PLARIUSMODIFIKASI101

Pertanda Apakah? Fenomena Aneh Unik di Indonesia Tahun 2020

Tuesday, June 23, 2020
Selama ini memang sering kita dengar terjadi fenomena-fenomena aneh, baik itu berhubungan dengan alam, atau fenomena lain yang terkait dengan perubahan pola hidup, terutama setelah diberlakukannya New Normal dalam pandemi Covid-19 sekarang ini. Tak hanya di Indonesia, di luar negeri seperti Eropa dan Amerika juga sering terjadi fenomena aneh dan unik. Bahkan fenomena aneh yang berhubungan dengan alam di luar negeri juga cukup membingungkan, dan tak mampu diterima akal sehat, ditambah lagi masih belum ada penjelasan ilmiah terkait fenomena tersebut.

Di Indonesia sendiri, sudah pernah terjadi beberapa kali fenomena alam yang terbilang tak lazim, mulai dari adanya awan berbentuk aneh di atas gunung, fenomena mendekatnya asteroid atau benda langit, sampai dengan fenomena dentuman yang hingga kini masih belum ada penjelasannya, dari mana dan apa sebenarnya wujud dari dentuman tersebut. Meski ada yang bisa dijelaskan secara ilmiah, namun ada juga yang masih perlu diteliti lagi karena masih membingungkan.

Lalu, apa saja fenomena aneh dan unik yang pernah terjadi di Indonesia sampai dengan pertengahan tahun 2020 ini? Berikut pembahasannya.

9 Gempa Bumi Tiap Menit di Selat Sunda
Gempa Selat Sunda
Map Selat Sunda via lampost.co
Fenomena aneh di Indonesia yang pertama adalah gempa beruntung yang terjadi di Selat Sunda. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa di Selat Sunda yang terjadi sejak hari Minggu, 7 Juni 2020 lalu itu terhitung ada sebanyak 9 kali dalam satu menit.

Menurut keterangan dari BMKG, gempa pertama terjadi pada jam 7 malam, dengan magnitudo 2,9. Gempa susulan kemudian terjadi 16 menit kemudian, hanya saja dengan magnitudo yang lebih besar, yaitu 3,3. Gempa lalu terus terjadi sambung menyambung, dengan gempa dengan magnitudo terbesar berada pada 3,9.

BMKG juga menjelaskan, bahwa gempa ini terjadi karena adanya fenomena peregangan, yang berasal dari pergerakan Pulau Sumatra searah jarum jam. Secara kebetulan, pergerakan itu menjadikan zona Selat Sunda sebagai porosnya. Hanya saja, masih belum ada penjelasan terkait kenapa gempa itu bisa terjadi secara beruntun.

Fenomena Bintang Siang Hari
Fenomena Langit Solo
Fenomena Langit Solo via detik.com
Pada bulan Mei lalu, tepatnya pada tanggal 24 Mei 2020, terjadi sebuah fenomena di langit Solo. Fenomena ini tertangkap dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Tentu saja, video ini kemudian jadi viral dan diperbincangkan banyak orang. Video tersebut memperlihatkan adanya benda putih layaknya bintang, namun peristiwa ini terjadi pada siang hari.

Video tersebut awalnya diunggah oleh sebuah akun Instagram bernama @kripik_rasa_keju. Menurut keterangan sang pemilik akun, memang benar dia yang mengambil video tersebut. Peristiwa itu terjadi sekitar jam 11 siang. Sahabat anehdidunia.com saat itu dia mengaku sedang berada di teras rumah. Yang membuatnya tertarik untuk merekam video tersebut adalah kemunculan benda putih tersebut bukan hanya satu, namun banyak.

Hingga kini, masih belum jelas dari mana asal usul benda langit yang seperti bintang tersebut, dan kenapa bisa sampai terjadi. Dheny Purwo Hariyanto, General Manager AirNav Indonesia, menyebutkan bahwa pihak mereka juga sudah diberitahukan soal fenomena tersebut, namun masih perlu waktu lagi untuk bisa menjelaskan fenomena apa itu sebenarnya. Akan sulit untuk bisa memastikannya, karena posisi benda langit itu sangat tinggi jika dilihat secara visual.

Dheny sendiri berasumsi jika benda langit yang tampak dalam video tersebut kemungkinan yang paling masuk akal adalah balon udara, hanya saja Dheny masih belum yakin dari mana asal balon udara tersebut, karena menerbangkan balon sudah dilarang karena masalah keamanan jalur pesawat.

Fenomena Kemunculan Ribuan Cacing
Ribuan Cacing
Ribuan Cacing Keluar dari Tanah di solo via youtube.com
Mungkin fenomena yang satu ini masih diingat, karena fenomena ini sempat masuk ke berbagai media berita, baik itu di televisi atau media online. Fenomena yang satu ini terjadi di Solo pada bulan April lalu, tepatnya pada tanggal 18 April 2020. Saat itu, ribuan cacing mendadak muncul dari dalam tanah menuju ke permukaan tanah.

Kemunculan cacing dalam jumlah ribuan tersebut diduga karena adanya perubahan cuaca, sehingga kelembaban tanah juga berubah. Sahabat anehdidunia.com hal ini jelas mempengaruhi perilaku cacing yang ada di dalam tanah, karena suhu di dalam tanah jadi panas, sehingga cacing-cacing pun keluar ke permukaan tanah.

Dugaan lain dari adanya fenomena ribuan cacing ini adalah adanya penyemprotan disinfektan di lokasi terkait. Namun, menurut Prabang Setyono, seorang pakar lingkungan hidup Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, tidak ada kaitannya antara fenomena tersebut dengan penyemprotan disinfektan. 

Jika memang karena penyemprotan disinfektan, maka seharusnya kemunculan cacing ini hanya ada di satu kawasan saja, namun fenomena ini juga terjadi di beberapa daerah lainnya dan cukup masif. Karena itulah, Prabang Setyono mengambil kesimpulan bahwa ada anomali, hanya saja untuk pastinya, masih belum bisa dijelaskan.

Fenomena Langit Runtuh Bali
Langit Runtuh Bali
Awan Tebal yang dikatakan langit runtuh di bali via tribunnews.com
Fenomena aneh berikutnya terjadi di Bali pada hari Kamis, 21 Mei 2020 lalu. Fenomena aneh ini tertangkap dalam sebuah video yang dibagikan dalam media sosial. Menurut keterangan video tersebut, fenomena yang memperlihatkan penampakan awan tebal tersebut terjadi di Dermaga Banjar Nyuh, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Fenomena awan yang tebal itu memang terlihat menakjubkan, namun sekaligus mengerikan.

Tampak dalam video, ada awan tebal berwarna kelabu yang berkumpul di salah satu sisi dermaga. Awan tersebut berbentuk seperti gasing, atau angin topan, yang semakin ke bawah awannya terlihat semakin mengecil. Penampakan tersebut membuat langit seakan runtuh di kawasan dermaga tersebut.

Dilihat dari komentar video tersebut, setelah fenomena tersebut terjadi, di beberapa daerah lain juga mendapatkan pengaruhnya, seperti angin kencang yang disertai dengan hujan lebat secara tiba-tiba, ditambah dengan petir dan kilat. Anehnya, hujan lebat dengan angin kencang itu hanya terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Masih belum ada penjelasan dari BMKG kenapa fenomena semacam ini bisa terjadi.

Fenomena Kemunculan Babi Hutan Aneh
Babi hutan aneh
Babi hutan aneh via tribunnews.com
Fenomena aneh yang terakhir adalah kemunculan seekor hewan yang aneh dan tak lazim. Kemunculan hewan aneh ini terjadi di Jawa Tengah, tepatnya di Desa Pekuncen, Jatilawang, Banyumas. Salah seorang warga desa tersebut, yaitu Tukirin alias Bawor, menemukan hewan, yaitu seekor babi hutan, hanya saja ada yang berbeda dengan babi hutan tersebut.

Beda dengan babi hutan pada umumnya, babi hutan tersebut memiliki jari mirip kaki ayam, dan juga memiliki kebiasaan makan yang aneh. Menurut Bawor, jari kaki babi hutan tersebut berjumlah 4 jari, baik kaki depan maupun belakang. Selain itu, taring babi hutan tersebut juga tak seperti babi hutan pada umumnya. Jika biasanya taring babi hutan menghadap ke atas dan ke bawah, maka taring di babi hutan yang ditemukan Bawor justru mengarah ke samping.

Seperti disebutkan sebelumnya, babi hutan ini bukan hanya aneh dari segi ciri fisiknya, namun juga dari kebiasaan makannya. Bukannya memakan makanan mentah layaknya babi hutan biasa, babi hutan yang ditemukan Bawor lebih memilih makan nasi hangat ditambah dengan rica-rica daging celeng. Minumnya juga terbilang istimewa, yaitu kopi atau teh. Jika dikasih air biasa, babi hutan itu tak mau meminumnya.

Kemungkinan babi hutan tersebut memiliki ciri fisik yang aneh karena terlahir dari perkawinan sedarah. Kemungkinan lainnya adalah adanya perubahan iklim yang sangat ekstrem atau gangguan kehamilan pada induk babi hutan tersebut, karena kedua hal tersebut bisa jadi pemicu kelainan genetik pada babi hutan.

Itulah beberapa fenomena aneh dan unik yang terjadi di Indonesia sampai dengan pertengahan tahun 2020 ini. Bisa jadi bulan-bulan berikutnya akan terjadi fenomena yang tak kalah anehnya.

Sumber:
https://banten.suara.com/read/2020/06/08/182315/muncul-fenomena-aneh-di-selat-sunda-9-gempa-bumi-terjadi-setiap-menit
https://solo.tribunnews.com/2020/05/24/viral-fenomena-misterius-titik-putih-seperti-bintang-siang-hari-di-solo-raya-ini-dugaan-airnav-solo
https://www.liputan6.com/regional/read/4231476/fenomena-aneh-ribuan-cacing-tanah-menyerbu-solo
https://regional.kompas.com/read/2020/06/16/06010011/geger-babi-hutan-aneh-di-banyumas-gemar-makan-nasi-dan-teh-berjari-seperti?page=all
https://aceh.tribunnews.com/2020/05/22/viral-video-penampakan-awan-tebal-di-perairan-indonesia-langit-seakan-terlihat-runtuh?page=all



close