Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Paling Angker dan Ditakuti di Korea Selatan

Anehdidunia.com - Korea Selatan dikenal sebagai salah satu negara paling maju di Asia. Meskipun rakyat Korea Selatan memiliki standar hidup yang tinggi dan sudah lama terpapar oleh nilai-nilai budaya Barat, mereka juga masih memiliki keyakinan tinggi akan hal-hal berbau klenik.

Itulah sebabnya banyak tempat di Korea Selatan yang kemudian menyandang reputasi angker saat sudah dibiarkan dalam kondisi terbengkalai selama beberapa lama. Berikut ini adalah tempat-tempat tersebut.

Neulbom Garden

Neulbom Garden
Neulbom Garden via correcto.id

Neulbom Garden adalah nama dari sebuah bangunan yang terletak di kota Jecheon. Di masa silam, bangunan tersebut beroperasi sebagai restoran. Namun di masa kini, Neulbom Garden menyandang reputasi sebagai salah satu tempat paling angker di Korea Selatan. Ada begitu banyak cerita horor nan tragis yang bermunculan dari tempat ini.

Neulbom Garden awalnya dioperasikan oleh pasangan suami istri yang memiliki anak perempuan dengan cacat fisik. Suatu hari, putri mereka tertabrak oleh mobil tepat di depan restoran tersebut. Akibat insiden tersebut, anak perempuan tersebut meninggal dunia.

Insiden tersebut diyakini membuat orang tua sang anak merasa begitu syok. Pasalnya sang ayah kemudian memutuskan untuk gantung diri tidak lama kemudian. Ditinggal mati oleh suami dan anaknya, sang istri kini merasa begitu stress. Kondisi kesehatannya terus menurun hingga akhirnya ia meninggal dunia tak lama kemudian.

Pasca meninggalnya keluarga pemilik Neulbom Garden, restoran tersebut kini dioperasikan oleh orang lain. Namun cerita angker seputar Neulbom Garden tidak lantas berhenti.

Menurut salah satu insiden, seorang pelanggan awalnya memesan makanan kepada pelayan wanita. Karena pesanannya tidak kunjung datang, sang pelanggan kemudian mendatangi pelayan pria dan menanyakan pesanannya.

Jawaban yang diterima oleh sang pelanggan sama sekali di luar dugaannya. Pelayan pria tersebut malah berkata kalau restoran Neulbom Garden sama sekali tidak memperkerjakan pelayan wanita. Lantas, siapakah pelayan wanita yang sempat berpapasan dengan sang pelanggan tadi?

Dalam insiden lain, para pelanggan mengaku ditampar dari belakang saat sedang bermain-main dengan makanannya. Namun saat mereka melihat ke arah belakang, ternyata tidak ada siapa-siapa yang berdiri di dekatnya.

Makin banyaknya rumor menyeramkan yang muncul dari restoran tersebut menyebabkan orang-orang tidak mau lagi mampir di restoran tersebut. Akibatnya, restoran itu pun terpaksa ditutup akibat sepi pengunjung.

Neulbom Garden sesudah itu dibeli oleh seorang pendeta, namun ia membiarkan bangunan tersebut tetap terbengkalai. Sekarang, Neulbom Garden menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh para pemburu hantu dan orang-orang yang ingin melakukan uji nyali.

Rumah Yeongdeok

Rumah Yeongdeok
Rumah Yeongdeok via okezone.com

Rumah Yeongdeok adalah bangunan yang terletak di Yeongdeok, Provinsi Gyeongsan Utara. Provinsi tersebut merupakan provinsi yang ramai dikunjungi oleh wisatawan karena pemandangan pantai dan hutannya yang indah.

Gyeongsan bukan hanya menyimpan hal-hal yang menonjolkan keindahan. Di daerah inilah, terdapat bangunan angker yang bernama Rumah Yeongdeok.

Kisah angker mengenai Rumah Yeongdeok bermula ketika Perang Korea masih berlangsung di wilayah tersebut. Sebanyak 400 tentara Korea Selatan dikabarkan gugur dan kemudian dimakamkan di tempat tersebut.

Reputasi angker yang dimiliki oleh Rumah Yeongdeok menyebabkan bangunan ini sulit laku terjual. Hingga kemudian ada pasangan suami istri yang membeli bangunan ini dengan harga miring. Mereka bermaksud mengubah bangunan ini menjadi restoran seafood.

Niat tersebut pada akhirnya tidak pernah kesampaian karena sang istri mengaku kerap melihat penampakan sosok wanita berambut panjang yang turun dari lantai atas. Karena merasa terganggu, mereka pun memutuskan untuk menjual kembali bangunan ini.

Rumah Yeongdeok kemudian dibeli oleh sepasang paranormal, namun mereka juga tidak mendiami bangunan ini dalam waktu lama karena tidak bisa menjinakkan makhluk-makhluk halus yang mendiami bangunan ini.

Rumah Yeongdeok sekarang menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh mereka yang menyukai tantangan uji nyali. Menurut pengakuan seorang dukun, Rumah Yeongdeok konon dihuni oleh lebih dari 10 ribu makhluk halus. Orang-orang yang mengunjungi Rumah Yeongdeok juga mengaku mengalami sakit kepala tanpa sebab.

Pulau Jeju

Pulau Jeju
Pulau Jeju via tribunnews.com

Korea Selatan merupakan negara yang memiliki wilayah laut. Jadi bukan hal yang aneh jika kemudian Korea Selatan juga memiliki pulaunya sendiri. Pulau Jeju yang terletak di seberang selatan pantai Korea Selatana adalah contoh dari pulau kecil yang termasuk dalam wilayah negara ini.

Walaupun kecil, Jeju merupakan pulau yang banyak dikunjungi karena pulau ini memiliki pemandangan alam yang indah. Di Pulau Jeju pulalah, terdapat Gunung Hallasan yang juga merupakan gunung tertinggi di Korea Selatan.

Lepas dari panorama cantik yang dimilikinya, Jeju juga memiliki sisi gelap. Di masa lampau, penduduk Pulau Jeju pernah memberontak supaya wilayahnya bisa menjadi negara merdeka. Pemerintah Korea Selatan lantas menumpas pemberontakan tersebut dengan tangan besi. Sebanyak 10 persen penduduk Jeju dikabarkan tewas akibat dibantai oleh pasukan pemerintah.

Banyak dari mayat tersebut yang kemudian dikuburkan dalam kuburan massal. Satu dari sekian banyak kuburan massal tersebut ditemukan di dekat Bandara Pulau Jeju. Saat kuburan massal tersebut diperiksa, tulang belulang manusia nampak memenuhi liang kubur tersebut dalam kondisi berjejal-jejal.

Banyaknya penduduk Jeju yang tewas secara tragis di masa lampau lantas diyakini menjadi penyebab mengapa sejumlah lokasi di Jeju memiliki reputasi angker. Penampakan misterius konon kerap muncul di kawasan pelosok yang sering dilalui oleh wisatawan untuk menikmati pemandangan.

Di Jeju juga terdapat sejumlah bangunan yang kini sudah tidak lagi terpakai. Satu dari sekian banyak bangunan tersebut adalah Sirkus Saebyeol Oreum. Pemandangan sepi dan gelap yang ada dalam bangunan bakal membuat siapapun merasa tidak nyaman saat harus berlama-lama di dalamnya.

Rumah Sakit Jiwa Gonjiam

Rumah Sakit Jiwa Gonjiam
Rumah Sakit Jiwa Gonjiam via ilmupedia.co.id

Rumah Sakit Jiwa Gonjiam adalah RSJ yang terletak di Gwangju. Selain dengan nama RSJ Gonjiam, rumah sakit ini dulunya dikenal dengan nama RSJ Namyang.

Bangunan RSJ ini sudah lama menyandang reputasi menakutkan. Sampai-sampai pernah ada film horor yang mengambil setting di RSJ ini. Film horor tersebut berjudul “Gonjiam: Haunted Asylum” dan dirilis pada tahun 2018 lalu.

Alasan kenapa RSJ Gonjiam memiliki reputasi yang begitu angker adalah karena bangunan ini memang sudah begitu lama tidak beroperasi. Rumah sakit tersebut ditutup pada tahun 1995 dan dibiarkan terbengkalai begitu lama.

RSJ Gonjiam bisa dicapai dengan menaiki bus yang memakan waktu perjalanan 2 jam. Mereka yang sudah mencapai lokasi RSJ ini bakal disambut dengan pemandangan bangunan besar yang sekelilingnya dihalangi dengan pagar berduri. Namun jika mau giat mencari, ada celah pada pagar yang bisa digunakan untuk memasuki halaman RSJ ini.

Menurut desas desus, RSJ Gonjiam sudah dikutuk sejak awal pendiriannya. Pasalnya di lokasi RSJ ini, pernah ada penjara yang memiliki banyak kasus tahanan meninggal. Saat RSJ Gonjiam akhirnya beroperasi, sejumlah pasien dikabarkan meninggal tanpa sebab yang jelas.

Menurut rumor lainnya, pengelola RSJ ini aslinya memiliki gangguan mental. Ia diceritakan memiliki kebiasaan menyandera sejumlah pasien dan menyekap mereka hingga meninggal. Namun kalau menurut cerita yang lebih dipercaya, RSJ ini ditutup karena masalah biaya dan gangguan pada sistem kebersihannya.

Meskipun begitu, hal tersebut tetap tidak mengurangi reputasi angker yang dimiliki oleh bangunan ini. Menurut mereka yang pernah melakukan investigasi paranormal ke bangunan ini, mereka menjumpai hal-hal aneh seperti pintu yang terbuka sendiri dan munculnya sosok bayangan misterius di dalam ruangan.

Sumber :
https://korealandscape.net/haunted-places-in-south-korea/
https://www.thesocians.com/post/gonjiam-psychiatric-hospital-patients-started-dying-mysteriously-know-the-horror-behind-it