Cinta

Perusahaan Dengan Fasilitas Cuti Melahirkan Terbaik Di Dunia

20 Oct 2015

Dalam suasana kerja, proses kehamilan dan melahirkan memberikan tantangan tersendiri bagi ibu dan perusahaannya. Di beberapa negara, mereka memiliki ketentuan lama pengambilan cuti yang berbeda, misalnya di swedia, mereka memberikan cuti melahirkan selama kurang lebih setahun. Selain itu sebagai contoh di Denmark, ibu melahirkan disana mendapatkan cuti selama 52 minggu dan tetap digaji 100 persen, dan bayi 6 bulan keatas dapat dititipkan di baby daycare secara gratis. Bagaimana dengan perusahaannya? apakah mereka memberikan kelebihan saat karyawannya melahirkan? berikut perusahaan dengan fasilitas cuti melahirkan terbaik di dunia versi anehdidunia.com


Netflix

Netflix adalah salah satu penyewaan DVD daring pertama dan terbesar, menawarkan penyewaan DVD lewat surat secara flat rate kepada pelanggan di Amerika Serikat. Berpusat di Los Gatos, California, saat ini mereka memiliki koleksi sebanyak 65.000 judul dan sekitar 5 juta pelanggan. Perusahaan asal California ini memberikan waktu cuti selama satu tahun yang bisa diambil kapan pun kepada orang tua yang baru memiliki anak. Kebijakan ini membuat karyawan bisa menghabiskan waktu lebih banyak kepada anaknya. Mereka juga bisa memilih untuk kembali bekerja paruh waktu, penuh, atau fleksibel sesuai kebutuhan.

Adobe


Adobe Systems adalah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis, animasi, video, dan pengembangan web. Adobe adalah salah satu perusahaan perangkat lunak yang paling besar di dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1982 dan berpusat di San Jose, California, AS. Beberapa dari produk-produknya yang terkenal dan mendunia adalah Photoshop, Flash, dan Acrobat. Perusahaan perangkat lunak ini memberi waktu 16 minggu cuti untuk orang tua yang mengurus anaknya dengan tetap digaji. Kebijakan ini berlaku untuk 6 ribu pekerja Adobe di AS. Kalau dijumlahkan, waktu untuk melahirkan dan mengurus anak, maka karyawan perempuan di Adobe berhak mendapatkan cuti sebanyak 26 minggu sambil tetap digaji.

Twitter

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet. Karyawan perempuannya berhak mendapat cuti 20 minggu pasca memiliki anak. Sementara, karyawan laki-lakinya mendapat cuti 10 minggu. Perusahaan media sosial ini juga menyediakan diskusi antar karyawan soal masalah mengasuh anak secara rutin.

Google


Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Di perusahaan ini, karyawan perempuan yang baru melahirkan mendapat cuti 18 minggu dan digaji. Kalau ada masalah serius ketika melahirkan, maka karyawan bisa cuti hingga 22 minggu. Pengasuh anak yang utama, terlepas dari gendernya, berhak cuti 12 minggu supaya bisa mengurus anaknya. Fakta menarik, karyawan perempuan pertama yang mengambil cuti hamil di Google adalah CEO Youtube Susan Wojcicki. Ia telah mengambil lima kali cuti ini sejak bergabung di Google pada 1999.

Johnson & Johnson


Johnson & Johnson adalah perusahaan multinasional produsen farmasentika, peralatan medis, dan barang konsumsi yang bermarkas di New Brunswick, New Jersey, Amerika Serikat yang didirikan tahun 1886. Johnson & Johnson mendapat peringkat di atas National Survey Reputasi Perusahaan Harris Interactive selama tujuh tahun berturut-turut hingga 2005, menduduki peringkat sebagai perusahaan yang paling dihormati di dunia oleh Majalah Barron pada tahun 2008, dan perusahaan pertama dianugerahi Benjamin Franklin Award untuk Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri AS pada tahun 2005 untuk pendanaan program pendidikan internasional. Produsen kebutuhan bayi ini memberikan karyawan yang baru menjadi orang tua fasilitas pengambilan barang belanjaan dan pakaian kotor. Para ibu mendapat cuti 17 minggu dan ayah sebanyak sembilan minggu.

Facebook

Facebook, Inc. adalah sebuah perusahaan Internet multinasional asal Amerika Serikat yang mengoperasikan situs web jejaring sosial Facebook. Perusahaan ini berkantor pusat di Menlo Park, California. Setelah dimiliki sepenuhnya oleh Mark Zuckerberg dan para pendiri lain, dan sahamnya sempat diperebutkan, Facebook akhirnya melakukan penawaran umum perdana pada tanggal 1 Februari 2012. Facebook Inc. mulai menjual sahamnya ke publik dan mulai diperdagangkan di NASDAQ tanggal 18 Mei 2012. Perusahaan media sosial ini memberikan cuti 17 minggu kepada karyawan yang baru menjadi orang tua. Selain itu, Facebook juga memberi uang tunai US$ 4 ribu untuk bayi yang baru lahir atau diadopsi karyawannya. Facebook juga memberi subsidi untuk program adopsi, donasi sperma, pembekuan sel telur, dan program lainnya untuk karyawan yang ingin memiliki anak.


referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Netflix
https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Systems
https://id.wikipedia.org/wiki/Twitter
https://id.wikipedia.org/wiki/Google
https://id.wikipedia.org/wiki/Johnson_%26_Johnson 
https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook,_Inc.
http://bisnis.liputan6.com/read/2293805/6-perusahaan-as-dengan-fasilitas-cuti-melahirkan-terbaik?page=2

Related Article

Paling Aneh