Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Indah Berbahaya di Dunia, Ternyata Ada yang dari Indonesia

Anehdidunia.com - Pantai adalah daratan yang berbatasan langsung dengan laut. Karena sejumlah pantai memiliki pemandangan yang indah dan air yang bisa digunakan untuk berenang, pantai pun menjadi salah satu obyek wisata favorit bagi pelancong.

Namun di balik keindahannya, pantai juga menyimpan bahaya terselubung yang siap merenggut nyawa mereka yang lengah. Berikut ini adalah pantai-pantai tersebut beserta bahaya yang dimilikinya.

Boa Viagem, Brazil

Boa Viagem, Brazil
Boa Viagem, Brazil via frank.travelbox.com

Brazil bukan hanya terkenal dengan Hutan Amazon dan pesepak bola berbakatnya. Negara terbesar di Amerika Selatan ini juga memiliki wisata pantai yang ramai. Kebetulan Brazil memang berbatasan dengan Samudera Atlantik di sebelah timur.

Salah satu pantai Brazil yang cukup terkenal adalah Pantai Boa Viagem di negara bagian Pernambuco, Brazil utara. Berkat cuacanya yang hangat dan ombaknya yang bisa diselancari, Boa Viagem pun menjadi pantai yang ramai dikunjungi. Mereka yang mengunjungi pantai ini kerap berenang dan berselancar.

Meskipun begitu, Boa Viagem juga menyimpan bahaya terselubung. Pasalnya pantai ini dihuni oleh kawanan hiu yang berbahaya. Selama 20 tahun terakhir, ada sekitar 50 kasus serangan hiu yang terjadi di Boa Viagem.

Sebagian dari kasus serangan hiu tersebut berakhir dengan kematian korbannya. Hiu yang melakukan serangan di Boa Viagem umumnya berasal dari jenis hiu banteng dan hiu macan yang perilakunya terkenal lumayan agresif.

Atas sebab tersebut, sejak tahun 1999 pengunjung Pantai Boa Viagem dilarang berenang dan berselancar di kawasan pantai yang kedalaman airnya mencapai 1 meter lebih.

Penjaga pantai di Boa Viagem juga diberi pelatihan khusus supaya mereka bisa memberikan pertolongan pertama jika ada pengunjung pantai yang menjadi korban serangan hiu. Ternyata selain memiliki satwa hutan berbahaya seperti jaguar dan anakonda, kawasan pantai Brazil pun juga memiliki satwa yang tidak kalah menakutkan.

Sandy, Hawaii, Amerika Serikat

Sandy, Hawaii, Amerika Serikat
Sandy, Hawaii, Amerika Serikat via tripadvisor.ca

Hawaii adalah kepulauan kecil yang terletak di tengah-tengah Samudera Pasifik. Meskipun letaknya jauh dari Benua Amerika, kepulauan ini sekarang berstatus sebagai wilayah milik Amerika Serikat.

Berkat iklimnya yang hangat dan lokasinya yang berada di tengah-tengah laut, Hawaii pun kerap dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantainya. Namun hal seputar pantai Hawaii tidak melulu soal keindahan semata.

Sandy adalah satu dari sekian banyak pantai yang ada di Hawaii. Pantai ini terletak di Pulau Oahu. Oleh warga lokal, pantai ini dijuluki sebagai "Pantai Pematah Leher" karena pantai ini dipenuhi oleh ombak besar yang bisa mencelakakan pengunjung pantai.

Pantai Sandy kerap diterpa oleh ombak kuat karena pantai ini memiliki dasar yang curam dan perairannya kerap diterpa oleh angin kuat dari arah utara.

Uniknya, ombak kuat yang kerap menerjang Pantai Sandy ini juga menjadi alasan kenapa pantai ini kerap dikunjungi oleh wisatawan. Pasalnya pengunjung pantai kerap memanfaatkan ombak di Pantai Sandy untuk berselancar.

Meskipun begitu, karena tidak semua orang cukup terlatih saat berselancar di atas ombak tinggi, tidak jarang peselancar terhempas ombak hingga ke pantai.

Dalam banyak kasus, cedera yang mereka derita hanya sebatas cedera ringan. Namun ada juga kasus-kasus di mana peselancar di Pantai Sandy mengalami cedera berbahaya seperti patah lehr hingga patah tulang punggung.

Sebagai antisipasi supaya pengunjung Pantai Sandy tidak sampai mengalami cedera mematikan, Pantai Sandy pun memperkerjakan penjaga pantai dan petugas kesehatan yang sudah terlatih saat harus menangani kondisi darurat.

Imperial Beach, Amerika Serikat

Imperial Beach, Amerika Serikat
Imperial Beach, Amerika Serikat via californiathroughmylens.com

California adalah negara bagian Amerika Serikat yang terletak di sisi barat negara tersebut. Di negara bagian inilah, terdapat kota Los Angeles yang terkenal itu. Dan karena wilayah California berbatasan dengan Samudera Pasifik, California pun memiliki pantainya sendiri.

Pantai Imperial Beach adalah contoh dari pantai yang terletak di kota Imperial Beach, California. Pantai ini hanya berjarak 10 km dari perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko.

Karena Imperial Beach memiliki ombak yang konsisten, pantai Imperial Beach pun kerap dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berselancar. Selain wisatawan, pantai ini juga populer di kalangan nelayan lokal.

Namun Pantai Imperial Beach juga menyimpan bahaya terselubung bagi pengunjungnya. Ironisnua, bahaya yang dikandung oleh Pantai Imperial Beach merupakan hasil ulah manusia yang justru bermukim di luar Amerika Serikat.

Sudah dijelaskan sebelumnya kalau Imperial Beach berjarak tidak jauh dari wilayah Meksiko. Tepat di dekat perbatasan, terdapat kota Meksiko yang bernama Tijuana.

Di Tijuana, terdapat pabrik pengolahan air yang menerima limbah industri dan rumah tangga dari seantero kota Tijuana. Sahabat anehdidunia.com saat jumlah penduduk Tijuana semakin bertambah, pabrik tersebut srmakin kewalahan menangani air limbah yang berdatangan.

Sebagai solusi darurat, limbah air yang tidak sempat diolah lalu dibuang begitu saja ke Samudera Pasifik. Air yang sudah bercampur limbah tersebut kemudian ada yang terbawa arus ke sebelah utara hingga mencapai Imperial Beach.

Masuknya polusi tesebut menyebabkan kawasan pantai Imperial Beach tidak lagi aman untuk dipakai untuk berenang. Pemerintah lokal tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasi masalah pencemaran ini karena sumber utama polusinya datang dari luar negeri.

Parangtritis, Indonesia

Parangtritis, Indonesia
Parangtritis, Indonesia via mytrip123.com

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia pun memiliki banyak pantai yang indah dan cocok dijadikan tempat wisata. Pantai Parangtritis yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah satu dari sekian banyak pantai tersebut.

Pantai Parangtritis terletak di sis selatan Pulau Jawa. Berkat pemandangannya yang indah dan jalur aksesnya yang mudah, pantai ini pun ramai dikunjungi oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Hamparan air laut dan deburan ombak Pantai Paeangtritis yang lembut menyebabkan perairan pantai ini begitu menggoda untuk dipakai berenang. Namun jangan sekali-sekali terpancing untuk melakukannya. Pasalnya mereka yang nekat berenang terlalu jauh di Parangtritis bisa hanyut terseret ombak.

Parangtritis memiliki dasar laut yang curam dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Sebagai akibatnya, ombak besar bisa muncul sewaktu-waktu dan menghanyutkan mereka yang lengah. Sudah banyak kasus orang yang meninggal akibat terseret ombak Parangtritis.

Okuma, Jepang

Okuma, Jepang
Okuma, Jepang via mice.okinawastory.jp

Seperti halnya Indonesia, wilayah Jepang juga berbentuk kepulauan. Dampaknya, Jepang pun memiliki banyak pantai yang kerap dikunjungi oleh wisatawan, khususnya saat musim panas tiba.

Pantai Okuma adalah contoh dari pantai tersebut. Awalnya pantai yang terletak di pantai timur Pulau Honshu ini merupakan pantai yang ramai disinggahi oleh wisatawan dan nelayan.

Namun situasi tersebut seketika berubah menyusul terjadinya salah satu bencana alam terdahsyat dalam sejarah Jepang. Pada bulan Maret 2011, Jepang diguncang oleh bencana gempa dan tsunami.

Gempa tersebut juga merusak reaktor nuklir Fukushima yang lokasinya berada tepat di belakang Pantai Okuma. Akibat rusaknya reaktor, zat radioaktif yang ada di dalamnya bocor keluar dan terbawa angin.

Kawasan Fukushima dan sekitarnya pun sejak itu menjadi kawasan berbahaya yang tidak boleh dimasuki oleh manusia. Pantai Okuma yang dulunya ramai sekarang nampak sepi. Dan karena zat radioaktif sulit untuk dibersihkan, situasi ini nampaknya tetap tidak akan berubah hingga berpuluh-puluh tahun kemudian.


Sumber :
https://listverse.com/2022/04/22/the-worlds-10-most-dangerous-beaches/
https://en.wikipedia.org/wiki/Parangtritis