PLARIUSMODIFIKASI101

Fakta Isla de Las Munecas Pulau Dipenuhi Boneka Terkutuk

Monday, December 23, 2019
Pulau adalah sebutan untuk daratan yang dikelilingi oleh air. Selain di tengah laut, pulau juga dapat ditemukan di tengah-tengah perairan tawar semisal danau. Pulau Munecas adalah contoh dari pulau yang terletak di tengah-tengah perairan tawar. Tepatnya di sistem kanal yang berlokasi di Meksiko bagian tengah.

Namun hal yang paling menarik dari Pulau Munecas bukan hanya itu. Pulau ini juga dikenal sebagai “Pulau Boneka” karena di pulau ini, terdapat ratusan boneka yang sudah ditinggal mati oleh pemiliknya. Banyaknya boneka terlantar yang ada di sana beserta cerita-cerita misterius yang menyertainya lantas menjadikan pulau ini sebagai salah satu tempat paling angker di Meksiko. Berikut adalah fakta-fakta mengenai Pulau Munecas yang bakal membuat anda takjub sekaligus merinding.

Di Pulau Ini, Pernah Ada Gadis yang Meninggal

Julian Santana Barrera

Kisah di balik keangkeran Pulau Munecas dapat ditelusuri sejak tahun 1950-an. Pada waktu itu, seorang pria bernama Julian Santana Barrera memutuskan untuk pindah di pulau cikal bakal Pulau Munecas. Di pulau tersebut, ia tinggal seorang diri di sebuah gubuk.

Kehidupannya di pulau tersebut pada awalnya berjalan tenang-tenang saja hingga pada suatu hari, ia melihat seorang gadis tewas akibat tenggelam di kanal. Seusai peristiwa tersebut, Barrera mengaku kerap mendengar suara perempuan bersenandung, tertawa kecil, dan mengajak datang ke kanal. Barrera juga kerap mendengar suara goresan pada dinding dan jendela gubuknya kendati tidak ada siapa-siapa di luar.

Dalam kesempatan tertentu, Barrera juga pernah melihat sosok misterius melayang di atas air atau pepohonan pada malam hari. Sahabat anehdidunia.com Barrera pun lantas berkesimpulan kalau peristiwa-peristiwa aneh ini disebabkan oleh arwah penasaran gadis tadi yang sekarang menghantui Barrera.

Rentetan peristiwa tersebut sempat membuat Barrera merasa tertekan hingga ia tanpa sengaja menemukan boneka terapung di atas air. Barrera lantas menduga kalau boneka tersebut bisa menjadi solusi atas kasus misterius yang menimpa dirinya. Maka, ia pun kemudian mengambil boneka tersebut dari air dan menggantungnya di pulau dengan harapan arwah gadis tadi berhenti mengganggunya.

Barrera sendiri akhirnya bernasib naas setelah ia ditemukan meninggal beberapa tahun setelah ia memungut boneka yang ditemukannya di air. Hal paling misterius dari kematian Barrera adalah ia juga ditemukan meninggal di kanal yang sama dengan kanal tempat meninggalnya gadis tadi. Penduduk sekitar percaya kalau arwah Barrera masih bergentayangan dan mengawasi Pulau Munecas.

Ada Ratusan Boneka yang Tergantung di Pulau Munecas

Boneka yang Tergantung di Pulau Munecas

Barrera awalnya hanya menggantung satu boneka di Pulau Munecas. Namun menggantung satu boneka saja ternyata menurut Barrera masih belum cukup. Ia kemudian mengumpulkan lebih banyak boneka dan menggantungnya di seantero pulau dengan harapan arwah gadis tadi bakal merasa senang dan berhenti mengusiknya.

Barrera menggantung bonekanya di mana-mana. Entah itu di bawah pohon, di tanah, atau diikat pada pagar dan batang pohon. Jumlah boneka yang dipajangnya di pulau tersebut dilaporkan mencapai ratusan buah. Kadang-kadang Barrera memindahkan boneka yang sudah dipajangnya di satu tempat untuk dipajang ulang di tempat lain.

Saat aktivitas Barrera mengoleksi dan memajang boneka menyebar ke luar pulau, cerita dan legenda urban terkait boneka-boneka tersebut mulai bermunculan. Menurut cerita, boneka-boneka di Munecas konon bakal bangkit pada malam hari dan membunuh hewan-hewan yang dijumpainya. Ada pula rumor yang menyatakan kalau semasa hidup, Barrera kerap berbicara kepada boneka-boneka tersebut dan memperlakukan mereka seperti anaknya sendiri.

Hal-Hal Aneh Terjadi di Pulau Munecas Setiap Malam

Isla de Las Munecas Malam Hari

Kendati Barrera sudah meninggal, cerita misterius terkait Pulau Munecas masih belum berhenti, tetapi justru malah cenderung berkembang menjadi semakin liar. Hingga sekarang ratusan boneka yang dulu dikumpulkan oleh Barrera masih tergantung di sana. Dan karena tidak ada lagi yang merawat boneka-boneka tersebut, mereka pun nampak berada dalam kondisi dekil dan terlantar sehingga penampilannya terkesan semakin menakutkan.

Menurut pengakuan orang-orang yang pernah mengunjungi Pulau Munecas, mereka kerap mendengar suara tawa dan bisikan misterius di pulau tersebut. Sahabat anehdidunia.com wajah lusuh dan tatapan kosong yang dimiliki oleh boneka-boneka tersebut kian memberikan nuansa mencekam seolah-olah siapapun yang memasuki Pulau Munecas bakal senantiasa diawasi.

Orang yang hendak mengunjungi Pulau Munecas disarankan untuk membawa boneka dan meninggalkannya di sana demi memuaskan para arwah yang dipercaya sekarang menguasai pulau tersebut. Saat boneka yang berasal dari pulau ditinggalkan di sana, boneka tersebut konon bakal dirasuki oleh arwah penghuni pulau dan kelak bakal bertingkah layaknya boneka-boneka yang lebih dulu berada di sana. 

Pulau Munecas Adalah Pulau Buatan Manusia yang Berusia Ratusan Abad



Pulau Munecas terletak di daerah Xochimilco yang letaknya tidak jauh dari ibukota Mexico City. Sebelum menjadi kanal yang penuh dengan pulau-pulau kecil seperti sekarang, Xochimilco awalnya adalah danau. Adalah masyarakat Aztek yang mengubah tatanan danau tersebut hingga Danau Xochimilco jadi dipenuhi oleh pulau-pulau kecil.

Pulau-pulau kecil yang ada di Xochimilco dikenal dengan nama “chinampas”. Pulau itu sendiri aslinya adalah pulau yang sengaja dibuat oleh penduduk Aztek untuk membantu memudahkan aktivitas pertanian mereka. Untuk membuat chinampas, mula-mula penduduk Aztek membuat gundukan lumpur dan tanah dengan jalinan ranting pohon sebagai pondasinya.

Saat gundukan tersebut amblas ke bawah, gundukan baru kemudian dibuat di atasnya secara berlapis-lapis hingga akhirnya menjadi pulau kecil. Sahabat anehdidunia.com penduduk Aztek kemudian menggunakan pulau yang sudah jadi untuk menanam tanaman pangan dan menggunakan air yang ada di danau untuk mengairi tanamannya. Pulau-pulau buatan tersebut begitu penuh dengan tanaman sehingga nampak seperti taman yang terapung.

Ada begitu banyak chinampas yang dibuat oleh masyarakat Aztek pada masa lampau. Namun di masa kini, hanya ada sekitar 5.000 di antaranya yang masih dapat dijumpai dan Pulau Munecas adalah salah satunya. Perairan yang penuh dengan chinampas sekarang kerap disambangi oleh para wisatawan yang berlayar menggunakan perahu khusus untuk menyusuri kanal yang memisahkan antar pulau.

Boneka di Pulau Munecas Konon Bisa Berkedip Sendiri

Boneka di Pulau Munecas Konon Bisa Berkedip Sendiri

Sebagai akibat dari reputasi angker yang disandangnya, Pulau Munecas pun menarik perhatian kaum paranormal maupun kalangan awam yang sekedar ingin menguji nyali. Pulau ini pernah diliput dalam acara dokumenter “Destination Truth” yang memang banyak mengulas hal-hal bertema misterius.

Saat diwawancara, keponakan Barrera menduga kalau boneka-boneka yang ada di Pulau Munecas nampaknya sudah dipenuhi oleh energi gaib. Ia juga berspekulasi kalau Pulau Munecas itu sendiri mungkin sudah dikutuk, berhantu, atau malah kombinasi dari keduanya. 

Kru acara dokumenter yang berkunjung ke pulau ini juga melakukan percobaan secara mandiri untuk mencari tahu apakah rumor keangkeran pulau ini memang benar adanya. Kenyataannya adalah saat mereka berjalan-jalan di pulau, para kru memang kerap menjumpai hal-hal aneh. 

Suara-suara misterius yang tidak jelas asalnya kerap terdengar saat hari sudah gelap. Alat sensor yang biasa digunakan untuk mendeteksi “gelombang hantu” menunjukkan adanya lonjakan gelombang. Kemudian saat para kru memotret boneka yang ada di pulau, boneka tersebut terlihat mengedipkan matanya sendiri.

referensi:
https://www.lateet.com/isla-de-las-munecas-the-mexican-island-of-dolls/
https://mysteriousuniverse.org/2019/09/scary-tales-of-haunted-abandoned-dolls/


close