PLARIUSMODIFIKASI101

Benda yang Dibuat dari Bagian Tubuh Manusia

Sunday, November 10, 2019
Tubuh manusia merupakan sebuah kumpulan organ yang saling bekerja sama. Masing-masing organ memiliki peran pentingnya sendiri-sendiri. Jika sampai ada organ yang mengalami gangguan, maka kehidupan orang yang bersangkutan juga bakal ikut terganggu. 

Seiring dengan semakin banyaknya informasi yang didapat oleh manusia mengenai organ tubuhnya sendiri, sejumlah orang pun lantas terdorong untuk memanfaatkan sisi lain yang dimiliki oleh organ tubuh manusia. Berikut ini adalah contoh benda-benda yang dibuat dari bagian tubuh manusia.

Produk Berbahan Kulit Manusia

Produk Kulit Manusia

Sepatu dan tas yang terbuat dari kulit hewan merupakan produk-produk yang kerap dihargai mahal. Namun bagaimana jika produk-produk serupa menggunakan kulit manusia sebagai bahan penyusunnya? Apakah masih ada yang berminat membelinya? 

Untuk sebuah produsen produk berbahan kulit Inggris, maka jawabannya adalah ya. Perusahaan ini diketahui menjual dompet, ikat pinggang, dan sepatu berbahan kulit manusia. Sahabat anehdidunia.com menurut perusahaan ini lewat situs resminya, produk berbahan kulit manusia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan produk berbahan kulit hewan.

Perusahaan yang bersangkutan mendapatkan kulit yang diperlukannya dari sumbangan para dermawan kulit. Kendati terlihat menakutkan, nyatanya tetap saja ada yang bersedia membeli produk-produk berbahan kulit manusia. 

Supaya mereka tidak mendapatkan kesan negatif dari kalangan awam saat membeli produk ini, mereka secara khusus meminta agar identitasnya dirahasiakan. Mereka juga bersedia mengeluarkan uang hingga ribuan dollar hanya agar bisa memiliki produk berbahan kulit manusia.

Knuckle Gigi

Knuckle Gigi

Knuckle adalah sebutan untuk sejenis senjata yang bentuknya menyerupai buku-buku jari dan dipasang di bagian tangan. Senjata ini digunakan layaknya sarung tinju yang berarti pemakai knuckle menggunakan senjata ini dengan cara mengepalkan tangannya dan memukulkannya. Karena knuckle memiliki lapisan yang keras, pukulan yang dilayangkan oleh pengguna knuckle bakal menjadi lebih kuat.

Namun tahukah anda bahwa selain terbuat dari logam, ada juga knuckle yang terbuat dari gigi? Gilanya lagi, yang digunakan untuk knuckle ini adalah gigi geraham manusia. Seniman Polly van der Glas adalah sosok pencipta senjata unik sekaligus menakutkan ini. 

Polly memperoleh gigi yang ia perlukan untuk merakit senjata ini dari orang-orang yang giginya tanggal dan tidak keberatan membiarkan giginya diambil oleh orang lain. Knuckle ini sendiri tidak menggunakan bahan gigi 100 persen. Bagian pegangan knuckle ini menggunakan logam berwarna keperakan.

Manusia sendiri sudah lama diketahui menggunakan gigi sebagai bahan pembuat senjata dan aksesoris kendati gigi yang digunakan biasanya adalah gigi hewan. Sejumlah suku di pedalaman diketahui mengenakan kalung yang terbuat dari taring hewan buas.

Obat Air Kencing

Obat dari air kencing

Tubuh manusia jika diibaratkan bak pabrik. Seperti halnya pabrik, tubuh manusia juga mengeluarkan zat limbah dalam wujud kotoran dan air kencing. Air kencing pada dasarnya adalah cairan tubuh manusia yang mengandung zat sisa metabolisme. Itulah sebabnya dalam tes kesehatan, analisa air kencing atau urine merupakan metode yang cukup sering digunakan untuk mengetahui apa yang ada dalam tubuh orang tersebut.

Tetapi tahukah anda kalau kegunaan air kencing belum terbatas sampai di sana? Air seni juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat obat. Alasan kenapa air seni bisa digunakan untuk keperluan medis adalah karena air seni mengandung urea, bahan yang juga lazim digunakan pada pupuk tanaman. Di dunia farmasi, urea digunakan untuk beragam produk seperti obat diabetes dan kosmetik.

Salah satu contoh obat yang bahan pembuatnya berasal dari air seni adalah obat perangsang kesuburan yang bahan bakunya berasal dari air seni wanita yang sudah memasuki masa menopause. Tentu saja air seni tersebut melalui tahap pengolahan terlebih dahulu sebelum bisa dikonsumsi sebagai obat.

Saat air kencing yang hendak diolah sebagai obat melalui tahap ekstraksi, hormon yang terkandung dalam air seni diambil supaya bisa digunakan untuk merangsang kesuburan wanita yang mengkonsumsinya. Dalam kasus yang lebih jarang, obat ini juga digunakan untuk membantu mengatasi masalah kesuburan pada pria.

Obat Tinja

Obat kotoran manusia

Air kencing bukanlah satu-satunya “limbah” tubuh manusia yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Tinja atau kotoran ternyata juga bisa digunakan untuk keperluan serupa. Tepatnya untuk mengobati diare serta radang usus yang disebabkan oleh bakteri Clostridium difficile. 

Untuk keperluan yang satu ini, mula-mula petugas medis akan memilah tinja hasil sumbangan yang hendak digunakan sebagai obat. Setelah tinja tersebut dipastikan tidak mengandung mikroba berbahaya, tinja tadi kemudian disiram dengan air garam dan dimasukkan ke dalam tubuh pasien lewat mulut atau anus.

Kendati terlihat menjijikan, pengobatan macam ini dianggap efektif dalam memerangi infeksi bakteri C. difficile. Pasalnya tidak jarang pemberian antibiotik gagal menghentikan infeksi bakteri ini, khususnya jika infeksinya sudah memasuki tahap akut. Jika infeksi C. difficile tidak ditangani dengan tepat, penderita bisa mengalami demam, radang usus parah, dan bahkan kematian.

Mungkin ada yang penasaran, kenapa tinja bisa digunakan untuk mengobati infeksi C. difficile saat antibiotik sudah tidak lagi efektif? Jadi, sebenarnya di dalam usus manusia terhadap bakteri-bakteri yang ikut tinggal di dalamnya. Sahabat anehdidunia.com bakteri ini umumnya tidak berbahaya bagi manusia dan justru membantu proses pencernaan.

Saat tinja dari orang lain dimasukkan ke dalam tubuh orang yang menderita infeksi C. difficile, maka jumlah bakteri baik yang ada di dalam usus orang tersebut akan meningkat. Bertambahnya jumlah bakteri baik tersebut diharapkan bisa mendesak populasi bakteri C. difficile sehingga orang yang bersangkutan tidak lagi mengalami infeksi.

Patung Darah

Patung Darah Manusia

Patung merupakan objek tiga dimensi yang kerap dianggap sebagai salah satu bentuk hasil karya seni. Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat patung. Mulai dari tanah liat, kayu, batu, dan bahkan logam mulia. Proses pembuatan patung pun juga tidak kalah beragam. Ada patung yang dibuat dengan cara dipahat. Ada pula patung yang dibuat dengan cara mencetak dan membentuk adonan bahannya.

Namun patung yang dibuat oleh Marc Quinn ini menggunakan bahan yang sungguh tidak biasa. Pasalnya alih-alih menggunakan bahan yang lazim digunakan untuk membuat patung, Quinn justru menggunakan bahan yang bakal membuat siapapun merinding takut: darah. Yang lebih gilanya lagi, darah yang digunakan untuk membuat patung ternyata merupakan darah Quinn sendiri.

Seperti yang kita tahu, manusia memiliki darah yang jumlahnya terbatas. Jika seseorang kehilangan terlalu banyak darah, maka orang tersebut bisa mengalami anemia atau bahkan meninggal. Lantas, bagaimana cara Quinn mendapatkan darah untuk membuat patung tanpa membuat dirinya sendiri sekarat?

Jawabannya adalah Quinn tidak mengambil darahnya sendiri sekaligus, tapi melakukannya dalam jangka panjang. Ia akan menyedot darahnya sendiri selama 5 bulan hingga ia memperoleh darah dalam jumlah yang cukup. Quinn kemudian menggunakan darah ini untuk membuat patung. 

Quinn dilaporkan membuat patung darah setiap 5 tahun sekali. Kendati terlihat menakutkan, ternyata tetap ada pihak yang menaruh ketertarikan akan hasil karyanya. Sebuah museum di Inggris dikabarkan sengaja membeli patung darah yang selesai dibuat Quinn pada tahun 2006 dengan harga setengah juta dollar.

Sumber :
https://listverse.com/2012/12/25/10-disturbing-products-derived-from-the-human-body/


close