Motivasi

Penyakit Yang Sakitnya Nyeri Luar Biasa

25 May 2015

Sahabat anehdidunia.com penyakit adalah suatu keadaan abnormal atau tidak biasa dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan, disfungsi atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhinya. Penyakit di dunia ini sangat banyak dan bermacam macam nama dan gejalanya. Dari yang bisa di abaikan hingga sakitnya yang tidak ketulungan atau rasanya sakit banget. Sahabat anehdidunia.com berikut ini adalah penyakit yang sakitnya sangat nyeri luar biasa.


Endometriosis Atau Kelainan Reproduksi Wanita


Endometriosis merupakan salah satu kelainan yang menyerang sistem reproduksi wanita. Penyakit ini muncul ketika jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Walau umumnya tidak tergolong mematikan, penyakit jangka panjang (kronis) ini dapat menyebabkan gejala yang sangat mengganggu aktivitas. Gejala endometriosis yang paling sering terasa adalah sakit yang luar biasa saat menstruasi.

Selain itu, penderita juga bisa mengalami pendarahan yang berlebihan saat menstruasi dan rasa sakit saat buang air besar serta kecil. Gejala-gejala endometriosis umumnya terasa paling parah sebelum dan selama siklus menstruasi berlangsung. Dampak endometriosis berbeda-beda pada tiap wanita. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk tidak meremehkan rasa sakit yang melebihi biasanya pada saat menstruasi dan memeriksakan diri ke dokter.

Gastroenteritis atau Diare


Berita unik - Gastroenteritis sering disingkat dengan GE. Kasus GE masih menjadi perhatian karena sering menyebabkan kematian terutama pada bayi dan anak-anak, golongan lanjut usia, serta orang yang memiliki masalah dengan daya tahan tubuh rendah. Lebih banyak kematian terjadi di negara yang sedang berkembang dengan tingkat kebersihan yang rendah. Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia (Depkes RI), WHO menyebutkan angka kematian karena diare di Indonesia sudah menurun, tapi angka penderitanya tetap tinggi, terutama di negara berkembang. Kasus rawat inap karena diare pun masih menempati urutan atas di setiap rumah sakit di Indonesia pada tahun 2008.

Penyakit yang melibatkan saluran cerna ini umumnya memunculkan gejala mual, muntah, buang air besar yang encer atau mencret beberapa kali/diare, kadang demam ringan atau meriang, dan yang lebih jarang yaitu kejang perut. Dari kondisi kekurangan cairan atau dehidrasinya, penderita bisa disebut termasuk diare tanpa dehidrasi, diare dehidrasi ringan/sedang, atau diare dehidrasi berat.

Abses Gigi


Abses gigi adalah sekumpulan nanah yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada bagian dalam gigi. Kondisi ini biasanya muncul sebagai akibat dari rongga gigi tidak diobati, adanya retakan atau serpihan pada gigi anda yang memungkinkan bakteri masuk ke dalam gigi bagian dalam. Pengobatan untuk abses gigi biasanya dilakukan dengan menguras abses dan membersihkan daerah infeksi. Gigi yang terinfeksi juga dapat diselamatkan dengan perawatan saluran akar, tetapi dalam beberapa kasus mungkin tetap perlu untuk dicabut. Abses gigi yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius, bahkan mengancam jiwa. Anda dapat mencegah abses gigi dengan melakukan perawatan gigi secara tepat, makan makanan yang sehat dan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur.

Otitis Media Akut Atau OMA


OMA diawali dengan tersumbatnya tuba Eustachius, saluran yang menghubungkan rongga telinga tengah dengan hidung-tenggorokan. Tuba Eustachius umumnya tersumbat saat terjadi pembengkakan dinding saluran karena infeksi oleh virus atau alergi. Lendir yang normalnya dapat dialirkan keluar melalui hidung-tenggorokan akan terperangkap di rongga telinga tengah. Selain itu, gas yang diserap oleh dinding telinga tengah menyebabkan tekanan rongga telinga tengah berkurang, sehingga menarik bakteri dari rongga hidung-tenggorokan ke rongga telinga tengah seperti mekanisme vakum.

Bakteri yang terperangkap di rongga telinga tengah tersebut akan berkembang biak dan menyebabkan infeksi. Gejala yang dikategorikan parah adalah nyeri telinga yang sedang atau berat selama 48 jam atau lebih, atau demam 39 C atau lebih. Kadang, gendang telinga dapat pecah karena tekanan cairan di rongga telinga tengah sehingga cairan yang terkumpul di rongga telinga tengah mengalir ke liang telinga. Gejala yang dikategorikan parah adalah nyeri telinga yang sedang atau berat selama 48 jam atau lebih, atau demam 39 C atau lebih. Kadang, gendang telinga dapat pecah karena tekanan cairan di rongga telinga tengah sehingga cairan yang terkumpul di rongga telinga tengah mengalir ke liang telinga.

Peritonitis Atau Radang Selaput Rongga Perut


Peritonitis adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan peradangan pada peritoneum. Peritoneum adalah lapisan tipis dari jaringan yang melapisi organ-organ perut dan terletak di dalam dinding perut. Peradangan ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur pada membran ini. Peritonitis adalah keadaan darurat yang mengancam jiwa karena memerlukan perawatan medis secepatnya. Infeksi menghentikan pergerakan usus yang normal (peristaltik). Tubuh segera mengalami dehidrasi, dan zat-zat kimia penting yang disebut elektrolit dapat menjadi sangat terganggu. Seseorang yang menderita peritonitis dan tidak dirawat dapat meninggal dalam beberapa hari.

Ovarian Dan Testicular Torsion


Torsio Testis adalah kondisi medis yang ditandai dengan terpilinnya  funikulus spermatikus, suatu kumpulan pembuluh darah, saraf dan saluran  yang mengarah ke testis, sehingga terhentinya suplai darah terhadap  testis dan menyebabkan rasa nyeri yang tiba-tiba pada testis. Hal ini  seringkali disertai dengan mual, muntah dan pembengkakan pada testis.  Biasanya kedua testis terkena. Torsio testis seringkali terjadi pada  pria yang berusia antara 10 dan 25 tahun. Hal ini dipertimbangkan  sebagai suatu emergensi medis karena kurangnya suplai darah ke dalam  testis dapat menyebabkan kerusakan menetap apabila tidak ditangani dalam  waktu 6 jam, memerlukan penangangkatan testis dan menyebabkan  infertilitas. Pembedahan biasanya diperlukan untuk memperbaiki funikulus  spermatikus yang terpilin.Sedangkan Torsi ovarium adalah rotasi pedikula vaskuler ovarium sebagian atau lengkap yang menyebabkan obstruksi aliran darah ovarium. Kondisi ini berpotensi menyebabkan nekrosis jaringan ovarium.

Shingles Atau Cacar Ular


Shingles cacar ular juga dikenal sebagai herpes zoster, adalah suatu kondis medis yang ditandai dengan suatu ruam melepuh yang terasa sakit, ditemukan hanya disatu sisi tubuh. Gejala awalnya tidaklah spesifik, juga terjadi demam, kelelahan dan sakit kepala, yang diikuti dengan nyeri, gatal, mati rasa atau oversensitifitas. Dalam 3 hari, muncul gambaran berupa ruam, tetapi hanya terbatas pada daerah dermatom (daerah kulit yang dipenuhi dengan syaraf). Ruam-ruam ini dapat muncul dimana saja, tetapi biasanya ada di tubuh.

Kondisi ini terjadi karena kemunculan kembali varisela (virus cacar air) dari masa tidurnya di dalam saraf; oleh karena itu penderita shingles pasti mempunyai riwayat menderita cacar air sebelumnya. Umumnya, kondisi ini lebih mungkin terjadi pada orang dewasa yang tua yang cenderung menderita gejala yang lebih berat, seperti imunodefisiensi. Komplikasinya antara lain infeksi sekunder dan sakit atau gatal-gatal yang kronis setelah terjadi shingles. Ini adalah suatu kondisi yang menular sehingga seseorang tidak boleh menunda untuk melakukan pengobatan.

Gallbladder Lithiasis Atau Penyakit Batu Empedu


Nyeri perut yang sangat kuat sehingga tidak dapat duduk diam ataupun mencari posisi duduk yang nyaman adalah gejala penyakit batu empedu. Sahabat anehdidunia.com batu empedu adalah gumpalan yang terdiri atas benda padat yang terbentuk di dalam kantong empedu. Kantung empedu adalah organ kecil yang terletak pada sisi kanan perut anda, tepatnya di bawah hati. Kantong empedu mengandung cairan pencernaan yang akan dilepaskan ke usus kecil. Batu empedu memiliki berbagai ukuran  mulai dari yang terkecil hingga terbesar.

Batu empedu dapat terjadi karena terkandung banyaknya kolesterol. Normalnya empedu seseorang yang sehat akan mengandung bahan kimia yang cukup untuk melarutkan kolesterol lalu diekskersikan oleh hati. Tetapi apabila kolesterol yang berlebihan sehingga tidak dapat dilarutkan seluruhnya, maka kolesterol yang berlebihan tersebut akan menjadi kristal dan pada akhirnya menjadi batu empedu.

Cluster Headache


Sakit kepala cluster adalah satu dari tipe sakit kepala yang paling menyakitkan. Ciri yang mencolok dari sakit kepala cluster adalah sakit kepala ini terjadi dalam siklus atau rangkaian apapun nama kondisi tersebut. Pertarungan pada frekuensi serangan sakit kepala disebut periode cluster dari yang mingguan ke bulanan, biasanya terdiri dari periode ketika serangan sakit kepala berhenti. 

Pola dari satu orang ke orang lain bervariasi, tapi banyak orang memiliki satu atau dua periode cluster setahun. Pada saat periode berhenti, tidak akan ada rasa sakit di kepala untuk sebulan, dan terkadang setahun. Beruntungnya, sakit kepala cluster adalah hal yang langka dan tidak mengancam nyawa. Pengobatan dapat membantu membuat lamanya serangan menjadi lebih pendek dan sakit yang lebih sedikit. Sebagai tambahan, pencegahan secara medis dapat membantu mengurangi sakit kepala.

Nefrolitiasis Atau Batu Ginjal


Batu ginjal atau bisa disebut nefrolitiasis adalah suatu penyakit yang terjadi pada saluran perkemihan karena terjadi pembentukan batu di dalam ginjal, yang terbanyak pada bagian pelvis ginjal yang menyebabkan gangguan pada saluran dan proses perkemihan. Gejala sakit yang dirasakan adalah nyeri yang parah pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul lalu menyebar ke bagian bawah tubuh dan pangkal paha dan nyeri pada saat buang air kecil.

Apapun nama penyakit yang ada di muka bumi ini, kami selalu berdoa agar semua pengunjung blog tercinta anehdidunia.com selalu jauh dari penyakit penyakit mengerikan. Semoga kita semua sehat selalu dan bahagia selamanya. Untuk itu marilah mulai dari sekarang giatkan kesadaran kita akan pentingnya sebuah arti kesehatan dan kebersihan.

Baca juga Ritual Kawin Mengerikan Di Dunia Hewan 

referensi:
http://listverse.com/2012/10/27/top-10-painful-illnesses/
http://www.alodokter.com/endometriosis/
http://www.kerjanya.net/faq/6530-gastroenteritis.html
http://www.dokterdigital.com/id/penyakit/5_abses-gigi.html
http://milissehat.web.id/?p=2680
http://www.persify.com/id/perspectives/medical-conditions-diseases/peritonitis-_-951000103799
http://www.persify.com/id/perspectives/medical-conditions-diseases/torsio-testis-_-9510001031672
http://penyakitbatuempedu.com/
https://norma07dp.wordpress.com/2012/06/20/apa-sih-cluster-headaches-sakit-kepala-cluster-itu/

Related Article

Paling Aneh