Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Menarik Bandara Terapung Ahmad Yani Semarang

Bandar Udara Achmad Yani merupakan bandara yang terletak di kota Semarang, Jawa Tengah. Menurut sejarahnya Bandara ini dulunya merupakan pangkalan udara milik TNI Angkatan Darat yang mulai beroperasi sejak tahun 1966. Bandar Udara ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 1995 dan resmi menjadi bandara internasioanal pada tahun 2004 setelah Garuda Indonesia membukan rute penerbangan Semarang- Singapura.

Beberapa tahun yang lalu, bandara ini oleh pemerintah direnovasi untuk mengatasi kekurangan kapasitas bandara di Indonesia dengan megaproyek pembangunan terminal baru yang menelan anggaran hingga 2,08 triliun rupiah. Proses renovasi ini sendiri akhirnya rampung pada Kamis 07 Juni 2018 yang lalu. Saat ini bandara Achmad Yani telah resmi beroperasi setelah diresmikan oleh presiden Jokowi.

Tapi sahabat anehdidunia.com tahukah kalian jika bandara baru ini memiliki beberapa keunikan yang lain belum pernah ada di bandara lain yang ada di Indonesia? Kalau belum maka informasi kali ini wajib untuk kalian lihat, karena kami akan membagikan beberapa fakta unik tentang bandara Achmad Yani dalam ulasan berikut ini..selamat membaca

Bandara Terapung Pertama Di Dunia


Fakta unik yang pertama adalag bahwa bandara ini dibangun di atas rawa-rawa yang dikelilingi oleh kolam berair. Jadi seluruh area bandara mulai gedung terminal, gedung parkir, dan wetland park area semuanya sebenarnya berada di atas rawa.

Hal ini membuat bandara Achmad Yani Semarang merupakan bandara terapung pertama di Indonesia bahkan Dunia. Saat memasuki area bandara ini kita akan melewati hamparan rawa-rama hingga memasuki area terminal. Pemandangan ini tentu menghadirkan suasana baru bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan bandara yang ada di kota Semarang ini.

Ditanamani Tanaman Mangrove


Karena memiliki kontur tanah yang sedikit kurang stabil, pada awal pembangunanya banyak yang sedikit skeptis dengan kelayakan bandara ini dalam jangkan waktu yang panjang. Karena itu untuk mengatasi masalah ini disekitar area bandara ditanam sekitan 24 ribu bibit mangrove pada lahan seluas 4.478. Penanaman bibit mangrove ini dimaksudkan untuk memberkuat struktur tanah serta menghindari abrasi dari air laut.

Kapasitas Yang Melonjak Tajam


Sebelum mengalami renovasi seperti saat ini, kapasitas bandara Achmad Yani hanya mencapai sekitar 800 ribu orang, namun saat ini jumlah tersebut melonjak tajam jadi 6,9 juta penumpang. Kapasitas pemumpang penumpang ini melonjak tajam karena luas bandara baru sembilan kali lebih luas dari bandara lama.

Melonjaknya kapasits pemumpang ini juga diimbangi meningkatnya luas terminal kargo dari 774 meter persegi, kini menjadi 2.048 meter persegi atau tiga kali lipat lebih luas dari sebelumnya.

Memiliki Sistem Pengolahan Air Modern


Dewasa ini air merupakan sumberdaya yang cukup sulit diperoleh, terutama jika kebutuhan itu dalam skala yang besar. Untuk ukuran sebuah bandara yang besar, kebutuhan air di bandara Achmad Yani tentu tak kecil. Hal ini kian dipersulit dengan letak bandara ini yang berada di tempat dengan sumber air payau.

Karena itu selain mengandalkan PDAM sebagai pemasok kebutuhan airnya, Bandara Achmad Yani juga dilengkapi dengan sitem pengolahan air yang cukup modern. Dengan menggunakan sistem Reverse Osmosis (RO) bandara ini bisa merubah air payau dan air hujan menjadi air yang layak di konsumsi. Reverse Osmosis sendiri merupakan sistem pengolahan air buatan NASA yang bisa menyaring zat-zat polutan dalam air.

Mengusung Konsep Eco-Airport


Selain mengusung sistem engolahan air Reverse Osmosis, bandara Achmad Yani juga merupakan bandara dengan konsep Eco-Airport. Itu artinya bandara ini merupakan bandara yang ramah lingkungan. Dengan konsep go green ini artinya seluruh fasilitas yang ada di bandara Achmad Yani merupakan material yang ramah lingkungan. Hal ini bisa kita lihat dengan penggunaan lapu solar cell yang hemat energi karena menggunakan panas matahari sebagai sumber pengisi tenaganya.

Sagabat anehdidunia.com itulah beberapa fakta unik Bandara Achmad Yani, dengan segala kemajuan yang ada di bandara ini kita patut berbangga diri dengan Bandara yang ada di kota Semarang ini.

Refensi:
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3553744/5-fakta-menarik-terminal-baru-bandara-ahmad-yani-nomor-1-bikin-bangga
https://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Achmad_Yani