Film Aneh Unik

Kisah Penipuan Atau Hoax Terbesar Sepanjang Masa

09 Jun 2015

Hoak atau cerita bohong yang sengaja dibuat dengan alasan mencari keuntungan atau popularitas tidak hanya terjadi di dunia yang sudah modern seperti sekarang, sahabat anehdidunia.com ternyata pemalsuan kisah ini terjadi sudah beratus tahun yang lalu. Tentu saja berita yang tidak benar ini menyebabkan kepanikan massal. Tanpa berpanjang lagi, berikut kisah penipuan atau hoax paling besar di dunia menurut versi anehdidunia.com


Foto Hantu Mumler


Sahabat anehdidunia.com pemburu hantu amatir menawarkan ribuan foto yang ia klaim sebagai hantu. Beberapa diantaranya terlihat seperti bayangan, figur seperti manusia, dan lainnya seperti pantulan cahaya berbentuk bulat. Namun semua jenis foto menyeramkan itu sebenarnya diawali sebuah hoax yang dibuat fotografer cerdas. Di satu sisi seperti dikutip dari berbagai sumber, fenomena orang mengklaim berhasil mengambil gambar arwah merupakan fenomena yang relatif baru. Orang mengetahui dengan pasti siapa orang pertama yang mengklaim berhasil mengambil gambar hantu. Fotografer William H. Mumler pertama menghasilkan 'foto arwah' pada 1861. Ia menciptakan lebih dari lusinan foto hingga dekade berikutnya. Hantu-hantu ini bukanlah bulatan cahaya atau figur bayangan yang sering tertangkap kamera saat ini melainkan gambar orang asli yang tampak samar dan berhantu.

Penulis Photography and Spirit John Harvey mengatakan, "Pada foto Mumler, roh tampak pucat dan memakai baju seperti baju malaikat". Mumler merupakan orang pertama yang menemukan foto semacam ini dan ia yakin, banyak orang memiliki hubungan khusus pada 'dunia lain'. Subyek paling terkenal Mumler adalah janda presiden Amerika Serikat ke-16, Mary Todd Lincoln, yang ia foto bersama pencitraan suaminya berdiri di sebelahnya. Pada kenyataannya, Mumler akhirnya mengaku sebagai pembuat hoax. 'Hantu' yang ia foto hanyalah eksposur ganda dari pelanggan sebelumnya. Meski foto hantu pertama ternyata hanya sekadar hoax, saat ini banyak foto serupa bermunculan. Meski teknologi terus berkembang, fotografis asli membuktikan hantu selalu menjadi obyek yang sukar dipahami.

Surgeon's Photo Foto Monster Loch Ness


Legenda kuno Skotlandia bercerita tentang ular laut raksasa yang hidup di perairan Loch Ness. Pada tahun 1934, Kolonel Robert Wilson, yang sangat terhormat (ahli bedah Inggris), mengatakan bahwa ia melihat sesuatu bergerak di dalam air dan mengambil gambar itu. Gambar yang dihasilkan menunjukkan leher  naik seekor ular keluar dari Loch. Foto kemudian dikenal sebagai "Foto pembedahan" dan selama beberapa dekade itu dianggap fakta nyata ular raksasa

Tidak sampai tahun 1994, sebelum kematiannya, Spurling Kristen (pada usia 90), mengaku ia terlibat dalam komplotan, bersama Wetherell dan Kolonel Wilson, untuk menciptakan foto yang sensasional. Rupanya motif Wetherell adalah balas dendam, karena tahun sebelumnya ia merasa malu ketika jejak kaki raksasa yang ia temukan hanyalah jejak kuda nil .

Otopsi Alien Tabrakan UFO Roswell



Pada tanggal 5 Mei 1995, Ray Santilli, produser film London , menyajikan untuk pertama kalinya tontonan Otopsi Panjang Alien kepada perwakilan media dan peneliti UFO. Tubuh itu dinyatakan adalah tubuh alien yang diambil dari lokasi kecelakaan UFO  Roswell pada tahun 1947. Sahabat anehdidunia.com rekaman video menjadi dikenal dunia seketika itu juga. Sangkaannya apakah yang diotopsi itu adalah tubuh manekin yang sangat nyata, gadis dengan kelainan genetik (seperti progeria atau sindrom Turner), atau benar-benar alien masih menjadi perdebatan.

Patolog juga mempertanyakan teknik-teknik yang digunakan dalam otopsi tersebut. Ironisnya, fakta yang terkuak dari film berasal dari salah satu latar belakang. Di salah satu dinding ruang otopsi, ada sejenis tanda peringatan tidak diproduksi sampai 1967, Dua dekade setelah acara yang disangkakan. Fox TV memproduksi sebuah program video yang membongkar tipuan tersebut beberapa tahun kemudian dan, pada tahun 2006, sebuah film komedi Inggris disebut "Alien Autopsy" dirilis, dan sebagai subjeknya adalah Santilli yang berpura-pura melakukan otopsi

Fenomena Crop Circle



Crop circle atau lingkaran tanaman sudah lama jadi teka-teki. Apakah bentuk aneh itu disebabkan pendaratan piring terbang? Atau cuaca yang aneh? Yang jelas crop circle menjadi salah satu misteri besar pada tahun 1970-an hingga 1980-an. Para ahli ramai-ramai menebak siapa yang bertanggungjawab menciptakan pola rumit tapi teratur itu di ladang-ladang gandum. Belakangan terkuak, crop circle tak lain tak bukan adalah kerjaan orang iseng. Pasangan asal Inggris, Doug Bower dan Dave Chorley akhirnya muncul dan mengaku bertanggung jawab atas serangkaian kemunculan lingkaran tanaman itu. Pasangan itu mengaku mulai membuat crop circle pada tahun 1978, sebagai lelucon, setelah salah satu dari mereka mendengar tentang kemunculan lingkaran tanaman di Tully, Queensland.

Crop circle dibuat menggunakan papan, tali, dan sejumlah peralatan lain. Fenomena crop circle yang tercatat dalam sejarah pertama kali muncul di Inggris pada 1647. Namun Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menepis dugaan keterkaitannya dengan alien. “Crop circle dibuat oleh manusia sebagai lelucon,” jawab ilmuwan senior NASA, David Morrison seperti dimuat laman astrobiology.nasa.gov. Kata Morrison, itu adalah pertanyaan yang mudah dijawab. “Karena pelaku aslinya telah mengaku dan menunjukkan bagaimana mereka melakukannya,” tambah dia.

Buku Agenda Harian Hitler


Pada 22 April 1983, majalah Jerman Der Stern mengumumkan bahwa mereka telah menemukan memorabilia Nazi terbesar sepanjang masa: buku harian yang disimpan oleh Adolf Hitler . Dan ini bukan hanya satu jurnal tipis. Pihak majalah membayar memorabilia tersebut sebesar 10 juta mark Jerman ($ 6 juta pada waktu itu) untuk enam puluh buku-buku kecil juga dua "masalah khusus" tentang 'penerbangan Rudolf Hess ke Inggris , yang selama periode 1932-1945.

Namun, dalam waktu dua minggu, Diary-diary Hitler ditetapkan sebagai "kepalsuan besar" yang dibuat menggunakan kertas dan tinta modern serta penuh ketidak-akuratan sejarah, yang paling jelas terlihatadalah fakta bahwa monogram pada halaman judul adalah ' FH 'dan bukan' AH '(untuk Adolf Hitler). Buku harian ini ternyata ditulis oleh Konrad Kujau, Si pemalsu terkenal karya Hitler, Yang akhirnya dijatuhi hukuman 42 bulan di penjara.

Penampakan Peri


Pada tahun 1917, jauh sebelum Photoshop dan efek canggih dalam film ditemukan, serangkaian foto menunjukkan penampakan peri. Foto-foto itu diambil di Bradford, Inggris oleh dua gadis muda Elsie Wright yang kala itu berusia 16 tahun dan Frances Griffiths yang masih 9 tahun. Gambar-gambar itu jadi ramai jadi perhatian saat penulis terkenal Sir Arthur Conan Doyle, menggunakannya sebagai ilustrasi artikelnya di The Strand Magazine edisi Natal 1920 yang membahas soal peri. Heboh pun terjadi, sejumlah orang percaya gambar itu asli, lainnya skeptis dan menduga itu palsu. Pada tahun 1980-an, salah satu dari 2 gadis tersebut mengaku foto-foto tersebut palsu, peri-peri itu dibuat dari potongan kertas dan dipasang dengan menggunakan jepitan rambut. Meski demikian, ia bersikukuh salah satu gambar asli.

Siaran Radio The War Of The Worlds


Ini mungkin dianggap sebagai hoax paling terkenal di dunia entertainment, di tahun 1938 sebuah stasiun radio menyiarkan versi dari HG Wells, War of the Worlds namun buntutnya adalah histeria massal dan kepanikan bagi para pendengarnya, siaran tersebut dibacakan oleh Orson Welles pada malam Halloween. Kisah ini ditampilkan seolah-olah seperti sebuah laporan berita yang kemudian disela oleh sebuah laporan cuaca, yang menyebabkan banyak orang percaya siaran berita radio tersebut tentang invasi dari Mars ke bumi benar-benar terjadi. Sekitar 6 juta orang mendengarkan acara radio tersebut yang menyebabkan kantor-kantor polisi dibanjiri oleh panggilan bahaya.

Di sebuah kota kecil di Washington siaran tersebut bertepatan dengan kegagalan pada daya pembangkit listrik yang aneh untuk kota tersebut yang menyebabkan orang-orang dikota tersebut mempersenjatai diri mereka dengan senjata dan melarikan diri ke pegunungan. Serangan balasan dari media lainnya atas siaran radio tersebut cukup banyak sebenarnya, dan stasiun radio CBS yang menyiarkan hal yang sebenarnya narasi dari sebuah novel namun dikemas seperti sebuah pembacaan berita, berjanji untuk tidak pernah melakukan lagi hal serupa seperti itu. Namun ketika banyak stasiun radio menyiarkan pemberitaan Pearl Harbour diserang 3 tahun kemudian banyak orang di Amerika pada awalnya tidak mempercayainya dan menganggap itu sebagai sebuah berita tipuan lainnya seperti kisah war of the worlds.


referensi:
http://wahw33d.blogspot.com/2010/02/5-hoax-terbesar-sepanjang-masa.html
http://www.gallerydunia.com/2011/08/foto-hantu-pertama-yang-ternyata-hanya.html
http://yanuarfpratama.blogspot.com/2015/03/10-hoax-yang-menggemparkan-dunia.html
http://biartauaja.com/biartauaja/biartauaja-10-kebohongan-besar-yang-menggegerkan-dunia.html

Related Article

Paling Aneh