Foto Aneh Unik

Mitos Asal Usul Gempa Bumi Kepercayaan Kuno

04 Nov 2015

Bumi bergetar dan berguncang yang biasa kita sebut gempa bumi merupakan pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi atau lempeng Bumi. Namun kenyataannya tak hanya disebabkan oleh alam, gempa bumi juga bisa disebabkan oleh meteor, letusan gunung, bahkan buatan manusia seperti ledakan bom. Sahabat anehdidunia.com sebelum majunya ilmu teknologi akan penyebab gempa bumi ini, beberapa mitos yang dipercaya di dunia ini sangat berbeda dengan apa yang telah berhasil ditemukan oleh para ahli tentang penyebab gempa ini. Berikut mitos asal usul gempa bumi yang dipercaya di beberapa negara.


Legenda Kura-Kura Babi Sapi Dan Ular India

Legenda Kura-Kura Babi Sapi Dan Ular India via merdeka.com
Orang India kuno percaya bila Bumi diseimbangkan oleh beberapa hewan. Hewan-hewan itu adalah babi hutan dengan gadingnya, ular dengan tujuh kepala, sapi dengan tanduknya, dan 8 ekor gajah yang berdiri di atas tempurung kura-kura. Nah, gempa akan terjadi apabila satu atau lebih hewan tadi berganti posisi.

Loki Skandinavia

Loki Skandinavia via germanicmythology.com
Ternyata, kisah jahat Loki tidak hanya ada di film The Avenger saja. Bagi bangsa Skandinavia yang memiliki legenda dewa Norse, gempa Bumi kerap mengguncang saat Loki membuat keonaran. Dikatakan jika Loki membunuh Balder, dewa kecantikan dan cahaya. Sebagai hukuman, Loki dikurung dalam sebuah gua dengan seekor ular beracun di atas kepalanya yang terus meneteskan racun. Saat racun itu menetes di wajah Loki, dewa itu akan berontak dan menggetarkan Bumi.

Kisah Lele Raksasa, Namazu Jepang

Namazu Jepang via merdeka.com
Bagi orang Jepang, gempa terjadi akibat gerakan kuat dari Namazu, atau yang dikenal sebagai lele raksasa. Lele raksasa itu disegel oleh Kashima (dewa perang) di lapisan lumpur di bawah permukaan tanah, tepatnya disebuah batu. Apabila segel Kashima melemah, Namazu akan berontak dan mengakibatkan gempa dahsyat.

Dewa Ruaumoko Selandia Baru
 
Ilustrasi Dewa Ruaumoko Selandia Baru via sacredbite.com
Berdasarkan mitologi dari suku asli Selandia Baru, Maori, Bumi ini bernama Papatuanuku. Papatuanuku sendiri dikatakan sedang mengandung seorang dewa bernama ‘Ru’. Gempa akan terjadi saat bayi dewa Ru dalam kandungan Papatuanuku bergerak, seperti menendang-nendang.

Bumi Demam Mozambik

Ilustrasi bumi demam via nellattesa.it
Tidak kalah unik dari legenda-legenda sebelumnya, orang Mozambik mempunyai kepercayaan bila Bumi ini sama seperti manusia, sama makhluk hidupnya. Oleh sebab itu, Bumi pun bisa sakit. Gempa bumi sendiri siap mengguncang manakala Bumi demam. Saat dia merasa riang dan gemetar, Bumi pun bergoncang.

Dosa Manusia Rumania

Dosa Manusia Rumania
Di legenda bangsa Rumania, Bumi bersandar di atas beberapa pilar yang terbangun dari harapan, kepercayaan, dan amal manusia. Saat ketiga amalan baik manusia itu semakin berkurang, secara otomatis pilar-pilar itu akan semakin lemah. Nah, apa bila ada pilar yang retak atau patah, terjadilah goncangan yang menyebabkan gempa di bumi.

Poseidon Mengamuk Yunani

Poseidon Mengamuk Yunani via debrakristi.wordpress.com
Tidak banyak yang tau, selain menjadi dewa lautan, Poseidon adalah dewa dari gempa Bumi. Menariknya, Poseidon akan membuat gempa saat suasana hatinya sedang tidak baik alias bad mood. Adik dewa Zeus itu lantas akan menghantamkan pusakanya, trisula, ke tanah dan timbulah gemba Bumi dan tsunami yang dahsyat.

Legenda Babi Rusa Indonesia

Legenda Babi Rusa Indonesia via pinterest.com
Menurut cerita dari orang Sulawesi, Bumi ini berdiri di atas sebuah babi rusa raksasa. Gempa bumi akan terjadi saat si babi rusa merasa gatal di tubuhnya dan menggosokkannya ke pohon palm.


referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Gempa_bumi
http://www.merdeka.com/teknologi/9-mitos-asal-usul-gempa-bumi-dari-berbagai-negara-indonesia-ada.html

Related Article

Paling Aneh