PLARIUSMODIFIKASI101

Lokasi Tempat Tinggal Paling Ekstrem Yang Ditinggali Manusia Diberbagai Negara

Sunday, July 08, 2018
Saat memilih tempat tinggal biasanya kita akan memilih tempat yang nyaman dan mudah dijangkau dengan fasilitas umum yang memadai. Namun yang namanya hidup kadang kita tak memiliki pilihan dan harus menerima pa yang ada. Termasuk soal memilih tempat tinggal, percaya atau tidak di dunia ini ada orang-orang yang memilih untuk tinggal dan membangun rumahnya di tempat yang tergolong ekstrim. Dan yang dimaksud tempat ekstrim disini bukan hanya sekedar istilah saja, karena ada orang yang benar-benar menbangun rumah mereka di tepi sebuah tebing hingga daratan yang dipenuhi lava.

Hebantnya mereka mampu membuat lingkungan yang ekstrim ini menjadi tempat yang setidaknya "layak" untuk di huni. Hal ini membuktikan bahwa manusia memiliki kemampuan yang luar biasa untuk beradaptasi pada lingkungan terekstrim sekalipun. Penasaran seperti apa saja tempat tinggal terekstrim yang di huni manusia ini, berikut sedikit ulasanya..

Hanging Monastery - China


Hanging Monastery merupakan sebuah biara unik yang terletad di Provinsi Shanxi, China. Biara yang ada di kota Datong ini menempel pada sebuah  tebing dengan ketinggian mencapai 75 meter dari permukaan tanah. Bangunan bersejaran ini diperkirakan sudah ada sejak 1.500 tahun yang lalu dan merupakan satu-satunya biara di China yang memiliki arsitektur bergaya Budha, Thao dan Konghuchu.

Tapi kenapa biara ini dibangun pada sebuah sebuah tebing yang curam dengan ketinggian yang cukup ekstrim? menurut sejarahnya konon letak biara ini di tempat yang tak lazim ini adalah untuk melindungi bangunan biara dari, panas dan hujan. Sahabat anehdidunia.com tebing yang ada dibelakang ada di belakang biara berfungsi sebagai pelindung dari perubahan cuaca dan juga sinar matahari.

Dan meski tergolong ekstrim biara ini masih dihuni oleh sekelompok biksu sekaligus merupakan destinasi wisata favorit di China. Karena itu sejak tahun 1982 oleh pemerintah China Hanging Monastery sudah dimasukan dalam daftar bangunan bersejarah yang dilindungi. Pada tahun 2010 Biara terapung ini juga berhasil masuk dalam 10 bangunan paling ekstrim dan berbahaya versi majalah Time.

Kalapana - Hawaii


Sahabat anehdidunia.com pernahkah kalian membayangkan tinggal disebuah tempat yang di kelilingi lava? terdengar mengerikan kan, tapi kondisi mengerikan inilah yang akan kita lihat di sebuah kota bernama Kalapana yang ada di Hawai. Sejak terkena letusan gunung berapi dalam skala besar pada tahun 1986, kota ini sebenarnya sudah tak layak untuk dihuni lagi akibat rusaknya sarana dan prasarana yang ada.

Pemerintah Hawai bahkan sudah mengeluarkan larangan resmi untuk menghuni area ini, namun meski begitu masih ada sekitar 35 keluarga yang tetap memilih untuk tinggal di kota mati ini. Sahabat anehdidunia.com banyak spekulasi mengenai keputusan ke 35 keluarga ini untuk bertahan, seperti karena ini merupakan tanah nenek moyang mereka hingga yang paling gila adalah karena adanya emas yang tersembunyi di tanah Kalapana. Hingga saat ini sendiri wilayah Kalapana masih sering terkena efek ledakan gunung berapi, yang terakhir kali bahkan baru saja terjadi awal Mei lalu.

Biara Meteora - Yunani


Saat pertama melihat Biara yang ada di Yunani ini, semua orang pasti akan merasa kagum karena letaknya yang berada di atas sebuat tebing batu raksasa. Biara bernama Meteora ini konon sengaja dibangun di atas sebuah tebing batu curam dengan alasan keselamatan dan keamanan penghuninya. Tapi bagaimana bisa tempat yang tergolong amat berbahaya justru bisa menjaga keselamatan dan keamanan orang yang menghuninya? Jawabanya tentu bisa karena Biara ini sengaja dirancang seperti ini untuk menyulitkan orang yang bermaksud jahat memasuki biara.

Bayangkan saja dengan letaknya ditebing curam berbatu dengan akses jalan yang sangat minim dan tinggi yang bisa membuat bulu kuduk berdiri, tentu hanya orang yang bernyali besar dan paham dengan medan yang ada yang bisa memasuki biara ini. Namun letak dari biara ini yang ekstrim juga memiliki kendalanya sendiri, karena jika sampai ada bencana alam atau perubahan pada kontur tanah tentu sangat beresiko pada bangunan yang ada. Dan sepanjang sejarah yang ada dari 24 biara yang awalnya ada ditebing berbatu ini, sekarang hanya tinggal 6 yang masih utuh karena 18 lainya sudah rusak akibat perubahan alam.

Kandovan - Iran


Sering mendapat julukan sebagai "kota semut," Kandovan merupakan sebuah kota unik yang ada di Iran. Kota ini memiliki ciri khas beberapa lembah batu yang dijadikan sebagai pemukiman oleh warga. Kita kita lihat teping batu ini mirip dengan sarang semut lengkap dengan lubang-lubang yang terlihat disekitar tebing.

Lubang-lubang ini sendiri sejatinya merupakan gua yang dijadikan rumah oleh warga. Hebatnya lagi struktur ini sudah ada sejak 700 tahun yang lalu, spektakuler kan! Menurut sejarahnya pemukiman unik uni muncul pada era penjajahan bangsa Mongolia di Iran. Sahabat anehdidunia.com warga yang kehilangan tempat tinggai dan sedang berusaha lari kemudian memutuskan untuk membuat rumah gua disekitar tebing untuk menghindari kejaran tentara mongol. Saat ini masih ada beberapa orang yang memilih untuk tinggal di rumah gua Kandovan, tapi jangan bayangkan jika mereka tinggal seperti manusia gua karena tempat ini sekarang sudah dilengkapi dengan listrik dan bahkan akses internet.

Rumah Pohon Korowai - Indonesia


Memiliki rumah pohon sepertinya terdengar menyenangkan, membangun rumah kecil diatas sebuah pohon yang rindang pasti sangat nyaman untuk bersantai. Tapi bagaimana jika rumah pohon tersebut berada di ketinggian sekitar 50 meter? masih berani, hal inilah yang akan kita lihat di Papua Barat. Di wilayah paling Timur Indonesia ini terdapat sebuah suku bernama Korawai yang membangun rumahnya di atas pohong dengan ketinggian yan fantastis. Suku yang mendiami wilayah Tenggara, Papua Barat ini membangun rumah mereka dengan cukup ekstrim untuk menghindari musuh dari suku lain. Dengan letak rumah mereka yang ada ditempat tinggi, jika ada suku lain yang menyerang mereka akan bisa menghalau mereka lebih cepat karena berada di tempat yang lebih tinggi.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa tempat paling ekstrim yang di huni oleh manusia. Jika kita pikir mungkin apa yang orang-orang ini lakukan dengan membangun tempat tinggal yang tak lazim mengkin terdengar konyol. Tapi nyatanya mereka memiliki alasan yang cukup masuk akal dibalik ekstrimnya tempat yang mereka pilih untuk membangun tempat tinggal mereka.

Referensi:
http://www.youramazingplaces.com/6-most-extreme-places-around-the-world-where-people-live/
https://www.boombastis.com/tempat-terekstrem-manusia/123849


close