Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara Dengan Transportasi Umum Paling Unik Di Dunia

Transportasi umum adalah kendaraan yang digunakan banyak orang untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Transportasi sejak lama telah diperkenalkan di hampir seluruh negara di dunia, tujuannya adalah untuk memudahkan akses perjalanan bagi orang-orang yang tak memiliki atau malas menggunakan kendaraan pribadi. Sistem pemakaian transportasi umum biasanya dibagi menurut rute perjalanan dan harga.

Di Indonesia sendiri banyak sekali jenis transportasi umum mulai dari yang tradisional seperti andong dan becak hingga yang modern seperti angkutan umum dan KRL. Semuanya masih ada dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun ada beberapa negara di dunia yang memiliki transportasi umum unik sehingga menggelitik dan menarik siapa saja yang melihatnya. Negara mana sajakah? Berikut 5 negara dengan transportasi umum paling unik di dunia versi anehdidunia.com.


Bamboo Train – Kamboja



Daftar pertama negara yang memiliki transportasi umum paling unik adalah Kamboja. Negara yang berada di wilayah Asia Tenggara ini punya satu jenis transportasi umum unik bernama Nori atau istilah asingnya Bamboo Train. Sesuai namanya, transportasi tradisional ini terbuat dari kayu dan bambu dan berjalan di atas rel yang dulunya bekas warisan Perancis dengan menggunakan sedikit daya listrik. Bamboo Train merupakan transportasi umum yang memiliki daya tarik tersendiri karena saat ini tak hanya digunakan oleh warga lokal saja namun juga wisatawan asing banyak yang ingin mencobanya. Uniknya transportasi umum yang memiliki kecepatan maksima 40 km/jam ini hanya melayani rute dari O Dambong sampai O Sra Lav saja yang hanya berjarak 3,7 km. Dengan jarak tersebut, penumpang dapat menikmati pemandangan indah sederhana Kamboja selama dua puluh menit.


Floating Bus (Hippo) – Kanada



Selain sebagai kendaraan yang bisa digunakan secaranumum, transportasi umum juga memiliki kelebihan dan keuntungan lain salah satunya adalah menjadi daya tarik untuk sektor pariwisata di wilayah tersebut. Seperti Floating Bus bernama Hippo yang ada di Kanada ini. Transportasi umum ini dibuat untuk tujuan menarik wisatawan asing berkeliling di sepanjang jalan Toronto, Kanada. Uniknya, Hippo adalah jenis transportasi amfibi alias bisa berjalan di darat dan di air. Hippo memiliki rute perjalan asyik yang disulap menjadi paket wisata tur selama 90 menit yang khusus ditawarkan kepada para wisatawan. Selain berkeliling kota Toronto, Hippo juga mengajak wisatawan asing untuk mengarungi Danau Ontario yang terkenal dengan pemandangannya yang indah serta perairannya yang tenang. Floating Bus khas negara Kanada ini mampu mengangkut sebanyak 40 penumpang untuk satu kali jalan.


Underground Funicular (Carmelit) – Israel



Carmelit adalah salah satu jenis transportasi umum paling unik di dunia yang dimiliki negara Israel. Transportasi umum ini termasuk jenis transportasi kereta bawah tanah atau tram kabel bawah tanah. Akan tetapi satu hal yang membuatnya lebih unik dibandingkan kereta bawah tanah yang lain adalah Carmelit tidak bergerak secara horizontal melainkan diagonal alias naik turun. Hal ini dikarenakan letak tram bawah tanah ini tepat berada di wilayah kota Haifa yang berada diatas Gunung Karmel. Carmelit memiliki empat gerbong dan enam stasiun yang masing-masing memiliki desain miring. Dengan jumlah enam stasiun tersebut, perbedaan ketinggian stasiun pertama dengan yang terakhir mencapai 274 meter! Transportasi umum ini hingga saat ini masih beroperasi meski beberapa kali mengalami tahapan renovasi besar-besaran.


Ice Angel – Amerika Serikat



Pulau Madeline adalah satu-satunya pulau berpenghuni yang ada di wilayah Wisconsin Apostle Islands, Amerika Serikat. Pulau Madeline merupakan salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan asing. Selama musim panas turis asing biasanya menyeberang menggunakan kapal feri dari Bayfield menuju Pulau Madeline. Namun pemandangan berbeda bisa dilihat ketika musim dingin. Danau Superior yang biasanya dilewati kapal feri akan berubah menjadi beku dan kendaraan umum berganti Ice Angel, salah satu jenis transportasi unik yang ada di dunia. Keunikan dari transportasi ini adalah kemampuan dan ketahanannya berjalan diatas es. Tak cukup itu saja, jika es yang membeku di perairan Danau Superior tak cukup kuat menahan gerak Ice Angel, maka fungsi baling-baling pesawat yang ada pada transportasi umum ini akan digunakan. Selain untuk akses wisatawan masuk, Ice Angel memiliki fungsi lain yakni sebagai sarana transportasi umum anak-anak di Pulau Madeline ketika akan bersekolah.


Hanging Train (Schwebebahn Wuppertaler) – Jerman



Jerman adalah salah satu negara di wilayah Eropa Barat yang sejak dulu terkenal hebat dalam memproduksi alat transportasi mulai dari mobil , kereta api bahkan pesawat terbang. Diantara sekian banyak transportasi canggih yang berhasil dibuat oleh negara Jerman, terdapat satu jenis transportasi umum yang cukup unik dan menarik bernama Schewebebahn Wuppertaler atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah kereta mengambang. Yup, jika rel kereta normalnya berada diatas lain halnya rel untuk kereta mengambang ini. Rel yang dipakai untuk Schwebebahn Wuppertaler berada dibawah sehingga kereta berjalan dibawahnya mirip kereta gantung yang seolah mengambang. Transportasi umum ini sudah ada sejak tahun 1901 dan hingga saat ini masih beroperasi yang setiap harinya membawa 75.000 penumpang dengan rata-rata kecepatan 60 km/jam. Bahkan kereta mengambang ini memiliki stasiun pemberhentian sendiri di Jerman sebanyak 20 tempat

Sahabatanehdidunia.com itulah lima negara yang memiliki transportasi umum paling unik di dunia. Ternyata dibalik keunikannya tersebut tersimpan banyak tujuan dan fungsi-fungsi penting lainnya. Sehingga keberadaan transportasi umum ini tidak hanya menarik saja namun juga fungsional. Kalau di Indonesia kira-kira manakah transportasi umum yang paling menarik?

Sumber referensi:
http://terselubung.in/8-transportasi-unik-dari-penjuru-dunia/
http://www.lonelyplanet.com/cambodia/northwestern-cambodia/battambang/activities/scenic-railway/bamboo-train
http://versesofuniverse.blogspot.co.id/2012/03/kereta-bergantung-schwebebahn.html
http://whenonearth.net/10-unusual-types-public-transport-around-world/