PLARIUSMODIFIKASI101

Kisah Dibalik Pemberian Nama Nama Unik Di Indonesia

Tuesday, September 04, 2018
Setiap ada bayi yang baru lahir, semua orangtua pastinya akan memberikan nama terbaik untuk putra atau putri mereka. Ada yang bilang bahwa nama anak adalah doa dari orangtuanya agar nantinya bisa tumbuh sesuai dengan doa orangtua mereka. Namun, bagaimana jika ada orangtua yang memberi nama anak mereka dengan nama yang unik dan tak biasa? Nama anak mereka yang unik itu bukan diberikan secara asal-asalan, namun ada cerita di balik penamaan itu. Sempat kita dengar ada kabar orang bernama unik seperto Pajero Sport, Andy Go To School, Anti Dandruf, sampai dengan nama-nama personel Warkop DKI yang dijadikan satu, yaitu Dono Kasino Indro. Selain nama-nama tersebut, belum lama ini muncul nama yang tak kalah uniknya. Berikut adalah orang-orang dengan nama unik dan kisah di balik penamaan mereka.

Pintu Pemberitahuan


Akhir tahun 2017 lalu, media sosial dibuat heboh dengan munculnya pemuda Indonesia dengan nama yang unik dan tak biasa. Dia adalah Pintu Pemberitahuan. Pintu Pemberitahuan adalah pemuda asal Bantul, Yogyakarta dan merupakan mahasiswa Akademi Perikanan Yogyakarta. Menurut pemuda tersebut, dia sudah biasa melihat reaksi orang yang kaget setelah tahu namanya. Pemberian nama Pintu Pemberitahuan itu bukan asal-asalan, melainkan sudah direncanakan sejak awal. Sahabat anehdidunia.com sang ibu, Luwi Utami, menceritakan awal mula penamaan Pintu Pemberitahuan. Pada tahun 1998, sang suami sedang menggelar pameran lukisan di Jakarta. Namun karena pada tahun itu sedang krisis moneter alias krismon yang melanda Indonesia, sang ayah hanya memiliki harapan yang kecil agar lukisannya bisa terjual.

Namun tak disangka, salah satu lukisannya yang berjudul Pintu Pemberitahuan laku, dan terjual dengan harga Rp 20 juta. Terjualnya lukisan tersebut rupanya membawa berkah, karena setelah itu lukisannya banyak diburu oleh para kolektor. Dari situlah, sang ibu berpikir untuk menamai anaknya Pintu Pemberitahuan, sesuai dengan judul lukisan pertama suaminya yang terjual. Akhirnya, pada tanggal 26 Pebruari 1999 mereka dikarunai seorang anak, dan diberi nama Pintu Pemberitahuan. Konon, lukisan berjudul Pintu Pemberitahuan itu dibeli oleh Majalah Kartini. Lukisan Pintu Pemberitahuan itu menggambarkan seorang pria yang sedang menunggang kuda.

Tahanan PBB


Nama yang satu ini tak kalah unik bahkan aneh untuk sebuah nama. Ya, ada orangtua di Indonesia ini yang menamai anak mereka dengan nama Tahanan PBB. Tahanan PBB sendiri adalah seorang siswa SMP Negeri 2 Manado, dan merupakan anak dari pasangan Mohammad Yaqub dan Akilah. Diketahui, orangtua Tahanan PBB berasal dari Afghanistan yang kini tinggal di Rumah Detensi Imigran (Rudenim) Manado. Lalu, bagaimana kisah di balik penamaan Tahanan PBB? Awalnya, kedua orangtua Tahanan PBB ditahan di Rudenim Sumbawa. Lalu pada tahun 2010 dipindahkan ke Rudenim Manado. Sahabat anehdidunia.com karena nasib mereka yang tak jelas itu akhirnya menjadi inspirasi nama untuk anaknya. Nama Tahanan PBB dilekatkan pada dirinya sebagai ekspresi keputusasaan kedua orangtuanya. Mohammad Yaqub dan Akhila harus tertahan di Manado karena mereka bermasalah sebagai imigran.

Lebih unik lagi, ternyata Tahanan PBB punya seorang adik perempuan, dan namanya adalah Tahanan PBB Nomor Dua. Menurut Tahanan PBB, hal itu dikarenakan adiknya juga lahir di dalam sel atau penjara. Sayangnya, walau memegang akta kelahiran yang dikeluarkan pemerintah Indonesia, namun Tahanan tak mengaku dirinya sebagai orang Indonesia. Meski memiliki nama yang tak biasa, Tahanan PBB mengaku tak memiliki masalah dalam hal berteman. Teman-teman sekolahnya kerap membantunya, dan berlaku biasa layaknya anak seumuran. Tahanan PBB sendiri bercita-cita jadi seorang tentara.

Aisyah Bronze Al Chasanah


Putri yang lahir belum lama ini berhubungan dengan Asian Games, yang baru saja melangsungkan upacara penutupannya baru-baru ini. Aisyah Bronze Al Chasanah adalah putri dari salah satu atlet pencak silat bernama Amri Rusdana, yang harus puas membawa pulang medali perunggu. Sahabat anehdidunia.com saat pertandingan semifinal melawan pesilat Malaysia, Mohd Fauzi Khalid, Amri yang merupakan atlet kelahiran 1992 mendapatkan kabar bahwa sang istri sudah melahirkan anak berjenis kelamin perempuan. Setelah mendengar kabar tersebut, fokusnya jadi terbelah. Akhirnya bisa ditebak, Amri pun kalah dari Mohd Fauzi Khalid. Meski kalah dan hanya menerima medali perunggu, Amri tetap terlihat bahagia di arena.

Setelah berlaga di pertandingan tersebut, Amri pun pulang kampung ke Surabaya untuk bisa melihat langsung wajah putrinya itu. Dia pun mengabadikan momen pertemuan dengan anaknya itu di akun Instagram melalui sebuah video singkat. Pada saat yang sama, dia pun memberikan nama untuk putrinya. Untuk merayakan keberhasilannya mendapatkan medali perunggu, Amri pun menyematkan nama medali yang didapatkannya itu yaitu Bronze yang berarti perunggu, pada putrinya. Akhirnya, sang putri resmi bernama Aisyah Bronze Al Chasanah. Meski tak menerima medali terbaik, kelahiran putrinya bisa jadi adalah hadiah terindah yang pernah dia dapat.

Adibah Asian Games


Masih berkaitan dengan Asian Games, bayi yang lahir sebelum pembukaan event olahraga tersebut berlangsung adalah Adibah Asian Games. Adibah Asian Games adalah putri dari pasangan Veranova (38) dan Yordania Denny (38), asal Palembang yang lahir pada tanggal 18 Agustus 2018. Menurut sang suami, kelahiran putri ketiganya itu di luar prediksi. Sebelumnya, sang dokter memprediksi bahwa anaknya akan lahir pada bulan September. Namun, ternyata istrinya sudah mengeluh sakit perut sebelum waktu yang diprediksi, dan beberapa jam setelahnya lahirlah anaknya itu. Veranova mengungkapkan bahwa dia dan suaminya spontan saja memberi nama Adibah Asian Games, karena memang bertepatan dengan event Asian Games. Mereka berharap putri mereka akan tumbuh menjadi anak yang pintar, serta menjadi seorang atlet ketika tumbuh dewasa nantinya dan bisa mengharumkan nama negara. Semoga doa orangtua Adibah Asian Games bisa menjadi kenyataan nanti.

Honda Suzuki Impalawati


Sempat heboh dengan nama seorang anak yang bernama Pajero Sport, sebelumnya ternyata sudah lebih dulu ada nama anak yang memakai merek otomotif. Dia adalah Honda Suzuki Impalawati. Honda Suzuki Impalawati adalah anak keempat dari pasangan Hariyoto dan Asti Wigati, yang merupakan Parakan, Temanggung, Jawa Tengah. Sahabat anehdidunia.com Honda Suzuki Impalawati sendiri lahir pada tanggal 30 Juli 2008, dan telah dibuatkan akta kelahiran bernomor 14657/TP/2008, yang dikeluarkan pada tanggal 29 Oktober 2008. Surat itu ditandatangani oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Temanggung waktu itu, Suprantio. Menurut Asti Wigati sang istri, nama unik anak gadisnya itu terinspirasi dari merek otomotif asal Jepang, yaitu Honda dan Suzuki. 

Lalu, dari mana nama Impalawati berasal? Nama akhir Impalawati ternyata mengadopsi dari kata Impala, merek mobil produsen Chevrolet. Suaminya Hariyoto memang mengidolakan tiga merek otomotif tersebut. Selain nama aslinya yang unik, panggilannya pun tak kalah unik. Honda Suzuki Impalawati ternyata punya nama panggilan Ndanda, yang berasal dari nama Honda. Ndanda sendiri bercita-cita jadi seorang guru, dengan tujuan bisa mencerdaskan anak bangsa nantinya. Ndanda sendiri mengaku namanya sempat bikin heboh orang sekampung, namun akhirnya nama yang dimiliki Ndanda itu bisa diterima oleh semua tetangga Ndanda.

Itu tadi orang-orang dengan nama unik yang ada di Indonesia. Ternyata, orangtua mereka tak asal-asalan dalam memberikan nama, dan sudah direncanakan dengan matang untuk nama anak mereka. Apakah kalian nantinya juga berencana untuk memberikan nama anak kalian dengan nama yang tak kalah unik dengan nama-nama yang sudah disebut di atas? Mungkin saja nama anak kalian nantinya juga jadi viral.

referensi
https://www.brilio.net/sosok/namanya-jadi-viral-di-medsos-begini-pengakuan-pintu-pemberitahuan-171220u.html
http://hai.grid.id/read/07603565/siswa-smp-di-manado-ini-diberi-nama-tahanan-pbb-sebagai-bentuk-protes?page=all
https://www.indosport.com/sportainment/20180828/dapat-perunggu-asian-games-pesilat-ini-namai-anaknya-bronze
https://www.suara.com/news/2018/08/19/201900/unik-bayi-di-palembang-ini-diberi-nama-adibah-asian-games
https://simomot.com/2017/05/31/kisah-lengkap-bayi-bernama-pajero-sport-dan-honda-suzuki-impalawati/


close