Foto Aneh Unik

Peringatan Bahaya Merokok Dengan Gambar

31 Jul 2014

Membeli rokok akhir akhir ini akan terdapat gambar mengerikan dalam bungkus rokok tersebut. Hal ini diberlakukan karena nasehatnya untuk berhenti merokok atau larangan merokok di suarakan melalui gambar penyakit yang menyeramkan. Berlakunya Peringatan bahaya merokok dengan foto mengerikan ini sejak 24 juni 2014 yang sesuai dengan PP 109/2012 dan Permenkes No.28. Tidak hanya produk lokal yang mewajibkan gambar seram ini, produk luar pun berkewajiban untuk mengikuti peraturan ini.


Apabila ada pabrik rokok yang tidak mengikuti peraturan ini akan dikenakan sanksi lima tahun penjara atau membayar denda Rp 500 juta bagi pihak yang secara sengaja tidak mencantumkan peringatan tersebut. Bagaimana dengan rokok yang sudah beredar? Mereka akan menarik rokok yang sudah beredar dimana diberi waktu 2-3 bulan, jika tidak ditarik, akan diberikan sanksi.

Penelitian akan Gambar Mengerikan Di Bungkus Rokok
Peringatan tertulis yang memuat sederetan gangguan kesehatan akibat rokok ini terbukti tidak efektif disamping sulit dibayangkan wujud penyakitnya, pesan tidak pernah diganti tidak membuat perokok percaya akan bahayanya. Ini terbukti dengan terus meningkatnya jumlah perokok. Perokok remaja 15-19 tahun naik 150% selama tahun 2001-2007 sementara perokok pemula usia 10-14 tahun naik hampir 2 kali lipat selama periode yang sama.

Penelitian di banyak negara menunjukkan bahwa peringatan kesehatan berbentuk gambar lebih efektif meningkatkan pemahaman tentang resiko merokok merokok daripada bentuk tulisan. Di Singapura, 1 dari 6 perokok mengaku mereka tidak lagi merokok di depan anak-anak, sementara di Thailand, lebih dari 50% mengatakan peringatan kesehatan bentuk gambar membuat mereka berpikir tentang resiko kesehatan.

Bungkus rokok bertujuan menciptakan keinginan membeli dan mencoba, pemerintah punya tanggung jawab mengedukasi masyarakat tentang dampak merokok bagi kesehatan. Dengan terbatasnya sumber daya pemerintah untuk menjangkau masyarakat sampai ke pelosok-pelosok termasuk yang buta huruf dan remaja yang tidak mendapatkan pengetahuan cukup tentang bahaya merokok peringatan kesehatan bentuk gambar akan meningkatkan pemahaman sehingga masyarakat dapat mengambil keputusan yang lebih bertanggung jawab, proporsi gambar terbesar di dunia adalah 80% luas bungkus rokok di bagian depan dan belakang.

Gambar berfungsi mencegah perokok pemula mencoba pertama kali merokok. Gambar efektif mengurangi jumlah perokok. Agar efektif, peringtan kesehatan pada kemasan rokok hendaknya jelas, mudah dilihat, relevan dan mudah diingat. Praktek terbaik di berbagai negara mensyaratkan:
Peringatan kesehatan dibungkus rokok dalam bentuk gambar.
  • Berwarna, dengan pesan tunggal.
  • Luasnya 50% dari permukaan bagian depan dan belakang bungkus rokok.
  • Ditempatkan pada bagian atas bungkus rokok.
  • Tidak tertutup selubung atau terhalang apapun.
  • Diganti secara periodik.
Mengapa Perlu Peringatan Kesehatan?
Salah satu argumen tentang konsumsi rokok adalah bahwa perokok sendiri yang membuat keputusan untuk membeli rokok berdasarkan pengetahuan yang cukup tentang produk yang dibelinya. Argumen ini didasarkan pada teori ekonomi tentang kedaulatan konsumen yang mengatakan bahwa konsumen sendirilah yang berhak menentukan bagaimana membelanjakan uangnya dengan dasar pengetahuan yang cukup tentang biaya dan manfaat dari pembelian produk tersebut dan konsumen sendiri akan menanggung beban biaya akibat pembeliannya.

Kedua asumsi itu tidak berlaku bagi konsumen produk termbakau karena calon perokok tida sepenuhnya sadar bahwa produk yang dibelinya akan menjeratnya seumur hidup karena bersifat adiktif, beresiko terkena penyakit dan kematian dini, serta memberikan beban ekonomi dan kesehatan langsung atau tidk pada orang lain.

Pemerintah berkewajiban untuk melindungi remaja dan masyarakat umumnya dengan memberikan informasi yang jelas dan benar tentang dampak konsumsi produk tembakau. Sarana informasi yang memiliki akses luas menjangkau seluruh lapisan masyarakat adalah peringatan kesehatan di bungkus rokok yang dipersayaratkan bagi produk tembakau untuk mencantumkannya.

Mengapa Perlu peringatan Kesehatan Berbentuk Gambar?
  • Pemberian informasi dan edukasi bagi masyarakat dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran.
  • Efektifitas pesan peringatan kesehatan berbentuk tulisan di bungkus rokok yang beredar di pasaran Indonesia telah dievaluasi melalui studi yang dilakukan PPK, UI tahun 2007.
  • Hasilnya menunjukkan bahwa lebih 90% responden pernah membaca peringatan kesehatan bentuk tulisan di rokok, masing-masing 97% perokok dan 83% bukan perokok. 43% tidak percaya karena merasa tidak terbukti, 26% tidak termotivasi berhenti merokok dan 20% mengatakan tulisannya terlalu kecil dan tidak terbaca. Dari studi ditemukan bahwa 76% responden menginginkan peringatan kesehatan berbentuk gambar dan tulisan, sepertiga jumlah perokok bahkan menginginkan pesan yang spesifik dan menakutkan.
  • Praktek terbaik yang dilakukan di berbagai negara mensyaratkan peringatan kesehatan di bungkus rokok berbentuk gambar dan tulisan. Hanya satu gambar disertai pesan tulisan yang sesuai dengan gambarnya di masing-masing bungkus rokok. Luas gambar minimal adalah 50% dari permukaan depan dan 50% di permukaan belakang, ditempatkan pada bagian atas bungkus rokok, tidak boleh tertutup selubung dan diganti secara periodik. Pada setiap seri produksi akan dikeluarkan 5 jenis gambar untuk setiap merek dari setiap jenis produk.
Gambar Gambar Mengerikan Pada Bungkus Rokok


Jadi apakah anda akan berhenti merokok sahabat anehdidunia.com? lebih hemat, lebih sehat dan lebih bebas dari ketergantungan. Coba pikirkan masak masak, ketika anda melihat anak kecil mungkin adik atau anak anda merokok, apa yang akan anda katakan? Hey!! mengapa kamu merokok? Tidak Boleh!! begitu? well, artinya kalian menjaga anak tersebut, kalian sayang padanya. Namun apakah anda sayang pada diri anda sendiri dengan merokok?

Share artikel ini melalui twitter atau facebook dengan tombol share di bawah ini ke teman atau saudara yang anda sayangi.


referensi:http://news.detik.com/read/2014/06/20/185432/2614734/10/mulai-24-juni-peringatan-bahaya-rokok-di-bungkus-rokok-diganti-gambar-ngeri/http://news.detik.com/read/2014/06/23/151936/2616522/10/gambar-ngeri-di-rokok-wajib-berlaku-mulai-besok-yang-tak-ada-gambar-akan-ditarik/http://www.kaskus.co.id/thread/53a9af14a3cb1726268b45ea/gambar-gak-ngeri-di-rokok-berlaku-hari-ini-bonus-pic-hot/1/http://mrfadlyz.blogspot.com/2014/06/peringatan-bahaya-merokok.html/http://isnuansa.com/urgent-peringatan-kesehatan-berbentuk-gambar-pada-rokok/

Related Article

Paling Aneh