Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Unik Tubuh Manusia Yang Membuatmu Tercengang

Tubuh Manusia merupakan sebuah organisme yang sangat kompleks dengan sistem kerja yang sangat rumit, dan sering di sebut sebagai ciptaan Ilahi yang paling sempurna, meskipun para ilmuan terus meneliti tubuh manusia selama bertahun-tahun, masih saja ada hal baru yang selalu di temukan pada penelitian tentang tubuh manusia, dan mungkin tak akan pernah bisa terselesaikan sampai akhir jaman nanti, berikut ini adalah fakta unik dari tubuh manusia versi anehdidunia.com


Pria Tetap Bisa Ereksi Meskipun Sudah Mati



Meskipun terdengra janggal tapi seorang Pria yang sudah meninggal ternyata tetap bisa mengalami Ereksi, hal ini disebut "Death Erection" (Ereksi Kematian )atau istilah yang lebih sopanya "Angel Lust" (Nafsu Malaikat), hal ini sebenarnya merupakan ereksi post-morten atau sementara yang hanya akan terjadi jika seorang Pria meninggal dalam posisi vertikal dengan kepala yang menghadap ke bawah. Hal ini bisa terjadi karena ketika seseorang masih hidup jantungnya tak akan berhenti memompa darah secara terus menerus, dan saat seseorang meninggal dalam posisi vertikal, masa dari darah yang berhenti akan terpengarul oleh efek gravitasi yang membuat darah dan zat lainya akan tertampung di area terendah dari tubuh manusia, dan terkumpul di area sekitar kaki, tekanan dari zat yang terkumpul ini urat yang ada pada jaringan kaki membengak, dan sisa dari darah yang tak terkumpul itu akan terkumpul dalam Torso dan memudian menjalar sampai ke area penis, yang membuat penis yang hanya terdiri dari jaringan ereksi akhirnya penuh dan akhinya mengembang mirip ketika seseorang sedang mengalami Ereksi.


Setiap Menit 300.000.000 sel dalam tubuh Manusia Mati



Sistem tubuh Manusia merupakan salah satu sistem palng kompleks dan beroperasi seperti sebuah kota yang beroperasi secara mandiri, sebagian dari organ dalam tubuh manusia secara kontinyu menghasilkan sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel yang telah mati, tapi mungkin yang belum kalian tahu adalah bahwa jumlah sel-sel yang mati ini berjumlah sekitar 300 juta dan bukan hanya itu saja 300 juta sel ini mati hanya dalam kurun waktu satu menit saja. Meskipun terdengar berjumlah sangat masih ternyata ini merupakan jumlah yang kecil bagi tubuh manusia, dalam satu hari tubuh Manusia ternyata mengganti sekitar 10 sampai 50 triliun sel dalam sehari, jadi jika dihitung jumlah 300 juta hanyalah kurang dari 0.0001%  dari sel yang mengalami regenerasi dalam tubuh.


Jumlah Tulang pada Bayi lebih banyak dari orang Dewasa



Ternyata pada saat seorang manusia lahir, dan masih menjadi bayi, tulang yang ada berjumlah 350 buah, tapi setelah dewasa akan berkurang dan hanya menyisakan 206 saja. Hal ini disebabkan karena tulang-tulang itu saling menyambung jadi satu untuk membentuk tulang yang lebih solid dan kuat, Menurut Dr. Sonja Roesma, SKM., AAK yang merupakan perwakilan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi), proses pertumbuhan tulang ini disebabkan oleh pengaruh dari hormon pertumbuhan (Human Growth Hormone/HGH) dan kalsium. Tulang sendiri merupakan jaringan ikat yang terbentuk dari zat keras yang terdapat pada kalsium, dan membentuk sistem rangka, kekuatan utama tulang terletak pada bagian luarnya yang di sebut kortex, bagian kortes ini sendiri merupakan bagian utama dari tulang dengan masa mencapai 80% sedangkan bagian dalamnya yang terdiri dari sumsum hanya sebesar 20%, pertumbuhan tulang ini sendiri sejak tahun pertama bayi yang awalnya berukuran 50cm (48-52 cm) menjadi 75 cm pada saat dewasa.


Dalam setiap 1 Sel Tubuh Manusia terdapat 3 Mikroba yang hidup



Mungkin hal ini terdengar mengerikan tapi faktanya, dalam setiap satu sel tubuh manusia ada 3 mikroba yang menumpang hidup, dari sebuah penelitian ternyata di ketemukan fakta bahwa dalam tubuh manusia yang sehat, terkandung sejumlah virus berbahaya, tapi meskipun virus ini berbahaya, namun virus ini tak mengancam tubuh inangnya karena jika inagnya mati maka virus ini juga akan mati. Dan ternyata sekitar 1 sampai 3% dari berat badan manusia merupakan berat badan dari jumlah mikroba yang menumpang hidup di tubuh kalian, tapi semua mikroba ini tak semuanya bersifat buruk, sebagian dari mikroba ini berfungsi sebagai pembersih dari sel kulit tubuh mnausia yang mati, dan sebagian lainya membantu dalam lambung dalam proses pencernaan, bahkan para ilmuan menganggap sebagian lain dari mikroba yang ada di tubuh manusia membantu fungsi kerja dalam tubuh, namun prosesnya masih belum di ketahui pasti.


Rambut Manusia sangatlah Kuat



Meskipun terkesan sebagai bagian tubuh yang rapuh dan mudah rontok jika tak dirawat, rambut nyatanya merupkan salah satu bagian dari tubuh yang paling kuat, dan tak akan hancur oleh cuaca dingin, perubahan iklim, bahkan rambut merupakan salah satu organ yang kebal terhadap asam lambung dan zat korosif lainya. Jika kalian perhatikan pada jenazah yang orang yang telah meninggal selama ratusan tahun pun, rambut merupakan satu-satunya bagian dari tubuh manusia yang masih utuh dan bahkan dalam keadaan yang tergolong bagus, seperti yang pernah ditayangkan dalam Discovery Chanel yang membahas tentang mumi dan piramid yang da di mesir sana, satu-satunya hal yang bisa menghancurkan rambut adalah api dan unsur panas lainya yang dapat menyebabkan rambut terbakar.


Ada 100 Milyar Neuron yang bekerja untuk membuat Manusia merasa Hidup



Meskipun hingga saat ini para ilmuan masih belum menemukan jawaban yang pasti bagaimana seorang bisa mengetahui bahwa dirinya dalam keadaan sadar ataupun hidup, namun seorang ahli neurologi (Ahli Syaraf) bernama V.S Ramachandran pernah mengungkapkan bahwa otak manusia terbentuk dari jutaan atom yang di tempa selama bermilyar-milyar tahun sampai menjadi bentuk atom sempurna seperti saat ini. Dan Atom-atom yang melayang dalam kepalaitu di tarik oleh efek gravitasi sehingga membetuk sebuah organ yang sangat mewah, dan biasa kita kenal sebagi otak pada saat ini, dengan milyaran neuron ini kita bisa bertanya-tanya tentang segala hal yang terjadi, hal ini tak hanya mempengaruhi proses terjadinya otak tapi juga merupakan sistem utama yang menunjang kinerja otak dalam berfiki, koneksi dari milyaran neuron inilah yang terus memproses informasi dalam otak dan membuat manusia merasa hidup.


Manusia bisa hidup tanpa makan, tapi akan mati kalau tak tidur



Jika banyak orang berfikir bahwa makanan adalah kebutuhan utama tubuh agar dapat bertahan hidup, maka itu ternyata merupakan sebuah kekeliruan yang besar, karena manusia lebih membutuhkan tidur untuk bertahan hidup daripada makanan, bukan berarti makan tak penting bagi manusia tapi, ternyata saat manusia tidur, merupakan momen bagi tubuh untuk memperbaiki tubuh, saat seorang manusia sedang tertidur, tubuh akan melepaskan hormon yang pertumbuhan dalam tubuh yang berfungsi untuk mereproduksi sel tubuh yang telah mati dan juga perbaikan selsel yang rusak, dan hal ini bisa dilakukan jika seorang manusia paling tidak tidur selama kurang lebih 6 jam, bayangkan jika seseorang kurang tidur, maka jumlah sel dalam tubuh yang mampu di ganti dan diperbaiki akan semakin berkurang setiap harinya akan semakin berkurang, dan membuat tubh manusia semakin lemah setiap harinya. Berbeda dengan makan, manusia bisa bertahan selama 1 sampai 2 bulan tanpa makan dengan hanya meminun air saja, sedangkan tampa tidur seseorang bisa mati dalam kurung waktu 48 - 64 jam, seperti banyak kasus yang orang yang meninggal akibat begadang.

Tubuh yang ternyata menyimpan berjuta juta misteri ini hanyalah sebagian kecilnya yang kita ketahui. masih banyak fakta fakta yang masih diselubungi oleh misteri yang abadi. Kita hanya bisa menggunakan tubuh kita seenaknya tanpa mengerti efek yang ditimbulkan kepada kita dan orang lain. Semoga dengan artikel ini, anda lebih menyayangi tubuh anda dengan menjaga kesehatan. Mulailah berolah raga dan jauhi rokok. Bagaimana sahabat anehdidunia.com semoga informasi tentang tubuh manusia ini bisa bermanfaat bagi kalian.

Referensi :
http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/04/6-misteri-tubuh-manusia
https://id.crowdvoice.com/posts/10-misteri-tubuh-manusia-2hG8
http://health.liputan6.com/read/736874/jumlah-tulang-saat-lahir-dan-dewasa-beda-kok-bisa
http://kliksma.com/2014/10/bagaimana-tubuh-manusia-hilangkan-sel-mati.html
http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151101224354-255-88746/apa-yang-terjadi-pada-tubuh-saat-manusia-tidur/