Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hari Peringatan Unik Di Beberapa Negara

Hari raya yang kita kenal adalah hari untuk memperingati sesuatu atau peristiwa yang penting  yang bertujuan untuk menaikan kesadaran manusia akan sesuatu yang penting misalnya bahya penyakit AIDS atau pemanasan global di dunia dll. Sahabat anehdidunia.com ternyata tidak semua hari raya itu berkaitan dengan hari bersejarah. Beberapa hari raya yang tergolong aneh dan unik ini mempunyai makna filosofis tertentu. Berikut hari raya paling aneh dan unik diperingati di beberapa negara versi anehdidunia.com.

Hari Mencium Internasional


Sahabat anehdidunia.com sebelumnya tanggal 6 Juli dikenal sebagai Hari Mencium Nasional di Inggris. Tetapi sekarang hari tersebut diadaptasi menjadi hari raya internasional. Setiap 6 Juli orang disarankan untuk memberikan ciuman bagi orang-orang terdekat. Jika Anda mau, mencium orang yang Anda temui di jalan pun boleh. Hari raya ini diciptakan untuk mengingatkan kita semua akan kebahagiaan sederhana yang bisa dibawa oleh satu ciuman manis. Bagaimanapun ciuman memang suatu bentuk ekspresi cinta dan kasih sayang yang paling universal.

Blue Mondey Inggris


Setiap hari Senin ketiga dalam bulan Januari, warga Inggris memperingati hari Blue Monday. Blue Monday bertujuan untuk memperingati awal kesibukan di bulan Januari. Sesuai namanya, blue monday berarti hari senin yang menyebalkan. Ini merujuk pada keengganan para siswa dan karyawan untuk menjalani rutinitas kembali setelah libur panjang akhir tahun. Pada perayaan blue monday warga diharapkan untuk berbuat baik kepada sesama agar setiap orang bisa saling 'menceriakan' hari satu sama lain. Dengan begitu Senin pertama di bulan Januari akan menjadi hari pertama dari rentetan kesibukan yang diawali dengan hal menyenangkan. Konsepnya cukup bagus, ya?

Hari Pembuahan Nasional


Negara bersuhu dingin ini ternyata mengalami masalah kependudukan berupa kurangnya tingkat kelahiran di antara warga masyarakat. Kalau negara kita menggalakkan Keluarga Berencana, Rusia justru gencar mengkampanyekan keluarga besar. Pasalnya jumlah balita dan anak-anak di negara itu cukup rendah. Untuk menyukseskan rencana penambahan penduduk ini pemerintah Rusia sampai membuat sebuah hari khusus di mana pada hari tersebut warganya diliburkan agar mereka bisa berhubungan seksual dan merencanakan kelahiran anak mereka. Hari libur ini dicetuskan oleh Ivanovich Morozov, seorang gubernur di Ulyanovsk. Hari pembuahan nasional ini kemudian dirayakan setiap tanggal 12 September.

Hari Telanjang Nasional


Kalau yang satu ini, dari namanya saja sudah terdengar konyol. Hari raya yang pertama kali muncul di Selandia Baru ini merupakan hari libur non-publik. Pada tanggal ini semua orang dianjurkan untuk merayakan sosok alami mereka di depan umum, dengan kata lain telanjang. Sama seperti konsep hari-hari raya lain yang juga bertema ketelanjangan, inti dari hari raya ini adalah pembebasan diri dan pikiran dari segala aturan dan norma yang biasanya mengungkung.

No Pants Subway Ride Day Amerika Serikat


No Pants Subway Ride adalah hari besar yang berlangsung setiap bulan Januari di Amerika Serikat. Pada hari ini, warga secara sukarela menaiki kereta api tanpa mengenakan celana. Jadi jangan heran jika suatu hari Anda berkunjung ke Amerika Serikat dan banyak penumpang kereta bawah tanah yang berkeliaran dengan atasan lengkap tetapi hanya mengenakan celana dalam. Hari raya unik ini bermula pada tahun 2002, dipelopori oleh 7 orang penumpang kereta api di Kota New York. Entah apa tujuan tindakan mereka tersebut. Yang jelas, pada tahun 2006 jumlah sukarelawan yang mempertontonkan celana dalam di stasiun bertambah hingga menjadi 150 orang. Beberapa orang sampai ditangkap pihak berwajib karena dianggap mengganggu ketertiban umum. Tetapi event tahunan ini bukannya dilarang malah menjadi semakin besar skalanya. Tahun 2013 lalu, setidaknya ada 60 kota yang berpartisipasi dalam kegiatan aneh ini.

Hari peringatan aneh dan unik di beberapa negara ini memang sangat aneh jika kita bayangkan, bahkan jika kita melihatnya secara langsung. Tentu saja beberapa dari hari perayaan aneh ini tidak cocok di negara kita. Semoga dengan berita unik ini, wawasan sahabat anehdidunia.com menjadi bertambah. Tetap semangat!


referensi:
http://www.merdeka.com/gaya/9-hari-raya-aneh-yang-diperingati-setiap-bulan-juli.html
http://www.merdeka.com/gaya/6-hari-raya-aneh-yang-diperingati-di-berbagai-negara.html