PLARIUSMODIFIKASI101

Gurita “Selebritis” yang Kehebatannya Menarik Perhatian Dunia

Saturday, September 21, 2019
Gurita adalah nama dari hewan laut yang terkenal berkat penampilannya yang khas. Tubuhnya berbentuk bulat dengan 8 lengan panjang yang terentang di sekitar tubuhnya. Normalnya gurita tidak dipandang sebagai hewan yang menarik bagi manusia. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi gurita-gurita berikut. Pasalnya berkat keunikan yang dimiliki oleh masing-masing gurita ini, mereka sempat menjadi pusat perhatian masyarakat dunia.

Inky

Inky Si Gurita
Inky Si Gurita kredit telegraph.co.uk
Pernahkah anda menonton film The Shawshank Redemption? Film keluaran tahun 1994 tersebut bercerita tentang seorang pria bernama Andy yang dijebloskan ke dalam penjara meskipun ia merasa tidak melakukan kesalahan apa-apa. Setelah harus bersusah payah menghadapi ancaman dari sesama tahanan dan kepala penjara, Andy akhirnya berhasil meloloskan diri keluar penjara dan memulai hidup baru.

Peristiwa serupa ternyata juga pernah terjadi pada gurita. Kisah dramatis ini bermula ketika seorang nelayan Selandia Baru mengangkat jebakan lobster yang dipasangnya dan menemukan ada seekor gurita yang terjebak di dalamnya. Gurita yang lengannya sudah memendek ini kemudian disumbangkan ke akuarium nasional setempat.

Para staf yang mengamati gurita ini menyimpulkan kalau gurita yang bersangkutan sebelum ini sempat terlibat perkelahian hebat dengan ikan besar di terumbu karang tempatnya hidup. Mereka pun memutuskan untuk merawat gurita ini dan memberinya nama Inky. Supaya Inky merasa nyaman, mereka menempatkan Inky dalam akuarium tersendiri. Namun Inky tidak menghabiskan waktu lama di rumah barunya ini.

Tahun 2016, staf akuarium tanpa sengaja membiarkan tutup atas akuarium Inky berada dalam kondisi terbuka. Saat akuarium sudah sepi, Inky secara diam-diam kemudian menyelinap melalui celah di atas akuarium. Sesudah itu, gurita ini merangkak di atas lantai sejauh 4 meter hingga akhirnya mencapai pipa buangan yang mengarah ke lautan. 

Tidak ada saksi mata yang melihat Inky melarikan diri. Namun kalau melihat bagaimana ketatnya pengawasan di kompleks akuarium pada malam hari, hampir tidak mungkin jika Inky hilang akibat dicuri oleh manusia. Pendapat kalau Inky menghilang akibat melarikan diri pun muncul. Jika memang demikian kejadiannya, Inky sekaligus menjadi bukti kalau gurita pun sama ahlinya dengan manusia untuk urusan melarikan diri dari kerangkengnya.

Ozy



Gurita dikenal sebagai hewan yang cerdas sekaligus cermat. Berkat matanya yang tajam dan lengannya yang peka sekaligus berjumlah banyak, gurita bisa melakukan beraneka macam hal-hal rumit. Mulai dari menyelinap keluar kurungan hingga mengambil makanan yang tersimpan dalam wadah tertutup. 

Ozy adalah nama dari seekor gurita milik Pusat Pendidikan Laut Island Bay yang bertempat di Wellington, Selandia Baru. Hewan ini menjadi contoh nyata mengenai bagaimana cerdas sekaligus terampilnya gurita. Pada awalnya, staf di tempat pemeliharaannya memberikan toples berisi kepiting hidup ke dalam akuarium Ozy. Sekedar info, gurita hidup dari memakan hewan-hewan Crustacea semisal kepiting dan lobster laut.

Hanya dalam rentang waktu 54 detik, Ozy berhasil membuka toples tersebut untuk mengambil cemilan yang sudah tersimpan di dalamnya. Padahal gurita pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 2 menit untuk bisa menbuka toples yang tertutup. Dengan melihat hal tersebut, Ozy pun menjadi gurita paling cekatan dalam urusan membuka toples, sekaligus mungkin merupakan salah satu yang paling terampil dalam hal memecahkan teka-teki.

Tindakan memberikan toples berisi kepiting kepada gurita bukan hanya dimaksudkan sebagai tontonan hiburan bagi manusia. Dengan memberikan toples berisi makanannya, gurita akan terdorong untuk berpikir dan mencari solusi supaya bisa makan. Harapannya, begitu gurita yang bersangkutan pada akhirnya dilepas ke alam liar, ia bisa menjadi lebih mandiri saat harus mencari makan dan memilih tempat persembunyian.

Gurita Pembunuh Hiu

Gurita Pembunuh

Hiu dipandang sebagai salah satu hewan paling ditakuti di lautan. Namun hiu-hiu yang berukuran lebih kecil tetap rentang dimangsa oleh hewan lain. Dan siapa yang menyangka kalau gurita adalah satu dari sekian banyak hewan yang bisa memangsa hiu? Pasalnya tidak seperti hiu yang bisa berenang dengan lincah, gurita bukanlah perenang yang handal dan lebih suka menghabiskan waktunya di dasar laut.

Tahun 2011, para staf Akuarium Seattle dilanda kebingungan. Pasalnya dalam akuarium laut raksasa yang mereka miliki, hiu anjing yang ditempatkan dalam akuarium tersebut kerap ditemukan mati tanpa sebab yang jelas. Merasa penasaran, para staf pun memasang kamera bawah air untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di akuarium.

Tanpa butuh waktu lama, kamera tersebut langsung menunjukkan jawaban dari pertanyaan yang mereka cari-cari. Saat hiu anjing yang ada di akuarium tersebut berlalu lalang, mendadak seekor gurita Pasifik raksasa yang bersembunyi di dasar laut menangkap hiu tadi dengan lengan-lengannya yang panjang dan membelitnya hingga tewas.

Gurita Mungil Hawaii

Gurita Mungil Hawaii

Bulan Agustus 2018, sejumlah ilmuwan dari Taman Nasional Kaloko-Honokoohau melakukan penelitian di kawasan terumbu karang Hawaii. Saat tengah melakukan pengamatan itulah, tanpa sengaja mereka melihat serpihan plastik melayang di dekat mereka. Ketika mereka mengambil serpihan plastik tersebut, ternyata ada 2 ekor bayi gurita yang menempel di sana.

Para ilmuwan tadi kemudian mengunggah foto kedua bayi gurita tadi ke akun Facebook resmi mereka. Dalam waktu singkat, mereka melesat menjadi idola baru netizen. Foto-foto yang menampilkan kedua bayi gurita tersebut berhasil meraih lebih dari 1.600 tanggapan dan sudah dibagikan sebanyak 1.000 kali. 

Bukan tanpa alasan mengapa netizen jatuh hati kepada mereka. Penampilan kedua bayi gurita tersebut memang benar-benar menggemaskan. Bayi gurita yang pertama memiliki tubuh yang motifnya menyerupai ornamen keramik. Bahkan jika dibandingkan dengan ujung jari manusia, bayi gurita tersebut masih belum cukup besar untuk memeluk seluruh permukaan ujung jari dengan lengan-lengannya yang panjang.

Bayi gurita yang kedua penampilannya tidak jauh berbeda. Apa yang membuat para ilmuwan merasa terpikat dengan bayi gurita yang satu ini adalah saat ditemukan, bayi gurita tersebut nampak sedang membelit bayi kepiting. 

Kendati penemuan kedua bayi gurita tersebut di satu sisi menunjukkan keindahan yang dimiliki oleh alam, penemuan keduanya juga menunjukkan sisi gelap dari kondisi lautan sekarang. Jumlah sampah plastik yang hanyut di lautan sudah terlampau banyak sehingga hewan-hewan laut yang tidak bisa beradaptasi terancam mati akibat keracunan atau tercekik sampah plastik.

Paul



Jika membicarakan gurita yang terkenal, maka gurita yang satu ini merupakan nama yang bakal muncul di benak banyak orang. Paul adalah nama dari gurita peliharaan akuarium air asin Oberhausen di Jerman. Apa yang membuat gurita ini terkenal adalah karena gurita ini dipercaya memiliki kemampuan khusus untuk meramal masa depan. Tepatnya mengenai hasil-hasil pertandingan Piala Dunia 2010.

Untuk keperluan “meramal” tersebut, mula-mula staf akuarium menempatkan 2 buah kotak kaca kecil yang sudah ditempeli bendera negara-negara yang bakal bertanding di Piala Dunia. Jika Paul menaiki salah satu kotak tersebut, negara yang benderanya ada pada kotak yang dinaiki Paul dipercaya bakal menjadi pemenang.

Walaupun terkesan mengada-ada, kenyataannya tetap saja ada yang percaya dengan hasil ramalan Paul. Sampai-sampai ada penggemar sepak bola yang menyalahkan Paul atas kekalahan timnya dan mengancam akan memasak Paul. 

Paul sendiri akhirnya mati beberapa bulan sesudah Piala Dunia. Bukan karena dimasak oleh fans bola yang marah, tapi karena Paul sendiri pada dasarnya memang merupakan gurita yang sudah berusia tua. Menurut penjelasan staf Oberhausen, Paul mati dalam usia 2,5 tahun. Usia yang tergolong sebagai usia tua bagi gurita. Walaupun Paul sudah tiada, keberadannya tetap meninggalkan kesan yang mendalam bagi mereka yang tidak tertarik akan gurita sekalipun.

referensi
https://listverse.com/2019/05/24/10-freaky-facts-and-feats-involving-octopuses/
https://listverse.com/2019/05/24/10-freaky-facts-and-feats-involving-octopuses/
https://blogs.scientificamerican.com/octopus-chronicles/8-famous-octopuses-to-celebrate-octopus-awareness-day/


close