PLARIUSMODIFIKASI101

Bangunan Megah Besar Ini Ternyata Adalah Makam Kuno

Tuesday, March 02, 2021

Makam adalah tempat di mana jasad seseorang dikebumikan. Karena masing-masing orang memiliki kekuatan finansial dan keyakinan yang berbeda-beda mengenai kehidupan sesudah kematian, makam pun terdiri dari beragam wujud dan ukuran. Berikut ini adalah 5 bangunan raksasa yang aslinya adalah makam kuno.

Mausoleum Qin Shi Huang

Mausoleum Qin Shi Huang
Mausoleum Qin Shi Huang via cinaculturetour.com

Dinasti Qin adalah kekaisaran pertama yang wilayahnya mencakup seluruh China. Pendiri dinasti ini adalah Qin Shi Huang, kaisar yang hidup pada tahun 259 hingga 210 SM. Pada masa pemerintahan Qin pulalah, untuk pertama kalinya Tembok Besar China dibangun. 

Tujuan pembangunan tembok tersebut adalah untuk melindungi China dari serangan bangsa-bangsa pengembara yang datang dari arah utara. Meskipun begitu, Qin juga dikenang secara negatif karena ia pernah memerintahkan supaya buku-buku dibakar dan orang-orang terpelajar dikubur hidup-hidup.

Qin meninggal dunia pada tahun 221 SM dalam usia 49 tahun. Jasadnya dimakamkan di mausoleum atau kompleks pemakaman besar yang sekarang terletak di Xi’an, China tengah. Menariknya, pembangunan mausoleum tersebut ternyata sudah dimulai saat Qin baru berusia 13 tahun.

Mausoleum Qin luasnya diperkirakan mencapai 170.000 meter persegi. Jadi tidak mengherankan jika kemudian mausoleum ini memerlukan waktu hingga 38 tahun untuk dibangun.

Mausoleum ini bukan hanya berisi jasad Qin, tetapi juga patung-patung terakota atau tanah liat yang jumlahnya mencapai 7.000 patung. Sejumlah sungai buatan yang berisi air merkuri juga dapat ditemukan mengelilingi ruangan di bagian dalam mausoleum.

Patung-patung terakota dalam mausoleum ini terdiri dari patung prajurit dan kereta kuda. Pembangunan patung-patung tersebut dimaksudkan supaya ketika Qin Shi Huang meninggal, maka patung-patung prajurit tersebut akan turut menemani arwahnya di alam sesudah kematian.

Makam Cyrus yang Agung

Makam Cyrus yang Agung
Makam Cyrus yang Agung via dw.com

Seperti halnya China, dinasti-dinasti kekaisaran megah juga pernah berdiri di Iran pada masa lampau. Achaemenid adalah satu di antaranya. Kekaisaran dari masa Sebelum Masehi tersebut begitu terkenal karena pernah terlibat perang melawan negara-negara Yunani Kuno seperti Athena dan Sparta.

Cyrus yang Agung adalah nama dari salah satu kaisar Achaemenid yang paling terkenal. Pasalnya dialah sosok di balik berdirinya Kekaisaran Achaemenid. Di masa pemerintahannya, wilayah Achaemenid mencakup Asia Minor, Persia, dan Asia Tengah.

Cyrus meninggal pada tahun 530 SM dalam usia 70 tahun. Jasadnya dimakamkan di kompleks pemakaman besar yang sekarang terletak di Pasargadae, Iran tengah. Makam tersebut nampak seperti piramida berundak-undak dengan bangunan menyerupai gubuk raksasa di puncaknya.

Menurut catatan dari abad ke-2 SM, prajurit bawahan Aleksander Agung dikabarkan pernah memasuki makam ini. Di dalamnya, terdapat aneka macam perabotan mewah seperti ranjang yang terbuat dari emas, peti mati emas, dan benda-benda hasil kerajinan yang terbuat dari batu mulia.

Walaupun Achaemenid pada akhirnya harus mengalami keruntuhan akibat ditaklukkan oleh Kekaisaran Makedonia pimpinan Aleksander, sejumlah sejarawan menganggap kalau Cyrus lebih hebat dibandingkan Aleksander. 

Pasalnya setelah Cyrus meninggal, sistem pemerintahan rumit yang dibuatnya menyebabkan Achaemenid tetap berdiri kokoh hingga berabad-abad kemudian. Namun tidak demikian halnya dengan Makedonia yang terpecah menjadi kerajaan-kerajaan lebih kecil selepas meninggalnya Aleksander.

Daisen Kofun

Daisen Kofun
Daisen Kofun via manila-shimbun.ph

tergolong sebagai negara kecil. Pasalnya negara kepulauan yang terletak di seberang Korea ini luas wilayahnya tidak sampai 400 ribu kilometer persegi. Meskipun begitu, di negara inilah terdapat salah satu kompleks makam kuno terbesar di dunia.

Daisen Kofun atau Daisenryo Kofun adalah nama dari kompleks makam raksasa tersebut. Saking besarnya, kompleks makam ini tetap bisa terlihat jelas saat dilihat dari ketinggian ribuan meter. Jika dilihat dari atas, Daisen Kofun nampak seperti lubang kunci raksasa yang berwarna hijau.

Daisen Kofun dibangun antara abad ke-3 hingga abad ke-6. Bangunan ini memiliki panjang 450 meter dan lebar 300 meter. Daisen Kofun dibangun sebagai tempat dimakamkannya Kaisar Nintoku, kaisar ke-16 Jepang. Jasad Kaisar Nintoku berada di bagian Daisen Kofun yang bentuknya bundar.

Makam raksasa ini terletak di kota Sakai, Prefektur Osaka. Daisen Kofun sendiri bukanlah satu-satunya kofun atau gundukan makam tradisional Jepang yang terdapat di Sakai. Selain Daisen Kofun, ada 47 kofu lainnya yang berada di kawasan tersebut.

Sejarawan meyakini kalau kofun-kofun tersebut berisi jasad orang-orang kaya dan terpanjang Jepang pada masa lampau. Dengan mendirikan kofun sebagai tempat peritirahatan terakhir mereka, golongan atas Jepang ingin menunjukkan status sosial mereka bahkan saat yang bersangkutan sudah meninggal.

Taj Mahal

Taj Mahal
Taj Mahal via britanica.com

Rasanya tidak ada orang yang tidak mengetahui Taj Mahal. Bangunan berwarna serba putih ini merupakan salah satu bangunan bersejarah paling terkenal di India. Warna putih tersebut  berasal dari batu pualam atau marmer, bahan baku utama bangunan ini.

Taj Mahal terletak di kota Agra, negara bagian Uttar Pradesh. Karena bangunan ini memiliki kubah yang khas dan dikelilingi oleh beberapa buah menara, orang awam mungkin bakal mengira kalau Taj Mahal adalah semacam masjid.

Faktanya, Taj Mahal aslinya adalah kompleks pemakaman. Di bangunan inilah, Mumtaz Mahal dimakamkan. Mumtaz adalah istri Kaisar Mughal, Shah Jehan, yang meninggal pada tahun 1631.

Untuk menunjukkan kecintaan Shah Jehan pada mendiang istrinya, ia pun memerintahkan pembangunan Taj Mahal sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi istrinya tersebut. Desain Taj Mahal yang serupa dengan masjid tidak lepas dari fakta bahwa Kekaisaran Mughal merupakan kekaisaran Islam.

Bangunan utama Taj Mahal selesai dibangun pada tahun 1643, namun keseluruhan kompleks Taj Mahal baru selesai dibangun pada tahun 1632. Di depan bangunan, terdapat kolam raksasa yang dibuat sedemikian rupa supaya bayangan pantulan Taj Mahal bisa terlihat dari ujung kolam. 

Taj Mahal sekarang menyandang reputasi sebagai salah satu peninggalan bersejarah paling indah di India dan bahkan dunia. Setiap tahunnya, sebanyak 7 juta turis dari dalam dan luar India mengunjungi kompleks makam ini.

Piramid Besar Giza

Piramid Besar Giza
Piramid Besar Giza via tribunnews.com

Jika bicara soal bangunan peninggalan Mesir Kuno, maka piramid bakal menjadi nama yang seketika bakal muncul di benak banyak orang. Wajar-wajar saja sebenarnya. Bentuk piramid yang khas dan ukurannya yang besar menyebabkan piramid begitu mudah dikenali oleh siapapun.

Ada beberapa piramid yang pernah dibangun pada zaman Mesir Kuno. Dari sekian banyak piramid tersebut, Piramid Besar Giza adalah yang paling terkenal. Pasalnya piramid yang juga dikenal sebagai Piramid Khufu tersebut merupakan piramid terbesar yang pernah dibangun. Tingginya mencapai 146 meter, sementara panjang pondasinya mencapai 230 meter.

Piramid Khufu merupakan satu dari tiga bangunan piramid yang ada di kompleks piramid Giza. Dua piramid lainnya yang berukuran lebih kecil adalah Piramid Menkaure dan Piramid Khafre.

Menurut sejarawan, Piramid Besar Giza dibangun sebagai makam untuk raja atau firaun Khufu pada abad ke-25 SM. Pada awalnya, dinding luar piramid dilapisi dengan batu marmer. Namun akibat tergerus oleh perkembangan zaman, lapisan marmer tersebut sekarang sudah menghilang.

Piramid Besar Giza bukan hanya menjulang tinggi. Bangunan raksasa ini juga memiliki ruangan bawah tanah. Menurut sejarawan, ruangan bawah tanah tersebut nampaknya awalnya direncanakan sebagai ruang makam Khufu. Namun pembangunannya kemudian tidak dilanjutkan karena Khufu ingin dimakamkan di ruangan yang lokasinya lebih tinggi.

referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Mausoleum_of_the_First_Qin_Emperor https://en.wikipedia.org/wiki/Qin_Shi_Huang https://en.wikipedia.org/wiki/Tomb_of_Cyrus https://en.wikipedia.org/wiki/Cyrus_the_Great https://en.wikipedia.org/wiki/Taj_Mahal https://en.wikipedia.org/wiki/Great_Pyramid_of_Giza https://www.atlasobscura.com/places/daisen-kofun



close