Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Ala Robin Hood Di Dunia Nyata

Membagikan harta pada rakyat miskin ya itulah mungkin motto para pahlawan seperti yang pernah kita tonton filmnya. Film robin hood salah satunya. Robin Hood adalah tokoh dalam cerita rakyat Inggris. Ia adalah seorang bangsawan yang menjadi musuh Sheriff of Nottingham atau Prince John, melawan pejabat yang korupsi untuk kepentingan rakyat. Ia memimpin 140 orang yang disebut "Merry Men". Di dunia saat ini, sangat susah kita temui sosok robin hood yang rela membagikan sebagian hartanya kepada orang yang membutuhkan. Namun legenda robin hood di dunia nyata ini pernah terjadi. Berikut kisah dan aksinya kami tampilkan untuk melengkapi Kisah Bandit Yang Jadi Pahlawan Rakyat Jelata.

Juan Manuel Sanchez Gorduio


Aksi Walikota ala Robin Hood di Spanyol ini sempat menggergerkan negeri Matador. Juan Manuel Sanchez Gorduio pada bulan Agustus 2012 lalu menjadi buah bibir di negerinya, pasalnya lelaki berusia 59 tahun ini telah memimpin perampokan sebuah supermarket dan menyerahkan hasil rampokanya ke masyarakat miskin. Selain itu sang wali kota juga anggota perwakilan rakyat daerah di Andalusia ini memimpin demontrasi selama 3 minggu, menentang kebijakan penetapan anggaran yang dicanangkan pemerintah pusat.

Dalam aksi ini 7 orang telah ditangkap dan sang walikota tak dapat ditangkap karena mempunyai kekebalan hukum terkait statusnya sebagi anggota DPR D Andalusia. Akan tetapi sang wali kota yang melakukan 2 penyerbuan ini menyatakan siap melakukan penyerbuan lagi dan juga siap ditahan. Atas aksi perampokannya ini membuat Juan Manuel Sanchez Gorduio terkenal di seantero negeri, bahkan banyak orang yang menyalaminnya dan mengucapkan terima kasih atas sikapnya melawan pemerintah yang menetapkan anggaran publik.

Salvatore Giuliano


Salvatore Giuliano lahir di Sicilia tahun 1922 dan dibesarkan di sebuah pedasaan oleh pasangan petani. Tahun 1935 ia terpaksa berhenti sekolah dan membantu ayahnya di ladang karena adik kecilnya diambil pasukan militer Italia.

Suatu ketika, ia ketahuan bertransaksi gandum dengan para sesama penduduk. Polisi yang mengetahui aksinya mencoba memeras Giuliano yang kala itu masih berusia 20 tahun. Giuliano menolak dan berontak. Setelah perkelahian yang cukup panjang, ia tak sengaja menembak polisi tersebut.

Ia kemudian dianggap sebagai bandit dan sepanjang hidupnya selalu dikejar. Dalam pengejarannya, ia membentuk pasukan yang melakukan pemberontakan dan membantunya. 10 tahun lamanya, Giuliano berkarier sebagai perampok baik hati yang mencuri untuk dibagikan pada rakyat. Targetnya adalah mereka yang kaya.

Dermawan Misterius di Jerman
Pada bulan Maret 2012 lalu warga Jerman dikejutkan dengan kehadiran seorang dermawan misterius yang berasal dari kota kecil Braunschweig, Jerman. Sepeti yang dilaporkan BBC sampai saat ini tidak ada orang yang mengetahui identitas orang tersebut. Sampai saat ini, dermawan tersebut telah membagikan uang sebesar 190.000 euro atau setara dengan 2 milyar rupiah lebih.

Uang-uang tersebut diisikan pada sebuah amplop putih, dan setiap amplop berisikan uang dengan jumlah yang berbeda. Amplop berwarna putih tanpa tulisan apapun itu biasanya ditinggalkan sang dermawan di bawah keset di dalam gereja. Bahkan kadang-kadang di dalam amplop tsb. ada keterangan Bagaimana Caranya Menggunakan Uang tersebut.

Jasmin Rivera


Seperti kita ketahui Robin Hood adalah seorang laki-laki yang selalu membawa panah dalam setiap aksinya, akan tetapi pada dunia nyata ternyata ada seorang Robin Hood Wanita tepatnya di Amerika Serikat yaitu Jasmin Rivera. Wanita berusia 31 tahun ini merampok sebuah Citizen Bank yang terletak di kota Boston Amerika.

Dengan menggunakan pistol, Jasmin menodongkan senjata api tsb. kearah kasir lalu menyuruh kasir itu menaruh uang kedalam kantong. Kemudian setelah itu Jasmin pun memberikan uang sebesar US$ 652 atau sekitar Rp. 6,2 juta . Dalam melakukan aksinya Jasmin selalu menggunakan taksi, ia pun menyuap supir taksi untuk merampok bank lainnya. Jasmin berhasil ditangkap saat membagikan hasil rampokannya disebuah taman bermain anak-anak. Jasmin mendapat julukan " Famale Robin Hood".

Hacker Sumbangkan Uang Curian Kartu Kredit
Sebuah kelompok peretas (hacker) mengklaim telah membobol situs intelijen swasta di Amerika Serikat dan mengambil data-data kartu kredit klien mereka. Seolah mencontoh Kisah Robin Hood, mereka menggunakan kartu kredit itu untuk menderma kepada berbagai lembaga amal.

Klaim ini disampaikan oleh kelompok hacker Anonymous yang terkenal kerap menghancurkan sistem keamanan berbagai situs pemerintah di seluruh dunia. Dilansir dari Daily Mail, Senin 26 Desember 2011, Anonymous mengatakan berhasil mencuri data ribuan klien Stratfor, sebuah lembaga intelijen swasta di Texas.


referensi:http://id.wikipedia.org/wiki/Robin_Hood/http://www.vemale.com/inspiring/lentera/54344-7-robin-hood-asli-yang-hidup-di-dunia-1.html/http://sigablogs.blogspot.com/2012/09/kisah-kisah-robin-hood-di-dunia-nyata.html