Berita Aneh Unik

Tanah Longsor Terbesar Di Dunia

14 Dec 2014

Musim hujan sangat membahayakan tanah dengan kondisi  yang tidak labil dan mengundang terjadinya Tanah Longsor. Penyebab musibah alam ini sangat banyak antara lain hujan, lereng yang terjal, batuan yang tidak kuat, pengikisan, getaran dan lain lain. Banyaknya kejadian musibah alam yang mengerikan ini membuat kami bertanya tanya seperti apakah Tanah longsor Paling Besar di dunia ini? Namun tidak gampang bagi kami untuk menemukan Tanah ambruk yang diukur paling besar karena terjadi pada saat dulu kala. Berikut kami jelaskan satu persatu.


Tanah Longsor Markagunt


Para ahli geolog telah mengetahui bagian yang lebih kecil dari longsor Markagunt sebelum pemetaan terbaru yang menjelaskan tingkat kerusakan sangat besar. Mereka berjalan kaki melalui area hutan belantara di taman hutan nasional Dixie, mengidentifikasi ciri-ciri yang menunjukkan bahwa longsor Markagunt jauh lebih besar daripada analisis sebelumnya.  Peristiwa tanah longsor terjadi di daerah yang sekarang dikenal sebagai Bryce Canyon National Park dan kota Beaver, Utah. Diperkirakan mencakup wilayah sekitar 1300 mil persegi, setara dengan gabungan wilayah Cuyahoga, Portage dan Summit.

Markagunt menyamai bencana tanah longsor yang terjadi di Heart Mountain sekitar 50 juta tahun yang lalu dibarat laut Wyoming. Sahabat anehdidunia.com bukti ini ditemukan pada tahun 1940 dan diterbitkan dalam artikel klasik berupa buku teks geologi. Markagunt jauh lebih besar dari pada longsor Heart Mountain setelah semua bukti dipetakan secara lebih rinci. Bencana longsor  vulkanik berskala besar seperti ini jarang terjadi, tetapi merupakan yang terbesar yang pernah tercatat sepanjang sejarah. Bencana tanah longsor terbesar melanda sepanjang lebih dari 55 mil, analisis ini membuktikan bahwa kecepatan gerak sangat besar. Bencana tanah longsor diperkirakan terjadi hanya dalam beberapa menit, termasuk adanya pseudotachylytes, yaitu batu yang meleleh karena gesekan besar.

Umumnya hewan liar akan berkumpul, tanda-tanda ini mengisyaratkan akan terjadi longsor. Tetapi sifat internal longsor yang muncul ke permukaan membuktikan fakta berbeda, seperti patahan batu, area yang terpotong bersama dengan pseudotachylytes. Menurut Hacker, peristiwa bencana geologis berasal dari medan vulkanik yang terdiri dari beberapa strato gunung berapi, jenis ini mirip dengan gunung St Helen di pegunungan Caacade. Gunung ini meletus pada tahun 1980 dan menyebabkan bencana tanah longsor besar. 

Tanah Longsor Saidmarreh


Tanah longsor terbesar sepanjang sejarah terjadi pada masa pra sejarah. Tanah longsor pra sejarah ini sendiri berhasil diidentifikasi pada tahun 1938 oleh Harrison and Falcon dan diterbitkan di Journal of Geology. Tanah longsor itu terjadi di barat daya Iran dan dikenal dengan nama Saidmarreh landslide. Tanah longsor tersebut diperkirakan memiliki volume sekitar 20 km3, dengan kedalaman sekitar 300 m, dan menempuh jarak sejauh 14 km dengan lebar 5 km. Itu berarti, sekitar 50 milyar ton tanah dan bebatuan bergerak sekaligus.

Tanah Longsor Heart Mountain


Tanah longsor yang terjadi sekitar 50 tahun yang lalu ini terjadi di wyoming. Bukti bukti yang ada masih tersamarkan oleh erosi, pelapukan dan aktivitas gunung merapi sehingga menyulitkan para peneliti untuk mengukur besarnya tanah longsor tersebut. Tanah Longsor Heart Mountain ini terjadi ketika sepotong besar bongkahan batu kira kira 1600 kaki dan lebih dari 400 mil persegi meluncur menuruni lereng gunung. Dan sekarang menjadi serpijhan serpihan kecil dan sebagian telah terkubur oleh material Vulkanik.

Tanah Longsor Southeastern Alaska

 
Para ilmuwan telah mengkonfirmasi bahwa longsor besar terjadi di Alaska bagian tenggara pada tanggal 16 Februari 2014. Perkiraan awal menunjukkan tanah longsor di sisi-sisi gunung La Perouse melibatkan 68 juta metrik ton (75 juta ton )  material, yang berpotensi membuat longsor terbesar alami yang dikenal di bumi sejak tahun 2010.

Puing-puing longsoran muncul berwarna cokelat muda dibandingkan dengan yang tertutup salju sekitarnya. Sedimen meluncur ke arah tenggara, yang membentang di 7,4 kilometer (4,6 mil) dan pencampuran dengan es dan salju dalam proses. Sahabat anehdidunia.com longsor ini dipicu oleh runtuhnya gunung vertikal di ketinggian 2.800 meter (9.200 kaki), menurut Colin Stark, seorang ahli geofisika di Lamont-Doherty Earth Observatory di Columbia University.

Stark pertama kali menyadari bahwa tanah longsor mungkin terjadi ketika alat deteksi cepat yang menyaring melalui data yang dikumpulkan oleh jaringan pemantauan gempa global yang mengambil sinyal indikasi peristiwa yang cukup signifikan. Sensor gempa mendeteksi gelombang seismik -vibrations yang memancarkan melalui kerak bumi karena gerakan tiba-tiba batu, es, magma, atau puing-puing.

Sahabat anehdidunia.com sepertinya sangat mengerikan jika kembali terjadi tanah longsor besar seperti ini. Mungkin dengan artikel ini kembali kita diingatkan untuk tidak Raksu menghabiskan kekayaan alam dan kembali menanamkan pohon untuk mencegah musibah ini.

referensi:http://www.isains.com/2014/11/bencana-tanah-longsor-terbesar-terjadi.html/https://id-id.facebook.com/BukanSekedarBeritaDanCerita/posts/603021166386921/http://geology.com/records/largest-landslide.shtml/

Related Article

Paling Aneh