PLARIUSMODIFIKASI101

Desain Seni Luar Biasa Uang Koin Amerika Yang Bernilai Jual Tinggi

Saturday, February 03, 2018
Memang benar sebuah keindahan dalam seni itu sering sekali dilihat dengan mata (visual), dimana terkadang keindahan dalam seni pun hadir dalam bentuk selain fisik, semacam keindahan nada, ataupun kata-kata. Keindahan dalam seni pun terkadang dapat terlihat berbeda dari sudut pandang orang – orang yang melihatnya, ada yang mampu “menangkap” keindahan pada suatu seni, ada pula yang samar, bahkan tidak.

Dan keindahan dalam seni secara visual pun ternyata dapat pula kita temukan dalam sebuah desain pada uang koin (biasa kita sebut uang “receh”), dimana saya coba membagikan kepada sahabat bahwa negara Amerika dalam sejarahnya, pernah memiliki uang koin dengan desain bernilai seni tinggi, dimana desain tersebut dirancang oleh beberapa pemahat dan pematung terkenal di era mereka masing-masing, dan desain indah pun dapat dinilaikan juga dari nilai historisnya (Meskipun saya tetap berpendapat bahwa desain dari uang koin Indonesia pun sangat luar biasa dan bernilai seni tinggi). Berikut adalah untuk para kolektor koin, inilah Desain Penuh Seni Luar Biasa Dari Uang Koin Amerika versi anehdidunia.com

Liberty Yang Berdiri 25 Sen 1916-1930


Tahun 1916 adalah tahun yang besar bagi uang koin, dengan desain ulang yang hampir setiap denominasi besar dilakukan, sehingga selamanya mengubah pandangan dari uang koin Amerika. Diantara banyaknya desain uang koin, desain “Liberty Yang Berdiri” adalah desain yang penuh estetis yang berasal dari gagasan pemahat terkenal bernama Hermon Atkins MacNeil. Ia terkenal karena karyanya yang berhubungan dengan sejarah orang Indian dan Amerika, terutama pada bangunan umum dan monumen. Yang Hermon coba gambarkan adalah desain yang dapat dilihat secara nyata, dimana bagian depan uang koin menampilkan Liberty yang berdiri tegar, sebuah gambaran yang mengingatkan pada patung kuno Yunani, dengan cabang zaitun “kedamaian” di tangan kanannya, dan lengan kirinya yang terangkat dengan memegang perisai dalam posisi perlindungan diri.

Dan bagian belakang koin, seperti yang diamanatkan oleh undang-undang Amerika, menggambarkan seekor elang Amerika yang sedang dalam mode penerbangan total, sehingga benar-benar desain uang koin yang mencitrakan Amerika. Tapi uang koin ini pun bukan tanpa skandal. Sahabat anehdidunia.com tampaknya tuan Hermon membiarkan payudara bagian kanan dari “Lady Liberty” terbuka seperti contoh aslinya, yang mengakibatkan kegemparan di masyarakat yang sopan dan memaksanya untuk melakukan perancangan ulang dengan cepat untuk menutupi tumbukan dalam masyarakat yang tersinggung hatinya. Pada tahun berikutnya, bagian yang diprotes masyarakat pun telah tertutup sempurna dengan pakaian dan meredakan suasana protes sebelumnya.

Nikel Kerbau 5 Sen 1913-1938


Desain uang koin ini adalah yang paling mudah dari semua desain uang koin klasik Amerika. Uang koin ini didesain oleh James Earle Fraser, mantan asisten Saint-Gaudens dan seniman produktif yang terkenal dengan patung Indian “End of the Trail” nya yang monumental dan benar – benar unik. Sahabat anehdidunia.com desain milik Fraser ini, bagaimanapun, secara akurat menggambarkan orang Indian sebagaimana mereka terlihat, dengan orang Indian didepan yang menjadi gabungan tiga kepala suku yang telah berpose untuknya. Dengan tema Amerika yang jelas, ia juga memasukan desain Bison Amerika dibagian belakang uang koin, dan dengan demikian menciptakan sebuah maha karya yang merupakan salah satu uang koin yang sangat dikenal di Amerika, bahkan sampai sekarang, yang telah lebih dari 70 tahun sejak uang koin ini berhenti diproduksi. Akibatnya, kini uang koin ini menjadi salah satu uang koin paling populer untuk dijadikan koleksi.

Liberty Berjalan 50 Sen 1916-1947


Pada tahun 1916, perubahan besar tidak hanya terjadi pada budaya Amerika, tapi juga pada uang koin Amerika. Dengan keinginan untuk tidak hanya mengganti desain James Barber abad 19, namun untuk lebih menonjol dipanggung dunia, para pencetak uang ditugaskan untuk menghasilkan desain uang koin baru yang menarik agar dapat bersaing dengan rekan-rekan Eropa mereka, sehingga jadilah sebuah desain uang koin paling artistik yang pernah ada pada uang koin. Desain luar biasa ini di desain oleh seorang pematung kelahiran Jerman bernama Adolph A. Weinman, Adolph adalah seorang mahasiswa dari Augustus Saint-Gaudens (Tokoh pada uang koin didaftar setelah ini) yang terkenal. 

Untuk desain bagian depan uang koin, Adolph memilih sosok Liberty yang sedang menyongsong fajar dihari baru, dengan kilauan cahaya matahari dibelakangnya, sosok Liberty digambarkan sedang membawa cabang pohon salam dan pohon ek yang melambangkan kemuliaan sipil dan militer. Dan bagian belakangnya, menggambarkan seekor elang agung yang bertengger diatas tebing gunung, dengan pose lipatan sayapnya yang menunjukan kekuatan, dengan sebatang pohon cemara gunung yang melambangkan lompatan Amerika. Uang koin ini pun akhirnya berhenti diproduksi pada tahun 1947.

Saint-Gaudens Potongan Emas 20 Dolar 1907-1933


Desain uang koin adalah “produk” dari salah satu pematung utama terkenal didunia pada saat itu, Augustus Saint-Gaudens. Uang koin ini sering disebut “Saint-Gaudens Double Eagles” karena dianggap oleh banyak orang sebagai uang koin Amerika terindah yang pernah dirancangnya. Desainnya menunjukan “Lady Liberty” yang sangat ideal dengan dikelilingi oleh kilauan cahaya yang juga terdapat dibagian belakang uang koin yang menerangi elang besar dipertengahan penerbangannya.

Uang koin ini juga memiliki perbedaan yang menjadi satu-satunya uang koin Amerika dimana tanggal dituliskan dalam angka romawi (meskipun ini hanya terproduksi dalam beberapa bulan setelah uang koin ini di edarkan pada tahun 1907, setelah angka dikembalikan kedalam penomoran biasa). Sahabat anehdidunia.com fitur menarik lainnya adalah bahwa uang koin ini memiliki bintang yang melingkari setiap sisi koin bagian depan. Uang koin ini pun juga menjadi salah satu uang koin paling berharga Amerika yang terlelang mencapai nilai jutaan dolar dan menjadi uang koin paling dicari dalam sejarah Amerika, setidaknya bagi para kolektor.

Kepala Presiden Kennedy 50 Sen 1964 Sampai Saat Ini (2018)


Meskipun mungkin bukan uang koin dengan desain yang indah seperti sebelumnya, desain penghormatan kepada sang Presiden ini memegang rekor uang koin yang paling cepat dirancang dalam sejarah Amerika. Ketika seseorang menganggap bahwa kurang dari sembilan minggu berlalu antara kematian sang Presiden dan pencetakan pertama kali uang koin ini pada bulan Januari 1964 (dimana Presiden John F. Kennedy tewas dibunuh pada tanggal 22 November 1963).

Untungnya, elemen yang menjadi dasar desain uang koin sudah ada, profil yang digunakan sudah dirancang untuk uang koin berdesain Presiden ini dan segel Presiden yang digunakan dibelakang telah ada selama beberapa dekade yang membuat koin ini dapat lebih cepat diproduksi daripada seharusnya. Uang koin ini pun juga memegang rekor sebagai uang koin paling “ditimbun” dalam sejarah Amerika (terutama uang koin keluaran tahun 1964 dengan material Peraknya yang mencapai 90%, dan setelahnya hanya 40%) dan tetap menjadi koleksi populer sampai saat ini.

Flowing Hair Silver Dollar


Uang koin satu dolar dengan diameter 4 cm, koin dolar AS yang dikenal dengan nama ‘Flowing Hair Silver Dollar’ ini adalah pemecah rekor penjualan barang langka, karena bisa laku US$ 12 juta jika dijual saat ini. Uang koin tersebut dibeli oleh seorang kolektor pribadi Amerika Serikat bernama Bruce Morelan pada tahun 2013 sebesar US$ 10 juta (sekitar Rp 130,9 miliar). Banyak ahli percaya Flowing Hair Silver Dollar merupakan jenis uang koin yang pertama kali dikeluarkan dan dicetak oleh pemerintah AS. Jadi koin ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Saat pertama dikeluarkan pada 15 Oktober 1794 di Philadelphia, koin ini konon diperiksa langsung oleh Presiden George Washington. Pada hari tersebut, terdapat sekitar 1.758 keping yang diproduksi, namun tinggal 130 keping saja yang tersisa hingga saat ini.

Flowing Hair Silver Dollar memiliki fitur sosok patung Liberty dengan rambut panjang di satu sisi, dikelilingi oleh 15 bintang yang mewakili 15 negara bagian AS pada waktu itu. Sisi sebaliknya dihias gambar elang dengan sayap terbuka dan dikelilingi oleh karangan bunga. Pada 1795 desain rambut patung Liberty digantikan oleh desain baru. Koin ini telah diperiksa oleh Profesional Coin Grading Service di AS dengan skala penilaian 66 dari 70. Hal ini menunjukkan koin masih dalam kondisi baru dicetak dan merupakan kualitas tertinggi dari koin dolar produksi 1794 yang pernah diketahui. Para ahli mengatakan nilai sejarah dan budaya yang tinggi dari koin yang membuat harganya menjadi sangat mahal.

referensi:
usacoinbook.com/coins/2877/half-dollars/kennedy/1964-P/
blog.goldeneaglecoin.com/1964-kennedy-dollar-history/
news.coinupdate.com/8-facts-about-1916-1930-standing-liberty-quarters/
en.wikipedia.org/wiki/Buffalo_nickel
money.id/finance/koin-satu-dolar-as-ini-bernilai-ratusan-miliar-rupiah-160320q.html
ngccoin.com/coin-explorer/walking-liberty-half-dollars-1916-1947-pscid-42
ngccoin.com/coin-explorer/st-gaudens-20-1907-1933-pscid-70


close