PLARIUSMODIFIKASI101

Selain Sepeda Motor Terbang Inilah Kendaraan Polisi Unik dan Tidak Biasa

Monday, January 06, 2020
Bagi polisi, memiliki kendaraan yang canggih dan serba guna merupakan hal yang sangat penting demi memudahkan tugas mereka di lapangan. Seiring dengan kian majunya perkembangan zaman, kendaraan yang digunakan oleh polisi pun turut mengalami perubahan. Berikut ini adalah 5 contoh kendaraan tidak biasa yang digunakan oleh polisi sebagai bagian dari sarana pendukungnya.

Sepeda Motor Terbang

Hoverbike Sepeda Motor Terbang Polisi

Dubai sangat giat menata dirinya menjadi salah satu kota termodern di dunia. Hal tersebut juga berlaku untuk badan kepolisiannya. Tahun 2020 mendatang, polisi Dubai akan dilengkapi dengan sepeda motor terbang. Sepeda terbang buatan perusahaan Hoversurf ini memiliki penampilan yang terlihat seperti hasil persilangan antara sepeda motor dengan drone.

Seperti halnya sepeda motor, pengguna sepeda terbang duduk di atas jok dan mengendalikan laju kendaraannya dengan memakai setang. Namun seperti halnya drone, sepeda terbang dilengkapi dengan 4 buah baling-baling yang terletak di sekeliling jok pengendaranya. Dengan baling-baling itulah, Sepeda terbang bisa melayang dan bergerak.

Sepeda terbang bisa terbang hingga ketinggian 5 meter di atas tanah dan melaju hingga kecepatan 100 km/jam. Selain bisa dikendarai oleh manusia, sepeda terbang juga bisa disetel untuk melaju secara otomatis tanpa pengendara. Sahabat anehdidunia.com saat sepeda terbang bergerak dalam mode tanpa pengendara, kendaraan ini memiliki durasi terbang yang lebih lama dibandingkan saat terbang dengan dikendarai oleh manusia.

Sepeda terbang yang dinaiki oleh manusia bisa terbang selama 25 menit nonstop, namun sepeda terbang yang melaju tanpa pengendara bisa terbang hingg 40 menit. Sepeda terbang sendiri bukanlah satu-satunya terobosan buatan Hoversurf. Perusahaan ini juga mengembangkan kendaraan serupa untuk menangkut kargo dan penumpang dalam jumlah banyak.

Traktor

Traktor Polisi

Jika mendengar kata traktor, maka kita bakal langsung membayangkan kendaraan beroda besar yang biasa berlalu lalang di lahan pertanian. Berkat keempat rodanya yang besar, traktor bisa melintasi lahan yang tidak rata tanpa khawatir bakal terperosok. Dikombinasikan dengan tenaganya yang besar, traktor pun kemudian digunakan untuk beragam keperluan semisal untuk membajak lahan.

Namun traktor ternyata bukan hanya digunakan oleh kaum petani. Di Inggris, traktor juga digunakan oleh polisi. Mungkin anda bakal langsung mengerutkan kening saat membacanya. Pasalnya saat kita mendengar mobil polisi, maka kita bakal langsung membayangkan kendaraan yang bisa bergerak cepat supaya bisa digunakan untuk mengejar penjahat.

Traktor polisi ini memang bukan untuk bergerak cepat karena kecepatan maksimumnya hanyalah 40 km/jam. Sahabat anehdidunia.com sebagai akibatnya, traktor ini pun sangat jarang digunakan oleh badan kepolisian di Lincolnshire. Namun hal tersebut tidak lantas menunjukkan kalau traktor seharga 50 ribu poundsterling (850 juta rupiah) ini tidak berguna dan hanya menjadi ajang buang-buang uang semata.

Dalam kondisi tertentu semisal banjir, roda traktor yang besar menyebabkan kendaraan ini menjadi amat berguna untuk menembus kawasan yang terendam dan mengevakuasi warga sipil yang terjebak. Tujuan lain polisi menggunakan traktor adalah untuk mendorong kaum petani setempat supaya mereka bersedia meluangkan waktu untuk menandai traktornya. Jadi ketika traktor mereka kelak menjadi korban pencurian, polisi dan saksi mata jadi lebih mudah mengenali traktor tersebut.

Mobil Amfibi

Mobil Amphibi Polisi Gibbs Quadski

Dubai dikenal sebagai salah satu kawasan terkaya di dunia. Berkat gedung-gedung pencakar langitnya yang menjulang dan tempat wisata modernnya yang menjamur, Dubai pun kini menjelma sebagai surga metropolis baru bagi mereka yang berkantong tebal. Dubai juga dikenal sebagai tempat di mana polisi mengendarai kendaraan-kendaraan yang terkesan canggih sekaligus eksotik.

Quadski adalah contoh dari kendaraan eksotik yang digunakan oleh polisi Dubai. Quadski sendiri pada dasarnya adalah gabungan dari mobil kecil dan jetski (sejenis sepeda motor air). Kendaraan buatan Gibbs ini merupakan kendaraan amfibi. Saat berada di darat, kendaraan ini bergerak dengan memakai keempat rodanya layaknya mobil.

Namun saat berada di air, Quadski bisa bertransformasi menjadi kendaraan air hanya dalam kurun waktu 5 detik. Hebatnya lagi, Quadski bisa bergerak di air sama lancarnya dengan saat bergerak di darat. Quadski dilaporkan bisa menempuh kecepatan maksimum 72 km/jam baik di darat maupun di air.  

Quadski didesain untuk ditempati oleh satu orang dan dijual dengan harga 40 ribu dollar (sekitar 560 juta rupiah) per unitnya. Gibbs juga menciptakan Quadski untuk 2 orang penumpang di mana Quadski versi ini dikenal dengan nama Quadski XL. Kendati ada banyak kapal yang bisa melaju lebih kencang di air dibandingkan Quadski, polisi Dubai tidak perlu khawatir karena mereka juga memiliki kapal yang bisa melaju dengan kecepatan lebih dari 140 km/jam.

Mobil Berkubah

Mobil Berkubah

Mobil polisi lazimnya memiliki bagian tengah yang berbentuk menyerupai balok trapesium. Namun mobil polisi yang satu ini justru memiliki bagian tengah yang bentuknya menyerupai setengah bola. Mobil polisi tersebut adalah Kendaraan Patroli Listrik dengan Kabin Bulat Berperisai buah karya perusahaan Zhijing Qingyuan asal Cina.

Keunikan dari mobil ini bukan hanya ada pada bentuknya yang unik. Karena mobil polisi ini dilengkapi dengan lapisan perisai Level-A, mobil polisi ini tidak bisa ditembus oleh peluru kebanyakan senjata api. Bilik pengendaranya yang berbentuk bulat juga menyebabkan pengendara mobil ini bisa memiliki jangkauan penglihatan sejauh 360 derajat.

Mobil ini juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh mobil-mobil polisi pada umumnya. Alih-alih menggunakan bahan bakar fosil semisal bensin, mobil ini menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya sehingga mobil ini lebih ramah lingkungan berkat tidak adanya emisi yang dikeluarkan. Mobil yang bersangkutan dilaporkan bisa melaju hingga kecepatan 80 km/jam.

Mobil berkubah ini pertama kali diluncurkan ke publik pada bulan Oktober 2014. Kendati sejumlah pihak sudah menyatakan minatnya untuk membeli, belum diketahui apakah sudah ada badan kepolisian yang benar-benar menggunakan mobil patroli berpenampilan unik ini.

Mobil Pedal

Mobil Pedal Polisi

Mendengar nama mobil polisi, maka orang bakal langsung membayangkan mobil berlogo kepolisian yang dilengkapi dengan sirine dan sanggup melaju dengan kecepatan tinggi. Supaya mobilnya senantiasa cocok dengan perkembangan zaman, mobil-mobil polisi pun lazim diperbarui secara berkala dengan mesin yang kian canggih.

Namun langkah sebaliknya justru dipilih oleh badan kepolisian Hampshire di Inggris pada tahun 2010 lalu. Pasalnya mereka justru malah membeli mobil bertenaga pedal untuk dikendarai oleh anak buahnya. Karena mobil tersebut tidak dilengkapi dengan mesin, mobil yang bersangkutan pun hanya bisa melaju dengan kecepatan maksimum 32 km/jam.

Tujuan penggunaan mobil ini sendiri memang bukan untuk menangkap penjahat, tapi untuk menghapus sekat antara polisi dengan kaum muda Inggris. Sahabat anehdidunia.com jika polisi menggunakan mobil yang desainnya terkesan lucu, kaum muda Inggris diharapkan jadi lebih tertarik untuk menuruti anjuran polisi sehingga mereka jadi lebih enggan untuk melakukan hal-hal yang tidak terpuji di jalan raya.

Mobil patroli unik ini merupakan hasil kolaborasi antara badan kepolisian dengan Skolah Ringwood. Waktu yang diperlukan untuk menciptakan mobil ini terbilang mengagumkan karena mobil ini selesai dibuat hanya dalam rentang waktu 40 jam alias kurang dari 2 hari. Dan karena mobil ini tergolong cepat untuk ukuran mobil pedal, mobil ini juga diikutkan dalam ajang balapan mobil pedal Inggris.

refrensi :
https://listverse.com/2019/09/09/top-10-bizarre-police-vehicles/


close