Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penampakan Mahluk Mitologi Terekam Kamera

Di berbagai belahan dunia ini, kerap terjadi penampakan makhluk-makhluk yang di luar akal sehat kita, entah itu makhluk halus seperti hantu, atau makhluk-makhluk yang kita anggap hanya ada di dunia dongeng atau mitologi alias mitos. Namanya makhluk mitos, jelas tidak ada di dunia ini. Kalau pun ada, orang yang melihatnya pasti sangat jarang. Walau demikian, beberapa penampakan makhluk itu ada yang tertangkap kamera, meskipun masih belum jelas apakah itu memang makhluk mitologi asli, atau hanya rekayasa saja. Berikut adalah penampakan makhluk mitologi yang terekam kamera.

Lagarfljotsormurinn


Bicara tentang makhluk mitologi Islandia, pastilah terpikirkan akan makhluk yang menyerupai manusia, namun memiliki telinga yang runcing. Ya, mereka adalah Elf. Selain Elf, Islandia punya makhluk mitologi lain, yaitu Lagarfljotsormurinn. Menurut mitologi Islandia, Lagarfljotsormurinn adalah ular laut legendaris, yang dikatakan mendiami Danau Lagarfljot. Mitologi mengenai ular laut legendaris itu sudah ada sejak abad ke-14.

Rupanya, makhluk mitologi tersebut sempat menjadi berita yang bikin heboh pada tahun 2012 lalu. Pada tahun tersebut, muncul sebuah video di situs YouTube, yang memperlihatkan sebuah pergerakan misterius dengan cara yang aneh di bawah es danau Lagarfljot. Dipercaya bahwa makhluk Lagarfljotsormurinn itulah yang terekam video sedang bergerak.


Namun, peneliti asal Finlandia Miisa McKeown kurang setuju dengan pendapat tersebut. Dia menganalisa video tersebut untuk membuktikan bahwa gerakan aneh yang terlihat video tersebut sebenarnya diam di dalam air atau mungkin itu adalah sebuah jaring ikan es.

Saking bikin hebohnya, pemerintah daerah setempat sampai membentuk tim untuk menentukan apakah rekaman itu nyata, dan apabila nyata maka pembuat video itu akan mendapatkan hadiah sebesar USD 4 ribu atau sekitar Rp 60 juta. Hasilnya, 7 dari 13 anggota memutuskan bahwa rekaman itu nyata dan bukan rekayasa. Bagaimana dengan kalian?

Putri Duyung


Pernah menonton film animasi buatan Disney berjudul The Little Mermaid? Jika pernah menontonnya, kalian pastinya tahu tentang Putri Duyung, yaitu makhluk mitos yang berwujud manusia setengah ikan. Dari pinggang ke atas wujudnya adalah manusia, namun dari pinggang ke bawah wujudnya adalah sirip ikan. Biasanya, putri duyung itu diperlihatkan sebagai wanita cantik. Selama ini memang masih menjadi perdebatan apakah makhluk ini nyata atau hanya makhluk mitos belaka. 

Namun, penduduk lokal dan turis di kota Kiryat Yam, Israel, pernah melaporkan bahwa mereka melihat putri duyung. Menurut mereka, makhluk tersebut menyerupai gabungan antara lumba-lumba dan seorang gadis muda. Makhluk itu pun kemudian melakukan gerakan akrobatik yang membuat para saksi mata tertegun, sebelum akhirnya menghilang bersamaan dengan ombak.

Mirip seperti yang terjadi di Islandia, di Israel ini pemerintah setempat juga menawarkan hadiah uang tunai sebesar USD 1 juta atau sekitar Rp 15 miliar bagi siapa saja yang dapat memberi bukti foto atau video dari makhluk tersebut.

Karena hadiah uang tersebut, banyak warga akhirnya berlomba-lomba untuk bisa memberikan foto atau video dari putri duyung yang legendaris itu. Pada tahun 2010, tim investigasi NBC juga tak mau kalah. Mereka menghabiskan waktu selama seminggu untuk syuting di sepanjang pantai Kiryat Yam. Mereka sempat hampir berhasil saat kru mengatakan bahwa mereka melihat putri duyung saat malam hari. Sayangnya, pernyataan itu masih diragukan karena pada malam hari penglihatan manusia itu terbatas, dan akhirnya pelacakan pun dihentikan.

Naga


Makhluk mitos yang satu ini mungkin bisa dibilang cukup mendunia. Pasalnya, hewan mitos asal Tiongkok ini banyak muncul dalam cerita-cerita fiktif atau film layar lebar. Siapa sangka, hewan yang tadinya dianggap tak nyata ini justru terlihat penampakannya, meski masih belum jelas benar atau tidaknya.

Pada bulan Agustus 2014, salah satu dari dua orang mahasiswa dari Universitas Jilin, Tiongkok, mengaku melihat sebuah fenomena aneh setelah mengunjungi perpustakaan kampus mereka. Fenomena aneh itu adalah penampakan seekor naga. Mahasiswa yang satunya dengan cepat mengabadikan fenomena tersebut dalam bentuk video dengan kamera ponselnya.

Menurut mahasiswa tersebut, penampakan itu memperlihatkan sosok dengan tinggi kurang lebih 10 meter, dengan warna agak kemerahan. Selain itu, sosok tersebut juga memiliki empat kaki serta ekor. Makhluk tersebut sempat memancarkan cahaya sebelum akhirnya menghilang. Dipercaya bahwa yang dilihat kedua mahasiswa tersebut adalah penampakan naga, meski tak ada bukti yang bisa menguatkan pernyataan mereka.

Penampakan naga memang kerap terjadi di Tiongkok, dan kebanyakan muncul dalam berita televisi. Pernah juga seorang fotografer amatir menangkap penampakan naga di foto miliknya saat akan menghadiri upacara pembukaan Qinghai-to-Xizang. Dalam fotonya, terlihat penampakan naga yang sedang terbang di atas Pegunungan Himalaya. Apakah foto itu asli atau rekayasa? Hanya fotografer itu dan Tuhan yang tahu.

Taniwha


Untuk gampangnya, Taniwha adalah sosok makhluk mitologi berupa roh naga. Bedanya, makhluk mitologi ini bukan berasal dari Tiongkok, melainkan berasal dari Selandia Baru. Penampakan Taniwha ini terlihat foto Google Earth, yang ditemukan oleh seorang insinyur bernama Pita Witehira pada tahun 2014 lalu. 

Ketika itu, Pita sedang melihat-lihat Google Earth untuk survei karena memang dia memiliki properti di daerah tersebut, dan ingin membangun sebuah chalet atau villa kecil di daerah pantai. Bukannya mendapatkan gambaran mengenai di mana dia harus membangun chalet, yang ada malah dia terkejut karena Google Earth menangkap sesuatu yang tak biasa, yaitu penampakan Taniwha.

“Penampakan ini tidak seperti ikan paus sebab gerakannya yang terlalu cepat dan memutar tajam serta terlalu besar apabila dikatakan ikan hiu,” kata Pita seperti dikutip dari Daily Mail. Namun, banyak yang meragukan pernyataan dari Pita tersebut, dan mungkin sebenarnya penampakan yang dia lihat adalah sebuah perahu. Keraguan itu langsung dibantah oleh Pita. Jika benar penampakan yang dia lihat adalah perahu, dia tak melihat busa putih yang biasa dihasilkan perahu ketika berjalan.
Jadi, apakah penampakan itu benar merupakan Taniwha, atau cuma perahu? Sampai sekarang tak ada yang tahu pasti jawabannya. 

Pixie Cornish


Pada bulan Maret 2015 lalu, melalui sebuah acara yang disiarkan melalui podcast, terdapat beberapa foto kiriman pendengarnya. Foto kiriman pendengar yang mengaku dari daerah Cornwall, Inggris itu tampak aneh, karena memperlihatkan bagian kerangka humanoid seperti tengkorak, tulang rusuk serta tulang belakang. Bedanya, ukuran kerangka itu hanya sebesar telapak tangan.

Sang pengirim foto diketahui bekerja di sebuah pusat penyelamatan burung, yang salah satu tugasnya adalah memeriksa sarang burung yang terancam punah. Hal itu dilakukan agar pencurian telur langka oleh kolektor bisa dicegah. Saat pemeriksaan sarang burung itulah sang pengirim yang namanya dirahasiakan itu menemukan tulang belulang yang terbilang aneh. Letak tulang belulang itu juga cukup tersembunyi, yaitu di antara ranting dan bulu burung. Sang pengirim itu lalu mengumpulkan tulang-tulang itu dalam satu kantong sampel. Dia pun menganggap apa yang dia temukan sebagai tulang dari Pixie Cornish, meski bisa saja hal itu hanya rekayasa dia saja untuk menjadi terkenal.

Pixie sendiri adalah makhluk mitos yang berbentuk kecil, dan biasanya bersayap. Makhluk ini biasa kita sebut sebagai peri, seperti contohnya tokoh Tinker Bell dalam animasi Disney berjudul Peter Pan. Karena peri itu berada di daerah Cornwall, maka peri itu dinamakan Pixie Cornish. Keberadaannya memang bisa dibilang ada dan tiada, karena masih belum ada bukti konkrit yang menunjukkan keberadaan mereka.

Pixie ini diduga hidup di kawasan padang rumput, karena biasanya penampakan atau perjumpaan antara manusia dengan Pixie ini banyak terjadi di kawasan yang penuh dengan rumput. Dipercaya, Pixie banyak hidup di Taman Nasional Dartmoor di Devon, Inggris, dikarenakan daerah itu banyak padang rumputnya. Tentu saja, hal itu masih belum bisa dipercaya 100 persen.

Dari penampakan-penampakan makhluk mitologi di atas, mana yang menurut kalian asli dan bukan rekayasa?

Sumber:
http://wowasiknya.com/penampakan-makhluk-mitologi/
http://beritalink.com/pixie-makhluk-sebangsa-peri-nan-misterius-antara-ada-dan-tiada.html