Berita Aneh Unik

Perang Paling Unik Yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah

03 Jul 2016

Bicara soal perang tentu yang muncul dalam benak adalah sesuatu yang bermakna negatif. Peperangan sebenarnya aalah hal yang paling tidak diinginkan di dunia ini oleh setiap orang bahkan juga dibenci. Karena kebanyakan suatu peristiwa perang yang terjadi seringkali justru mengorbankan hal lain bahkan jiwa orang lain. Hal inilah yang membuat banyak orang selalu mengecam siapa saja yang suka menyulut peperangan terjadi.

Peristiwa perang paling fenomenal dalam sejarah sudah pastilah Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Hampir di seluruh wilayah penjuru dunia terlibat aksi saling perang, saling menjajah dan lain sebagainya. Namun ternyata selain kedua peristiwa perang besar yang pernah terjadi di dunia tersebut, ada beberapa perang paling unik yang pernah terjadi dalam sejarah seperti ulasan berikut khusus unutu sahabatanehdidunia.com.

The Pig War

Sebuah perang yang terjadi pada tahun 1859 antara Inggris dan Amerika adalah termasuk salah satu peristiwa perang paling unik yang pernah terjadi dalam sejarah. Kedua negara ini berperang karena terlibat perebutan wilayah Pulau San Juan. Pulau yang terletak di wilayah antara daratan Amerika Utar dan Pulau Vancouver menjadi perebutan yang cukup sengit yang pernah dilakukan dua negara kuat tersebut. Istilah The Pig War bermula kala peristiwa perang tersebut melakukan aksi baku tembak dan salah satu diantara serangan tembakan tersebut berhasil membidik seekor babi. Itulah mengapa perang perebutan wilayah Pulau San Juan ini disebut dengan The Pig War. Bahkan setelah perang ini usai tidak ditemukan korban jiwa manusia satupun. Artinya, satu-satunya korban jiwa dalam perang ini adalah seekor babi.

Football The War

Sebuah perang unik terjadi pada tahun 14 Juli 1969, perang tersebut melibatkan El Salvador dan Honduras. Pemicu dari perang itu sendiri adalah terkait masalah imigrasi El Salvador ke Honduras. Perang ini disebut sebagai Football The War atau Perang Sepak Bola karena terjadi bersamaan dengan babak kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Utara. El Salvador pun menyerang Honduras hingga membuat Amerika Serikat turun tangan untuk melakukan negosiasi dengan kedua pihak yang terlibat konflik tersebut. Negosiasi tersebut menghasilkan gencatan senjata antara kedua wilayah yang terealisasi pada tanggal 20 Juli. Setelah Perang Sepak Bola tersebut berakhir, El Salvador pun berhasil mengikuti kejuaraan bergengsi olahraga sepak bola yakni Piala Dunia pada tahun 1970. Namun sayang meski telah melakukan gencatan senjata dan lolos ke Piala Dunia, negara ini gagal meraih juara dalam kompetisi Piala Dunia.

Moldovan – Transdniestrian War

Moldovan dan Transdniestrian adalah dua negara berbeda yang bermusuhan akibat jatuhnya Uni Soviet. Karena bermusuhan maka kedua negara ini pun saling berperang dan melawan. Namun sebuah pemandangan unik kala itu cukup menggelitik bagi siapa saja yang mengetahuinya. Para perwira dari masing-masing negara tersebut saling bermusuhan dan bersahabat! Maksudnya, sebenarnya para perwira tersebut  adalah seorang teman, rekan yang saling mengenal sejak lama. Namun karena mandat serta kewajiban profesi dan tugas sebagai perwira yang harus taat, patuh serta membela dan melindungi negara maka perwira yang terbagi dalam kedua kubu tersebut harus berperang. Hal ini terdengar sangat aneh dan unik karena saat perang terjadi mereka akan saling menyerang dan ketika malam hari mereka akan saling berkumpul di beberapa dan bahkan minum bersama. Itulah mengapa perang ini termasuk perang unik yang pernah terjadi dalam sejarah.

Great Emu War

Great Emu War atau Emu War adalah peristiwa perang unik yang terjadi pada tahun 1932 dan melibatkan pasukan militer Australia melawan kawanan burung! Yup, pasukan militer Australia yang kala itu dipimpin seorang bernama Mayor Meredith rupanya memerintahkan anak buahnya untuk melakukan gencatan senjata alias menembaki kawanan burung. Sebanyak 10.000 selongsongan peluru ditembakkan kepada kawanan burung tersebut namun burung-burung justru terbang menghindar dan melarikan diri dari tembakan para pasukan militer tersebut. Meski demikian dari peristiwa Great Emu War ini sebanya 20.000 tewas sia-sia karena ditembaki pasukan militer tersebut. Namun rupanya hasil tersebut tak sesuai dengan yang diinginkan sang mayor. Ia pun memerintahkan pasukan untuk menghentikan serangan dan mundur karena pasukan militer Australia dianggap kalah melawan kawanan burung tersebut.

The Anglo Zanzibar War

Jika biasanya perang terjadi selama berminggu-minggu, bertahun-tahun bahkan ratusan tahun. Lain halnya dengan The Anglo Zanzibar War. Peristiwa perang yang melibatkan Inggris dengan Zanzibar ini hanya berlangsung selama 40 menit! Pemicu perang yang terjadi pada tanggal 27 Agustus 1896 ini menceritakan bahwa Inggris yang menguasai Zanzibar mewajibkan siapapun nantinya yang akan naik takhta menjadi Sultan kerajaan harus melalui persetujuan konsul Inggris. Kala itu Sultan Khali bin Barghash yang tak lain adalah sultan yang baru tak mematuhi perjanjian tersebut dan justru menantang pasukan Inggris untuk melaksanakan gencatan senjata. Pihak Inggris pun marah dan menyerang kerajaan Sultan tersebut dan berhasil memborbardir istana Sultan Khalid. Tak hanya itu saja, Inggris pun berhasil membunuh 500 pasukan kerajaan namun pasukan Inggris hanya satu yang mengalami cidera. Mengetahui situasinya terpojok, 40 menit setelah perang terjadi Sultan Khalid pun menyerahkan dirinya.

Sahabatanehdidunia.com itulah daftar perang paling unik yang pernah terjadi dalam sejarah. Meski unik, namun perang tetap sajalah perang yang tak perlu terjadi dan sebaiknya dihindari. Dunia lebih baik dan indah serta aman jika semuanya hidup damai tanpa suatu peperangan. Semoga hal tersebut segera bisa terwujud.

Sumber referensi:
http://terselubung.in/6-perang-paling-unik/


Related Article

Paling Aneh