PLARIUSMODIFIKASI101

Surat Misterius Oleh Psikopat yang Identitasnya Belum Terungkap

Monday, April 06, 2020
Surat adalah metode komunikasi tertulis yang lazim digunakan oleh orang sebelum internet ditemukan. Namun di tangan orang tertentu, surat juga bisa menjadi alat komunikasi yang berbahaya karena pengirimnya bisa menyampaikan pesan bernada ancaman sambil tetap menyamarkan identitasnya. Berikut ini adalah surat misterius yang dikirim oleh pelaku pembunuhan.

Surat Antraxs

Surat Anthrax

Bagi penduduk Amerika Serikat, tahun 2001 bakal senantiasa dikenang sebagai salah satu tahun paling kelam dalam sejarah mereka di abad ke-21. Pasalnya di tahun tersebut, terjadi insiden runtuhnya gedung kembar World Trade Center (WTC) akibat ditabrak oleh pesawat penumpang.

Namun gelombang ketakutan yang dialami oleh penduduk AS pasca runtuhnya WTC masih belum berhenti. Pasca runtuhnya WTC, tujuh surat tanpa pengirim dikirim ke kantor-kantor berita dan politikus AS. Kantor-kantor berita yang menerima kiriman surat ini adalah ABC, CBS, NBC, AMI, dan New York Post.

Apa yang membuat kiriman surat tersebut begitu mengusik adalah karena surat-surat tersebut disisipi dengan spora antraks yang berbahaya bagi manusia jika terhirup. Sebanyak 5 orang dilaporkan tewas akibat terpapar oleh spora tersebut, sementara 17 lainnya dikabarkan terinfeksi namun selamat.

Pada awalnya surat-surat tersebut diduga dikirimkan oleh ekstrimis Muslim. Pasalnya pada surat-surat tadi, terdapat tulisan bernaca ancaman yang ditujukan kepada AS dan Israel. Namun pihak berwajib kemudian menyatakan kalau pesan ancaman tersebut hanyalah trik yang dibuat oleh pelaku untuk menyesatkan pihak penyelidik.

FBI menduga kalau pengirim surat-surat antraks ini aslinya adalah Bruce Edwards Ivins, seorang pakar senjata biologis. Namun akibat kurangnya bukti-bukti, Ivins tidak ditetapkan sebagai tersangka. Ivins sendiri kemudian meninggal pada tahun 2008 akibat bunuh diri.

Surat Ancaman Kepada Cindy James

Surat Ancaman Kepada Cindy James

Cindy James adalah seorang wanita yang berasal dari Richmond, British Columbia, Kanada. Sekitar 4 bulan sesudah ia bercerai, Cindy mulai mengalami kejadian-kejadian aneh. Ia mengaku diteror dan diganggu oleh orang yang tidak dikenal. 

Teleponnya kerap berdering, namun tidak ada yang menjawab saat ia mengangkatnya. Surat-surat bernada ancaman muncul di serambi rumahnya. Salah satu surat tersebut berisi tulisan “I see you” (aku melihatmu) dan disertai gambar orang yang sedang mencekik serta memegang pisau.

Merasa gelisah atas kejadian ini, Cindy pun menghubungi polisi dan menceritakan apa yang ia alami. Namun bukannya merasa semakin aman, aksi-aksi yang dilakukan oleh penguntitnya justru malah semakin membahayakan. Dalam suatu kesempatan, Cindy ditemukan terikat di luar rumahnya. Lalu pada kesempatan lain, tangan Cindy ditusuk memakai pisau. 

Anehnya, dalam rentetan kejadian ini Cindy tidak pernah bisa memergoki identitas penyerangnya. Hal itulah yang lantas membuat polisi menyimpulkan kalau Cindy sebenarnya melukai dirinya sendiri dan tengah menderita gangguan jiwa. Cindy pun kemudian dirujuk ke rumah sakit jiwa.

Tanggal 25 Mei 1989 atau sekitar 6 setengah tahun sejak menerima teror panggilan telepon pertamanya, Cindy ditemukan menghilang dari rumahnya. Sekitar 2 minggu kemudian, Cindy ditemukan berada di sebuah rumah kosong dalam kondisi yang mengenaskan. 

Cindy ditemukan sudah tak bernyawa dengan tangan, kaki, dan leher yang terikat. Namun polisi justru menyimpulkan kalau Cindy meninggal akibat bunuh diri karena polisi menemukan adanya kandungan senyawa obat yang tinggi dalam tubuh Cindy. 

Hingga sekarang, tidak ada yang tahu pasti apakah Cindy memang benar bunuh diri atau dibunuh oleh orang yang identitasnya masih belum terungkap. Mantan suami Cindy sempat dicurigai sebagai pelaku dalam kasus ini, namun tidak ada bukti kuat kalau dialah yang melakukannya.

Surat Ricky McCorkmick

Surat Ricky McCorkmick

Tanggal 30 Juni 1999, Ricky McCorkmick ditemukan dalam kondisi sudah tak bernyawa di Missouri, Amerika Serikat. McCorkmick bukanlah orang yang begitu asing bagi pihak kepolisian karena ia teridentifikasi sebagai pengangguran yang memiliki riwayat kejahatan.  

Tubuh McCorkmick ditemukan berada 15 mil dari kediamannya. Polisi pada awalnya tidak bisa memastikan apakah McCorkmick tewas akibat dibunuh atau bunuh diri. Yang lebih membingungkan lagi adalah saat polisi menggeledah pakaiannya, polisi menemukan surat berisi pesan yang tidak jelas. 

Surat tersebut berisi huruf-huruf yang susunannya nampak tidak memiliki makna. Meskipun begitu, polisi percaya bahwa surat ini memiliki petunjuk penting mengenai penyebab kematian McCorkmick ataupun peristiwa penting yang mungkin terjadi menjelang kematiannya.

Surat tersebut diketahui ditulis 3 hari sebelum McCorkmick tewas. Tahun 2011, polisi menyatakan kalau McCorkmick tewas akibat dibunuh. Sahabat anehdidunia.com untuk membantu memecahkan maksud surat ini, polisi pun meminta bantuan kepada publik dan lembaga-lembaga pemecah sandi. Namun mereka sejauh ini masih belum berhasil mengetahui isi surat ini.

Surat Pembunuh Zodiak

Surat Pembunuh Zodiak

Pada tahun 1960 hingga 1970-an, negara bagian Kalifornia di AS dihebohkan oleh pembunuh berantai yang dijuluki sebagai zodiac killer atau Pembunuh Zodiak. Pembunuh berantai yang identitasnya belum jelas tersebut memperoleh julukan demikian karena ia menggunakan simbol zodiak dalam surat-surat yang dikirimkannya.

Surat Zodiak dikirimkan ke kantor-kantor surat kabar sesudah ia melakukan pembunuhan. Ada 4 surat yang dikirimkan oleh Zodiak dan surat-surat tersebut menggunakan kombinasi simbol serta huruf, namun baru satu surat yang isinya berhasil dipecahkan. 

Surat tersebut dipecahkan oleh pemecah sandi amatir Donald dan Bettye Hayden yang tertarik untuk membantu memecahkan sandi tersebut setelah mereka membaca surat kabar yang memuat surat Zodiak. Dalam surat tersebut, Zodiak mengaku kalau ia sudah membunuh 5 orang selama beraksi.

Hingga sekarang, tidak ada yang bisa memecahkan sandi dalam surat-surat Zodiak yang lain. Demikian juga dengan identitas asli Zodiak dan mengenai kemungkinan apakah masih ada korban pembunuhan Zodiak yang lain.

Surat Jack the Ripper

Surat Jack the Ripper

Jika bicara soal pembunuh berantai dari Eropa, maka Jack the Ripper (Jack Sang Pencabik) adalah salah satu yang paling terkenal. Jack the Ripper adalah sebutan untuk berantai yang aktif di Whitechapel, Inggris, pada tahun 1888. Korban-korban Jack semuanya adalah wanita yang berprofesi sebagai pekerja seks.

Jack juga terkenal karena ia mengirimkan surat untuk menyombongkan aksi pembunuhan yang dilakukannya. Total, ada 3 surat yang ditulis dan dikirimkan oleh Jack. Surat pertama sekaligus menjadi surat yang menjadi sumber nama Jack the Ripper karena itulah nama yang digunakan oleh sang pengirim surat untuk menyebut dirinya sendiri.

Di dalam surat pertama, Jack melontarkan ejekan kepada polisi sambil menceritakan bagaimana nikmatnya melakukan pembunuhan. Sahabat anehdidunia.com Jack kemudian menjelaskan kalau ia berencana melakukan pembunuhan lagi dan memotong telinga korbannya.

Surat tersebut ditanggapi dengan serius oleh polisi setelah 3 hari kemudian, polisi menemukan 2 mayat korban pembunuhan. Salah satu mayat tersebut nampak kehilangan daun telinganya.

Dalam surat kedua, Jack mengirimkan kartu pos yang terlihat dilumuri darah. Surat tersebut dikirimkan Jack kepada kantor berita Central News Agency. Dalam surat ini, Jack menderitakan kalau ia baru saja membunuh 2 orang di malam sebelumnya.

Surat ketiga bisa dibilang sebagai yang paling mengerikan karena surat ini dikirimkan bersama dengan ginjal. Kebetulan salah satu korban pembunuhan Jack memang ditemukan dengan kondisi kehilangan ginjalnya. 

Hal aneh lain yang ditemukan polisi pada surat ini adalah tidak seperti 2 surat sebelumnya, surat ini nampak ditulis dalam kondisi tergesa-gesa karena penuh dengan kesalahan penulisan. Pada akhirnya, polisi tidak pernah berhasil menangkap Jack dan kasus pembunuhan yang dilakukannya menjadi salah satu kasus pembunuhan paling misterius yang pernah ada.

referensi :
https://www.fbi.gov/history/famous-cases/amerithrax-or-anthrax-investigation
https://thejacktherippertour.com/casebook/letters/dear-boss/
https://listverse.com/2013/02/02/top-10-mysterious-letters/
https://www.thoughtco.com/the-zodiac-killer-972167


close