PLARIUSMODIFIKASI101

Aksi Kriminal Yang Terungkap Berkat Kecanggihan Google Street View

Sunday, December 04, 2016
Google saat ini bisa dibilang sebagai salah satu perusahaan pengembang teknologi berbasis internet dan perangkat lunak yang terdepan di dunia ini. Selain Google Earth dan juga sistem operasi Android yang kini tengah mengusai pangsa pasar ponsel pintar di seluruh dunia. Google juga senantiasa mengembangkan hal baru yang mendobrak pasar dunia. Salah satunya adalah Google Street View yang diperkenalkan pada tahun 2007 yang lalu. Teknologi yang merupakan versi upgrade dari sistem cctv yang sudah ada ini menawarkan pemandangan jalan dengan sudut 360 derajat, atau untuk lebih jelasnya dapat merekan kesegala arah. Sebuah teknologi yang kini telah diadopsi dalam dunia Olahraga dan juga broadcasting ini memberikan kebebasan pada penggunaya untuk melihat segala sudut secara bebas.

Suatu yang bisa dibilang mustahi jama dulu namun kini bisa dengan mudah diakses oleh siapaun hanya dengan berbekal koneksi internet yang memadai. Selain itu keunggulan lain dari Google Street view juga terletak kemudahan pengontrolanya yang bahkan tak perlu keahlian khusus. Selain itu dengan kecanggihanya aplikasi ini juga telh berhasil mengungkap aksi kriminal, baik itu dari yang ringan seperti pencurian hingga yang tergolong berat yaitu pembunuhan. Karena itu kali ini anehdidunia.com akan berbagi informasi tentang Aksi Kriminal Yang Terungkap Berkat Kecanggihan Google Street View, tentunya versi anehdidunia.com


Aksi Mesum Di Kota Manchester



Sebuah mobil yang dilengkapi dengan perangkat Google Street View, berhasil menangkap sebuah adegan tak biasa ketika melintas di bawah sebuah jembatan yang ada di kota, Manchester, Inggris. Meski tak di ketahui dengan apakah adegan tak senonoh ini dilakukan oleh pasangan kekasih atau hanya seorang yang menyewa jasa PSK. Namun dalam rekaman tersebut jelas terlihat seorang pria tengah mendapat pelayanan khusus di area vitalnya dari wanita yang terlihat sedang bersamanya sambil mengawasi keadaan jalan di depanya. Dalam gambar tersebut bahkan terlihat dengan jelas jika si pria sudah memelorotkan celanaya hingga nyaris taka ada yang menutupi area vitalnya. Setelah gambar ini beredar dengan luas banyak yang meyakini jika, apa yang terjadi di bawah jembatan Manchester tersebut hanyalah transaksi bisinis antara PSK dan Pelangganya. Dan kedua orang ini juga bisa dibilang beruntung karena meski tindakan mereka merupakan sebuah tindakan yang melanggar hukum. Pihak berwenang di Manchester tampaknya ogah menangani kasus tak senonoh ini, hingga keduanya bebas dari jeratan hukum.


Pencurian Sepeda



Kasus ini mungkin adalah aksi kriminal paling terkenal yang berhasil diungkap berkat adanya Google Street View. Dalam sebuah rekaman yang berhasil diabadikan oleh Google Street View tersebut, terlihat seorang remaja pria berusia 14 tahun yang sepedanya dirampok pada siang hari bolong , tak hanya itu para pencuri ini juga merampas dompet dan juga telpon gengam milik pemuda malang tersebut. Kasus ini awalnya sempat menemui jalan butu ketika pihak kepolisian mengalami kesulitan nutuk melacak para pelaku, baru setelah enam bulan berlalu. Remaja yang dirampok ini secara tak sengaja menemukan rekaman Google Street View, dirinya saat tengah menaiki sepeda miliknya beberapa saat sebelum Ia dirampok. Dalam rekaman itu juga terliah dua orang yang merampok dirinya terlihat secara diam-diam mulai mendekatinya sebelum akhirnya merampas sepeda miliknya.

Berkat rekaman ini, akhirnya di ketahuilah jika yang mencuri sepeda tersebut merupakan dua orang anak kembar, keduanya pun dengan akhirnya dengan mudah dapat dilacak karena telah memiliki catatan kriminal. Itu semua terjadi karena sistm Google yang dapat melacak foto asli kedua anak kembar tersebut yang terlihat jelas tanpa adanya blur seperti yang ada dalam rekaman video yang ada. Berkat hal inilah identitas kedua tersangka perampasan sepeda ini dapat diperjelas dan akhirnya pihak Kepolisian tak memiliki keraguan lagi untuk menetapkan kedua remaja kembar ini sebagai tersangka dengan didukung bukti kuat dari hasil rekaman Google Street View tersebut. Dan jika tanpa adanya hasil rekaman dari teknologi perekam jalanan dari Google ini mungkin kasus ini tak akan pernah terungkap.


Tempat Pertemuan Bandar Narkoba Brooklyn



Jika kita lihat sekilas tak ada yang aneh dengan gambar yang berhasil ditangkap oleh Google Street View di area depan sebuah toko swalayan bernama Kingsland Avenue Grocery store. Hanya ada tiga orang yang terlihat sedang mengobrol santai di di sudut jalan tersebut. Ketiganya memang sempat terlihat berteriak pada mobil yang lewat, tapi itu bukanlah tindakan yang masuk dalam kategori tindak kriminal. Yang membuat foto ini menjadi istimewa adalah karena ketiga orang ini ternyata merupakan para bandar narkoba kelas kakap yang menjadi target incaran Polisi. Dalam rekaman berikutnya ketiga orang ini kemudian terlihat berpindah tempat dan menuju sebuah restoran yang ada di jalan tersebut untuk makan. Hasil rekaman ini ternyata memberikan informasi yang penting bagi pihak kepolisian karena mereka mendapatkan petunjuk dimana para bandar narkoba ini biasa mendiskusikan transaksi barang haram mereka. Polisi mencurigai kalau restoran tempat ketiganya makan tersebutlah yang biasa di jadikan tempat bertransaksi narkoba. Dan benar saja, dugaan Polisi ini ternyata tak meleset, karena saat mereka memasang jebakan dengan terus mengawasi tempat iu dengan ketat, mereka akhirnya berhasil menangkap beberapa bandar narkoba dengan posisi yang cukup tinggi dalam dunia haram bisnis narkoba di Brooklyn.


Pencurian Mobil



Pada tahun 2010 yang lalu pihak Kepolisian Derbyshire, sempat dipusingkan dengan adanya laporan pencurian mobil di tengah hari bolong. Mobil yang berbentuk van tersebut dilaporkan raib ketika tengah diparkir di sebuah Rest area yang ada di sekitar jalan tol di Derbyshire. Pihak Kepolisian pun nampak kesulitan mengungkap kasus pencurian ini karena minimnya petunjuk di lapangan. Hingga berjalan hampir satu tahun kasus ini nyaris tak terungkap. Sampai akhinya database kepolisian mendapatkan update gambar terbaru dari Google Street View. Dalam updatetan gambar tersebut secara tak terduga terdapat gambar yang memperlihatkan dengan jelas proses pencurian mobil yang hilang tersebut. Foto ini sendiri berhasil membuat kepala polisi Adrian Mason kagum, karena mendapatkan gambaran yang begitu jelas tentang prosess pencurian tersebut. Ia juga bersyukur karena Google Street View, kebetulan melewati area tersebut dan merekam segala aksi kriminal tersebut dengan jelas yang Ia anggap dapat sangat membatu tugas Polisi. Si pencuri mobil ini sendiri akhirnya berhasil ditangkap Polisi 2 tahun kemudian, setelah mereka mengantongi identitasnya berkat hasil rekaman dari Google Street View.


Kasus Penyekapan Dan Perampokan Oklahoma City



Seorang warga kota Oklahoma City, Amerika, sempat mengalami teror berkepanjangan akibat trauma yang Ia alami setelah mendapak kunjungan dari sekelompok pencuri yang kemudian menyekapnya selama tak kurang dari 1 jam saat para pencuri tersebut menjarah segala barang yang bisa di jual dirumahnya. Saat Ia di sekap oleh kelompok ini, warga tersebut bahkan mengaku dirinya selalu mendapatkan todongan senjata api. Hal yang selalu membuatnya merasakan ketakutan dan trauma tiap kali Ia mengingatnya. Terlebih lagi dengan fakta bahwa kelompok pencuri tersebut tak bisa di jerat oleh hukum karena kurangnya bukti. Akibatnya orang-orang yang merampoknya tersebut bebas berkeliaran, sementara warga tersebut terus di hantui kecemasan takut kalau peristiwa yang meninpanya bakal terulang lagi.

Sampai akhirnya Google Street View melakukan mengupdate database mereka dengan foto terbaru yang mereka dapat di sepanjang jalan di wilayah tersebut. Saat itulah ditemukan sebuah rekaman yang memperlihatkan dua orang anggota kelompok pencuri tersebut sedang dengan santai keluar dari rumah warga tersebut tepat di hari peristiwa perampokan tersebut terjadi. Dengan hasil rekaman ini Polisi akhirnya dapat menyusun bukti dan merangkai kembali kasus tersebut untuk mengungkap identitas para pelaku. Meski kasus ini sendiri sudah terjadi tiga tahun yang lalu, Pihak kepolisian tepat yakin dapat mengungkap identitas para pelaku ini dengan adanya hasil rekaman dari Google Street View tersebut.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa aksi kriminal yang berhasil terungkap berkat adanya teknologi Google Street View. Hal ini sekali lagi membuktikan jika teknologi yang ada saat ini bisa benar-benar membantu bahkan ke hal yang menyangkut pengungkapan aksi kriminal jika di manfaatkan dengan baik.

Referensi:

therichest.com/shocking/15-crimes-that-were-solved-by-google-earth/