PLARIUSMODIFIKASI101

5 Fakta Menggelegar Seputar Petir

Tuesday, November 03, 2020

Petir merupakan pemandangan yang bakal membuat orang merasa kagum sekaligus takut. Di balik kilatan cahaya menakutkan yang dipancarkan oleh petir, petir juga menyimpan banyak fakta menarik yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Berikut ini adalah 5 fakta menarik seputar petir yang sebaiknya anda ketahui.

Rambut Orang Ini Tiba-Tiba Berdiri Sebelum Tersambar Petir

Rambut Berdiri Sebelum Tersambar Petir
Rambut Berdiri Sebelum Tersambar Petir via idntimes.com

Pada tahun 1975, McQuilken bersaudara melakukan pendakian ke Bukit Moro di California. Saat sudah berada di atas, Michael dan Sean McQuilken kemudian berpose untuk mengabadikan momen liburan mereka. Saudari mereka berdua yang bernama Mary ditugaskan untuk memotret mereka berdua.

Saat Michael dan Sean tengah berdiri sambil menunggu untuk dipotret, mendadak rambut keduanya berdiri sendiri. Alih-alih merasa takut, keduanya justru malah merasa girang karena penampilan mereka berdua kini nampak lucu. Mary pun kemudian memotret mereka berdua sesuai dengan rencana awal.

Sesudah itu, mendadak suhu di tempat mereka berdiri menjadi dingin. Hujan es juga mulai berhamburan di tempat tersebut. Saat mereka bertiga sedang bergegas menuju tempat yang teduh, mendadak timbul sambaran petir.

Michael sempat terhempas ke tanah akibat sambaran tersebut, namun ia dan Mary tidak mengalami luka serius. Ketika Michael melihat ke arah Sean, ia merasa takut bukan main karena punggung Sean nampak hangus. Petir sudah menyambar saudaranya tersebut.

Sean pun kemudian dilarikan ke rumah sakit. Meskipun ia mengalami luka bakar tingkat tiga pada punggung dan sikunya, nyawanya masih bisa diselamatkan. 

Belakangan diketahui kalau penyebab kenapa rambut Michael dan Sean mendadak berdiri sendiri saat difoto adalah karena petir hendak menyambar di tempat tersebut. Sekarang foto mereka berdua beredar luas di internet dan menjadi pengingat supaya orang-orang segera bergegas meninggalkan tempat mereka berdiri jika mendadak rambut mereka berdiri sendiri.

Petir Juga Terjadi di Planet Selain Bumi

Petir Juga Terjadi di Planet Selain Bumi
ilustrasi Petir Juga Terjadi di Planet lain via kapanlagi.com

Petir tercipta akibat adanya tumbukan muatan positif dan negatif di awan. Petir sendiri bukan hanya fenomena yang bisa dijumpai di Bumi. Di Tata Surya, fenomena petir juga dapat dijumpai di planet-planet yang memiliki atmosfer, misalnya di Planet Venus.

Berkebalikan dengan wujudnya nampak indah saat dilihat dari luar angkasa, Venus aslinya merupakan salah satu planet paling berbahaya di Tata Surya. Planet ini memiliki suhu yang amat panas dan tekanan udara yang tinggi. Petir juga kerap menyambar-nyambar di bawah atmosfer Venus.

Petir yang muncul di permukaan Venus terbilang unik karena petirnya tercipta bukan dari awan hasil kumpulan uap air, melainkan awan yang mengandung asam sulfurik. Hal tersebut diketahui oleh ilmuwan pada tahun 2011 lewat wahana Venus Express yang mengorbit di sekeliling Planet Venus..

Selain di Venus, fenomena petir juga terjadi di Saturnus. Pada tahun 2009, wahana luar angkasa Cassini sempat mendeteksi kilatan cahaya dan gelombang radio yang muncul di atmosfer Planet Saturnus. Menurut ilmuwan, fenomena tersebut merupakan pertanda kalau badai dengan durasi berbulan-bulan sedang terjadi di atmosfer Planet Saturnus.

Tempat Dengan Sambaran Petir Terbanyak Ada di Venezuela 

Tempat Dengan Sambaran Petir Terbanyak Ada di Venezuela
Tempat Dengan Sambaran Petir Terbanyak Ada di Venezuela via viva.co.id

Malam di Delta Catatumbo, Venezuela, bukanlah malam yang dipenuhi kegelapan. Pasalnya di tempat tersebut, kilatan cahaya akibat sambaran petir merupakan pemandangan yang amat sering dijumpai. Tidak tanggung-tanggung, petir di Catatumbo bisa muncul hingga 280 kali setiap jamnya. 

Fenomena petir massal ini terjadi selama 260 malam setiap tahun dan bisa bertahan selama 9 jam setiap malamnya. Pada bulan Januari dan Februari, petir lebih jarang muncul akibat puncak musim kemarau. Namun pada puncak musim penghujan yang jatuh pada bulan Oktober, intensitas petir yang muncul bisa mencapai puluhan kali setiap menitnya.

Para ahli tidak yakin apa penyebab fenomena yang nampak indah sekaligus menakutkan tersebut. Menurut salah satu teori, tingginya intensitas petir mungkin disebabkan oleh kandungan uranium di bawahnya. Kalau menurut teori lain, hujan petir terjadi akibat pertemuan antara air dari danau dengan gas metan dari cadangan minyak.

Saking banyaknya petir yang menyambar-nyambar di Catatumbo, kilatan cahaya yang muncul di tempat tersebut bisa terlihat hingga 400 km jauhnya. Para pelaut di masa lampau kerap menjadikan kilatan cahaya tersebut sebagai panduan untuk mengetahui lokasi kapal mereka pada malam hari.

Jika dilihat dari kejauhan, kilatan demi kilatan petir yang muncul nampak berwarna warni. Fenomena tersebut diduga terjadi karena cahaya yang muncul dari petir dibiaskan oleh partikel-partikel yang ada di udara.

Petir Ada yang Berbentuk Bola

Petir Ada yang Berbentuk Bola
Petir Ada yang Berbentuk Bola via kanjengpetir.com

Jika bicara soal petir, maka yang dibayangkan orang tidak akan jauh-jauh dari kilatan cahaya bercabang-cabang menyerupai ranting. Namun selain berbentuk menyerupai ranting, ternyata ada juga petir yang bentuknya menyerupai bola. Fenomena ini dikenal dengan nama petir bola.

Selama berabad-abad, catatan sejarah menunjukkan kalau manusia pernah menjumpai fenomena munculnya petir berbentuk bola secara tiba-tiba di langit. Fenomena petir bola biasanya terjadi tepat setelah petir menyambar. Namun dalam fenomena yang terjadi pada tahun 2014 di Inggris, petir bola justru muncul di dalam kabin pesawat tepat sebelum kilatan petir menyambar hidung pesawat.

Jika petir hanya muncul sekelabat, maka petir bola bisa tetap ada selama beberapa detik atau bahkan menit. Petir bola juga dikabarkan bisa masuk ke dalam rumah dan menimbulkan kekacauan di dalamnya. Jika itu masih belum cukup, petir bola juga bisa menerobos jendela yang terkunci atau masuk melalui cerobong asap.

Hingga sekarang, tidak ada yang bisa menjelaskan apa penyebab dari munculnya petir bola. Ilmuwan sendiri sudah bisa menciptakan petir bola di dalam laboratorium tertutup, namun mereka tetap tidak bisa menjelaskan faktor-faktor yang memicu munculnya petir bola di alam.

Pernah Ada yang Bermain Layang-Layang Hingga Tersambar Petir

Bermain Layang-Layang Hingga Tersambar Petir
ilustrasi Bermain Layang-Layang Hingga Tersambar Petir via

Benjamin Franklin adalah salah satu tokoh terpenting dalam sejarah Amerika Serikat. Pasalnya ia adalah salah satu tokoh yang ikut terlibat dalam pembuatan Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat. Namun selain terkenal lewat kontribusinya dalam perjuangan kemerdekaan Amerika Serikat, Franklin juga menyumbang peran besar dalam bidang kelistrikan.

Pada abad ke-18, masih banyak hal yang belum diketahui oleh manusia dari arus listrik, termasuk yang berkaitan dengan petir. Franklin yang merasa penasaran lantas nekat melakukan eksperimen dengan cara bermain layang-layang saat petir tengah menyambar-nyambar pada tahun 1752.

Franklin juga memasang anak kunci pada layangan supaya muatan listrik dari petir bisa mengenai kunci dan kemudian merambat melalui benang layangan. Hasilnya, saat petir menyambar, muatan listrik yang dipancarkan oleh petir mengalir melalui benang menuju perkakas bernama tabung Leyden yang sudah disiapkan oleh Franklin.

Dengan bermodalkan percobaan tersebut, Franklin kemudian menciptakan alat penangkal petir supaya petir tidak langsung menyambar bangunan, tetapi menyambar penangkal petirnya dan kemudian dialirkan dengan aman ke dalam tanah.

Percobaan layangan Franklin sendiri diragukan banyak pihak karena jika percobaan tersebut memang benar adanya, Franklin harusnya sudah meninggal saat petirnya menyambar layangan. 

Kalau menurut salah satu pendapat, Franklin bisa selamat karena petirnya tidak menyambar layangan secara langsung. Listrik yang melalui benang layang-layang berasal dari pancaran listrik yang timbul di sekitar petir. Karena muatan listriknya tidak sebanyak muatan listrik dari sambaran petir langsung, Franklin pun tetap selamat seusai percobaan ini.

Sumber :

https://listverse.com/2020/09/20/top-10-electrifying-facts-about-lightning/

https://www.nbcnews.com/healthmain/decades-later-hair-raising-photo-still-reminder-lightning-danger-6C10791362

http://www.bbc.com/earth/story/20150810-the-most-electric-place-on-earth

https://www.nasa.gov/vision/universe/solarsystem/venus-20071128.html

https://en.wikipedia.org/wiki/Ball_lightning

https://www.mentalfloss.com/article/66551/true-story-behind-ben-franklins-lightning-experiment



close