan tidak akan mau mendekati rumah yang bagian luarnya dipasangi bambu-bambu runcing karena krasue tidak menyukai benda tajam yang bisa membuatnya tersangkut.

referensi:
https://listverse.com/2014/02/10/10-vengeful-ghosts-in-folklore-and-mythology/
https://en.wikipedia.org/wiki/Krasue


close