PLARIUSMODIFIKASI101

Terlihat Sepele Lomba Hal Aneh Ini Memerlukan Ketahanan Luar Biasa

Thursday, December 05, 2019
Lomba adu ketahanan merupakan semacam perlombaan di mana para pesertanya diminta melakukan aktivitas tertentu selama mungkin. Kendati terdengar sederhana, lomba adu ketahanan tetaplah tidak mudah dilakukan karena tidak semua manusia memiliki batas ketahanan dan kengototan yang sama. Berikut ini adalah beberapa contoh lomba adu ketahanan di mana hal-hal yang dilombakan tergolong unik dan tidak biasa.

Lomba Berendam dalam Es

Lomba Berendam dalam Es

Es memiliki banyak kegunaan bagi manusia. Mulai dari untuk campuran minuman hingga untuk mengompres orang yang terkena demam. Meskipun berguna, orang normalnya tidak mau memegang es dengan tangan kosong dalam waktu yang lama. Pasalnya saat seseorang memegang es dengan tangan kosong, ia bakal merasa kalau tangannya seolah-olah sedang ditusuk dengan begitu banyak jarum.

Karena sensasi yang ditimbulkan oleh es tersebut, sejumlah orang pun berinisiatif menggelar lomba berendam dalam timbunan es. Tahun 2014 contohnya, Jin Songhao berhasil memecahkan rekor dunia sebagai orang yang paling lama berendam dalam timbunan es setelah ia duduk dalam bak berisi es selama 1 jam 53 menit 10 detik.

Rekor Songhao tidak bertahan lama setelah pada tahun 2019, Josef Koeberl berhasil berendam dalam timbunan es selama 2 jam 8 menit 47 detik. Sahabat anehdidunia.com kalau di luar konteks lomba berendam dalam es, mungkin tidak ada yang bisa menandingi kegilaan Wim Hof. Pasalnya Hof memegang aneka macam rekor dunia bertema es seperti berenang di bawah es, berlari di Kutub Utara tanpa alas kaki, hingga mendaki gunung bersalju hanya dengan bercelana pendek.

Lomba Menyentuh Truk



Bagi orang yang baru saja membeli kendaraan baru, mengelus-elus kendaraan barunya adalah salah satu hal pertama yang paling lazim dilakukan. Normalnya orang hanya akan menghabiskan waktu beberapa detik atau menit untuk menyentuh kendaraannya. Namun bagaimana jika anda ditantang untuk menyentuh suatu kendaraan dan tidak melepaskannya hingga berjam-jam atau bahkan berhari-hari kemudian?

Di AS, kompetisi macam ini ternyata cukup sering digelar. Dalam kompetisi ini, panitia akan memarkir truk di suatu tempat dan para peserta kemudian diminta menyentuhnya selama mungkin. Peserta yang paling terakhir melepaskan tangannya bakal keluar sebagai pemenang. 

Kendati terlihat gampang dan sederhana, nyatanya tidak semua orang bisa tahan mengikuti kompetisi ini. Pasalnya terlalu lama menyentuh kendaraan tanpa melakukan hal-hal lain pada akhirnya bakal membuat seseorang merasa mengantuk dan kemudian tanpa sengaja melepaskan tangannya.  

Jerry Middleton adalah satu dari sekian banyak orang yang pernah mengikuti turnamen ini dan menang. Sahabat anehdidunia.com dalam acara turnamen menyentuh truk yang ditayangkan oleh saluran televisi Inggris pada tahun 2001, Middleton keluar sebagai pemenang setelah ia menyentuhkan tangannya pada truk selama lebih dari 81 jam.

Uniknya, Middleton sendiri ternyata aslinya merupakan aktivis anti mobil. Ketika ia berhasil memenangkan truk seusai mengikuti turnamen ini, ia memilih untuk menjual truk tersebut alih-alih memakainya. Ia kemudian menggunakan uang hasil penjualan truknya untuk mendirikan partai politik sendiri.

Lomba Menahan Pipis

Jennifer Strange

Kita tentunya sudah sering mendengar nasihat supaya tidak sering-sering menahan pipis. Pasalnya menahan pipis bisa berdampak fatal bagi tubuh. Jennifer Strange menjadi contoh nyata mengenai bagaimana tindakan menahan pipis demi memenangkan hadiah justru harus membuatnya kehilangan nyawa.

Semuanya bermula ketika sebuah stasiun radio di California, AS, menggelar lomba menahan pipis dengan iming-iming hadiah konsol game Nintendo Wii. Dalam perlombaan ini, peserta yang paling lama menahan pipis bakal keluar sebagai pemenang. Untuk membuat perlombaan menjadi semakin seru, masing-masing peserta harus minum air setiap 15 menit.

Strange menjadi satu dari sekian sejumlah orang yang mengikuti perlombaan ini. Di tempat lomba, ibu 3 orang anak ini mengaku sengaja mengikuti lomba karena ia ingin menghadiahi konsol game kepada anak-anaknya. 

Strange nyaris saja memenangkan konsol saat peserta yang tersisa tinggal ia dan satu orang lagi. Namun ia terpaksa menyerah karena ia merasakan sakit kepala. Ketika Strange kemudian pulang ke rumahnya untuk beristirahat, kondisinya justru semakin memburuk sebelum kemudian meninggal.

Pemeriksaan yang dilakukan pada tubuh Strange menemukan kalau ia meninggal akibat keracunan cairan. Akibat terlalu lama menahan pipis, keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuhnya mengalami gangguan sehingga ia pun meninggal. Pengadilan kemudian menyatakan kalau pihak stasiun radio yang menyelenggarakan lomba ini turut bertanggung jawab atas kematiannya dan harus membayar ganti rugi senilai 16 juta dollar kepada keluarga mendiang Strange.

Lomba Bicara Nonstop

Noun and Verb Rodeo

Salah satu jenis orang yang paling menyebalkan adalah orang yang tidak pernah berhenti bicara. Mendengarkan mereka bicara tanpa henti cepat atau lambat bakal membuat siapapun di dekatnya kehilangan kesabaran. Namun bagaimana jika seseorang diminta bicara tanpa henti selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari? 

Lomba macam itu ternyata benar-benar pernah digelar di masa lampau. Pada tahun 1928, lomba berjudul Noun and Verb Rodeo (NVR) digelar di New York. Lomba tersebut sekaligus menjadi satu dari sekian banyak lomba adu ketahanan yang memang sedang marak digelar di AS sejak tahun 1920-an

Dalam lomba NVR, peserta diminta berbicara tanpa henti. Mereka diperbolehkan mengeluarkan kata-kata atau kalimat yang tidak ada maknanya setelah mereka tidak mengeluarkan kata-kata kasar. Mereka yang berbicara paling lama bakal memenangkan hadiah uang sebesar 1.000 dollar.

Sebanyak 35 orang dilaporkan mengikuti perlombaan ini. Setelah 3 hari berlalu, tinggal 2 peserta yang masih tersisa. Sementara perlombaan ini sendiri nyaris tidak dihadiri oleh penonton yang mungkin sudah keburu tidak tertarik duluan jika harus menonton orang-orang yang mengoceh tanpa henti.

Sadar kalau perlombaan ini tidak akan menguntungkan bagi mereka secara finansial, panitia pun memutuskan untuk menghentikan perlombaan sebelum pemenangnya berhasil diputuskan. Perlombaan dinyatakan berakhir tanpa pemenang dan lomba serupa tidak pernah digelar lagi sesudah itu.

Lomba Duduk di Atas Tiang



Jika anda pernah menghadiri perlombaan kicau burung, maka pemandangan berupa tiang-tiang tinggi yang menjulang dengan sangkar burung di puncaknya bukanlah pemandangan yang langka. Namun bagaimana yang ada di atas tiang tersebut adalah manusia dan yang dilombakan adalah manusia?

Di AS pada tahun 1920-an, lomba macam itu benar-benar pernah digelar. Jadi dalam perlombaan ini, peserta diharuskan duduk di atas tiang dan berada di sana selama mungkin. Kendati nampak membosankan, lomba ini ternyata pada masa jayanya punya banyak peminat di AS.

Ide mengenai lomba ini sendiri bermula ketika pada tahun 1924, Alvin Kelly menaiki tiang di Hollywood dan duduk di atasnya selama lebih dari 13 jam. Sahabat anehdidunia.com Kelly setuju untuk melakukan hal tersebut setelah ia dibayar oleh sebuah teater supaya bisa menarik banyak pengunjung. Tanpa disangka-sangka, ternyata tindakan Kelly berhasil menarik perhatian orang banyak.

Seusai peristiwa tersebut, lomba duduk di atas tiang bendera pun beramai-ramai digelar di AS. Dalam salah satu perlombaan, peserta bahkan ada yang duduk di atas tiang hingga 51 hari. Namun menyusul timbulnya krisis ekonomi Depresi Besar yang melanda AS dan Eropa, minat publik akan lomba duduk di atas tiang berkurang sehingga lomba ini tidak pernah digelar lagi.

referensi:
https://www.youtube.com
https://listverse.com/2019/08/23/10-weirdest-endurance-events/


close