Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengendalikan Mimpi Dengan Lucid Dream

Lucid Dream (LD) adalah kondisi dimana kita bisa mengendalikan mimpi kita. Di LD ini mimpi terlihat sangat nyata dan kita benar-benar merasakan apa yang terjadi, tidak seperti di mimpi biasa yang cenderung seperti TV layar lebar dan kita hanya menjadi penontonnya.Panca indra anda akan tetap berfungsi, anda tetap bisa merasakan hidung anda kempas-kempis (hal ini yang saya pertama kali lakukan untuk menguji apa panca indra saya masih berfungsi pada saat saya melakukan LD), dan gerakan-gerakan kecil lainnya yang anda lakukan. Dan karena panca indra masih berfungsi, anda tetap bisa merasakan emosi, senang, sedih, terharu dan sebagainya.


Apa Manfaat Lucid Dreaming?
Manfaatnya jelas untuk bisa melakukan sesuatu yang tidak bisa kita lakukan di dunia nyata, anda bisa menjadi superhero, power rangers,atau mendapatkan pacar dari wanita paling cantik yang anda dambakan, dan lain sebagainya. sebagian sumber mengatakan LD bisa menambah kreativitas, rasa percaya diri, dan mengatasi phobia. Contoh: anda mempunyai phobia dengan ular, lalu di mimpi anda, anda membayangkan ada ular di hadapan anda, dan anda menyadari bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari ular, beberapa berkhayal secara berlebihan seperti, ular akan mengigit anda , ular akan membunuh anda dengan racun . Dan di Lucid Dream anda bisa mengevaluasi, "Apa yang anda takutkan dari ular" bahkan anda bisa saja membunuh ular tersebut di dalam mimpi anda.


Apa yang bisa dilakukan di Lucid Dreaming?
  • Banyak sekali dan bervariasi, terbang kesana-kemari adalah yang paling umum. sedikit referensi :
  • Tingkat Pemula berjalan di atas air, terbang ke angkasa, menyelam jauh ke dasar laut, dan lain-lain
  • Tingkat moderat memiliki kekuatan super, menyelamatkan teman wanita anda dari bahaya, menjadi figur game dan menjalani game itu secara real
  • Tingkat Sulit Melakukan persetubuhan, mencari inspirasi untuk di bawa ke dunia nyata.

Adakah dampak negatif dari Lucid Dream?
Selama tidak dilakukan secara berlebihan LD sama sekali tidak berbahaya dan tidak menyebabkan dampak negatif, mungkin beberapa orang akan stres jika yang dia bayangkan hal-hal yang mengerikan, contoh: membunuh monster, memburu hantu di rumah kosong, dan lain-lain, jika terlalu sering dilakukan akan berpeluang terbawa ke dunia nyata, seperti memburu hantu di rumah kosong, jika terlalu sering dilakukan akan terbawa ke kehidupan nyata, dan setiap dia melihat rumah kosong, dia menganggap ada hantu di dalamnya dan menjadi paranoid. di kasus yang agak ekstrim yaitu kehilangan motivasi untuk berusaha di dunia nyata, karena semua bisa dia lakukan dengan hanya melakukan LD.


Bagaimana Cara Melakukan Lucid Dream? 
  1. Rileks, tenangkan pikiran anda, atur nafas anda, dan gunakan baju tidur yang nyaman, ingat dan fokus bahwa anda ingin melakukan Lucid Dreaming, bisa juga dengan bantuan headphone audio
  2. Jaga pikiran anda tetap konsentrasi namun santai, agar anda masih bisa tetap tertidur, contoh: menghitung angka 1-100, tiap hitungannya akan membuat anda semakin rileks, dan biarkan angka-angka tersebut menghilang dan tertidur, menghitung domba, membayangkan diri anda sedang naik-turun tangga.
  3. Sleep Paralysis/tindihan (SP) di kondisi ini anda akan merasa dibebani beban yang sangat berat, dan sulit bernafas, jika anda takut dan terbangun, Lucid Dream anda akan gagal.
  4. Black Out/Ruang hitam kelam, anda akan memasuki ruangan yang gelap untuk beberapa saat sebelum memasuki LD jangan terbangun atau LD anda akan gagal.
Berikut adalah metode-metode yang digunakan untuk membawa anda mengalami Lucid Dreaming:

Peka terhadap mimpi
Ketika anda merasakan, melihat, dan/atau mendengar sesuatu yang aneh dan tak biasa anda jumpai di kehidupan nyata, segera tanya pada diri anda, apa anda sedang bermimpi atau tidak, jikan anda berhasil mengetahui jika anda bermimpi, anda telah masuk ke dalam Lucid Dream dan siap menjelajah mimpi. (metode ini biasa saya pakai)

Tanya Diri Sendiri
Selama anda beraktifitas seperti biasa, dalam keadaan terjaga, tanya pada diri anda, "apa saya bermimpi?" ulang terus sebanyak-banyaknya saat anda terjaga, sehingga anda akan terbiasa untuk menanyakan hal itu pada diri anda sendiri, bahkan ketika anda sendang bermimpi, dan jika anda menanyakan hal itu saat anda bermimpi, anda akan sadar bahwa anda sedang bermimpi. Dan anda akan mengalami Lucid Dream.

Membuat jurnal mimpi
Siapkan pena dan jurnal anda di sebelah anda tidur, karna rata-rata orang melupakan 955 mimpinya setelah kurang lebih 1 jam dia terbangun.langsung tuliskan semua mimpi anda di jurnal mimpi anda, dengan menulis jurnal mimpi anda akan lebih terrangsang dan peka terhadap hal-hal aneh dalam mimpi, dan dalam seketika anda akan tahu kalau anda sedang bermimpi dan menjadi Lucid Dream. saran saya: pisahkan antara mimpi biasa (sebelum anda menyadari bahwa itu LD) dan mimpi anda ketika anda melakukan LD.

Menuliskan huruf "A" 
menuliskan huruf "A"yang berarti awake/terbangun di telapak tangan anda selama anda terjaga. huruf A ini akan semakin menantang anda apakah anda sedang terjaga atau bermimpi, terus ulangi setiap hari, dengan menuliskan huruf "A"  dan melihatnya setiap hari, mungkin di mimpi anda akan terbawa. dan ketika sedang bermimpi anda melihat huruf "A" tersebut anda akan menyadari bahwa anda sedang bermimpi atau otomatis Lucid Dream.

Melihat kembali jurnal mimpi 
Melihat kembali jurnal mimpi yang telah anda buat, ini akan mengingatkan anda terhadap mimpi-mimpi sebelumnya, yang mungkin tanda-tandanya akan muncul kembali di mimpi anda selanjutnya, dan ini akan memudahkan anda untuk menyadari bahwa anda sedang bermimpi. manfaat lainnya dari metode ini adalah membangkitkan emosi atau rasa yang pernah anda rasakan di mimpi sebelumnya. saran saya gunakan metode ini ketika anda sudah memiliki jurnal Lucid Dream, seperti hipnotis, orang yang sudah pernah dihipnotis akan lebih mudah di hipnotis setelahnya karena dia sudah tau bagaimana rasanya berada di dalam keadaan hipnotis. membaca jurnal mimpi anda akan mengingatkan anda bagaimana rasanya ketika anda mengalami Lucid Dream terdahulu.

Video cara melakukan Lucid Dream

sumber:https://duniakita-ind.blogspot.com/2013/01/tips-mengendalikan-mimpi-lucid-dream.html