Motivasi

Prestasi Menakjubkan Orang-Orang dengan Down Syndrome

23 Oct 2016

Terlahir dengan kondisi fisik dan mental yang sempurna adalah impian semua orang. Fisik yang utuh dan daya pikir yang baik tentu saja bisa menjadi senjata untuk meraih impian dan kesuksesan. Namun sayangnya tak semua manusia di dunia ini menerima anugerah yang demikian. Tak sedikit kemampuan mereka dibatasi dengan fisik yang kurang, tak jarang ada juga yang terbatas kemampuan berpikir. Akan tetapi tak semua dari mereka yang mudah mematahkan mimpi karena keterbatasannya. Down syndrome atau sindrom down adalah suatu kelainan genetik yang menyebabkan keterbelakangan pertumbuhan fisik dan mental akibat sepasang kromosom yang tak mampu membelah. Orang dengan down syndrome biasanya memiliki ciri fisik yang sama seperti kepala dan hidung yang lebih kecil serta rata-rata IQ 30 saja. Dengan modal IQ yang jauh dari rata-rata orang normal, nyatanya masih banyak diantara mereka yang memiliki prestasi menakjubkan,  seperti di bawah ini.

Zhou Zhou

Zhou Zhou

Seorang pengidap down syndrome namun memiliki prestasi menakjubkan yang pertama berasal dari Negeri Tirai Bambu, Cina. Pria dengan nilai IQ 30 ini bernama Zhou-Zhou. Memiliki seorang ayah yang berprofesi sebagai pemain cello ini ternyata adalah mukjizat bagi kehidupan Zhou-Zhou. Berawal dari seringnya dia mengikuti ayah yang sedang berlatih orkestra, Zhou kecil seringkali memperhatikan orang-orang bermain musik dan menirukan gaya dirigen atau konduktor yang memimpin pertunjukan musik melalui bahasa isyarat tersebut. Suatu kali ada seorang pelajar yang membuat film documenter tengah memperhatikan Zhou yang asyik menirukan gerakan konduktor secara persis. Hingga kemudian ada asisten yang bercanda mengatakan jika Zhou bisa memimpin potongan selanjutnya dari pertunjukan musik tersebut. Lantas Zhou langsung meraih tongkat dan membuat penonton tertegun karena dia bisa berhasil melaksanakannya. Pria kelahiran tahun 1978 ini saat ini berhasil menjadi konduktor untuk beberapa pertunjukan music besar baik di Cina maupun mancanegara. Uniknya dia adalah satu-satunya konduktor di dunia yang tak bisa membaca not balok.


Noelia Garella

Noelia Garella

Setelah dari Cina, kita terbang ke Argentina untuk melihat prestasi hebat dari seorang pengidap down syndrome lainnya. Kali ini adalah seorang wanita cantik kelahiran 30 tahun yang lalu bernama Noelia Garella. Yup, Noelia Garella adalah seorang guru taman kanak-kanak di Argentina sekaligus satu-satunya guru TK dengan kelainan genetik tersebut. Noelia adalah sarjana di bidang ekonomi dan manajemen organisasi di bidang pariwisata yang mencintai dunia pendidikan khususnya anak-anak.  Sejak kecil impiannya adalah menjadi guru TK dan memang hobi membacakan cerita untuk mereka. Noelia sangat dicintai oleh murid-muridnya, bahkan orang tua dari muri-muridnya taka da yang mempermasalahkan keterbatasan fisiknya ini. Sejak tahun 2012 hingga saat ini Noelia Garella masih terus menekuni profesinya tersebut. Hebatnya, Noelia selalu menjalani hidupnya layaknya orang “normal” lainnya, diapun berencana untuk menikah dengan pasangannya yang juga mengidap down syndrome bernama Nicolas. Cita-cita yang mulia dengan mencerdaskan anak-anak dari seorang pengidap down syndrome.

Tim Harris

Tim Harris

Beberapa waktu yang lalu sempat muncul video tentang pernyataan cinta seorang pria down syndrome kepada calon kekasihnya saat itu yang juga mengidap kelainan sama. Para netizen sempat geger, karena video tersebut penuh dengan suasana romantis. Ternyata pria tersebut adalah Tim Harris, pria kelahiran 1986 dengan kondisi down syndrome namun berhasil membangun restorannya sendiri! Yup, Harris benar-benar berhasil membuat restoran dan dinilai sebagai restoran ter-ramah yang ada di Amerika Serikat. Prestasi Harris memang tak bisa disepelekan, dia lulus dari Eldorado High School di Albuquerque, New Mexico dengan predikat Pelajar Terbaik! Setelah lulus, dia sempat bekerja di restoran dan membuat pendapatan di restoran tersebut meningkat pesat. Tim Harris kemudian elanjutkan pendidikan kuliahnya dan lulus di Eastern New Mexico University dengan sertifikat Food Service, Office Skills and Restaurant Hosting. Uniknya restoran ini selalu menyambut pengunjungnya dengan “pelukan”. Dengan prestasi serta keberhasilannya ini, Tim Harris sering berkeliling dunia untuk memberikan inspirasi serta semangat bagi orang-orang yang berkebutuhan khusus sepertinya juga mampu meraih kesuksesan. Tim Harris juga pernah dijamu makan malam oleh Presiden Obama dalam rangka Olimpiade Khusus di bulan Juli tahun 2014.

Angela Covadonga Bachiller

Angela Covadonga Bachiller

Seorang wanita dengan keterbatasan fisiknya yakni down syndrome nyatanya juga mampu duduk di kursi pemerintahan! Dan wanita hebat tersebut ialah Angela Covadonga Bachiller. Wanita asal Spanyol ini memulai karir politiknya saat di tahun 2010 menjadi staf administrasi di kantor Balai Kota Valladolid. Sewaktu Jesus Garcia Galvan yang tak lain adalah anggota dewan di Spanyol terjerat korupsi kemudian mengundurkan diri, Bachiller mendapatkan kesempatan tersebut. Dengan dukungan dari banyak pihak termasuk Wali Kota Leon de la Riva yang telah berkuasa sejak tahun 1995, akhirnya Bachiller berhasil mendapatkan posisi sebagai dewan kota menggantikan Jesus Garcia Galvan dan dilantik pada tanggal 29 Juli 2013. Atas keberhasilannya ini, Bachiller menjadi wanita pertama dengan kondisi down syndrome yang menduduki kursi Dewan Kota dan menjadi orang kedua di wilayah Eropa setelah sebelumnya ada Stephen Green yang juga down syndrome dan duduk di parlemen Inggris.

Sahabat anehdidunia.com memiliki keterbatasan fisik bukanlah suatu alasan untuk menghambat impian dan menggagalkan kesuksesan. Justru dengan keterbatasan fisik adalah cara pembuktian atas kemampuan yang bisa sepadan dan bahkan setara dengan orang-orang normal lainnya. Tentu saja selain orang-orang diatas masih banyak orang down syndrome yang juga berprestasi lainnya. Semoga kisah ini menginspirasi dan semakin banyak yang menghargai dan mengapresiasi.

Sumber referensi:
http://global.liputan6.com/read/2434434/kisah-8-anak-down-syndrome-berprestasi
http://specialreads.com/tuesday-topic-zhouzhou-orchestra-conductor/
http://www.lanacion.com.ar/1673978-la-historia-de-noelia-garella-la-primera-maestra-con-sindrome-de-down
http://www.dailymail.co.uk/news/article-3414789/I-got-hit-love-bug-America-s-syndrome-restaurant-owner-close-closer-girlfriend-meeting-special-needs-forum.html
http://www.timsplace.com/meettheman/
http://mamiverse.com/angela-bachiller-down-syndrome-firsts-44644/


Related Article

Paling Aneh