Foto Aneh Unik

Lokasi Gerbang Mitologi Menuju Ke Dunia Mistis

21 Jul 2015

Bagi anda sahabat anehdidunia.com yang menyukai kisah mitologi, ini adalah surga bacaan buat anda. Mitos mitos tentang masuk ke dunia lain dan terdapat sebuah gerbang tersembunyi, sangat banyak bertebaran di masyarakat, namun yang paling dipercaya nyata adalah lokasi dibawah ini. Beberapa dari mereka bahkan membuat para ilmuwan terkejyt dengan apa yang mereka temukan di lokasi tersebut. Berikut lokasi gerbang mitologi menuju ke dunia mistis yang dipercaya nyata.


Yomi No Kuni

Sahabat anehdidunia.com Yomi No Kuni adalah dunia akhirat yang termasuk dari bagian mitologi Jepang. Menurut mitos, semua ciptaan adalah produk dari dewa bernama Izanagi dan dewi istrinya, Izanami. Setelah Izanami meninggal saat melahirkan api, suami yang patah hati nya berangkat ke dunia bawah untuk menjemput istrinya.

Suami yang penuh tekad tersebut akhirnya sampai di dunia bawah, tempat yang gelap dan suram di mana jiwa-jiwa dengan tubuh fana mereka dikutuk untuk membusuk selama-lamanya. Izanagi dilarang untuk melihat istrinya sampai mereka mencapai permukaan, tetapi dengan sengaja ia melihat sekilas tubuh istrinya yang ternyata sudah membusuk dan dipenuhi oleh ulat belatung. Marah karena ia berani menatapnya dalam kondisi itu, Izanami mengirim setan menjijikkan untuk mengejarnya kembali ke dunia bawah selamanya, tetapi Izanagi melarikan diri dan menyegel pintu masuk ke Yomi No Kuni dengan batu raksasa. Menanggapi ini, Izanami berjanji untuk mengambil 1.000 nyawa ke neraka setiap hari, dan Izanagi berjanji untuk membuat 1.005 yang baru.

Hari ini, pengunjung ke daerah Matsue Jepang dapat mengunjungi batu yang telah digunakan Izanagi untuk menutup Yomi No Kuni. Yomotsu Hirasaka, nama resmi untuk pintu masuknya, yang diduga terletak di belakang salah satu batu di dekat Iya Shrine. Tidak jelas persis batu mana yang menyembunyikan pintu masuknya, tetapi mungkin ini untuk yang terbaik.

The Lost City of Z



Sebuah kota mitologi yang terletak di belantara Amerika Selatan ini, dikatakan kota yang sangat besar, mempunyai peradaban yang amat sangat maju yang terinspirasi oleh kota-kota Yunani kuno, dan penuh oleh harta karun. Menurut tulisan-tulisan seorang biarawan abad ke 16, kota ini dihuni oleh penduduk asli putih dan prajurit perempuan.

Salah satu orang yang paling terkenal untuk pergi mencari kota ini dan menghilang dalam prosesnya adalah Kolonel Percy Fawcett. Kolonel ini, yang merahasiakan rutenya untuk menjaga penjelajah saingan dari mengalahkan dia ke kota mitos, lenyap di hutan Amazon pada tahun 1925. Ekspedisi dan kehilangannya terselubung misteri, dan tulisan-tulisan samar dan koordinat yang Ia buat disengaja untuk menyesatkan saingannya sehingga tidak ada yang tahu kemana dia pergi. Satu teori yang dipercaya oleh beberapa peneliti adalah bahwa penjelajah terkenal itu tidak benar-benar pergi ke hutan untuk mencari kota yang hilang, tetapi untuk menemukan kota baru yang didasarkan pada putranya, yang menemaninya di perjalanan.

Mungkin teori ini tidak masuk akal, namun satu hal yang tidak terlalu mengada-ada adalah kota itu sendiri. Pencitraan satelit modern telah menangkap apa yang Fawcett cari. Fawcett percaya bahwa pintu masuk ke kota mitos itu ada di suatu tempat di basin Amazon antara Xingu dan Tapajos, dan lebih dari 200 struktur tanah yang membentang sepanjang perbatasan Brasil dan Bolivia tertanggal kembali ke abad 200 A.D, sementara yang lain berasal dari abad ke-13. Pintu masuk ke kota besar dan berkilauan ini tampaknya hanya sedikit lebih jauh daya dari mana Fawcett terakhir terlihat.

Sebelum informasi baru ini ditemukan, ia lama berpikir bahwa hutan Amazon tidak mampu mendukung pertanian luas, apalagi kota raksasa ini. Namun, perkiraan menunjukkan bahwa kota ini pernah menjadi tempat untuk suatu tempat sekitar 60.000 orang. Kota ini tidak hanya terdiri dari bangunan kecil, beberapa monumen mereka bahkan lebih besar dari piramida Mesir.

Sungai Styx

Sebuah sungai mitos yang konon adalah pintu masuk utama ke dunia akhirat Yunani ini mengalir di sekitar wilayah Hades, dan airnya disebut beracun, korosif, serta mematikan. Satu-satunya yang tidak bisa larut adalah perahu dan rakit yang terbuat dari kuku kuda. Menurut rumor, ujung dari sungai ini mengalir di antara dua pilar besar yang dijaga oleh nymph (roh yang mendiami sungai atau hutan, biasanya wanita). Rumor ini dianggap nyata, dan air dari sungai tersebut dikabarkan telah membunuh salah satu pemimpin terbesar dalam sejarah dunia.

Menurut legenda, air dari sungai Styx digunakan untuk sebuah tes kebohongan untuk dewa-dewa yang dipaksa minum oleh dewa Zeus. Jika mereka berbohong, maka mereka akan kehilangan suara dan kemampuan bergerak selama satu tahun. Gejala-gejala menakutkan ini mirip dengan yang diderita oleh Alexander the Great sebelum kematian prematurnya akibat penyakit tak dikenal di jaman 323 S.M. Gejala itu adalah sakit menusuk di organ-organ tubuhnya, demam tinggi, dan kehilangan suara sebelum akhirnya Ia koma.

Gejala-gejala tersebut juga dikabarkan sangat mirip dengan apa yang dialami oleh seseorang yang telah meminum calicheamicin, racun yang dihasilkan oleh bakteri yang ditemukan di batu kapur di sungai Mavroneri, atau Black Water. Sungai ini mengalir dari pegunungan Peloponnesia dan telah lama dianggap sebagai pintu masuk ke Sungai Styx. Bila teori tentang Alexander the Great itu benar, maka Ia tidak meninggal karena malaria seperti yang diduga sebelumnya, tetapi Ia diracun oleh seseorang yang telah mengambil air dari sungai mitos Styx.

Shambhala

Menurut tradisi Buddha, Shambhala adalah sebuah kerajaan yang tersembunyi di mana nilai-nilai Buddha dan tradisi merupakan suatu hal yang terpenting. Alam Utopia juga adalah sebuah rumah dari prajurit Gesar, yang memimpin gerombolan orang benar yang akhirnya akan masuk ke dunia manusia untuk memerangi setan-setan di dunia.

Banyak cerita-cerita tentang penemuan Shambhala telah diterbitkan. Dikatakan bahwa Shambhala dapat dimasuki dari pos-pos yang lama didirikan oleh Alexander the Great, Belukha di Russia, pemukiman Sufi Sarmoun dan kota kuno Balkh di Afghanistan, perbatasan Tibet di Himalaya, dan lembah Sutlej di India. Bahkan Heinrich Himmler yakin bahwa Shambhala adalah rumah bagi ras Arya seperti yang Nazi ingin ciptakan dan telah mengatur tujuh ekspedisi untuk menemukannya.

Memasuki Shambhala mungkin lebih sulit daripada kelihatannya. Menurut Dalai Lama, pintu masuk tidak akan muncul untuk Anda sampai Anda telah mencapai kemurnian sejati setara dengan kota mitos tersebut. Banyak orang percaya bahwa berarti pintu masuk bukanlah sebuah lokasi fisik tetapi keadaan pikiran, yang berarti bahwa semua pintu masuk di atas bisa menjadi nyata. Shambhala mungkin lebih dikenal di dunia Barat sebagai surga fiksi, Shangri-la.

Xibalba

Sahabat anehdidunia.com pada puncak kekuasaannya, Kekaisaran Maya membentang hingga Meksiko dan Amerika Tengah, dan keyakinan orang-orang dalam dunia lain itu sangat kuat. Tempat peristirahatan terakhir mereka yaitu Xibalba, yang hanya bisa dimasuki oleh orang mati dan hanya setelah jiwa menghadapi serangkaian tantangan, dari sungai kalajengking dan nanah, hingga melewati kawanan kelelawar untuk mengikuti anjing yang bisa melihat dalam gelap.

Ada beberapa pintu masuk yang berbeda untuk Xibalba, dan peneliti baru-baru ini menemukan satu sama lain di Semenanjung Yucatan. Para arkeolog telah menemukan 11 candi yang berbeda di gua-gua, bersama dengan bukti adanya pengorbanan manusia. Ada beberapa artefak yang ditinggalkan sebagai persembahan kepada orang mati, termasuk tembikar, ukiran batu, dan keramik. Para arkeolog juga menemukan batu-batu besar dan struktur yang dibangun di bawah air.

Gerbang Guinee



Gerbang Guinee ada hubungannya dengan berlalunya roh dari kehidupan menuju kematian menurut tradisi voodoo. Gerbang Guinee merupakan sebuah portal ke alam baka itu, dimana gerbang itu sendiri terdiri dari tujuh gerbang. Dibutuhkan waktu tujuh hari lamanya untuk melewati semua gerbang, dan jika roh gagal melewati semua gerbang itu, mereka akan kembali ke bumi sebagai zombie.

Beberapa praktisi voodoo percaya bahwa tujuh gerbang terletak di tujuh kuburan yang berbeda di New Orleans, meskipun lokasi yang tepat dan nomor urut dari gerbang adalah rahasia yang dijaga ketat. Gerbang Guinee dipercaya lebih mudah ditemukan saat liburan Mardi Gras dan All Saints’ Day, tetapi menemukan mereka hanyalah awal dari masalahnya. Gerbang harus didekati dan dibuka dalam urutan yang benar, dan masing-masing gerbang memiliki penjaga yang membutuhkan korban yang sepadan. Membuka gerbang dalam urutan yang salah atau korban tidak menyenangkan penjaganya dikatakan akan memiliki akibat roh-roh yang marah berbahaya untuk meninggalkan akhirat dan masuk ke dunia kita.

Taman Hesperides


Menurut mitologi Yunani, Gaia memberi Hera hadiah pernikahan berupa sebuah pohon yang berbuah apel emas, yang akhirnya disimpan di Taman Hesperides. Taman ini juga ada kaitannya dengan Hercules yang ditugaskan untuk mencuri salah satu buah apelnya.

Pintu masuk ke taman Hesperides dikatakan berada di Lixus, sebuah kota di Maroko. Dahulu merupakan sebuah kota Romawi yang ramai, namun sekarang hanya reruntuhan. Lokasi taman disebutkan dalam sebuah teks yang berasal dari Helenistik Yunani, namun lokasi lainnya juga telah diusulkan, termasuk Cyrene dan salah satu pulau di lepas pantai Libya.

Newgrange


Newgrange adalah sebuah makam besar yang dibangun di Irlandia lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Ini bukan hanya makan yang mengesankan tetapi juga merupakan salah satu pintu masuk ke dunia akhirat Celtic. Menurut mitologi Celtic, para dewa melakukan perjalanan bolak-balik antara alam duniawi dan dunia mereka sendiri melalui makam yang sudah dikuduskan seperti Newgrange.

Dianggap juga sebagai pintu masuk ke ruang pesta megah untuk Lords of Light, ada persediaan makanan dan minuman yang tidak terbatas serta pohon ajaib yang terus membuahkan hasil. Mitologi tertua mengatakan Newgrange sebagai rumah untuk sumur yang merupakan sumber segala hikmat di dunia. Pohon di dekat sumur menjatuhkan benih mereka ke dalam sumur, yang bertujuan untuk mengirim pengetahuan mereka ke dalam dunia manusia.

Penghuni lain yang terkait dengan Newgrange adalah Dagda, salah satu yang tertua dari para dewa Irlandia, yang berhubungan dengan pengetahuan, Matahari, dan langit. Ia dipercaya menjaga makan Newgrange sampai hari ini.

Scholomance

Scholomance adalah sekolah sihir yang keberadaannya hanya diketahui melalui cerita rakyat Rumania sampai akhirnya diabadikan oleh seorang penulis Inggris bernama Emily Gerard. Menurut Gerard, Scholomance hanya menerima 10 murid untuk satu kurikulum, yang diajarkan oleh iblis secara pribadi. Mereka belajar semua mantra dan trik-trik nya, termasuk berkomunikasi dengan hewan dan mengendalikan cuaca. Setelah kurikulum selesai, hanya sembilan siswa dibebaskan. Yang terakhir disimpan oleh iblis sebagai ganti pembayaran sekolah, yang lalu menunggang naga yang tidur di bawah danau untuk selanjutnya membantu iblis untuk mempersiapkan petir.

Scholomance versi Gerard sedikit berbeda dari versi tradisional Rumania. Dalam cerita rakyat Rumania, sekolah itu disebut Solomanari, dan itu terletak di sebuah dunia yang sejajar dengan kita sendiri, seperti parallel universe. Setelah membaca karya Gerard, Bram Stoker menggunakan ide dari Scholomance di filmnya yang berjudul Dracula untuk menjelaskan bagaimana keluarga Dracula belajar keterampilan setan mereka.

Danau di mana iblis naga itu tidur dan sekolahnya disebut berada di Pegunungan Carpathian dekat Hermanstadt, yang sehari-hari disertai dengan badai petir. Mereka yang mencari danau tersebut akan tahu bahwa mereka sudah menemukannya ketika mereka melihat tugu-tugu batu yang menghiasi pesisir danau. Tugu-tugu batu tersebut adalah wisatawan malang yang tertimpa oleh petir iblis.

Kerajaan Peri

Peri amat sangat terkenal di Irlandia. Bahkan masyarakat disana benar-benar percaya akan adanya kerajaan peri yang mendiami bukit-bukit batu, seperti misalnya Knockma Woods. Knockma Woods terletak di belantara barat Irlandia, dan mempunyai beberapa legenda. Ratu prajurit legendaris Maeve dikatakan dimakamkan di piramida di Knockma Hill, dan bukit itu sendiri diduga adalah sebuat tempat masuk ke salah satu dari kerajaan peri di Irlandia. Diperintah oleh Raja Peri kerajaan Connacht yang bernama Finnbheara (atau Finvarra), kerajaan itu diduga terletak hanya di luar lingkaran batu di bukit tersebut.

Konon, Raja Finvarra pernah menculik ratu dari raja Irlandia dan membawanya ke kerajaan Connacht. Raja Irlandia mengetahui hal ini dan mengikuti Finvarra sampai ke bukit, dan memerintahkan prajuritnya untuk mulai menggali. Namun, setiap malam saat prajuritnya tertidur, peri-peri Finvarra menutup lagi lubang yang sudah digali tersebut. Untuk mencegah mereka memperbaiki pintu masuk, raja Irlandia menebarkan garam di sekitar bukit itu dan akhirnya sukses menggali jalan menuju kerajaan peri tersebut untuk menyelamatkan istrinya. Untuk pengetahuan anda, Knockma bukan hanya sekedar legenda. Penggalian arkeologi juga telah menemukan sejumlah situs Neolithic di hutan sekitarnya, dan monumen-monumen batu yang berasal dari zaman 6000-7000 S.M.

Semoga lokasi gerbang mitologi menuju dunia mistis ini menambah wawasan anda tentang kepercayaan mitologi. Andaikan gerbang tersebut benar benar ada, apakah anda berani untuk mencoba masuk kedalamnya? 


referensi:
http://listverse.com/2014/09/29/10-real-world-entrances-to-mythical-locations/
http://www.tentik.com/10-pintu-gerbang-menuju-dunia-mitologi/

Related Article

Paling Aneh