Pantai Dengan Ombak Paling Mematikan Di Dunia


Pantai merupakan salah satu tempat paling indah di dunia. Karena itu pantai sering kali di jadikan destinasi wisata bagi orang-orang untuk menikmati masa liburan mereka. Di pantai kita bisa melakukan banyak hal, mulai dari sekedar bermain pasir atau melakukan snorkling untuk melihat keindahan biota laut yang ada. Selain kedua hal yang tak kalah menyenangkan itu, beberapa pantai tertentu yang memiliki ombak yang besar juga bisa digunakan untuk berselancar oleh para surfers.

Pantai dengan ombak yang besar seperti ini seringkali bahkan menjadi tempat yang di buru oleh para surfers di dunia. Mereka biasanya rela datang kemanapun itu untuk menemukan pantai dengan ombak yang mereka idamkan, tak peduli meski pantai itu ada di tempat yang sangat terpencil sekalipun. Pantai-pantai dengan ombak yang besar ini memang sangat menggiurkan bagi beberapa orang, namun ombak-ombak yang besar ini tak hanya dapat memberikan kesenangan bagi para surver, karena di balik ombak yang menawan ini tersimpan pula bahaya yang siap mengintai mereka yang lengah. Ombak yang amat besar ini tak jarang bahkan merenggut nyawa orang yang coba menaklukanya. Karena itu ombak-ombak ini bahkan beberapa diantaranya mendapatkan julukan sebagai ombak yang paling mematikan didunia.

Nah informasi tentang ombak-ombak paling berbahaya didunia inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagikan informasinya dalam, Pantai Dengan Ombak Paling Mematikan Di Dunia, versi anehdidunia.com

Pantai Esperance, Australia

Pantai Esperance merupakan salas satu surga bagi para surfers yang terletak di Australia Barat. Pantai yang hanya bisa diakses menggunakan perahu dengan menempuh perjalanan selama 7 jam dari kota Pert ini, memiliki sebuah ombak legendaris bernama “Cyclops.” Sebuah ombak bertinggi 7 kaki yang memiliki gulungan yang sangat kuat dan cepat. Selain ombaknya yang menantang pantai ini juga menawarkan andrenalin ekstra dengan banyaknya terumbu karang tajam yang ada di bawah permukaan laut. Perairan ini juga di huni oleh banyak ikan hiu putih, karena itu selain harus waspada dengan terumbu karang dan gulungan ombak. Para surfers juga harus ekstra waspada dengan kemungkinan adanya hiu. Tapi tetap yang menjadi ancaman terbesar di pantai ini adalah Cyclops, karena ombak ini merupakan yang paling mematikan dan tercatat telah merenggut banyak nyawa.

Pantai Cape Town, Afrika Selatan

Benua Afrika, khusunya di Afrika Selatan, sudah lama dikenal memiliki perairan yang berbahaya. Laut di Afrika dikenal memiliki ombak yang besar dan cenderung stabil sepanjang tahun. Dan diantara banyaknya tempat yang memiliki ombak raksasa ini, pantai Cape Town bisa dibilang sebagai rajanya, karena di pantai ini terdapat sebuah ombak melegenda yang di sebut “The Dungeons.” Ombak ini di sebut the dungeons (penjara bawah tanah), karena memiliki tinggi yang luar biasa hingga dapat membuat orang seolah terpenjara di dalamnya. Namun bukan hal itu saja yang membuat the dungeons, menjadi ombak yang paling mematikan di dunia, tapi juga karena adanya puluhan hiu yang sering terlihat ikut tergulung bersama dengan ombaknya. Kemunculan hiu ini juga bukan hal yang aneh karena perairan Afrika memang dikenal sebagai lautan yang paling banyak didiami oleh hiu di seluruh dunia. Terlebih lagi perairan disini sangatlah dingin yang menjadikanya semakin mematikan.

Baca Juga:  Para Orang Tua Yang Lalai Hingga Anaknya Tewas

Pantai Teahupoo, Tahiti

Teahupoo merupakan nama sebuah desa kecil yang ada di wilayah sebelah selatan pulau Tahiti yang ada di gugusan Polenesia. Tempat ini sering disebut sebagai salah satu lautan yang paling menantang bagi para peselancar. Selain ombaknya yang rata-rata memiliki ketinggian antara 2 – 3 meter, wilayah pantai Taehuppo juga dipenuhi dengan terumbu karang tajam yang bisa dengan mudah melukai tubuh para peselancar. Namun anehnya justru hal inilah yang membuat banyak orang tergila-gila dengan ombak yang ada di Taehupoo, karena dianggap menawarkan sensasi adrenalin yang tak tertandingi. Sampai saat ini sendiri hanya ada satu laporang irang yang meninggal karena gullungan ombak di Taehupoo, namun untuk uruan korbal luka-luka sudah tak terhitung banyaknya. Jadi tak salah kalau menyebut ombak di Taehupoo sebagai salah satu yang paling mematikan didunia.

Mavericks, California

Maverisks merupakan sebuah perairan yang terletak di wilayah Segitiga Merah, California. Tempat ini mendapatkan reputasi sebagai salah satu perairan dengan ombak paling mematikan di dunia, tak hanya karena ombaknya yang besar, namun juga karena beberapa trak rekor lain yang menyeramkan. Beberapa trak rekot tersebut diantaranya adalah laut di perairan ini yang terkenal sangat dingin, belum lagi tempat ini juga merupakan wilayah yang di huni oleh banyak hiu putih besar. Karena itu Mavericks tak hanya berbahaya bagi para peselancar yang masih pemula namun juga bagi mereka yang sudah pro sekalipun. Perairan ini sendiri telah tercatat menelam banyak nyawa, dimana salah satunya adalah peselancar Sion Milosky yang tewas akibat tergulung ombak. Ombak di wilayah Mavericks terkenal sangat ganas karena sangat besar dan mampu membuat seorang peselancar terjebak di dalam air dalam waktu yang lama, hingga akhirnya tenggelam.

Waimea, Hawai

Waimea merupakan pantai sekaligus teluk yang terketak di kepulauan Hawai. Waimea begitu populer dikalangan para peselancar karena dikenal memiliki ombak yang amat tinggi dan bisa mencapai 20 kaki (7meter-), yang bergulung dengan liar. Ombak ini tak hanya akan menguji nyali, namun juga membutuhkan skill tnggi untuk menaklukanya. Karena itu biasanya hanya seorang peselancar yang sudah ahli saja yang bisa menaklukan ombak di Waimea. Menurut laporan yang ada, korban pertama yang tewas akibat keganasam ombak Waimea terjadi pada tahun 1943 dan semenjak itu sudah tak terhitung lagi nyawa yang menghilang akibat gulungan ombak ganas yang ada di Waimea.

Baca Juga:  Benarkah Kucing Bernyawa 9

Puerto Escondido, Meksiko

Di kenal dengan banyak nama mulai dari Mexican Pipeline hingga La Muerte de Esco, Puerto Escondido merupakan spot untuk berselancar yang sangat terkenal di Meksiko. Perairan ini dikenal memiliki ombak yang sangat ganas dan telah menewaskan banyak orang, baik itu turis maupun peselancar. Tak hanya memiliki ombak yang ganas, perairan ini menjadi begitu berbahaya juga karena adanya sebuah jurang bawah laut yang berukuran cukup dalam. Jurang ini tentu akan sangat mematikan jika di kombinasikan dengan gulungan ombak yang ganas. Kebanyakan korban yang meninggal di perairan ini, biasanya terdorong kedalam jurang ini setelah ia tergulung ombak. Kalau sudah begini orang biasanya akan sulit untuk menyelamatkan diri karena sudah terlanjur terdorong ke wilayah laut yang dalam hingga tak bisa kembali kepermukaan dan meninggal.

Banzai Pipeline – Oahu

Terletak di wilayah sebelah utara pesisir pantai Oahu, Banzai Pipeline merupakan sebutan bagi ombak paling mematikan di dunia yang memegang rekor sebagai ombak dengan korban jiwa terbanyak di dunia. Sudah tak terhitung lagi jumlah korban yang meninggal akibat ombak ini, baik itu peselancar maupun wisatawan biasa. Namun yang aneh dari data jumlah korban yang ada, justru para peselancar profesional yang menjadi korban terbanyak. Korban pertama dari Banzai Pipeline sendiri tercatat jatuh pada awal tahun 60. Saat melihat ombak ini, banyak orang yang merasa tertipu karena Banzai Pipeline sebenarnya bukan ombak yang memiliki ketinggian yang luar biasa. Ombak yang ada diwilayah ini bahkan cenderung lenih rendah dari ombak di pantai lain. Hanya saja dibalik itu, Banzai Pipeline menyimpan ancaman yang jauh lebih tinggi karena ombak ini memiliki daya tekan yang amat kuat. Ombak ini bisa muncul dari dalam laut Oahu yang tenang secara tiba-tiba karena dorongan kuat dari dasar laut. Dorongan inilah yang menghasilkan ombak dengan gulungan yang amat kuat. Hal ini menyebabkan seorang peselancar yang jatuh saat menaiki Banzai Pipeline akan langsung terdorong de dasar laut yang berkarang dengan sangat cepat. Saat itulah biasanya seorang peselancar akan mendapatkan cidera yang amat serius hingga berujung kematian. Faktor inilah yang membuat banyak korban tak selamat setelah tergulung ombak di Oahu sekaligu menjadikan ombak ini sebagai yang paling mematikan di dunia.

Sahabat anehdidunia.com itulah daftar pantai dengan ombak paling berbahaya di dunia. Bagaimana menurut kalian, manakah yang paling berbahaya?

Referensi:

https://www.10deadliest.com/10-treacherous-surfing-locations/

Berita Aneh Unik