Berita Aneh Unik

Novel Yang Benar Benar Terjadi Di Dunia Nyata

22 Mar 2015

Sebuah cerita yang ditulis di sebuah novel biasanya adalah hasil karya dari imajinasi pengarangnya. Sudah banyak karya karya novel kelas dunia yang berhasil membuat para pembacanya seakan akan masuk dalam dunia tersebut. Bagaimana jika novel novel itu dikarang oleh orang jaman dulu yang disaat itu belum mengenal teknologi seperti yang ada di imajinasinya dan benar benar terjadi disaat sekarang. Sahabat anehdidunia.com dibawah ini adalah karya novel jaman dulu yang benar benar terjadi di dunia nyata.


Novel Looking Backward


Edward Bellamy menulis novel best-seller terbaiknya berjudul Looking Backward tahun 1888. Dalam novel ini, sang tokoh utama hidup di tahun 1887 dan tertidur. Pada saat terbangun, dia telah ada di tahun 2000. Di masa itu, kehidupan masyarakat telah berubah, di mana mereka menggunakan kartu untuk membeli produk dan jasa. 

Selain itu, digambarkan pula kalau di masa itu telah ada tempat belanja besar yang disebut dengan "shopping mall" dan sistem jual-beli telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Dan seperti yang Anda ketahui, di masa kini penggunaan kartu kredit, mal-mal, dan online-shopping sudah menjadi hal umum di masyarakat kita.

Novel The Wreck Of The Titan 


Novel legendaris ini ditulis oleh Morgan Robertson pada tahun 1898. Dalam novel - yang juga dikenal dengan nama Futility - ini, dikisahkan tentang perjalanan sebuah kapal pesiar bernama Titan yang menabrak gunung es di tengah lautan dan tenggelam.

Secara mengejutkan, pada tahun 1912, kapal pesiar RMS Titanic juga mengalami hal yang sama seperti yang ditulis dalam novel itu. Bukan hanya kebetulan mirip dalam nama dan kejadian, namun juga beberapa hal lain yang terbilang nyaris identik, seperti :
  • Ukuran. RMS Titanic berukuran 882 feet dengan berat 53,000 ton. Sedangkan Titan berukuran 800 feet dengan berat 75,000 ton.
  • RMS Titanic membawa hanya 16 perahu penyelamat dan 4 perahu karet. Sedangkan Titan membawa "kurang dari 24 perahu penyelamat". 
  • Lokasi tabrakan antara RMS Titanic dan Kapal Titan sama, yaitu 740 km dari Newfoundland.
  • Jumlah penumpang di dalam RMS Titanic adalah 22,000 orang dan setengah diantaranya tewas. Sedangkan jumlah penumpang di Titan adalah 25,000 orang dan setengah diantaranya tewas.
Novel The Narrative Of Arthur Gordon Pym Of Nanctuket


Novel karya Edgar Allan Poe ini adalah satu-satunya karya novel Edgar Allan Poe yang berhasil diselesaikannya. Dirilis tahun 1838, novel ini menjadi salah satu karya klasir Allan Poe yang disukai oleh para penggemarnya. Salah satu karakter dalam novel tersebut bernama Richard Parker. Dalam novel tersebut, dikisahkan bahwa kapal yang ditumpangi Parker mengalami kerusuhan akibat pemberontakan yang dilakukan oleh para awak kapal terhadap pemimpin mereka. Richard dan tiga orang awak kapal kabur dengan menaiki perahu. 

Terombang-ambing di laut dan tanpa makanan, guna mempertahankan hidup, mereka kemudian memutuskan untuk mengundi. Yang kalah harus mengorbankan diri dimakan oleh teman-temannya. Parker kalah dalam undian dan tewas dibunuh dan dimakan para awak kapal tersebut.

Tahun 1884, kapal Mignolette berangkat dari Southampton, Inggris menuju Australia. Di tengah jalan, kapal tersebut karam. Sahabat anehdidunia.com hanya 4 orang yang selamat dan terombang-ambing di atas perahu. Salah satu orang yang selamat adalah seorang remaja 17 tahun bernama Richard Parker. Ketika kehabisan makanan, orang-orang yang selamat itu kemudian membunuh Parker lalu memakannya.

Novel Ralph 124C 41+ 


Novel unik karya Hugo Gernsback ini diakui banyak orang sebagai novel fiksi ilmiah paling akurat yang berhasil meramalkan apa yang akan terjadi di masa depan. Novel yang awalnya terbit sebagai cerpen di majalah Modern Electric pada tahun 1911 ini mengisahkan tentang seseorang yang hidup di masa depan yang sangat canggih di mana televisi menggunakan teknologi remote-control, film bersuara, makanan sintetik (buatan), pakaian dari bahan sintetik, radio, pesawat ulang-alik, dan lain-lain. Dan seperti yang Anda ketahui, apa yang ditulis di novel itu, kini semuanya telah menjadi kenyataan.

Novel From The Earth To The Moon


Tahun 1865, Jules Verne menulis karya fiksinya berjudul From the Earth To The Moon. Dalam bukunya tersebut, dikisahkan tentang Pemerintah Amerika Serikat yang melakukan misi perjalanan ke bulan dengan pesawat antariksa. Uniknya, apa yang ditulis Jules Verne tersebut ternyata secara akurat menggambatkan misi ke bulan yang pertama kali dilakukan NASA di tahun 1969. Ada pun kemiripan yang ada antara novel dan misi NASA tersebut adalah :
  • Dalam novel, Jules Verne menulis nama pesawat antariksa yang digunakan adalah "Columbiad". Sedangkan pesawat antariksa NASA yang diluncurkan pertama kali ke bulan pada tanggal 16 Juli 1969 adalah "Columbia". 
  • Bentuk dan ukuran pesawat antariksa Columbiad dan Columbia sama persis.
  • Pesawat Columbiad dan Columbia sama-sama hanya bisa diisi 3 orang awak.
  • Saat kembali ke bumi, baik Columbiad dan Columbia mendarat di Lautan Pasifik.
Novel The World Set Free 


Tahun 1914, H.G. Wells merilis novelnya berjudul The World Set Free. Novel ini mengisahkan tentang kejadian di masa depan, di mana akan adanya penggunaan senjata nuklir dan juga efek berbahaya dari senjata tersebut.

Tahun 1932, ilmuan Leo Szilard menemukan reaksi berantai neutron yang dapat menghasilkan energi yang sangat besar. Temuan ini dipatenkannya dengan nama "Nuklir" pada tahun 1934. Dan setelah itu, senjata nuklir pun tercipta.

Akankah novel novel yang ditulis sekarang akan menjadi kenyataan di masa yang akan datang? kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi. Semoga karya novel yang benar benar terjadi di dunia nyata ini memberi anda gambaran bahwa operbuatan anda dimasa sekarang akan terasa di masa yang akan datang. Selalu berbuat yang terbaik.

referensi:
http://www.huffingtonpost.com/2013/10/18/sci-fi-books-future_n_4117268.html
http://extreme-facts2.blogspot.com/2014/05/8-karya-fiksi-yang-meramalkan-kejadian.html

Related Article

Paling Aneh