PLARIUSMODIFIKASI101

Tinggi Besar Mereka Manusia Raksasa Yang Pernah Hidup Di Bumi

Saturday, March 09, 2019
Raksasa adalah karakter yang sering muncul dalam dongeng dan cerita rakyat. Namun, kenyataannya ada beberapa manusia yang memiliki bentuk dan ukuran badan raksasa di dunia ini. Mereka ini sangat tinggi dengan berat badan yang lebih besar dari manusia normal pada umumnya. Dalam kebanyakan kasus, para manusia raksasa ini berakhir dengan kematian yang disebabkan oleh penyakit timbul akibat tidak dapat menopang tinggi dan berat badan mereka. Beberapa dari mereka sering digunakan dalam pertunjukkan sirkus dan dianggap menarik untuk memberi hiburan bagi para penonton sirkus.

Fyodor Makhnov

Fyodor Makhnov

Fyodor Makhnov lahir di Belarusia pada bulan Juni 1878. Dia mulai tumbuh dengan sangat cepat ketika berusia 14 tahun, tingginya mencapai 2 meter. Dengan pertumbuhannya yang sangat cepat itu, orang tuanya harus membuat pakaian, sepatu dan tempat tidur yang dibuat khusus menyesuakian ukuran badannya. Sepatu yang digunaknny mencapai pinggang orang-orang yang berukuran normal, dan anak-anak sering bersembunyi di sepatu bootsnya ketika bermain petak umpet. Fyodor bergabung dengan sirkus ketika berusia 14 tahun dan mulai tampil pada saat usianya mencapai 16 tahun. Banyak sumber yang mengatakan dirinya mempunyai tinggi yang bervariasi, namun ia tumbuh menjadi dewasa dengan tinggi maksimal mencapai sekitar 2,5 meter.

Para ilmuwan sering bertemu dengan Fyodor untuk meminta kontrak atas kepemilikan jenazahnya ketika dia meninggal nanti, tetapi Fyodor selalu menolak semua tawaran para ilmuwan karena takut jika dirinya nanti akan dibunuh oleh mereka. Dia kemudian menikahi Efrosinja Lebedeva yang memiliki tinggi badan 1 meter, 2 kali lebih pendek dari dirinya. Pernikahan mereka mengaruniakan seorang gadis dan tiga anak laki-laki. Sahabat anehdidunia.com dengan ukuran tubuhnya yang jauh di atas manusia normal pada umumnya, Fyodor memiliki selera makan yang besar. Setiap hari ia mengonsumsi sarapan yang terdiri dari 20 telur, 8 roti dan 2 liter teh. Untuk makn siang ia mengonsumsi 1 kilogram kentang, 2,5 kilogram daging dan 3 liter bir. Untuk makan malam, ia menghabisakan sepotong roti, 15 telur dan 1 liter susu. Fyodor meninggal pada tahun 1912 saat usianya mencapai 34 tahun.

Adam Rainer

Adam Rainer

Adam Rainer adalah satu-satunya kurcaci yang tumbuh menjadi raksasa. Ia dilahirkan di Graz, Austri, pada tahun 1899. Pada awalnya ia mencoba untuk bergabung di dunia militer ketika Perang Dunia I terjadi, tetapi ditolak karena ukuran badannya yang terlalu kecil. Pada saat itu, tinggi badannya hanya mencapai 1,3 meter dan termasuk dalam golongan manusia bertubuh pendek atau kurcaci. Pada tahun berikutnya, ia mencoba lagi untuk bergabung, namun tetap ditolak. Pada umur 19 tahun, ia memiliki tinggi badan 1,4 meter.

Rainer mulai menunjukkan pertumbuhan yang sangat cepat pada masa dewasanya, ia mencapai tinggi 2,1 meter pada usia 21 tahun. Akibat pertumbuhannya yang tidak normal tersebut, saraf tulang belakangnya melengkung, wajah dan rahangnya mulai membesar. Akhirnya, ia memutuskan menjalani operasi untuk mengentikan kelenjar pituitarinya agar menghentikan hormon pertumbuhannya. Sahabat anehdidunia.com operasi tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhannya. Pertumbuhannya itu justru mengakibatkan kesehatannya menurun, salah satu matanya menjadi buta dan telinganya menjadi tuli. Pada akhirnya, tulang belakangnya yang melengkung membuatnya tidak dapat berdiri dengan tegak dan harus terbaring di tempat tidur selama sisa waktu hidupnya. Ia meninggal pada usia 51 tahun setelah mencapai tinggi badan 234 cm.

Anna Haining Bates

Anna Haining Bates

Anna Haining Bates lahir di Mill Brook, Nova Scotia, pada bulan Agustus 1846. Awalnya ia sama seperti anak seumuran lainnya. Pada usia lima tahun, ia memiliki tinggi 1,4 meter dan beratnya lebih dari 45 kilogram. Pada saat mencapai usia dewasa, ia memiliki tinggi 2,3 meter dengan berat 159 kilogram pada usia 22 tahun. Anna memulai karirnya di pertunjukan sirkus pada usia 16 tahun. Ia sering muncul di sirkus bersama dengan seorang kurcaci yang berdiri di sampingnya untuk memberikan efek raksasa. Sahabat anehdidunia.com pada bulan Juli 1865, ia hampir mati terbakar ketika insiden kebakaran di museum Barnum, karena memiliki tinggi badan yang sangat tinggi, ia tidak dapat melompat keluar dari jendela, sehingga memaksanya untuk diam di dalam ruangan yang terbakar. Ia berhasil diselamatkan oleh karyawan yang menghancurkan dinding ruangannya dan mengangkat dirinya keluar menggunakan derek.

Pada taahun 1871, ia bertemu dengan raksasa lainnya, Martin Van Buren Bates yang memiliki tinggi 2,2 meter. Mereka menikah dan sering digunakan dalam pertunjukan sirkur sebagai pasangan menikah terbesaar di dunia. Dengan ukuran tubuh yang sangat besar, rumah mereka juga dibuat dengan ukuran yang juga besar dengn pintu rumah setinggi 2,6 meter dan perabotan rumah lainnya yang ekstra besar. Pasangan ini memiliki 2 anak, tetapi keduanya meninggal saat lahir. Yang pertama adalah seorang gadis yang lahir dengan tinggi badan 69 cm dan berat 8 kg yang meninggal ketika dilahirkan. Yang lainnya adalah seorang laki-laki dengan tinggi 76 cm dan berat 10 kg yang meninggal 11 jam setelah kelahirannya. Anna sendiri meninggal pada tahun 1888 saat mencapai usia 41 tahun.

Chang Yu Sing

Chang Yu Sing

Pada tahun 1840-an, Zhan Sichai alisan Chang Yu Sing, lahir di China. Ia memiliki pertumbuhan badan yang terbilang cukup cepat, pada saat dewasa, ia memiliki tinggi badan 2,4 meter dan diangkat menjadi anggota istana kaisar. Dia kemudian meninggalkan China ke Inggris, awalnya ia hanya ingin melakukan kunjungan singkat di Inggris. Namun, ia akhirnya menghabiskan 2 tahun di Inggris karena hal yang tak terduga datang. Karena tinggi badannya yang terbilang unik dan jarang dilihat oleh masyarakat Inggris, ia menjadi tontonan yang menghasilkan uang bagi dirinya. Ribuan orang membayar beberapa dolar hanya untuk melihat dirinya.

P.T. sirkus Barnum yang mendengar tentang keberadaan diri Chang Yu Sing menjadi tertarik untuk merekrut dirinya untuk bergabung bersama sirkus. Sahabat anehdidunia.com pada tahun 1881, ia bersama sirkus Barnum melakukan tur ke seluruh Eropa, ia sering dipamerkan bersama kurcaci. Penampilan Chang ternyata dapat menarik munculnya banyak fans wanita, para fans wanita sering bertanya kepada dirinya tentang hubungan asmaranya. Chang Yu Sing meninggal pada tahun 1893, pemakamannya hanya dihadiri oleh 50 temannya, sesuai yang dinginkan dirinya sebelum meninggal. Peti matinya berukuran 2,6 meter, dibuat sesuai dengan panjang tubuhnya saat ia meninggal.

Joseph Edouard Beaupre

Joseph Edouard Beaupre

Joseph Edouard Beaupre lahir di Willow Bunch, Saskatchewan, pada tanggal 9 Januari 1881. Ukuran tubuhnya yang tinggi dipengaruhi oleh gen keluarganya yang juga rata-rata memiliki ukuran badan yang tinggi. Saat mencapai usia 3 tahun, ia mulai mengalami pertumbuhan yang tidak normal. Sampai pada usia 9 tahun, ia telah memiliki tinggi badan yang jauh melampaui tinggi badan orang tuanya. Sahabat anehdidunia.com pada usia 12 tahun, 1 memiliki tinggi 198 cm dan pada usia 17 tahun, ia memiliki tinggi 216 cm. Joseph terus bertumbuh hingga tingginya mencapai 251 cm pada tahun 1904. Semua fasilitas yang digunakannya dibuat seukuran dengan ukuran tubuhnya. Dia berniat untuk menjdi seorang koboi, namun harapannya itu kandas karena kakinya yang menyentuh tanah ketika ia menunggang kudanya. Pada umur 21, ia akhirnya bergabung di dunia sirkus, hal ini sangat membebani dirinya sehingga mengalami masalah tidur.

Pada tanggal 3 Juli 1904, di usianya yang mencapai 23 tahun, Joseph meninggal akibat tuberkulosis. Pihak sirkus menolak untuk membayar biaya penguburannya, pihak keluarganya juga tidak mampu untuk membayar biaya tersebut. Jenazahnya ditinggalkan begitu saja di jendela-jendela toko dan museum tempat sirkus diadakan. Pada tahun 1907, jenazahnya dibawa ke Universitas Montreal untuk dimumifikasi dan disimpan. Pada tahun 1970, salah satu keturunannya, Ovila Lesperance, mengetahui kalau tubuh itu adalah milik keluarganya, ia meminta agar universitas memakamkan jenazah Joseph secara layak. Awalny, pihak universitas menolak, karena khawatir seseorang dapat mencuri mayat itu dan menampilkannya lagi. Pada bulan September 1989, mayat Joseph akhirnya dikremasi atas persetujuan kedua belah pihak, 85 tahun setelah kematian Joseph.

Referensi
https://viola.bz/fyodor-makhnov-the-tallest-person-on-earth/
https://www.businessinsider.com/adam-rainer-was-both-a-dwarf-and-a-giant-2015-1?IR=T
http://www.biographi.ca/en/bio/swan_anna_haining_11E.html
https://www.thehumanmarvels.com/chang-the-chinese-giant/
http://willowbunch.ca/museum/edouard_beaupre.html