Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naga Biru, hingga Batu Bercahaya, Berikut Benda Paling Aneh yang Pernah Ditemukan di Pantai

Selama bertahun-tahun, berbagai macam barang aneh telah ditemukan di berbagai pantai indah di dunia. Beberapa benda seperti makhluk hidup, hewan laut yang mati, benda mati, busa laut hingga berbagai barang aneh lainnya, sering didapati telah hanyut ke pantai, dan membuat kebingungan para pengunjung.

Jika kamu penasaran, berikut kami telah merangkum daftar 7 benda aneh yang pernah ditemukan di pantai, berserta dengan seluruh misteri yang menyelimutinya.

1. Glowing Rock

Glowing Rock
Glowing Rock via forbes.com

Pada 22 Februari 2021, seorang pria brnama Mantana Dao Pibul memutuskan untuk berjalan-jalan di pantai di provinsi Nakhon Si Thammarat, Thailand. Di sana, dia melihat sebongkah karang. Tanpa ragu dirinya pun mengambil karang tersebut sebagai suvenir, namun ketika dia melihat lebih dekat barang yang diambilnya itu, dia menyadari bahwa benda tersebut bersinar.

Pria ini bahkan menyorotkan cahaya dari ponselnya ke batu karang aneh tersebut, dan, ketika warna merahnya cerah memancar, dirinya jadi bertanya-tanya apakah benda itu mungkin meteorit. Setelah dia kembali ke rumah, dia mengamati bahwa mineral yang tidak biasa itu telah berubah warna. Bukan merah, tapi sekarang ungu. Baik Mantana maupun teman-temannya tidak dapat mengidentifikasi benda aneh itu. Dia berharap seorang ahli mungkin bisa memberi tahu dia apa yang dia temukan selama dia berjalan di pantai.

2. Naga Biru

Naga Biru
Naga Biru via listverse.com

Meskipun biasanya disebut naga biru, para ilmuwan menyebutkan nama ilmiah resmi hewan ini sebagai Glaucus atlanticus, yaitu sejenis nudibranch, gastropoda tanpa cangkang atau insang sejati. Biasanya, naga biru mengapung di lautan, tetapi angin terkadang meniupkan “kumpulan” hewan ini secara keseluruhan ke pantai Australia. 

Selain Glaucus atlanticus sepanjang 3 sentimeter, Glaucilla marginate sepanjang 13 sentimeter, juga merupakan spesies nudibranch yang sangat mirip dengan sepupunya yang lebih kecil dan juga disebut naga biru.

Meskipun naga biru tidak mampu berenang melawan arus laut, hewan-hewan kecil ini mampu berputar dan melakukan manuver "jungkir balik" dengan menyedot udara ke dalam tubuh mereka. Udara ini kemudian membentuk gelembung di dalamnya, membantu tetap mengapung dan tetap terbalik.

3. Teritip Gooseneck

Teritip Gooseneck
Teritip Gooseneck via tourism.oregonstate.com

Bagi Martyn Green, yang melihatnya saat berlibur bersama keluarganya di Caernarfon, North Wales, benda aneh yang ditemukan istrinya, Gemma, tampak seperti kayu apung. Namun ketika dia memeriksanya lebih hati-hati, Green menemukan bahwa benda itu "ditutupi dengan ribuan makhluk laut tentakel." 

Bahkan baginya, benda tersebut tampak seperti "sesuatu yang bukan dari dunia ini." Penelusuran internet yang dilakukan Green dan putranya memecahkan misteri identitas hewan laut itu. Gemma telah menemukan apa yang disebut sebagai teritip leher angsa.

Dari apa yang dibacanya Green akhirnya sadar bahwa temuan istrinya sangat berharga, karena dapat menjadi makanan lezat di Spanyol dan Portugal, yang masing-masing Rp500.000 per satuannya. 

Sementara itu, setelah menghitungnya, Green memperkirakan bahwa temuan istrinya itu akan menghasilkan sekitar 2.000 teritip, bayangkan saja berapa hasilnya.

4. Busa Laut

Busa Laut
Busa Laut via livescience.com

Busa laut aneh yang terdampar di pantai Australia di New South Wales pada bulan Desember 2020 adalah hadiah alam yang terus diberikan. Badai diketahui mengaduk campuran “air laut. . . ganggang, garam, lemak dan polutan yang menciptakan lapisan busa tebal menyebar di permukaan air.

Anehnya buih tersebut juga membawa berbagai benda aneh lainnya ke pantai, termasuk ular laut yang “mematikan”, laba-laba raksasa, pohon, batang kayu, hingga beberapa hewan mengeikan lainnya.

Bahkan ada kasus dimana seekor anjing harus diselamatkan dari buih, dan "otoritas. . . memperingatkan turis dan penduduk setempat untuk menjauh dari pantai untuk memastikan keamanan [mereka]. ”

5. Bangkai Tak Teridentifikasi

Bangkai Tak Teridentifikasi
Bangkai Tak Teridentifikasi via grid.id

Terdapat kasus aneh, dimana sebuah bangkai menakutkan terdampar di pantai Meksiko pada Februari 2020. Bangkai tersebut awalnya diduga sebagai bangkai paus, namun jika iya, itu pasti aneh. Karena bangkai tersebut tidak memiliki mata, dan giginya jauh lebih panjang, lebih melengkung, dan lebih tajam daripada gigi khas paus yang pendek, tumpul, dan hanya sedikit melengkung. 

Dan lumba-lumba, tentu saja, memiliki mata. Sehingga kemungkinan besar makhluk misterius yang terdampar di Destiladeras, di negara bagian Jalisco, Meksiko barat, adalah seekor belut. Tubuh bagian bawahnya tidak memiliki sirip dan berbentuk cacing serta jauh lebih sempit daripada anatomi lumba-lumba. 

Namun meskipun tebakan ini masuk akal, tidak seorang pun, termasuk nelayan, dapat mengidentifikasi bangkai tersebut dengan pasti. Sementara itu, banyak yang menduga bahwa makhluk laut itu mungkin berasal dari kedalaman laut, mungkin dari daerah laut sedalam 1.000 meter di Puerto Vallarta, meskipun, jika demikian, tidak ada yang tahu bagaimana hewan itu bisa berakhir ke pantai dari kedalaman seperti itu.

6. "Mayat Terpenggal"

"Mayat Terpenggal"
 "Mayat Terpenggal" via news.18.com

Selama pembersihan pantai di Perdido Bay, pada November 2020, seorang wanita yang diidentifikasi bernama Kathleen menemukan lebih dari sekadar sampah atau puing-puing. Dia bertemu dengan mayat tanpa kepala, bertatahkan teritip, yang kemudian langsung dilaporkan ke Ocean Hour, kelompok lingkungan nirlaba tempatnya bekerja. 

Pasca penyelidikan, untungnya, meskipun "mayat" itu memang terlihat seperti manusia, pihak berwenang mengatakan bahwa itu sebenarnya adalah manekin. 

7. Babi Laut

Babi Laut
Babi Laut via atlasobscura.com

Teluk Hervey, Queensland Selatan, Australia, pada Februari 2020, seorang wanita yang menemukan benda aneh, memposting foto penemuannya di Facebook, tetapi tidak ada anggota grup media sosial yang dapat mengidentifikasi benda tersebut.

Mereka hanya setuju bahwa penemuan itu bukan bagian dari ikan batu, karena ikan batu memiliki kulit yang kasar, tetapi makhluk yang ditemukan dan difoto oleh wanita itu memiliki daging yang halus. Anggota grup pun mencoba beberapa kali untuk mengidentifikasi "benjolan" tersebut, menebak-nebak seperti " karang lunak”, “ambergris”, “kotoran hiu”, dan bahkan “plasenta” ikan paus. 

Sementara itu, yang lebih lucu, bahkan orang sekelas Profesor Sandie Degnan, dari Sekolah Ilmu Biologi Universitas Queensland tidak yakin terhadap benda yang ditemukan oleh wanita itu, meskipun dia menduga benda tersebut kemungkinnan adalah daging babi laut, yang dia gambarkan sebagai 

"sejenis muncrat laut”

Sementara itu, nelayan, tambahnya, biasanya mengeluarkan isi perut makhluk itu dan menggunakan usus hewan tersebut sebagai umpan memancing."

Sumber :

https://listverse.com/2021/03/02/10-bizarre-objects-found-on-beaches/