iklan

Buaya Terbesar Di Dunia

Posted by Aneh Unik


Berbicara tentang buaya mungkin persepsi kita dibawa pada sesuatu yang lain, mungkin sedikit kearah negatif. yang kita bicarakan disini adalah buaya beneran bukan "buaya" yang dibicarakan di tivi akhir akhir ini, yang banyak mempunyai simpanan lho:) well sahabat anehdidunia.com selama ini buaya terbesar dan terpanjang di dunia adalah buaya yang ditangkap di Australia beberapa tahun lalu dengan panjang 5,48 meter. Tampaknya, rekor tersebut sudah pecah karena di Filipina ada buaya sepanjang 6,4 meter! Juru bicara Guinness World Records mengonfirmasi bahwa buaya Filipina ini merupakan buaya paling besar yang pernah ditemukan.

Dilansir Sky, buaya dengan bobot lebih dari satu ton itu ditangkap karena sejumlah serangan mematikan di daerah terpencil di Filipina bagian selatan. Hewan itu akhirnya dapat diringkus di kota Bunawan. Tampaknya, buaya yang dinamakan Lolong itu akan menjadi daya tarik baru untuk taman ekoturisme dan pusat penelitian di pinggiran kota. Selain itu, berita mengenai penangkapan buaya itu telah menarik rasa penasaran ribuan wisatawan


Kota Bunawan bahkan telah meraih hingga 45 ribu poundsterling dari biaya tiket masuk di taman. Uang itu digunakan sebagai pemberikan pakan serta perawatan buaya tersebut. Walikota, Edwin Cox Elorde mengatakan bahwa ada kekhawatiran bahwa buaya raksasa yang lain juga kemungkinan masih tersembunyi di tanah rawa. "Kami sangat bangga karena membuktikan keanekaragaman hayati yang kaya di tempat kami. Tetapi di waktu yang sama, ada ketakutan bahwa Lolong mungkin tidak sendiri," tuturnya.

Buaya itu ditangkap dengan perangkap kabel baja, dilakukan oleh warga yang berburu selama tiga minggu setelah seorang anak kecil terbunuh pada 2009 dan seorang nelayan hilang. Sekira 100 orang yang dipimpin oleh Elorde, menarik buaya itu dari sungai menggunakan tali dan kemudian diangkat dengan derek ke dalam truk. Wikipedia menerangkan, buaya adalah reptil bertubuh besar yang hidup di air. Secara ilmiah, buaya meliputi seluruh spesies anggota suku Crocodylidae, termasuk pula buaya ikan (Tomistoma schlegelii).


Buaya umumnya menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya, namun ada pula yang hidup di air payau seperti buaya muara. Makanan utama buaya adalah hewan-hewan bertulang belakang seperti bangsa ikan, reptil dan mamalia, kadang-kadang juga memangsa moluska dan krustasea bergantung pada spesiesnya.


sumber:http://argakencana.blogspot.com/2012/07/buaya-terbesar-ternyata-ada-di-filipina.html

Baca Ini Juga:

iklan
iklan