PLARIUSMODIFIKASI101

Selain Sedang Hamil, Ini Fakta Mengejutkan Lukisan Monalisa

Sunday, March 29, 2020
Bicara soal Leonardo Da Vinci, maka seketika orang-orang akan langsung teringat akan lukisan Mona Lisa. Lukisan yang menampilkan sesosok wanita ini memang begitu terkenal. Selama berabad-abad, publik seolah tak pernah kehabisan bahan untuk membicarakan lukisan ini. Berikut ini adalah 5 fakta mengenai lukisan Mona Lisa yang mungkin belum anda tahu.

Lukisan Mona Lisa Pernah Dicuri

Lukisan Monalisa Dicuri

Karena lukisan Mona Lisa merupakan karya seni yang amat terkenal dan melegenda, maka lukisan ini pun menjadi incaran banyak pihak. Pada tahun 1911, lukisan Mona Lisa pernah dicuri oleh seorang karyawan Museum Louvre yang bernama Vincenzo Perugia. 

Selama beberapa tahun berikutnya, keberadaan Mona Lisa masih menjadi bahan spekulasi banyak pihak. Hingga kemudian pada tahun 1913, Perugia menjalin kontak dengan seorang pedagang barang seni yang bernama Alfredo Geri. 

Lewat perantara Geri, Perugia meminta supaya pemerintah Italia mengirimkan uang kepadanya. Sebagai gantinya, Perugia akan mengirimkan Mona Lisa ke kota Firenze. Perugia juga menambahkan kalau lukisan Mona Lisa harusnya berada di Italia karena di sanalah lukisan termahsyur ini dibuat.

Meskipun begitu, karena Perugia meminta uang sebelum bersedia mengembalikan Mona Lisa, spekulasi pun beredar kalau sebenarnya pencurian ini hanyalah tipu muslihat untuk menaikkan nilai lukisan ini. Sahabat anehdidunia.com belakangan diketahui kalau pelaku asli pencurian ini adalah Eduardo de Valfierno yang bekerja sama dengan Perugia. 

Valfierno sendiri lama sudah lama menyandang reputasi sebagai pemalsu karya seni. Dugaan pun merebak kalau pencurian ini dilakukan supaya Valfierno bisa menjiplak lukisan aslinya dan kemudian menjual jiplakannya dengan harga yang mahal kepada para kolektor benda seni.

Identitas Wanita dalam Lukisan

Caterina Sforza dan monalisa

Dengan melihat lukisan ini, maka pasti ada saja yang penasaran mengenai siapa identitas wanita yang ada dalam lukisan Mona Lisa. Lantas, siapakah sebenarnya sosok wanita tersebut? 

Menurut banyak orang, sosok wanita yang ada dalam lukisan tersebut adalah Lisa Maria de Gherardini, seorang bangsawan wanita yang lahir di Firenze pada tahun 1479. Ia membiarkan dirinya dilukis oleh Da Vinci atas izin dari suaminya, Francesco di Bartolomeo di Zanobi del Giocondo.

Gherardini hidup bersama dengan suaminya yang berprofesi sebagai pedagang tekstil dan sutra. Bersama dengan suaminya, Gherardini memiliki 5 orang anak yang masing-masingnya bernama Piero, Andrea, Camilla, Giocondo, dan Marietta.

Menurut pendapat lain, wanita yang ada dalam lukisan aslinya adalah Caterina Sforza, seorang bangsawan wanita asal Forli. Pendapat-pendapat lain menyatakan kalau identitas wanita yang ada dalam lukisan adalah Giuliano de Medici (pemimpin Firenze) atau Isabella d’Este (bangsawan wanita asal Mantua).

Ada pula yang menduga kalau sosok wanita dalam lukisan aslinya adalah ibunda dari Da Vinci, atau bahkan sosok Da Vinci itu sendiri. Mereka yang melontarkan pendapat demikian mendasarkan asumsinya pada fakta bahwa struktur wajah wanita yang ada dalam lukisan memiliki kemiripan dengan struktur wajah Da Vinci.

Wanita dalam Lukisan Sedang Hamil Saat Dilukis

Monalisa Hamil?

Menurut sejarawan seni yang meyakini kalau sosok wanita dalam lukisan adalah Lisa del Giocondo, wanita tersebut diperkirakan sedang hamil saat dirinya dilukis oleh Da Vinci. Dasarnya adalah karena tangan wanita dalam lukisan nampak berada dalam posisi melingkar di atas perutnya. 

Bukti-bukti sejarah lain juga menunjukkan kalau Giocondo sedang hamil untuk kedua kalinya saat lukisan Mona Lisa selesai dikerjakan. Kemudian berdasarkan pemindaian memakai sinar infra merah, ada motif kain guarnello di bagian bahu sang wanita. Guarnello adalah kain yang biasa dipakai oleh wanita hamil di Italia pada masa itu.

Jika wanita dalam lukisan memang sedang berada dalam kondisi hamil saat dilukis, maka mungkin hal tersebut bisa sedikit menjelaskan perihal kenapa wanita dalam lukisan nampak seolah-olah sedang tersenyum. Namun pertanyaannya adalah apa dia memang saat itu sedang tersenyum karena merasa senang menunggu kelahiran anaknya?

Menurut analisa program komputer buatan tahun 2005 buatan tim ilmuwan asal Belanda, sosok wanita dalam lukisan menunjukkan ekspresi kegembiraan sebanyak 83 persen, rasa muak sebanyak 9 persen, rasa takut sebanyak 6 persen, rasa marah sebanyak 2 persen, serta kurang dari 1 persen perasaan netral.

Jika dilihat dari depan, sosok wanita dalam Mona Lisa memang nampak sedang tersenyum tipis. Namun banyak orang yang berkata kalau Mona Lisa aslinya tidak benar-benar tersenyum dan ekspresi yang ditunjukkannya nampak berubah-ubah bergantung dari sudut pandang manakah orang tersebut melihatnya.

Wanita dalam Lukisan Sedang Sakit Saat Dilukis

Wajah Monalisa

Mandeep R. Mehra adalah nama dari seorang kepala medis untuk masalah kesehatan jantung di rumah sakit wanita Brigham. Ia menyatakan bahwa saat dirinya melihat sosok wanita dalam lukisan Mona Lisa, ia menyadari kalau wanita tersebut menunjukkan gejala-gejala yang lazimnya dijumpai pada penderita gangguan kesehatan tertentu.

Menurut Mehra, di bagian pojok mata kiri sang wanita terdapat semacam tonjolan kecil. Kemudian rambutnya nampak lebih tipis dan menyusut. Sahabat anehdidunia.com ia juga nampak memiliki pembengkakan kecil di dekat jari telunjuknya. Lalu kulitnya nampak berwarna kekuningan dan rambut di bagian alisnya juga tidak nampak.

Mehra lantas berasumsi kalau ekspresi senyum khas yang nampak pada wajah sang wanita aslinya adalah pertanda kalau wanita tersebut memiliki gejala lemah otot. Kemudian berdasarkan ciri-ciri fisik yang ia amati, Mehra berkesimpulan kalau wanita dalam lukisan sedang menderita hipotiroidisme atau pembengkakan kelenjar tiroid.

Mehra memperkuat teorinya dengan melakukan analisa pada pola makan orang-orang yang hidup pada abad ke-16. Menurut Mehra, kaum wanita yang hidup pada itu kerap mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung cukup yodium. Sebagai akibatnya, wanita itu pun nampak menderita hipotiroidisme.

Ada Kode Rahasia dalam Lukisan Mona Lisa

Kode Mata Monalisa

Mona Lisa bukan hanya menarik perhatian orang-orang karena kecantikan wanita dalam lukisannya. Mahakarya Da Vinci itu juga mengusik rasa penasaran banyak orang sepanjang zaman karena adanya dugaan kalau Da Vinci menyisipkan pesan-pesan rahasia dalam lukisan ini. 

Hal pertama yang menarik perhatian khalayak pecinta seni adalah mengenai lokasi dalam lukisan ini. Bagian latar belakang dari lukisan yang nampak kabur dan berkabut membuat orang bertanya-tanya mengenai lokasi yang digunakan oleh Da Vinci untuk membuat latarnya.

Menurut sejarawan Carla Glori, ada pemandangan jembatan di belakang bahu kiri sang wanita. Jembatan tersebut diduga merupakan jembatan Ponte Gobbo or Ponte Vecchio yang terletak desa Bobbio, Italia utara.

Yang lebih menarik, pada jembatan tersebut juga terdapat tulisan angka 72. Menurut dugaan Glori, angka 72 merujuk pada tahun 1472, tahun di mana terjadi banjir dahsyat di Sungai Trebbia yang menghancurkan jembatan di Bobbio.

Selain di gambar jembatan, ada pula kode rahasia yang tersembunyi di bagian mata Mona Lisa. Dengan menggunakan teknologi mikroskop khusus, Komite Nasional Cagar Budaya Italia berhasil menemukan kalau terdapat tulisan LV pada mata kanan Mona Lisa. Kemudian pada mata kirinya, terdapat pola yang nampak menyerupai huruf B atau CE.

Nama LV diduga merupakan inisial dari Leonardo Da Vinci selaku pembuat lukisannya. Namun maksud dari tulisan di mata kiri Mona Lisa masih belum diketahui. Yang lebih membuat penasaran lagi, mengapa Da Vinci harus menyisipkan elemen-elemen sekecil itu dalam lukisannya? Mungkinkah ada makna terselubung yang lebih dalam dari itu dalam tulisannya, sampai-sampai harus disisipkan secara rahasia?

referensi :
https://sg.news.yahoo.com/five-famous-paintings-containing-hidden-meanings-145918983.html
https://listverse.com/2018/12/25/10-mysteries-surrounding-leonardo-da-vincis-mona-lisa/



close