Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekor Macet Terparah Di Dunia

Segala hal yang berbau macet memang tidak ada yang menyukai, entah itu kredit macet, jalanan macet dan lain lain. yang kita bahas kali ini adalah kemacetan jalan raya paling parah yang pernah terjadi di muka bumi. Seperti halnya di Jakarta yang terkenal akan kemacetannya, yang sering membuat orang berlomba untuk melakukan kegiatan lebih awal untuk menghindari macet. Biasanya macet yang terjadi di ibukota kira kira durasinya 1 hingga 3 jam. Bagaimana jika anda bandingkan dengan kemacetan lalu lintas terparah yang pernah terjadi di dunia ini? Sahabat anehdidunia.com berikut ulasannya.

Kemacetan Lalu Lintas Terparah Di Cina Sepanjang 100 Km


Sahabat anehdidunia.com kemacetan yang pertama terjadi di kawasan rute Beijing Tibet, sejumlah pengendara kendaraan harus terjebak kemacetan sepanjang 100 km dan menghabiskan waktu kurang lebih 12 hari, peristiwa ini terjadi pada Agustus 2010. Para pengendara hanya mampu memacu 2 km/jam dalam dua hari, dan bagi yang beruntung tiga hari baru dapat keluar dari kemacetan ini.

Kemacetan panjang ini disebabkan tidak hanya jumlah kendaraan yang melampaui daya tampung jalan raya, melainkan adanya truk-truk pengangkut beton yang membawa persediaan beton untuk perbaikan jalan di Beijing. Dan lebih parahnya lagi, beton tersebut salah satunya akan diturunkan di jalan raya yang sedang dilanda kemacetan ini.

Akibat kemacetan yang terjadi di rute Beijing - Tibet, para pedagang, baik kios maupun toko mendapatkan keuntungan. Para penjual dihari-hari kemacetan terjadi mengalami peningkatan penjualan, khususnya makanan dan minuman. Namun bagi para pengendara kurang beruntung, mereka menjadi korban pencurian akibat meninggalkan mobil terlalu lama.

Macet Parah Di Jepang 135 km



Peristiwa kemacetan yang terparah di dalam sejarah transportasi Jepang ini terjadi pada 12 Agustus 1990, ketika banyak warga Jepang yang baru pulang liburan musim panas dan mengungsi akibat daerahnya terancam Taifun Winona yang ganas.

Kemacetan mengakibatkan antrean mobil sepanjang 135 km, bahkan dikabarkan ada keluarga yang meninggal dalam perjalanan akibat kekacauan ini. Meskipun Kota Tokyo memang dikenal dengan tingkat kemacetan yang tinggi, namun jumlah kendaraan yang meningkat hingga dua kali lipat membuat badan jalan terisi seluruhnya oleh kendaraan.  

Kemacetan jalan Di North of Houston Panjangnya 160 km


Kemacetan ini dipicu oleh peristiwa mengungsinya 2,5 juta jiwa penduduk Houston untuk menghindari amukan Badai Rita di tahun 2005. Semua orang mencoba menyelamatkan diri dan keluarga mereka secara bersamaan, sehingga memadati jalanan di bagian utara Houston terutama rute 45, jalan raya antar negara bagian.

Evakuasi pada 2005 tersebut merupakan yang terbesar sepanjang sejarah Amerika Serikat, ketika ribuan manusia membanjiri jalan raya pada 21 September 2005. Dalam waktu 48 jam kemudian jalanan di Houston pun memadat dan tak bisa lagi ditembus oleh kendaraan hingga 160 km mulai dari Galveston hingga Dallas.

Untuk menghindari kemacetan yang lebih parah lagi, bahkan polisi patroli harus berlalu-lalang membawa bahan bakar untuk membantu kendaraan yang kehabisan bensin. Sementara para pengungsi harus menikmati kemacetan dengan berbincang-bincang di atas kap mobil, ataupun tiduran di dalam mobil.

Kemacetan Jalan Raya Di Lyon  Prancis Sepanjang 175 Km


Apa yang terjadi ketika ratusan orang kembali dari liburan murah mereka di Perancis? Kemacetan terparah di dunia dan terpanjang dalam sejarah. Menurut Guinness World of Records, dilaporkan kemacetan terpanjang dalam sejarah adalah 175 Km panjangnya, mulai dari Lyon ke Paris pada 16 Februari 1980. Kemacetan terjadi di jalan tol (Autoroute) Perancis sebagai akibat dari kemacetan jalan raya dan cuaca buruk.

Sedikit yang mengetahui mengenai berapa lama pengemudi terjebak dalam kemacetan ini, tapi pada jarak 175 Km dengan kecepatan yang sangat lambat dan cuaca buruk, mudah untuk dibayangkan betapa frustasinya para pengemudi dan penumpangnya. Pengalaman serupa juga sering dirasakan oleh masyarakat di Indonesia pada saat mereka menempuh perjalanan jauh untuk mudik ke kampung halaman menjelang lebaran.

Lalu Lintas Macet Di Rusia Sepanjang 201 Km


Kemacetan terparah di dunia juga pernah terjadi di rusia, sepanjang 201 kilometer menyebabkan para pengendara terjebak selama 3 hari di jalanan antara Moskow dan St Petersburg. Salju menyebabkan jalanan tertutup di tol M-10, yang menghubungkan 2 kota besar tersebut. Diperlukan 13.5 jam untuk melewati kemacetan ini, menurut laporan dari Huffington Post.

Macet Jalanan Di Sao Paulo  Brasil Sepanjang 293 Km



Dengan populasi penduduk lebih dari 11 juta jiwa, terjadi kemacetan parah di kota terbesar di Brazil ini. Kemacetan ini adalah salah satu kemacetan terparah di dunia yang pernah terjadi di kota dengan populasi penduduk lebih dari 11 juta jiwa ini. Tepatnya pada 10 Juni 2009, tercatat telah terjadi kemacetan sepanjang 293 kilometer atau 35% dari total jalan di San Paulo.

Meskipun baik di hari kerja maupun akhir pekan selalu macet, namun kemacetan yang terjadi kali ini disebabkan oleh meningkatnya kemampuan ekonomi dan gaya hidup masyarakat Brasil. Banyak dari mereka yang telah mampu membeli ataupun menyicil kendaraan khususnya roda empat. Dikabarkan setiap harinya 1.000 kendaraan berhasil dijual oleh para dealer mobil yang ada di berbagai kota di Brasil.

Klakson yang berulang ulang mengekspresikan kemarahan anda yang anda lakukan saat macet atau kata umpatan yang anda keluarkan, sebenarnya tidak perlu dikeluarkan. Sadarlah bahwa kemacetan yang anda alami tak seburuk yang di atas. Bersabarlah


referensi: 
http://www.carmudi.co.id/journal/kemacetan-terparah-sepanjang-sejarah/
http://www.apakabardunia.com/2013/06/5-rekor-kemacetan-terpanjang-dalam.html