Foto Aneh Unik

Typo Atau Salah Ketik Yang Berakibat Fatal

14 Sept 2015

Salah ketik atau sering disebut typo ini sudah kental di telinga kita karena seringnya disebutkan dalam keseharian membuat pesan yang ternyata salah ketik. Typo itu sendiri sebenarnya bukanlah kosakata dari bahasa Indonesia, istilah ini merupakan kependekan dari Typographical Error yang tentu saja dalam bahasa Indonesia adalah kesalahan ketika mengetik. Hal sepele ini sering kita abaikan karena biasanya mereka yang membaca mengerti akan maksud yang akan kita katakan melalui tekt. Namun sahabat anehdidunia.com ternyata di dunia ini pernah terjadi kasus salah ketik atau typo yang menyebabkan kesalahan yang fatal bahkan pernah menjadi penyebab bencana. Berikut ulasannya versi anehdidunia.com


Typo Menyebabkan Perusahaan Bangkrut


Sahabat anehdidunia.com Companies House adalah badan pemerintah yang mengurus masalah izin perusahaan. Badan lembaga ini telah keliru menulis nama Taylor & Sons Ltd sebagai Taylor & Son Ltd. Tulisan yang hanya kurang satu huruf S ini ternyata berkibat fatal. Perusahaan mengalami kebangkrutan. Atas kesalahannya itu, Companies House diharuskan membayar ganti rugi kepada Taylor & Sons Ltd. sebesar 9 juta pound. Kekeliruan ini berawal saat pada 2009 saat Companies House menyatakan bisnis Taylor & Sons Ltd - sebuah perusahaan rekayasa asal Welsh yang mempekerjakan lebih dari 250 orang - telah dilikuidasi. Akibat pernyataan Companies House, bisnis perusahaan keluarga berusia 124 tahun tersebut kocar-kacir. Banyak pesanan dan kontrak dibatalkan dan kredit dari pemasok ditarik. Perusahaan kemudian benar-benar bangkrut pada tahun 2014. Padahal, Companies House bermaksud melaporkan perusahaan lain yang namanya hampir mirip yakni Taylor & Son Ltd. Companies House sempat memperbaiki kesalahan tersebut tiga hari kemudian. Tapi berita tentang likuidasi perusahaan keluarga itu telah tersebar luas di internet dan banyak yang termakan oleh informasi salah yang dibuat Companies House.

Salah Pilih Miss Universe Di Kanada


Salah ketik juga terjadi pada kontes Miss Universe di Kanada. Denise Garrido yang pada saat itu dinyatakan menang, ternyata harus mengembalikan mahkota Miss Universe sehari setelah pengumuman kemenangannya tersebut. Dan gelar yang didapatnya harus dicabut dan diberikan kepada Riza Santos. Semua gara-gara kesalahan ketik yang dilakukan salah seorang petugas penyelenggara. Sahabat anehdidunia.com ketika para juri selesai memberikan penilaian, semua tulisan tangan juri dimasukkan ke dalam program komputer yang kemudian menghitung siapa peserta dengan nilai terbanyak. Denise seharusnya menduduki peringkat ketiga tetapi karena kesalahan penulisan nilai, dia malah menjadi juara pertama. Kesalahan ini baru diketahui ketika para juri menghitung nilai secara manual sehari kemudian. Meskipun pihak penyelenggara kemudian meminta maaf namun pesta perayaan telah terlanjur diadakan di negara Denise.

Resep Makanan Yang salah Ketik


Sebuah buku masakan yang diterbitkan oleh Penguin Books of Australia yang berjudul Pasta Bible, melakukan typo atau salah ketik dengan resepnya yang seharusnya berjudul "Freshly ground black Pepper" malah menjadi Freshly Ground Black People yang berarti orang kulit hitam yang baru digiling. Tentu saja salah ketk ini menjadikan resep makanan ini berbau kanibal. Penerbit baru menemukan kesalahannya setelah masyarakat melaporkan hal ini. Akibatnya, Penguin harus menghancurkan lebih dari 7000 eksemplar atau kerugian sekitar 20.000 dolar Australia. 

Karena Koma Kehilangan 2 Juta Dolar


Hanya karena koma, pemerinta AS kehilangan sedikitnya 2 juta dolar dalam pendapatan negaranya. Pada tahun 1872 pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan undang-undang tentang pembebasan tarif bea masuk atas “fruit plants” tetapi juru ketiknya melakukan kesalahan dengan menulisnya sebagai, “fruit, plants”. Sahabat anehdidunia.com hanya satu koma saja tetapi artinya sangat jauh berbeda. Jika pada kalimat pertama pembebasan tarif berlaku pada “pohon buah-buahan” tetapi pada kalimat kedua artinya adalah “buah-buahan, pohon”. Importir buah-buahan segera menyadari kesalahan ini dan menolak membayar pajak. Kasus ini akhirnya dibawa ke sidang pengadilan dan pemerintah Amerika Serikat diputuskan harus mengembalikan bea pajak para importir tersebut sebanyak $2 juta. Dua tahun kemudian undang-undang yang baru dikeluarkan semata-mata hanya untuk menghilangkan “koma” tersebut.

Salah Ketik Menyebabkan Kematian



Satu satunya korban manusia dalam daftar salah ketik ini adalah balita yang berumur 18 bulan. Pada tahun 2013, seorang balita 18 bulan di New South Wales, Australia, harus menghembuskan nafas terakhir gara-gara salah ketik. Operator yang menerima panggilan darurat seharusnya mengirim ambulan pada jam 09.14, tetapi malah menuliskan jam 19.14. Setelah lama menunggu ambulans yang tidak kunjung datang, orangtua si bayi kemudian sekali lagi menghubungi 911 namun semuanya terlambat. Bayi tersebut keburu meninggal dunia. Masalah ini selain mengharuskan kementerian kesehatan meminta maaf secara resmi, juga menyebabkan reformasi besar-besaran pada sistem tanggap darurat di Australia dimana sekarang harus dilakukan crosscheck oleh operator kedua untuk menghindari kesalahan serupa.

Kisah diatas tentang membuat sesuatu berjalan diluar rencana hanya karena typo atau salah ketik, merupakan pembelajaran buat kita untuk lebih fokus dan teliti dalam melakukan segala sesuatunya. Semoga memberi masukan yang positif terhadap anda.


referensi:
http://www.dream.co.id/dinar/gara-gara-salah-ketik-bisnis-keluarga-124-tahun-bangkrut-150201b.html
http://www.mbakbro.com/2015/09/5-Salah-Ketik-Typo-Sederhana-Berakibat-Bencana.html
http://listverse.com/2015/09/12/10-simple-typos-with-surprisingly-huge-costs/

Related Article

Paling Aneh