Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori Aneh Mekanisme Antikythera, Mesin Pemberian Alien, Hingga Pemusnah Masal

anehdidunia.com - Mekanisme Antikythera atau disebut juga sebagai Mesin Antikythera adalah sebuah komputer analog kuno yang digunakan untuk memprediksi pergerakan planet dan tanggal gerhana matahari di masa depan. 

Sederhananya mesin ini berisi deretan 30 roda gigi logam, yang bekerja secara harmonis sesuai dengan urutannya masing-masing. Namun anehnya, perangkat dengan kompleksitas atau kerumitan serupa mesin Antikythera nyatanya tidak muncul sampai abad awal abad ke-14, atau setidaknya lebih dari 1.300 tahun setelah mekanisme tersebut dibuat. 

Lantas bagaimana mesin serumit Antikythera dapat hadir begitu saja sebelum waktunya.

Dalam sejarah penemuannya, Pada tahun 1901, seorang penyelam berhasil menemukan bangkai kapal di lepas pantai pulau Yunani Antikythera. Sahabat anehdidunia.com bangkai kapal tersebut penuh dengan artefak Yunani kuno, yang digali dan dibawa ke Museum Nasional di Athena. 

Di sana, para arkeolog memeriksa patung dan tembikar, namun hingga beberapa saat lamanya tidak ada yang memperhatikan pecahan sebuah mesin analog aneh yang ternyata tidak berasal dari zamannya.

Barulah setelah beberapa tahun pasca penemuan mesin Antikythera, penelitian tentang asal-usul dari mesin analog tersebut dimulai pada tahun 1950-an. Kemudian, selama penelitian bertahun-tahun, berkat sinar-X 3D, penanggalan karbon, dan terjemahan prasasti, sejumlah besar informasi tentang mesin Antikhytera tersebut telah berhasil dikumpulkan. 

Berikut kami telah merangkum 7 teori aneh tentang mesin Antikythera yang telah diketahui hingga sekarang.

Lebih Tua dari yang Seharusnya

mesin Antikythera
mesin Antikythera via viator.com

Awalnya, para ilmuwan percaya mesin Antikythera dibuat antara tahun 150 dan 100 SM, tetapi dari penelitian terbaru terungkap bahwa penciptaa dari alat misterius ini ternyata berkisar pada tahun 205 SM, sehingga jauh lebih tua dari yang seharusnya.

Namun yang sangat aneh adalah, dikarenakan artefak serupa baru muncul pada abad ke-14, maka keberadaan mesin Antikhetyra dapat dikatakan sebagai teknologi yang menghilang begitu saja. Sehingga ikut menimbulkan pertanyaan lain, mengapa masyarakat maju di Yunani Kuno saat itu membuang begitu saja kemajuan teknologi mereka?

Penemunya bernama Hipparchus

Hipparchus
Hipparchus via kanopy.com

Hipparchus adalah seorang astronom Yunani yang warisannya diteruskan secara turun temurun oleh Posidonius di sekolah astronomi, tempat dirinya menjadi guru bagi para sarjana muda. 

Uniknya, salah satu murid Posidonius, Cicero, pernah menulis bahwa Posidonius pernah menciptakan perangkat “yang pada setiap putaran revolusinya mereproduksi gerakan yang sama dari Matahari, Bulan, dan lima planet yang terjadi di langit setiap siang dan malam”.

Mungkin terdengar aneh, namun fungsi tersebut sangat mirip dengan fungsi mesin Antikythera. 

Namun hal ini terbantahkan karena Posidonius tidak hidup pada abad kedua SM, ketika mesin Antikhetyra dibuat, melainkan sang guru, Hipparchus. Sehingga kemungkinan besar Posidonius menciptakan instrumen berdasarkan Mekanisme Antikythera, yang dibuat oleh gurunya Hipparchus bertahun-tahun sebelumnya.

Mekanisme Antikhetyra Menjadi Bukti Perjalanan Waktu

Mekanisme Antikhetyra Menjadi Bukti Perjalanan Waktu
Mekanisme Antikhetyra Menjadi Bukti Perjalanan Waktu via webbyfeed.com

Jika Mesin Antikhetyra berasal dari abad kedua SM, dan teknologi yang sebanding tidak mulai muncul sampai berabad-abad kemudian, maka para peneliti percaya bahwa keberadaan alat ini mungkin saja menjadi bukti adanya perjalanan waktu.

Karena mungkin saja siapa pun yang menemukannya adalah penjelajah waktu dari masa depan, atau mungkin itu sebenarnya adalah perangkat dari masa depan yang dibawa kembali ke Yunani kuno dan sengaja ditinggalkan di sana.

Sempat Diduga Hoax

The Turk
The Turk via naviri.org

Meskipun banyak bukti ilmiah yang menyangkal, beberapa percaya bahwa semua hal tentang mesin Antikhetyra adalah omong kosong dan tipuan belaka. Namun tetap saja bagaimanapun, sulit untuk menemukan mesin lain yang serupa mekanismenya dengan mesin Antikythera pada masa yang sama.

Sementara itu, beberapa orang pernah membandingkan mekanisme mesin tersebut dengan The Turk, yang merupakan robot permainan catur palsu yang dibuat pada abad ke-18. Namun, para ilmuwan tersebut dengan mudah mengakui bahwa The Turk itu palsu. 

Pemberian Makhluk Luar Bumi

The Ancient Aliens
The Ancient Aliens via idntimes.com

Mesin Antikythera tidak diragukan lagi memiliki usia yang sudah sangat tua dan jelas merupakan teknologi paling maju dan juga terbesar dalam masanya. Namun tetap saja pertanyaan yang sama akan berputar pada satu tempat, yaitu bagaimana orang Yunani kuno mendapatkan ide untuk membangunnya.

Sementara jawaban resmi yang didukung oleh bukti sains belum dapat menemukan tempatnya, terdapat satu teori yang mengatakan bahwa mesin Antikhetyra merupakan pemberian dari makhluk luar bumi.

Teori ini pernah dijelaskan dalam The Ancient Aliens, 

Makhluk dengan pengetahuan maju yang memiliki pemahaman tinggi tentang astronomi, matematika dan alat perhitungan dengan tingkat presisi luar biasa berhasil menciptakan perangkat atau memberikan pengetahuan untuk melakukan penciptaannya kepada seseorang selama abad pertama SM. Tetapi pengetahuan itu tidak dicatat atau tidak diturunkan kepada orang lain.

Jadi seharusnya dalam teori ini, alien adalah individu yang memberikan manusia perangkat atau mesin Antikhetyra ini atau setidaknya pengetahuan untuk membuatnya.

Namun sayangnya, pengetahuan yang begitu tinggi tersebut tidak melakukan apa pun untuk memastikan bahwa umat manusia belajar dari hal baru atau membangun sesuatu yang lebih baik.

Berfungsi untuk Memperkirakan Warna Gerhana Matahari

Berfungsi untuk Memperkirakan Warna Gerhana Matahari
Berfungsi untuk Memperkirakan Warna Gerhana Matahari via okezone.com

Penemuan mesin Antikhetyra pada awalnya memunculkan berbagai dugaan unik mengenai tujuan dan juga fungsi dari alat tersebut. Mulai dari perhitungan mekanis, perhitungan posisi benda langit, hingga yang paling mengerikan diduga menjadi alat pemusnah masal.

Namun berdasarkan terjemahan teks baru pada mekanisme Antikythera terdapat salah satu teks yang menunjukkan bahwa perangkat mesin Antikhetyra kemungkinan besar memiliki fungsi sebagai alat untuk memprediksi warna gerhana - yang menurut para ilmuwan, tidak mungkin.

Bahkan setelah membaca terjemahan teks tersebut, para ilmuwan masih kebingungan, karena tidak dapat benar-benar menentukan, apakah mesin Antikhetyra melakukan fungsinya dengan menebak, atau memang berdasarkan suatu perhitungan rumit.

Peninggalan dari Bangsa Annunaki

Bangsa Annunaki
Bangsa Annunaki via bacaterus.com

Dalam penjelasannya, Annunaki adalah ras alien kuno yang mengunjungi dan pernah hidup di Bumi. Bahkan sejatinya mereka pernah dianggap sebagai dewa di peradaban Mesopotamia kuno, dengan  meninggalkan berbagai petunjuk keberadaan mereka.

Salah satu petunjuk tersebut kemungkinan besar adalah mesin Antikythera. Mekanisme mesin Antikhetyra diketahui mampu menghitung kapan gerhana bulan akan terjadi, yang mungkin diketahui oleh alien luar angkasa, dan teknologinya yang tampaknya tunggal, sejauh yang kita tahu, sangat berbeda dari apa pun yang dibangun sekitar 200 SM.

Sumber :

https://www.ranker.com/list/antikythera-mechanism-theories/jenniferlennon?ref=collections_page